Kulit manggis…amankah dikonsumsi

“Amankah mengkonsumsi kulit manggis” itu pertanyaan temanku, memperhatikanku semangat bercerita tentang pengalamanku mengkonsumsi jus kulit manggis

“aman, tapi tergantung juga sich” jawabku cepat dan tidak lupa melanjutkan dengan cerita tentang pengalaman tetangga dan kolegaku mengkonsumsi air rebusan kulit manggis jus kulit manggis.

Ya, selama ini aku ngejus kulit manggis aman-aman saja sich, tapi waktu tetanggaku bertandang kerumah dan kusuguhi segelas jus kulit manggis yang baru kubuat, katanya esuk harinya perutnya mules…padahal itu gak murni kulit manggis saja, sudah kucampur dengan berbagai buah sebagaimana kebiasaanku ngejus ala rumahan. Ya, minum jus segelas sehari sudah menjadi kebiasaan dalam keluargaku. Ragam jus disesuaikan dengan musim buah yang sedang berlangsung. Variasi buah yang dicampur dengan kulit manggis dalam membuat jus bisa mengurangi rasa sepat kulit manggis.

Setelah kuterima kiriman artikel di milist kagama virtual (KV) yang menukilkan sebagian artikel trubus Oktober 2011, aman juga koq, berikut kutipan yang dah kusesuaikan dengan gayaku ber blog ria

Amankah kulit manggis dan berapa dosisnya

Amankah mengkonsumsi rebusan kulit manggis? Riset PT Industri Jamu Borobudur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman konsumsi. Aku lebih suka menamai wedang kulit manggis yang terkesan enak daripada istilah air rebusan kulit manggis yang terkesan obat dan nggak enak, hehehe…

Olah Sendiri Kulit manggiswedang kulit manggis gula aren

Toh, banyak pula pasien penyakit degeneratif lain seperti hipertensi, kanker, yang sembuh berkat kulit manggis racikan sendiri. Mereka merebus kulit manggis, menyaring, dan meminumnya (baca: Enyahlah, Virus Maut! Halaman 16). Beberapa herbalis seperti Valentina Indrajati di Bogor serta dr Paulus Wahyudi Halim dan Lukas Tersono Adi di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, juga meresepkan kulit manggis dalam bentuk simplisia. Mereka meresepkan kulit manggis untuk mengatasi beragam penyakit degeneratif.

Kayaknya merebus dan langsung minum ini perlu juga kucoba lain kali sebagai variasi jus kulit manggis.

Apa kandungan dalam kulit manggis

Xanthone

Apa yang menyebabkan kulit manggis ampuh mengatasi berbagai penyakit? Ahli farmasi dari Universitas Indonesia, Dr Berna Elya Apt MSi, mengatakan kulit manggis mujarab mengatasi beragam penyakit berkat senyawa xanthone. Senyawa itu antioksidan tingkat tinggi. “Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk,” kata ahli teknologi pangan dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Dr Ir Raffi Paramawati.kulit manggis kering dalam keranjang

Berna menuturkan xanthone memiliki gugus hidroksida (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel tubuh. Raffi mengatakan kulit manggis andal menetralisir radikal bebas. Lihatlah nilai oxygen radical absorbance capacity (ORAC) xanthone mencapai 17.000-20.000. Bandingkan dengan sumber antioksidan lain seperti anggur yang hanya 1.100, sedangkan apel 1.400.

Trio mangostin

Alfamangostin, gammamangostin, dan garsinon-E (trio mangostin). Alfamangostin-antioksidan kuat dan bagian kelompok xanthone-meningkatkan aktivitas enzim lipoprotein lipase dan katabolisme very low density lipoprotein (VLDL). Itu lipoprotein berdensitas sangat rendah. Berkat enzim lipoprotein lipase, VLDL yang kaya trigliserida itu terhidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol. Hasil samping penguraian berupa kolesterol, fosfolipid, dan apoprotein yang akan dipindahkan ke HDL. Akibatnya kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL turun; kadar HDL atau kolesterol baik meningkat.

Padahal, di negara lain marak penelitian kulit manggis sebagai obat. Para periset di Amerika Serikat, misalnya, meneliti dan memproduksi jus kulit manggis seperti Vemma dan Xango yang juga beredar di Indonesia.

Menurut Raffi, ekstrak dan jus kulit manggis menempati peringkat 10 besar sebagai suplemen makanan paling tren di Amerika Serikat versi Datamonitor’s ProductScan Online. Jepang juga getol meriset khasiat kulit manggis sejak 2000. Malaysia mengembangkan kulit manggis sebagai herbal antiplatelet alias obat-obat yang menghambat pembekuan darah. Di tanahair beberapa produsen seperti PT Industri Jamu Borobudur memproduksi kapsul ekstrak kulit manggis merek Mastin sejak 2007. PT Inti Kiat Alam, mengolah jus kulit manggis bermerek Xamthone Plus sejak 2008.

Nach mau olah sendiri atau konsumsi yang sudah jadi baik dalam bentuk kapsul ataupun jus, silahkan dipilih sendiri yaaa…

341 thoughts on “Kulit manggis…amankah dikonsumsi

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:37 am

      thanks infonya

      • viena itink Februari 28, 2012 / 11:51 pm

        mbak,,
        kulit manggis yang untuk rebusan itu
        3 buah dengan 6 gelas air hangat jadi 2 gelas sisanya…
        yang 2 gelas itu,1 gelas di minum pagi dan 1 gelasnya lagi sore hari…
        apa 2 gelasnya langsung diminum,,trus untuk sore di ganti lagi rebusan manggisnya

      • purwatiwidiastuti Februari 29, 2012 / 12:19 am

        mbak viena,
        2 gelas itu diminum pagi dan sore masing-masing 1 gelas…..
        jika dari 6 gelas menjadi 2 gelas terlalu pekat, lambung tidak kuat sebaiknya dosis kulit manggisnya dikurangi, karena setiap orang tidak sama ketahanan tubuhnya terutama lambung terhadap kulit manggis yang kaya antioksidan ini.
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:44 am

        masuk mbak nyna,
        selamat pagi
        salam sehat

      • Fia Agustus 22, 2012 / 1:14 pm

        saya sudah pernah merasakan kasiatnya untuk mengatasi keputihan. Awalnya saya ke dokter dan dikasih obat yg lumayan mahal sih, tp gak ada reaksi apa2. Kemudian saya coba bikin jus kulit manggis tanpa direbus, jd 1 buah manggis (kulit dalam dan isinya) saya blender dengan 400 cc air matang plus 1 sendok makan madu. Saya cuma minum 3 sendok makan saja, dan hasilnya langsung keliatan, keputihan berhenti total. Awalnya sih memang diare tp cuma sebentar, katanya sih itu hanya reaksi awal, tp setelahnya gak masalah kok.

      • purwatiwidiastuti Agustus 26, 2012 / 1:10 am

        fia,
        terima kasih sharingnya, semoga bermanfaat buat pembaca lain yang mengalami masalah keputihan (hampir semua wanita pernah mengalami masalah ini, ya khan).
        suatu saat aku tak nulis tentang keputihan, dengan salah satu cara mengatasi berdasarkan pengalaman fia ya. boleh khan?
        salam sehat

      • indah Februari 16, 2013 / 2:36 am

        mba pur saya udah seminggu konsumsi rebusan kulit manggis,saya punya penyakit migren parah. . .pertama kali minum kepala saya terasa sakit skt bgt,smpe skrg msh agak skt setelah minum. . .tp tdk sesakit wkt pertama kali minum.itu knp ya mba?ada yg bilang darahnya g lancar,jd kulit manggis bisa melancarakn peredaran darah apa betul itu mbak pur?tlg bagi informasinya.saya minum tanpa campuran.

      • purwatiwidiastuti Februari 18, 2013 / 2:23 am

        mbak indah,
        alhmdlh migren dah berkurang sakitnya,
        sejauh yang saya baca kulit manggis mampu melancarkan peredaran darah.
        salam sehat

      • yuli November 4, 2013 / 6:32 am

        mba,.. kalo penderita darah rendah apakah boleh mengkosumsi jus kulit manggis ?? kalo misalnya boleh trus atauran minum jusnya gmn ya..
        tky

      • purwatiwidiastuti November 5, 2013 / 10:29 pm

        Dik yuli,
        Kulit manggis baik utk menurunkan tensi, klo adik darah rendah, hati2 mengkonsumsinya yaa
        Salam sehat

      • silfi November 9, 2013 / 1:00 pm

        mba berarti aku salah asumsi yah? kira kira kalau saya mengkonsumsinya cuma di jus tanpa direbus itu bermasalah tidak ya!? tapi alhamdulillah nyeri di bagian yang sakit hilang dan badan saya tidak sakit dan lemas lagi, tapi setelah 4 hari mengkonsumsi saya terserang diare, apa itu penyebabnya!? mohon infonya dan terima kasih.

      • purwatiwidiastuti November 9, 2013 / 1:11 pm

        Mbak silfi,
        Bisa baca tulisan sy ttg kulit manggis segar apa kering?
        Pada prinsipnya tidak masalah segar atau kering.
        Salah satu efek kulit manggis bisa diare, tp gapapa,
        Diarenya bisa diatasi dg makan puding.
        Salam sehat

      • febri Januari 7, 2014 / 9:48 am

        mbak kalau mau di jus , kulitnya perlu di keringkan gak ya?

      • purwatiwidiastuti Januari 7, 2014 / 10:27 am

        Mb febri,
        Kulit manggis bisa dibuat ngejus baik dlm kondisi segar maupun kering. Detilnya silahkan baca tulisan sy ttg cara membuat jus kulit manggis.
        Semoga cocok.
        Salam sehat

      • febri Januari 8, 2014 / 7:29 am

        terimakasihh,,,, :-)

      • purwatiwidiastuti Januari 8, 2014 / 8:07 am

        sama2 mbak febri
        salam sehat

      • wakhid hasim Januari 13, 2014 / 2:41 pm

        mba saya kemaren sore minum rebusan kulit manggis dan warnanya kuning seperti kopi susu aku minum segelas dan langsung muntah,,,pagi harinya sekitar jam pagi saya mengalami sakit perut yang luar biasa di sebelah kiri tembus mpe pinggang sakitnya…mau ke belekang bab gak bisa ,seketika itu juga saya mau ke dokter dan akhirnya setengah pingsan keluar kringat dingin banyak sekali..saya dibawa teman ke dokter dan anus saya diberi obat seperti peluru ,,15 menit kemudian sakit mereda,,,katanya saya kena kolik ginjal akibat minum air rbusan kulit manggis bikinan sendiri…sakit sekarang belum sembuh…apakah saya salah pengolahan ya mba…?

      • purwatiwidiastuti Januari 13, 2014 / 2:56 pm

        Pak wakhid hasim,
        Banyak ragam penyebab kholik ginjal, namun sy blm pernah membaca kulit manggid mjd penyebab kholik ginjal.
        Kalau penderita gagal ginjal memang dilarang mengkonsumsi kulit manggis krn akan memperberat kerja ginjal.
        Kalau bapak pasien gagal ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi kulit manggis.
        Salam sehat.

      • aboy Oktober 21, 2014 / 2:12 pm

        apa bisa untuk mengobayi klamidia tman saya

      • latief Desember 8, 2014 / 12:55 pm

        apa ekstrak kulit manggis bisa untuk mengobati PMS klamidia mbak? thx

      • purwatiwidiastuti Desember 8, 2014 / 9:39 pm

        Pak latief,
        Saya belum baca tentang pms klamidia. Nanti kalau ketemu akan saya tulis dan postingkan.
        Salam sehat

      • Liyea Setiawan Maret 4, 2015 / 7:28 pm

        saya pernah mengalami sama seperti bapak saat saya mengkonsumsi mezon. akhirnya saya coba minum air degan/kelapa hijau. alhamdulilah saya sekarang suah tidak pernah kambuh lagi. awal minum efek sampingnya kambuh lagi tapi hanya sesaat,dan akan terasa anyang anyangan, seperti ingin buang air kecil terus. tapi setelah rutin mengkonsumsi degan hijau alhamdulilah saya sekarang tidak pernah merasakan sakit di ginjal saya agi

      • purwatiwidiastuti Maret 4, 2015 / 9:32 pm

        Mbak liyea setiawan,
        Terima kasih sharingnya
        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti Mei 9, 2012 / 1:55 am

        mbak viena itink,
        diminum pagi dan sore
        salam sehat

      • wanvaenza Mei 26, 2015 / 6:58 am

        UMbak…mengkonsumsi jus kulit manggis …apa jg boleh minum obat dari dokter ? Apa ada efek samping nya ?
        Terima kasih. .

      • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:35 am

        Mas atau mbak wanvaenza yaa.
        Jus kulit manggis bisa dikonsumsi saat minum obat dokter tapi harus diberi antara 2jam ya. Jd kalau obat dokter diminum jam 7, jus kulit manghis diminum jam 9 atau lebib.
        Salam sehat

  1. putra Desember 19, 2011 / 2:22 am

    mba ..artikel tentang cara mengolah kulit manggis dengan cara di rebus yg mana kok ga ada mba ?

    • purwatiwidiastuti Desember 20, 2011 / 12:32 am

      ……Mereka merebus kulit manggis, menyaring, dan meminumnya…..

      • Muhammad Ganjar Saputra Maret 21, 2013 / 2:22 am

        ba saya suka membeli juice manggis manfaat nya sudah saya rasakan

      • purwatiwidiastuti Maret 21, 2013 / 2:42 am

        Mas Muhammad Ganjar Saputra,
        alhamdulillah, bisa share disini apakah manfaat yang mas ganjar peroleh
        salam sehat

      • fahri Januari 21, 2014 / 1:17 pm

        saya sudah merasakan khasiatnya

      • purwatiwidiastuti Januari 21, 2014 / 1:19 pm

        Mas fahri,
        Alhmdlh…bgmn pengalamannya mengkonsumsi kulit manggis. Bisakah di share disini, biar org lain jg bs mengambil manfaatnya.
        Salam sehat

      • eha julaeha Januari 25, 2014 / 2:13 am

        ga di jemur dulu,langsung di rebus apa gmana

      • purwatiwidiastuti Januari 25, 2014 / 6:44 am

        Eha julaeha,
        Bisa langsung bisa pula direbus dulu…lebih komplit baca posting saya ttg cara musah membuat jus kulit manggis
        Salam sehat

      • Indah Agustus 19, 2014 / 10:23 am

        Assalamualaikum. Mbk mau tanya, apakah boleh merebus kulit manggis di campur kayu manis ?

      • purwatiwidiastuti Agustus 20, 2014 / 2:55 am

        mbak endah,
        beberapa herbalis mencampur kulit manggis dengan bahan herbal yang lain.
        saya sendiri juga suka meracik kulit manggis dengan kayu manis, sereh dan cengkeh.
        silahkan mencoba berimprovisasi dengan bahan herba yang lain
        salam sehat

  2. adi sayoga Desember 20, 2011 / 8:36 am

    apakah aman? kalau hanya merebus begitu saja? apa ngak ada zat2 yang berbahaya bagi tubuh?

    • purwatiwidiastuti Desember 21, 2011 / 2:15 am

      sejauh ini saya aman2 baik2 saja sich….
      untuk aman tidaknya….Riset PT Industri Jamu Borobudur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman konsumsi….begitu mas adi…selamat minum rebusa kulit manggis

      • ita Desember 28, 2012 / 6:47 am

        maksudnya dosis aman hingga 750 g dalam jangka waktu berapa lama mbak 1 hari atau 1 bulan atau 1 tahun

      • purwatiwidiastuti Desember 28, 2012 / 7:24 am

        bu ita,
        kalau diartikel itu tidak disebutkan periodenya, tetapi ada pengobat herbal yang menyarankan buka dikonsumsi dalam waktu lama, hanya sampai saat penyakitnya sudah sembuh.
        Kalau saya pribadi ya, setahun ini konsumsinya sbg minum harian seperti minum teh, wedang jahe ataupun wedang secang selama di kantor. Dosis utk minuman bukan untuk pengobatan.

        salam sehat

      • ita Desember 28, 2012 / 7:32 am

        kalau kita konsumsi kapsul ekstrak kulit manggis setiap hari sesuai dosis yg ditentukan selama bertahun2 aman gak mbak?

      • purwatiwidiastuti Desember 28, 2012 / 7:49 am

        ita,
        menurut saya,sebaiknya ada waktu berhenti untuk tubuh beristirahat
        setelah jeda dilanjutkan lagi tidak apa-apa sejauh tidak ada keluhan akibat mengkonsumsinya
        salam sehat

      • ita Desember 28, 2012 / 7:40 am

        dibotolnya tertera unt pencegahan 3×1 perhari mbak dan teman saya yg punya penyakit jantung otomatis dia mengkonsumsi unt seumur hidup dengan dosis yg sama untuk pencegahan penyumbatan pembuluh darahnya, gimana mbak kira2 aman gak ya dikonsumsi seumur hidup? apa tidak mengganggu ginjalnya? terima kasih sebelumnya

      • purwatiwidiastuti Desember 28, 2012 / 7:52 am

        mbak ita,
        menurut beberapa herbalis, konsumsi kulit manggis bukan untuk pengobatan tidak untuk seumur hidup. Setelah penyakit sembuh, pengobatan ya berhenti.
        Kulit manggis itu mengandung tanin dan kandungan serat tinggi, sehingga disarankan kalau minum kulit manggis juga memperbanyak minum air putih agar kerja ginjal tidak menjadi berat.
        begitu mbak
        salam sehat

  3. jerry Desember 20, 2011 / 9:50 am

    berapa kulit manggis di butuhin buat merebus ? berapa dosis ya di perlukan ? agaar aman di konsumsi ?

    • purwatiwidiastuti Desember 21, 2011 / 2:12 am

      Kalau saya merebusnya tergantung berapa banyak buah manggis yang dibeli hari itu, kalau lebih dari 10 biji ya diminumnya lebih dari 2x

      Riset PT Industri Jamu Borobudur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman konsumsi.

  4. jerry Desember 20, 2011 / 10:06 am

    oh ya satu lagi apa kulit na di keringkan dlu apa langsung di rebus ?di rebus kulit luar di hilangkan dlu apa ga ? tolong dong secara rinci cara pembuatan na kurang ngerti nih

    • purwatiwidiastuti Desember 21, 2011 / 2:14 am

      Mas jerry,
      kalau saya pake untuk jus ya diambil kulut dalemnya saja, karena kulit luarnya keras
      kalau untuk jus, biasanya saya campur dengan buah lain, sebagaimana kebiasaan saya minum jus harian
      kalau direbus ya semua kulit baik dalam maupun luar, begitu juga kalau dikeringkan, kalau rasanya terlalu sepat bisa ditambah madu atau gula merah, mana yang lebih disuka

  5. Omingjoe Desember 21, 2011 / 2:53 am

    saya pernah menderita penyakit paru – paru kronis n saya pernah dioprasi tahun 2008,,,, 3 th saya ditangani oleh dokter sepesialis paru – paru didenpasar, tiga bln lalu saya disaranin konsusmsi kulit manggis,,, sudah tiga bulan saya tidak konsumsi obat kimia lagi n penykit saya dapat disembuhkan……… selama 3 bln saya konsumsi 2kali pagi dan malam.

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:15 am

      pak omingjoe,
      terima kasih testimoninya
      semoga bapak berkenan berbagi info untuk teman2 yang membutuhkan
      salam sehat

      • apa kence Agustus 11, 2012 / 3:58 am

        Terimasih, Pak Harto dulu bilang begitu

    • rindiridho@ymail.com November 26, 2013 / 11:06 pm

      Bpk.. Konsumsi kulit manggis segar apa kapsul y.? Klo kpsul apa nama kapsulnya?

    • dedeamalia Maret 28, 2014 / 8:37 am

      Di mana ya saya bisa mendapatkan kulit manggis kering? Soalny d pontianak gak ada jual

      • purwatiwidiastuti Maret 28, 2014 / 8:40 am

        Mbak dedeamalia,
        Coba search di google, kmrn sy lihat banyak yg jual kulit manggis kering kiloan via online koq.
        Semoga bisa dpt yg cocok.
        Salam sehat.

      • adhi Mei 15, 2014 / 1:23 pm

        Bukan kah pontianak tempat nya buah manggis??

      • purwatiwidiastuti Mei 15, 2014 / 10:55 pm

        Mas adhi,
        Benarkah…setahu saya pontianak terkenal jeruk dan lidah buaya…
        Saya tidak pernah merasakan buah manggis kalau tugas ke pontianak, tp klo jeruk dan lidah buaya sering
        Salam sehat

  6. ludi prasetyo Desember 21, 2011 / 7:41 am

    saya mengkonsumsi jus kulit manggis, dan saya jus ( saya campur dg jeruk lemon dan madu), setelah saya minum (pagi hari ) perut saya terasa mual dan terjadi muntah serta mencret (diare). mungkinkah saya mengkonsumsi terlalu banyak ? ( saya buat jus dari 2 buah kulit manggis ). berapakah ukuran yg benar utk dikonsumssi berdasarkan pengalaman mbak purwati dan teman teman yg pernah mendapatkan khasiatnya?. dan bagaimanakah mengolahnya ? saya meyakini kulit manggis ini berkhasiat.terimakasih

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:20 am

      pak budi
      apakah bapak mengkonsumsi dalam keadaan perut kosong? atau bisa jadi terlalu banyak jeruk lemonnya
      kalau saya 10 buah kulit manggis saya rebus dan digunakan dalam membuat 2-3 jus bersama buah lain, bila tidak direbus (langsung di jus) biasanya 1-2 buah kulit manggis bagian dalam (kulit luar terlalu keras untuk di jus)
      saya baru akan mencoba yang minum setelah direbus
      jadi kepingin segera musim buah manggis nich

  7. dewa Desember 22, 2011 / 9:15 am

    Saya baru saja mencoba merebus kulit manggis ,warna stelah di rebus kayak warna teh ya mbaaakk ?? tp kok ada kuning2 na ? apa itu pnyakit manggis na ya ?

    • purwatiwidiastuti Desember 23, 2011 / 1:18 am

      mas dewa,
      warna kuning yang biasanya ada dibagian bawah manggis itu penyakit dan kalau kemakam emang rasanya pait.
      jadi kalau mau merebus, usahakan kulit buah manggis yang sehat

      • dewa Desember 23, 2011 / 2:40 am

        bahaya ga tu mbak penyakit kuning na ?

        Tapi emang kalo di rebus itu warna kyak warna teh ya ? di rebus na brp menit mbak biar hasil na optimal ?

      • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:36 am

        mas dewa,
        ketinggalan jawabnya,waktu merebusnya dengan ukuran air rebusan dari 3 gelas menjadi tinggal 1 gelas

  8. Hariadi Desember 24, 2011 / 10:58 am

    Btw mbak saya kok nge rebus kulit manggis warna na putih ya ? kok beda kayak komentar mass jerry yg setelah di rebus warna na kyak teh ? mohon penjelasan y na mbak purwati ?!!?

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:21 am

      mas hariadi,
      kandungan antioksidan dalam kulit manggis yang bernama xanthone itu warnanya merah keunguan, istilah mas jerry kayak teh. jadi kalau warnanya putih koq saya belum pernah nemuin ya.
      Mas jerry, apa pernah nemui ngrebus warnanya jadi putih?

    • Kadek Jaka April 26, 2013 / 1:56 pm

      Barusan saya coba blender kerokan bagian dalam kulit manggis, hasilnya berwarna putih kekuningan. Selanjutnya saya rebus dan warnya malah makin kuning. Karena warnanya ndak sesuai seperti yang diceritakan di artikel blog ini jadi saya buang aja.
      Karena masih penasaran jadi saya coba cara lain, yaitu langsung merebus kulit manggis tanpa memotongnya / tanpa di haluskan. Awal-awal air rebusannya warna putih kekuningan, tapi setelah beberapa baru semakin gelap keunguan.. Akhirnya baru saya minum + sedikit madu..

      • purwatiwidiastuti April 29, 2013 / 2:27 am

        Bli Kadek Jaka,
        selamat atas keberhasilan merebus kulit manggis seperti yang diinginkan
        semoga bermanfaat
        salam sehat

  9. fera Desember 26, 2011 / 2:45 am

    mbak pur sakit apa? kalau aku kanker serviks.kalau di jus konsumsi sehari berapa kali mbak?

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:18 am

      kalau saya manggis dimakan biasa, kulit manggisnya dua hari ini saya rebus 3-5 buah dengan 6 gelas air sampai tinggal dua gelas, diminum pagi dan sore, saya gunakan untuk menurunkan kolesterol. semoga januari nanti kontrol kolesterolnya baik2 saja

      • fera Desember 27, 2011 / 4:57 am

        apa mbk gak terasa pait dan sepat ?

      • purwatiwidiastuti Desember 29, 2011 / 1:59 am

        mbak fera,
        kalau porsinya pas cuma agak sepet, tapi kalau terlalu pekat alias kebanyakan ya memang ada pahitnya sich….biasanya kalau terlalu pekat ya saya kasih lagi air selain madu

  10. iwansaid Desember 26, 2011 / 12:42 pm

    Malam Mba,

    Kalo di blender, termaasuk getah kuningnya, gamasalah?

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:16 am

      setahu saya getahnya merah, kalau kuning itu penyakit, rasanya pahit.
      jadi kalau mau diblender dihilangi dulu bagian kuningnya ya

  11. Mar 'athund' Mutaqqiyah Desember 27, 2011 / 3:20 am

    kalo struma caraa bikin jusnya dii rebus ajaa y??
    kalau di jemur zat yang terkandung di dalam nya hilang ga mba?
    soalnya manggis kan tergantung musim mba,,

    • purwatiwidiastuti Desember 29, 2011 / 1:58 am

      setahu saya paling bagus ya segar, tetapi kalau biar awet ya emang perlu dikeringkan, antioksidannya sich ga hilang koq

  12. Hariadi Desember 27, 2011 / 10:31 am

    ia Mbak Warna Na Putih !! Kyak Susu !! Aku Ngerebus na Kulit Luar dan Dalem !! Mbak Biasana Cara Ngerebus kulit manggis kyk Gmna ?

    Oh ya Mbak AKu Dah Ilangin kuning2 di kulit manggis tapi kenapa Tetep Pahit ya ?

    • purwatiwidiastuti Desember 29, 2011 / 2:01 am

      waduch, apa yang salah ya pak hariadi, saya koq jadi bingung juga
      sebentar buahnya buah manggis yang kulitnya keungu-unguan khan?
      hehehe…emang ada kulit manggis berwarna putih…ini mach saking bingung ngejawabnya…

      • Hariadi Desember 30, 2011 / 10:52 am

        ia mbak !! Warna Putih Ke kuning2 an dikit !! Kenapa ya warna ga mau pink ke merah2 an ??

        Saya rebus biasa na 2 kulit manggis( ga di keringkan) dengan 2 gelas air tunggu sampe 1 gelas !!

        saya jd bingung mba !! Oh ya mba Kalo Penyakit Kuning Manggis bahaya ga buat tubuh ?

      • okan Januari 31, 2012 / 1:21 am

        Mas Hariadi, jika warnanya mau jadi pink ke unguan………..
        ngerebus kulit manggisnya jgn di dipotong kecil-kecil..
        itu yg putih kyak susu getahnya yg tercmpur sari klit mggisnya tersebut…
        saya pernah jg ko nemui kyak gtu, kmudian saya rbus kulit manggisny cukup dibelah dua saja.
        Met. coba

      • purwatiwidiastuti Februari 1, 2012 / 12:53 am

        ma kasih telah berbagi pengalamannya okan
        semoga mas hariadi semakin tertarik mencoba berbagai variasi cara mengkonsumsi kulit manggis
        salam sehat

  13. Herman Desember 30, 2011 / 7:17 pm

    Mba, cara minum jus kulit manggis seblum pa sesudah makan?

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2012 / 12:23 am

      pak herman,
      saya minum sesudah makan, karena bangun tidur saya sudah langsung minum segelas air yang diberi perasan sebuah jeruk nipis.

  14. riani Januari 3, 2012 / 9:30 am

    mba ..saya kan ngerebus kulit manggis ..saya juga uda ngilangin kuning2 di buah manggis kok tetep aja pahit ya ?

    apa penyakit kuning dr manggis ber bahaya buat tubuh ?

    • purwatiwidiastuti Januari 4, 2012 / 1:33 am

      mbak riani,
      berdasar pengalaman saya, pahit itu bisa terjadi karena:
      1. ada penyakitnya (getah kuning), getah kuning itu bisa menempel diseluruh permukaan kulit tidak hanya didasar kulit saja, coba perhatikan baik2 apa kulit manggisnya benar2 mulus dari penyakit ini
      2. terlalu pekat atau kebanyakan sehingga rasanya dari sepet berubah jadi pahit, coba kurangi jumlah kulit manggisnya, atau ditambah airnya
      semoga tidak terasa pahit lagi

    • Nida Februari 3, 2012 / 6:36 pm

      tambahan, karena kulit manggis mengandung tanin yang bisa menyebabkan pahit pada tanaman, terimakasih.

      • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:24 am

        mbak nida,
        terima kasih tambahan infonya

  15. topaz Januari 4, 2012 / 1:12 pm

    mungkin pak Hariadi merebus manggis yg belum matang benar atau bisa jadi manggis yg masih muda, di utamakan manggis yg sudah tua dengan warna kulit ungu atau biru tua .

    • purwatiwidiastuti Januari 6, 2012 / 4:00 am

      ma kasih infonya mas topaz

  16. NIna Januari 6, 2012 / 4:03 am

    Mba, saya punya penyakit tumor payudara sudah 2 th apa bisa minum kulit manggis juga, trus ada efek sampingnya ga yah, tolong penjelasannya.
    Thx

    • purwatiwidiastuti Januari 9, 2012 / 12:31 am

      mbak nina,
      untuk tumor, sejauh pengetahuan saya, daun sirsak sudah banyak terbukti kemanjurannya, apalagi efek sejenis kemoterapi pada daun sirsak. silahkan baca postingan saya tentang daun sirsak.
      semoga tumornya segera sembuh ya

      • Rahmi Januari 10, 2012 / 5:29 pm

        Sy barusan minum air rebusan kulit manggis, sy make 3-4 kulit manggis yg warnanya pink dan merah kecoklatan. Ukuran air tidak sy utamakan, krn itu fleksibel tiap orang (terserah mau encer atau kental). Air rebusannya berwarna putih susu agak pink saat drebus, dan warna kulit manggisnya agak kekuningan, mnunjukkan bhw kandungan dr kulit manggis sudah tertarik ke air. Stelah air rebusan dingin, sy pindahkan ke gelas, terlihatlah warna air rebusanya PINK SUSU. Sy kasih gula krn rasanya sepat n pahit.

      • purwatiwidiastuti Januari 11, 2012 / 12:39 am

        ya bener mbak,
        saya kadang rebus3 kadang bisa sampai 12 tergantung punya berapa kulit manggis, kalau encer rasanya sepat kalau pekat ya emang jadi pahit meski sudah dikasih madu. sekarang saya sedang mencoba untuk mengeringkan sebelum direbus. sesekali saya juga ngejus kulit manggis.
        betul mbak rahmi, mau dikonsumsi dengan cara apa, tergantung kesukaan masing-masing

      • Rahmi Januari 10, 2012 / 5:36 pm

        Mnurut sy warna kekuningan pd kulit manggis itu BELUM TENTU PENYAKIT, krn BELUM ADA BUKTI ILMIAH nya. Lagipula jgn pikirkan yg blom pasti itu, pikirkanlah bahwa khasiatnya sangat sangat banyak dan luar biasa..
        Rasa pahit/sepat yg dtimbulkan dr kulit manggis, itu sangat wajar, mengingat dy berasal dr bahan alam. Ada kandungan2 tertentu yg myebabkan manggis itu berasa pahit namun menyehatkan. Jika anda tidak suka rebusan manggis yg berasa pahit, anda bisa coba alternatif lain seperti beli kapsul kulit manggis, sirup kulit manggis, ekstrak kulit manggis, dll.

      • purwatiwidiastuti Januari 11, 2012 / 12:35 am

        mbak rahmi,
        kalau dalam bahasa jawa, ayah saya bilang itu namanya blendok yang menyebabkan manggis terasa pahit, sehingga ketika kulitnya direbuspun juga akan terasa pahit. kalau dari sisi ilmu hama penyakit tanaman itu masuk kategori penyakit.Sejauh saya konsumsi kulit manggisnya sehat (tanpa “krem kuning”) itu rasa kulit manggis sepet, bahkan sepupu saya ketika kecil makan manggis itu ya seluruh buah bersama kulitnya kecuali mahkota buahnya.

      • Rahmi Januari 10, 2012 / 5:44 pm

        Menurut penelitian, ekstrak kulit manggis bagus dalam menghambat sel kanker. Jadi untuk anda yg punya penyakit kanker serviks/payudara/ yg lainnya, anda bisa mengonsumsi kulit manggis baik dalam bentuk rebusannya, jus nya, atau ekstraknya.. Smoga penyakit kita semua cepat sembuh.. Aamiin.
        Ingat, semua penyakit ada obatnya, tinggal kita pilih mau obat dr dokter atau obat dr tumbuh2an yg tlah Allah ciptakan tuk kita??? Tentu saja obat2an dr yg Allah ciptakanlah yg sempurna.

      • purwatiwidiastuti Januari 11, 2012 / 12:31 am

        terima kasih infonya tentang kulit manggis,
        saya sedang mencari artikel manfaat kulit manggis untuk syaraf kejepit, apakah mbah rahmi punya infonya?

      • setiaji Juni 17, 2013 / 2:37 am

        Ekstrak kulit buah yang larut dalam petroleum eter ditemukan 2 senyawa alkaloid . Kulit kayu, kulit buah dan lateks kering Garcinia mangostana mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit yaitu mangostin dan ß-mangostin yang berhasil diisolasi. Mangostin merupakan komponen utama sedangkan ß-mangostin merupakan konstituen minor. Ditemukan metabolit baru yaitu 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di(3-metil-2butenil) xanton yang diberi nama a-mangostanin dari kulit buah Garcinia mangostana.

        (diambil dari posting NUKE DIANA di group Vemma United for Success 26/4/’11)jadi warna kuning itu bukn zat berbahaya atau penyakit…

        Sekedar info

      • purwatiwidiastuti Juni 17, 2013 / 8:39 am

        mas setiaji,
        terima kasih tambahan infonya
        salam sehat

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:43 am

      berdasar review blog saya di tahun 2012, nina memberi komen/pertanyaan/info sebanyak 5 kali selama tahun 2012…terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan menambah wawasan.
      semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog saya
      salam sehat

  17. Rahmi Januari 10, 2012 / 6:03 pm

    Kulit manggis ini sangat kaya dengan vitamin C. Vitamin c adalah vitamin yg larut dalam air. Konsumsi vitamin c yg aman untuk sehari2 adalah 1000mg. Namun jika berlebihan mengonsumsinya, ada dua akibat.. Pertama, vitamin c yg berlebih akan dibuang melalui urin. Kedua vitamin c yg berlebih akan menimbulkan diare. Jadi sy sarankan, jangan minum jus/kulit manggis bersama dgn JERUK NIPIS. Krn kandungan vitamin C pd jeruk nipis juga tinggi..
    Apapun yg dikonsumsi berlebihan justru berbahaya. Pergunakanlah sebijak mungkin.

    • purwatiwidiastuti Januari 11, 2012 / 12:30 am

      ma kasih mb ratmi,
      info yang bagus dan sangat cocok buat saya, karena setiap bangun pagi saya langsung minum air putih dengan perasan satu buah jeruk nipis sejak lima tahun lalu. sekarang mulai juga dengan minum rebusan kulit manggis pagi dan sore.

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:46 am

      berdasar review blog saya di tahun 2012, mbak rahmi memberi komen sebanyak empat kali selama tahun 2012…terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan memberi komentar yang menambah wawasan.
      semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog saya
      salam sehat

  18. rei Januari 15, 2012 / 9:46 am

    klo direbus itu semua kulit langsung dimasukan ya?? (kulit luar juga ikut ?) tx ato harus dipisahin ?..sekali lagi ini buat direbus tX.

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 1:50 am

      betul Rei,
      kulit luar maupun dalam langsung direbus, airnya diminum,kalau ga suka rasanya bisa ditambah madu
      itu yang selalu saya lakukan

  19. adinda Januari 20, 2012 / 1:35 pm

    ud beberapa hr ini sy mengkonsumsi kulit manggis dan badan sy terasa enk…sya memiliki pnyakit cairan diperut sy..apa itu bsa diobati dgn kulit manggis…mohon infonya…

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:24 am

      adinda,
      semoga ikhtiar adinda dengan mengkonsumsi kulit manggis mendatangkan hasil yang positif
      tetap optimis dan penuh semangat ya adinda
      salam sehat

      • adinda Januari 25, 2012 / 5:23 pm

        amin yaAllah…..makasi ya mba purwati bwt suport n do’ax….:)

      • purwatiwidiastuti Januari 26, 2012 / 12:16 am

        sama2 adinda
        salam sehat

  20. Marmi hs Januari 26, 2012 / 4:53 am

    Tq infonya for all ya,saya baru mau coba,kan skarang lagi musim manggis,saya ada masalah dengan Triglesirida yg di atas rata-rata.Tq n salam kenal

    • purwatiwidiastuti Januari 28, 2012 / 11:52 am

      semoga berhasil mbak marmi hs

      • Dwi Han April 16, 2013 / 1:47 pm

        tanya mbak saya membuat rebusan kulit manggis dan saya minum campur susu coklat, kadang saya campur pake teh celup, supaya aromanya harum, apakah itu tdk mempengaruhi khasiat kulit manggis itu sendiri, dan saya msh blm tau berapa kali rebusan dapat saya minum?

      • purwatiwidiastuti April 17, 2013 / 12:48 am

        Mb Dwi Han,
        untuk mendapatkan aroma harum bisa dicampur dengan kayu manis atau cengkeh. Sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi bersama susu.
        Akan lebih baik dicampur dengan rimpang2an seperti jahe, temulawak sesuai dengan kesukaan aroma maupun tujuan mengkonsumsi kulit manggis.
        Kulit manggis bisa direbus 2x, hasil rebusan pertama lebih pekat sedang yang kedua lebih encer.
        salam sehat

  21. wiwin Januari 27, 2012 / 10:54 am

    Saya sudah lama mengidap penyakit kulit (psoriasis) saya dengar kulit manggis bisa menyembuhkan kanker…apa kulit manggis juga bisa menyembuhkan psoriasis saya?
    tapi sekarang ini saya baru hamil 4 bulan…Amankah kalau saya mengkonsumssi jus kulit manggis? mhn dijelaskan.
    terima kasih

    • purwatiwidiastuti Januari 28, 2012 / 11:51 am

      mb wiwin,
      sebaiknya konsul dokter untuk kepastian keamanan buat calon bayi mbak

  22. Marmi hs Februari 1, 2012 / 8:40 am

    M Pur?knpa sya minum beberapa kali masih mual ya,apa mngkin ada penyebab lain?apa juga kiatnya spya g mual,krna sampai keringat dingin .Trims sebelumnya Mbak.

    • purwatiwidiastuti Februari 2, 2012 / 12:40 am

      mbak marmi,
      disarankan kalau minum perut tidak dalam keadaan kosong.
      kalau terasa terlalu pekat, dosisnya dikurangi biar tubuh beradaptasi.
      semoga mual segera teratasi
      salam sehat

  23. Marmi hs Februari 1, 2012 / 8:44 am

    Oh ya Mbak,klau kita rebus terus airnya kita simpan dalam kulkas apa masih boleh di minun atau memang sekali rebus harus habis?krena lebih praktis,rebus sore ,buat minun pagi juga .Tanks

    • purwatiwidiastuti Februari 2, 2012 / 12:23 am

      mbak marmi,
      saya juga sering ngrebus untuk 2x minum, sisanya masukin kulkas dulu biar adem

  24. sri musallamah Februari 4, 2012 / 1:53 am

    tks infonya bu….,skrg saya sdg mencobanya .

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 4:48 am

      sama2 bu sri musallamah
      selamat mencoba, jangan lupa berbagai cerita disini ya
      salam sehat

  25. dewi Februari 13, 2012 / 9:31 am

    Klo kulit dalamnya lgsg dimakan kira2 ada efeknya gak ya?

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 9:36 am

      mbak dewi,
      seupuku waktu kecil suka makan buah manggis sama kulitnya dari pohon dihalaman rumahnya, katanya sih sepat saja rasanya…dan alhamdulillah sampai sekarang dia sehat2 saja tuch.
      salam sehat

      • dewi Februari 14, 2012 / 1:58 am

        Makasih jawabanya mbak..

  26. suwandi Februari 18, 2012 / 12:57 pm

    just mangis mmg ok sy smbh dr kekentalan darah dan pingang

    • purwatiwidiastuti Februari 20, 2012 / 2:48 am

      terima kasih pak suwandi atas sharingnya, semoga bermanfaat untuk pembaca lainnya
      salam sehat

  27. billy budiawan lauw Februari 23, 2012 / 12:09 pm

    saya sudah coba 2minggu minum rebusan kulit manggis. Cara saya adalah: kulit manggis 2 kg saya bersihkan ambil yg masih lunak warna isi kulit masih merah ungu kemudian saya gunting2 setebal 5mm panjang 3cm kemudian tabur ditampah dan dikeringkan agar cepat kering sy taruh didepan kipas out door AC.. Sampai kering dalamnya kalau dipatahkan akan berbunyi ..tak.. Dari 2kg manggir saya dapat satu toples besar. Setiap merebus saya ambil 3 genggam direbus diteko keramik sampai mendidih saya dapat 3 gelas rebusan warnanya merah muda agak unggu kalau saya minum hangat2 reaksi paling cepat adalah keluar lendir2 dahak. Tenggorokan terasa plong. Selama dua minggu saya minum 2 sampai 3 gelas setiap hari. Tidak merasa ada keluhan malah teman2 bilang muka saya lebih sehat warna agak kemerahan.. Saya akan coba 2 bulan berturut turut mudah2an saya dapatkan manfaat yg lain. Trims

    • purwatiwidiastuti Februari 24, 2012 / 12:07 am

      mas billy yang baik hati,
      terima kasih sharing pengalamannya mengkonsumsi kulit buah manggis, saya jadi tertarik juga untuk mengamati perubahan di wajah…bisa jadi resep awet muda ya mas.
      semoga banyak teman2 pembaca blog ini yang bisa mengambil manfaat dari pengalaman mas billy
      ditunggu sharingnya yang lain ya
      salam sehat dan awet muda :)

      • venancia Maret 10, 2014 / 12:48 am

        hi…. ibu aku mau nanya apakah kulit mangis bisa di komsumsi buat ibu menyusui
        terimakasih sebelumnya

      • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 6:27 am

        Mbak Venancia,
        Sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
        Salam sehat

      • sorellacyza Maret 10, 2014 / 6:39 am

        ya ampun bu aku sudah minum sedikit bu apa tidak bisa

      • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 6:46 am

        Mbak sorellacyza,
        Klo sudah terlanjur ya ndak papa.
        Sebaiknya tidak diulangi lagi
        Salam sehat

      • sorellacyza Maret 10, 2014 / 6:49 am

        ibu aku minum trus buat aku batuk dan keluarkan lendir bu apa itu tanda tanda ya bu ibu mamaku kena strok sudah13 tahun apa bisa saya berikan kulit buah mangis rebus dan ibuku minum makasih sebelumnya

      • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 6:53 am

        Mb sorellacyza,
        Maksudnya tanda2 apa?
        Kulit manggis bisa juga utk nurunin hipertensi.
        Siapa tahu cocok juga utk ibu mama mb sorellacyza
        Salam sehat

      • sorellacyza Maret 10, 2014 / 6:59 am

        aku cobain minum jus kulit mangis paginya aku batuk habis itu batuk2 dan lendir2 keluar

      • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 7:05 am

        Mb sorellacyza,
        Emang minum utk mengobati batuk ya.
        Berarti cocok ya mbak
        Semoga juga cocok utk ibunya mama
        Salam sehat

      • sorellacyza Maret 10, 2014 / 11:44 pm

        selamat pagi ibu apa kabar ibu?
        semga kabar ibu baik2 aja ibu di indonesia tinggal dimana ya bu?
        slm sehat

      • purwatiwidiastuti Maret 11, 2014 / 3:52 am

        Mb sorellacyza,
        Alhmdlh sedang rehat nich…saya tinggal di yogya
        Salam sehat

      • sorellacyza Maret 11, 2014 / 3:58 am

        ibu nanti ada waktu kami sekelurga ke sana bu  kami dri Timor-leste bu suami saya orang sana juga
        salam rindu buat ibu

      • purwatiwidiastuti Maret 11, 2014 / 4:14 am

        Mb sorellacyza,
        Salam rindu juga

      • sorellacyza Maret 10, 2014 / 6:40 am

        bayiku sudah 4 bulan tapi dia malam saja baru saya kasih asi

      • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 6:48 am

        Mb sorellacyza,
        Semoga si baby cukup sehat dan baik2 saja.
        Salam sehat

  28. Suwasono Maret 2, 2012 / 3:36 am

    mason
    dari beberapa artikel yang beta baca banyak sekali khasiat kulit manggis. nah beta ikut mencobanya dgn cara minum air rebusan kulit manggis yg sdh dikeringkan.cuma masih ada keraguan dihati beta tentang takaran yang aman dan efektif. Tlong infonya dong. Terima kasih. Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 2, 2012 / 9:25 am

      pak suwasono,
      pengalaman saya, segenggam kulit manggis direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas, satu gelas diminum, satu gelas dijus….dulu saya minum pagi dan sore….
      salam sehat

  29. ummu najwa Maret 9, 2012 / 3:25 am

    beberapa minggu lalu.sy mau coba buat kulit manggis instant. tapi ternyt tdk jadi. cr olahnya sm seperti buat jahe instant. ehh malah jadi permen kulit manggis…. alhamdulillah radang amandel anakku mengecil dlm seminggu, krna permen kulit manggis ….

    • purwatiwidiastuti Maret 9, 2012 / 4:20 am

      alhmdlh bu ummu najwa,
      berita bagus ibu, bagaimana kalau ibu sharing cara membuatnya disini agar bisa ditiru oleh ibu-ibu yang lain yang putranya juga kena radang amandel.
      semoga sharing ibu bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang lain
      salam sehat

  30. isal Maret 10, 2012 / 9:37 am

    kulit manggis di rebus di bagian kulit dalamnya jangan bersama dengan kulit luar karna dapat mengakibatkan kerusakan pada glomerulus filtrasi di ginjal….

    • purwatiwidiastuti Maret 11, 2012 / 5:48 am

      isal,
      ma kasih infonya
      salam sehat

    • utari Februari 21, 2013 / 4:06 am

      Trims info nya..
      Info keren,, saya lagi keringkan dulu kulit manggis nya

      • purwatiwidiastuti Februari 21, 2013 / 5:25 am

        utari,
        terima kasih atas kunjungan dan dukungannya
        salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 12, 2012 / 10:48 pm

      Irenia fransisca
      terima kasih kunjungannya
      salam sehat

  31. handoko Maret 14, 2012 / 3:10 am

    mba sy punya anak usianya baru 8 bln.apakah boleh y minum reebusan air kulit manggis.mksh mba sblmnya ………

    • handoko Maret 14, 2012 / 3:13 am

      mba boleh g sich….soalnya anak sy batuk2 aj.jd kasian mba.udah k Dr tp g aj reaksi.sy pingin cb pake rebusan kulit manggis…..

      • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:49 am

        mas handoko,
        coba diberi madu mas
        masu lebih aman dari pada kulit manggis
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:53 am

        maaf madu…koq jadi nulis masu

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:49 am

      mas handoko,
      kayaknya untuk anak dibawah satu tahun sebaiknya ikuti petunjuk dokter ya
      karena bagi yang lambungnya sensitif,kulit manggis ini bisa bikin diare, kasihan khan kalau putra bapak kena diare
      salam sehat

  32. Reff Maret 21, 2012 / 5:16 am

    Asslamualaikm.. sya mau nanya mba saya punya keluhan dada sesak trus denyut jantung cepat, klo lagi kerasa suka cemas bawaan nya, kata tmn sih gejala penyakit jantung.. apakh dgn kulit buah manggis bisa efektif penyembuhannya? trus dosisnya apakah sama dengn balasan komentarnya Mba Viena??? klo si manggis nya di jemur dulu tapi kulit bagian luar nya dibuang gkpp kn mba??? lalu penjemuran nya brapa jam? tolong balasan nya ya mba trimaksh.

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:29 am

      mas reff,
      nanti yang jawab mbak viena ya?
      tapi saya juga mau sharing utk mas reff, ayah saya punya penyumbatan jantung di 5 titik, setahun menjalani pengobatan herbal dan sekarang setiap hari minum jus kulit manggis dan rebusan air kulit manggis yang saya lebih senang menamai debagai wedang kulit manggis.
      ayah saya menjemur kulit manggis sampai kering kalau pas panas, sehari saja sudah kering tapi kalau mendung atau hujan ya bisa lebih sehari bukan hanya sjam dua jam
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  33. herman busser siregar Maret 21, 2012 / 5:56 am

    selamat siang,
    Jus kulit buah manggis bisa dibuat obat luar tidak?, apakah ada manfaatnya ke kulit ?
    matur nuwun

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:32 am

      mas herman busser siregar,
      saya belum pernah mencoba
      silahkan dicoba, nanti haslnya bisa dishare di blog ini
      nuwun

  34. Gus Muh Maret 30, 2012 / 12:10 pm

    tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan kecuali al-maut. Kulit manggis dapat pula dikemas dlm kapsul sehingga dpt dibawa kemana aja kita pergi

    • purwatiwidiastuti Maret 30, 2012 / 12:19 pm

      gus muh,
      terima kasih infonya
      salam sehat

      • selly April 4, 2012 / 6:39 am

        Mba pur, saya umur 22 tahun. Kmrin saya kedokter dan dia bilang rahim saya αϑά penebalan yg mungkin ke arah polip atau miom. Dan dkter juga blg itu berada dimulut rahim. Apakah Bags bila dgn keadaan sperti ini sy mengkonsumsi kulit manggis. Dan saya juga dikasi dokter minum obat penambah hormon progesteron. Apakah bole di campur mnum ny? Apa sy harus hentikan obat hormon dl. Terima kasih buat mba pur. Bangga atas mba pur yg sllu setia menjawb pertanyaan rekan2. Dan slalu memberi info. Semoga mba sekeluarga diberi kesehatan dan berkat oleh Tuhan. Trm ksh

      • purwatiwidiastuti April 4, 2012 / 12:02 pm

        mbak selly,
        kebetulan ayah saya penderita jantung koroner dan menjalani pengobatan dengan herbal, saran herbalisnya minum obat dokter dengan jamu dari beliau harus diberi jeda waktu
        alhamdulillah, sekarang sudah lepas dari ketergantungan obat dokter, begitupun jamu dari herbalis
        salam sehat

  35. purwatiwidiastuti April 4, 2012 / 1:39 pm

    mbak selly,
    ada pengalaman bu Fatimah yang ditulis pada koment di tulisan saya tentang jus kulit manggis sangat mudah membuatnya sebagai berikut:

    Februari 15, 2012 pada 8:57 am sunting

    G mau Share aj nich, g kena penyakit, penebalan dinding rahim dan miom,stelah mndnger tntang jus manggis g coba jus smuanya kcuali kelopak n tangkainya n g jg prnah rbus tuh kulit manggis stlh minum itu prut g kya d garuk” n lngsung mules tpi besoknya g tetep minum badan g enakkan n mens g jdi lancar ga pndarahan lgi.mdh”an aj pas bsk g mw USG d CiPto penebalannya agak brkurang.yg g rasain ud ga sakit lagi d bgian perut bawah,skrg g rutin minumnya,,
    Smoga brmanfaat n ga takut lgi buat jusnya sndiri,,
    Murah n sehat…

    bila mbak selly pingin baca lebih lengkap silahkan klik link berikut:
    https://purwatiwidiastuti.wordpress.com/2012/01/19/jus-kulit-manggis-sangat-mudah-membuatnya/#comment-1683
    salam sehat

  36. Bambang Sugeng April 14, 2012 / 12:26 pm

    Kalo merebus kulit Manggis boleh nggak dengan panci almunium ? katanya kulit manggis bisa bereaksi dengan lapisan almunium dari panci

    • purwatiwidiastuti April 15, 2012 / 1:48 am

      pak bambang sugeng,
      tergantung peruntukannya bapak, kalau sekedar sebagai selingan minuman nggak papa pake panci alumunium, tetapi kalau untuk pengobatan memang harus dihindari menggunakan panci alumunium untuk merebus karena akan mengurangi khasiat dari kulit manggis itu. Hal ini hampir berlaku untuk semua proses pengobatan dengan bahan baku herbal, harus dihindari menggunakan panci alumunium.
      salam sehat

  37. putri April 15, 2012 / 7:50 am

    mbak..kalo lagi hamil apa boleh minum rebusan kulit manggis ya?

    • purwatiwidiastuti April 15, 2012 / 8:46 am

      mbak putri,
      saya belum mencermati manfaat kulit manggis pada ibu hamil,
      nanti kalau dah dapat info akan saya posting
      selamat menunggu hadirnya sang buah hati
      salam sehat

  38. nyna alkaff April 15, 2012 / 1:51 pm

    oh ya. barusan aku liat ni mbak,,,, di sini coba deh liat…. >> http://kemuh.com/kesehatan/khasiat-kulit-manggis/
    saya membaca ad kutipan seperti ini

    “mempunyai banyak khasiat akan tetapi kita tetap harus berhati hati karena
    kulit buah manggis mengandung kadar resin tanin serat kasar dan komponen lainnya yg tidak dapat dicerna oleh tubu pada kadar tinggi
    ganguan pada ginjal dan usus serta organ lainnya dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan baik”

    nah gim ana tuh mbak ? ad yg bisa share?

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:39 am

      mbak nyna alkaff,
      saya juga membaca dari artikel majalah trubus yang menyebutkan itu, kalau tidak salah kemudian untuk yang punya gangguan fungsi ginjal tidak disarankan mengkonsumsi kulit manggis, sehingga menurut saya sich, sejauh kita tidak mempunyai kelainan fungsi ginjal dan tahu dosis yang pas untuk tubuh kita sendiri ya ngga apa-apa
      saya juga punya kista di ginjal, kata dokter kalau fungsi ginjal tidak terganggu ya tidak ada pantangan makanan ataupun minuman, yang penting tahu ukuran kesehatan tubuh sendiri
      semoga penjelasan ini bermanfaat dan tidak membuat mbak nyna takut
      salam sehat

  39. nyna alkaff April 15, 2012 / 1:59 pm

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100003675721871&ref=tn_tnmn
    mbak vina ak brusan dpt info dr web itu… berbunyi >> “mempunyai banyak khasiat akan tetapi kita tetap harus berhati hati karena
    kulit buah manggis mengandung kadar resin tanin serat kasar dan komponen lainnya yg tidak dapat dicerna oleh tubu pada kadar tinggi
    ganguan pada ginjal dan usus serta organ lainnya dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan baik”

    mohon tanggapannya? ad yg bisa bantu share? thanks

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:43 am

      mbak nyna alkaff,
      mbak nyna orang kedua yang menyebut mbak vina atau mbak viena, cuma koq saya jadi bingung ya….yang dimaksud mbak vina siapa ya?
      mbak nyna, tulisan yang mbak kutip “kulit buah manggis mengandung kadar resin tanin serat kasar dan komponen lainnya yg tidak dapat dicerna oleh tubu pada kadar tinggi”….coba perhatikan tulisan “pada kadar tinggi”….sehingga menurut saya kalau kita mengkonsumsi pada batas aman ya nggak masalah too, silahkan baca tulisan saya tentang dosis aman mengkonsumsi kulit manggis
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  40. Riana afriyanti Mei 15, 2012 / 9:11 am

    mba..apakah dgn meminum air rebusan kulit manggis bisa menyembuhkan virus HPV?

    • agustian Mei 16, 2012 / 3:38 pm

      Mbaa..kalo di jusss gimana caranya yah..saya lebih prefer ke jus..soalnya mama saya kena breast cancer..kalo kaga keberatan di bantu dunk..:)

      Rincian nya
      1.Berapa banyak yg di jus?
      2.Dalam / luar dalam kulit
      3.Berapa kali sehari di minum?
      4.Kalo di minum tanpa buah lain boleh?/ harus di campur2?

      Thx bgt y..saya butuh bgt balasan anda

  41. agustian Mei 16, 2012 / 4:04 pm

    Mba saya mau tanya..
    Kalo di jus itu seperti apa?
    Kadar nya?
    Caranya?
    Soalnya mama saya kena breast cancer..jd saya mohon bantuan nyam.:)

  42. riekomariah Mei 20, 2012 / 2:38 am

    Mba pur aku kan ngrbus kulit manggis ko wajannya jdi kuning apa ga apa2 mba?tq

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2012 / 11:43 am

      bu riekomariah,
      wajan alumuniumkah? kalau mau mendapatkan manfaat maksimal dari kulit manggis sebaiknya direbus dengan wadah non alumunium. setahu saya panci yang biasa buat ngrebus kulit manggis memang ga sejernih seperti sebelum buat ngrebus kulit manggis sich, sejauh mana sich kuningnya yaa….

  43. riekomariah Mei 20, 2012 / 4:14 pm

    Ooo gtu yaaa,yaaaa jdi brkrak gtttuu,trus smalm aku ngrbus lgi aku potong kcil2,warnanya putih keabuan gtuuu mba ga sprti biasanya biasa aku potongnya besar2,trus boleh dimnum ga mba yg warnanya putih gt?trmksh mb

    • purwatiwidiastuti Mei 21, 2012 / 2:53 pm

      wach, saya jd penasaran juga nich, karena koq saya ga pernah nemuin yg kayak itu ya…

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:44 am

      berdasar review blog saya di tahun 2012, riekomariah memberi komen sebanyak 5 kali selama tahun 2012…terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan memberi komentar yang menambah wawasan.
      semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog saya
      salam sehat

  44. My Homepage Juli 2, 2012 / 11:32 pm

    I real pleased to find this site on bing, just what I was looking for : D too saved to bookmarks . 296926

  45. wira Juli 10, 2012 / 9:18 am

    mbak,rebusan kulit manggis apa boleh di minumkan ke anak usia 2 thn dgn sakit radang tenggorokan atau ISPA. trims

    • purwatiwidiastuti Juli 11, 2012 / 2:47 am

      mbak wira,
      kulit manggis sebaiknya tidak untuk balita dan ibu hamil
      salam sehat

  46.   Juli 13, 2012 / 7:50 am

    You produced some decent points there. I looked on the web for that issue and discovered many people is going together with with the internet website. 718762

  47. tinus Oktober 28, 2012 / 5:07 am

    Mbak, saya baru mau nyoba minum kulit manggis tuk kesehatan (karena saya perokok aktif) dan saya juga peminum kopi (3-4 gelas) perhari. Apa aman bila kita minum jus kulit manggis walau kita juga minum kopi (tentu tidak bersamaan minumnya :) ), terima kasih

    • purwatiwidiastuti Oktober 31, 2012 / 9:06 am

      Tinus,
      kulit manggis juga bisa dibikin kopi koq…jadi daripada minum kopi dan minum kulit manggis…kenapa tidak dicoba minum kopi kulit manggis….bagaimana
      salam sehat

  48. aryanto Desember 2, 2012 / 9:25 am

    terima kasih atas informasinya.

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2012 / 12:55 am

      aryanto,
      terima kasih kembali atas kunjungan dan koment.nya
      salam sehat

  49. rusdianto effendi Desember 5, 2012 / 1:07 pm

    Sedang mencoba hari ini sehingga belum bisa komentar banyak,semoga berfaedah bagi kesehatan saya dan keluarga (kebetulan ikut mengkonsumsi juga).

  50. gendra buana Desember 17, 2012 / 10:59 am

    Mbak kalau saya sakit diabetes nich.. rebusan kulit manggis ini bagus ndak untuk mengobati penyakit saya.. terimakasih

    • purwatiwidiastuti Desember 18, 2012 / 1:18 am

      gendra buana,
      ada artikel di majalah turbus (saya lupa nomornya) tentang kulit manggis dengan diabetes.
      salam sehat

      • ken Januari 13, 2013 / 5:51 am

        mbak, kakak saya mengidap penyakit ambien sama mag kronis. Kata org sih konsumsi kulit manggis. Brp kulit manggis dan gelas(berisi air) untuk merebusnya? Dan aturan minumnya. Terimakasih sebelumnya .

      • purwatiwidiastuti Desember 31, 2013 / 6:30 am

        M Ken,
        Berdasar review terhadap blog sy http://www.purwatiwidiastuti.wordpress.com, m Ken telah memberi koment sejumlah 7.
        Terima kasih atas kepercayaannya terhadap tulisan2 saya, mohon tidak segan memberi saran ataupun sharing keberhasilan kakanya m Ken mengkonsumsi kulit manggis
        Semoga sharing m Ken membantu saudara kita yang lain yang memerlukan
        Salam sehat

      • ken Januari 13, 2013 / 7:47 am

        mbak. Kakak saya mengidap penyakit ambien dan mag kronis. Dan sekarang alhamdulillah mag nya sudah cukup membaik. Hanya saja ambiennya blm smbuh. Kata org sih konsumsi kulit manggis. To the point aja y, berapa bnyk kulit buah manggis dan air dalam takaran gelas untuk di rebut kira2 berapa waktu u/ merebusnya? Minumnya brp x dalam sehari. Terimakasih sebelumnya.

      • purwatiwidiastuti Januari 15, 2013 / 8:37 am

        Ken,
        rebus 3-4 kulit manggis dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas, diminum pagi, siang dan malam selama 20 hari
        setelah itu rajin minum segelas setiap hari
        ada alternatif lain dengan mengkonsumsi segelas air hangat dicampur dengan sebutir jeruk nipis, diminum lagi hari selepas bangun tidur
        almamdulillah ambeien saya baik-baik saja
        salam sehat

      • Jhon Kennedy Januari 16, 2013 / 1:24 am

        terimakasih banyak atas informasinya :) #sal

      • Jhon Kennedy Januari 16, 2013 / 1:34 am

        kira2 berapa waktu untuk merebus kulit manggis? ——————————

      • purwatiwidiastuti Januari 16, 2013 / 1:45 am

        Jhon Kennedy,

        waktunya kira2 sepuluhmenitan…lebih tergantung berapa jumlah gelas air yang digunakan dan akan dijadikan sisa berapa gelas

        salam sehat

      • Jhon Kennedy Januari 16, 2013 / 1:58 am

        kulit manggis bagus gak untuk orang yang terkenapenyakit hepatitis? ——————————

      • purwatiwidiastuti Januari 16, 2013 / 9:30 am

        Jhon Kennedy,

        saya belum pernah baca hasil riset tentang kulit manggis dengan hepatitis, tapi bapak bisa kombinasikan dengan temulawak dan brotowali sebagai bahan kombinasinya
        salam sehat

      • Jhon Kennedy Januari 17, 2013 / 1:52 pm

        ok. Sebelumnya saya konsultasi sama dokter tentang penularao hepatitis a. Katanya sih melalui keringat, air liur, dan urine. Dia kurang menjelaskannya scra detail. Menurut mbak apa saja yg dpt memicu penuluran hpt a ini? ——————————

  51. Ping-balik: meirosenta
  52. cut aura Januari 17, 2013 / 3:13 pm

    mbag pur,barusan suami ku buat wedang kulit manggis.
    dan warnanya itu putih (seperti susu) kekuning2an e.
    mas ku bikinnya kulit manggisnya di parut,terus di rebus.
    jd warnanya spt itu.

    • purwatiwidiastuti Januari 18, 2013 / 8:11 am

      Cut Aura,

      wouw..pengetahuan baru nich, saya belum pernah bikin dengan diparut terlebih dahulu, boleh juga dicoba nich
      salam sehat

    • Jhon Kennedy Januari 18, 2013 / 12:05 pm

      oh iya mbak, katanya kulit manggis it ada kuningnya ya? Benar gak tuhh? Air rebusan katanya ada yg kuning,putih,ungu. Yg mana yg bg?s ——————————

      • purwatiwidiastuti Januari 19, 2013 / 3:29 am

        Jhon Kennedy,

        Iya pak Jhon, bapak kadang bisa temukan ada getah kuning menempel pada kulit buah manggis dan kadang sampai kedalam buahnya, rasanya pahit.
        Sejauh pengalaman saya, air rebusan selalu berwarna merah keunguan.
        salam sehat

  53. kei Januari 22, 2013 / 8:11 am

    aku pengidap lupus nyoba2 minum2an herbal .2x aku minum rebusan kulit manggis kok muntah ya? pertama mlm sblm tdr baru 10 menit lsg muntah, keduanya pagi2 dlm perut kosong baru 1 menit lsg muntah dan perut mulas. knp ya?

    • purwatiwidiastuti Januari 23, 2013 / 1:04 am

      kei,
      reaksi masing2 orang terhadap kulit manggis berbeda beda, ada yang mual, muntah, mual sampai diare, dan juga pusing.
      hal ini bisa disebabkan karena dosisnya kebanyakan atau kita mengkonsumsi dalam keadaan perut kosong.
      coba minum dengan dosis dikurangi dan minumlah selagi perut sudah terisi
      semoga keluah kei bisa teratasi
      salam sehat

  54. nurwanti Februari 1, 2013 / 8:23 am

    Mba purwati
    Kalau untuk untuk pengobatan radang panggul dan keputihan bagaimana caranya,lebih baik direbis ato dijus saja
    Kebetulan saya punya maag,untuk menghindari itu minum jus manggisnya di campur dengan apa,berapa kali sehari dan berapa lama pengobatannya
    Sebelumnya terima kasih
    Salam sehat
    Nur-klaten

  55. sayang130988 Februari 2, 2013 / 11:12 am

    saya memiliki benjolan dileher, dan pas ada benjolan berat badan saya dratis turun..
    dan saya diagnosa hipertiroid, dan dalam 2 minggu ini saya komsumsi rebusan kulit manggis, alhamdulillah stamina saya lebih fit dan tidak gampang lelah..
    semoga dengan jalan ini penyakit yang kita derita akan hilang…
    aminn…

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2013 / 7:23 am

      sayang130988
      semoga cepat sehat

  56. Emed Robert Februari 4, 2013 / 2:47 am

    Mbak Pur…Saya mau tanya, berapa harga manggis sekilonya?

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2013 / 7:22 am

      Emed Robert,
      kalau lagi musim buah manggis sich bisa 6ribu/kg tapi kalau belum musim 30tb/kg
      salam sehat

  57. anna Februari 27, 2013 / 3:56 am

    assalam..mba mau nanya,ini lg mau buat jus manggis mumpung lg musim kan,mba mix dgn buah apa ya selama mba minum?sy dah pisahin kulit luarnya saya jemur jd bs direbus…maanfaatnya byk loh,brp bulan ini saya beli sari buah manggis dan setelah checkup lg kista saya dah hilang.ini lg semangat ngejus sendiri krna msh ada penyakit lain…semoga bisa sembuh jg.amin…semangat.

  58. anna Februari 27, 2013 / 4:40 am

    assalam..mba mau nanya,ini lg mau buat jus manggis mumpung lg musim kan,mba mix dgn buah apa ya selama mba minum?sy dah pisahin kulit luarnya saya jemur jd bs direbus…maanfaatnya byk loh,brp bulan ini saya beli sari buah manggis dan setelah checkup lg kista saya dah hilang.ini lg semangat ngejus sendiri krna msh ada penyakit lain…semoga bisa sembuh jg.amin..

    • purwatiwidiastuti Februari 28, 2013 / 5:29 am

      mba anna,
      pada dasarnya semua buah bisa dimix, yang perlu kita lakukan adalah mengkombinasi agar mendapat manfaat dan rasa yang paling pas
      selamat berekperimen dengan ragam kekayaan buah di negeri kita tercinta
      salam sehat

  59. amelia Februari 28, 2013 / 10:59 am

    mba saya mau tanya, saya perempuan yg sudah menikah selama 2thn tp blm jg hamil, tetapi setiap pemeriksaan baik oleh dokter atau alternatif saya dibilang ada penebalan dinding rahim yg katanya sptnya saya sudah mendekati hamil karena saya sering terlambat mens, tp sampai saat ini saya blm hamil jg, yg saya mau tanya, apakah rebusan kulit manggis bs membuat rahim saya kembali normal dan mempunyai anak ( mengobati penebalan dinding rahim ), terimakasih….

    • purwatiwidiastuti Maret 1, 2013 / 3:42 am

      mbak amelia,
      sejauh ini saya belum pernah membaca hubungan kulit manggis dengan penebalan dinding rahim
      tidak ada salahnya manusia berusaha, serahkan pada Allah utk memutuskan apakah mbak amelia hamil sekarang atau nanti
      salam sehat

      • amelia Maret 1, 2013 / 4:34 am

        mba hari ini ternyata saya dapat mens, apakah kalo sedang mens boleh mengonsumsi rebusan kulit manggis?

      • purwatiwidiastuti Maret 1, 2013 / 7:13 am

        amelia,
        rebusan kulit manggis bisa diminum baik kita sedang menstruasi maupun tidak.
        salam sehat

      • amelia Maret 1, 2013 / 2:06 pm

        mba saya mau tanya apa hasil rebusan manggisnya bs disimpan untuk diminum besok atau harus abis hari ini besok buat baru? atau bs dimasukkan ke kulkas atau bagaimana mbak?

  60. Ythoni Maret 5, 2013 / 1:13 am

    saya minum ekstrak kulit manggis 2 kapsul, 2 hr kemudian demam tinggi dan diare… apa penyebabnya ?

    • purwatiwidiastuti Maret 5, 2013 / 1:22 am

      Ythoni,
      Setiap orang punya kecocokan dosis yang berbeda, apabila dosis yang dikonsumsi melebihi ambang batas toleransi seseorang akan menimbulkan gangguan/ketidak seimbangan tubuh yang bisa diindikasikan dengan mual, pusing, muntah, diare dsb.
      begitu juga dengan konsumsi kulit manggis, solusinya, kurangi dosis dari 2 kapsul menjadi satu kapsul diminum dalam keadaan perut isi
      semoga gangguan tidak terjadi lagi
      salam sehat

  61. niena Maret 6, 2013 / 3:38 pm

    mba saya mw tanya saya sdah kurang lbh sdh 7th tdk mentruasi apakah meminum rebusan kulit manggis bisa haid??

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2013 / 6:26 am

      mbak niena,
      sejauh yang saya ketahui belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kulit manggis bisa membuat orang berhenti menstruasi menjadi mendapatkan kembali menstruasinya.
      Apa penyebab berhentinya menstruasi?
      minum pil KB, suntik hormon, atau menjelang menopause?
      salam sehat

  62. kmpl37 Maret 8, 2013 / 12:54 am

    Bu Pur, matur nuwun resep jus kulit manggisnya. Bukan cuma khasiatnya yang bermanfaat, tapi rasanya juga huenyaaaak.

    • purwatiwidiastuti Maret 8, 2013 / 1:04 am

      kmpl37,
      sama2 bapak. semoga bermanfaat
      salam sehat

  63. Agus Raharjo Maret 18, 2013 / 6:53 am

    saya coba nge Jus kulit manggis….2Btr kulit manggis saya jus dengan 200cc air…setelah halus saya minum….rasanya puaiiiiiiiit banget…apa ada yang salah?? makasih!!

  64. Indra As Maret 18, 2013 / 11:17 am

    mba boleh gak jus kulit manggis d kosumsi anak ber umur 2 thn menderita AML ?

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2013 / 3:02 am

      Indra As,
      sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi oleh balita
      salam sehat

  65. alie khadafy Maret 23, 2013 / 4:44 am

    Mbak mnta CP nya, ad yg mau diomongin soal jus manggis. Thx

  66. Djoyo Maret 27, 2013 / 6:13 am

    Anak saya ber umur 13 bulan,penyakit radang paru-paru,sudah mendapat obat rutin dari dokter selama 4 bulan,tp kalau mlm nafasnya bunyi grok2,dan tiap malam batuk,amankah mengkonsumsi kulit manggis?

    • purwatiwidiastuti Maret 28, 2013 / 3:06 am

      pak djoyo,
      sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi balita
      salam sehat

  67. myra Maret 30, 2013 / 1:03 pm

    air rebusannya kok kuning.. ada kentel-kentel kuningnya kaya santel.. kenapa yah??

    • purwatiwidiastuti April 1, 2013 / 2:24 am

      mbak myra,
      waduch, semalam sudah saya balas lewat email koq ga muncul di blog ya. ok, nanti saya cari nyasar kemana balasan semalam.
      mbak myra merebus kulit manggis segar apa kering? Kalau kulit manggis segar biasanya ada yang berwarna kuning, pink atau bahkan putih kayak susu dan juga cairannya lebih kental.
      Sedang kalau merebus kulit manggis kering warna airnya cenderung merah keunguan atau kecoklatan.
      silahkan mencoba berbagai variasi rebusan kulit manggis.
      salam sehat

  68. khusnul Mei 1, 2013 / 3:38 am

    mbak, usia saya 27 tahun dan hamil 9 bulan. sejak hamil sy terkena penyakit jengger ayam yang tumbuh diantara daerah vagina dan anus, saat ini benjolan nya sdh sebesar jengger ayam jago. menurut mbak pur sebaiknya saya mulai mengkonsumsi rebusan kulit manggis mulai dari sekarang atau stelah melahirkan?
    rebusan kulit manggis apakah aman dikonsumsi oleh ibu menyusui?
    oh ya, apakah aman mengkonsumsi air rebusan kulit manggis yang dicampur dg daun sirsak? kan daun sirsak bisa dipake sebagai obat terapi kanker?
    kalau merebusnya tdk boleh dg wadah yg menggunakan alumunium trus direbus menggunakan wadah seperti apa mbak?
    tolong direspon ya mbak,
    makasih……

    • purwatiwidiastuti Mei 1, 2013 / 4:42 am

      mbak khusnul,
      selamat atas kehamilannya.
      kulit manggis bisa dikonsumsi bersama dengan daun sirsak maupun rimpang-rimpangan seperti jahe, temulawak, dsb
      baik kulit manggis maupun daun sirsak sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
      panci non alumunium seperti pirex, panci kaca, gerabah, keramik, tembikar bisa digunakan untuk merebus kulit manggis maupun daun sirsak
      salam sehat

  69. widya Mei 10, 2013 / 7:27 am

    hallo mba pur, salam kenal.
    sudah hampir 1 bulan ini saya minum rebusan kulit manggis, khasiatnya luar biasa banget dibadan. saya punya diabet..saya coba minum rebusan kulit manggis ini..belum saya cek sih gula darah saya skrng ini. tapi yang jelas terasa di stamina. saya merasa lebih fit dan tidak mudah capek.

    • purwatiwidiastuti Mei 14, 2013 / 2:19 am

      mbak widya,
      alhmdlh, stamina mbak widya semakin fit semoga ini sebagai langkah awal terkendalinya insulit tubuh dan kesembuhan diabet mbak widya
      tetap semangat tetap berbagi
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Mei 14, 2013 / 2:21 am

      mb widya,
      saya tidak tahu kenapa balasan sy lewat bb beberapa hari lalu koq ga terupload, baru sadar setelah buka dashboard ini tadi dan lgs sy balas ulang
      salam sehat

  70. Resti Mei 10, 2013 / 11:02 am

    Tapi aku pernah dngar kata doktr gak bleb bikin jus kulit manggis sendiri,takutnya nanti ad jamur

    • purwatiwidiastuti Mei 14, 2013 / 2:26 am

      mb resti,

      sejauh kita jaga kebersihan koq ga masalah ya, karena jamur bisa dibersihkan dan biasanya ada jamur itu kalau kita mengeringkan kulit manggis dibawah sinar matahari
      kalau jus dari kulit manggis segar biasanya ada getah kuning yang rasanya pahit, tapi untuk menghindarinya kulit manggis yang ada getah kuningnya kita buang
      insya allah, dua tahun saya mengkonsumsi jus kulit manggis, semuanya baik baik saja

      oya, saya tidak tahu kenapa balasan sy lewat bb beberapa hari lalu koq ga terupload, baru sadar setelah buka dashboard ini tadi dan lgs sy balas ulang
      salam sehat

      salam sehat

  71. rijal Mei 25, 2013 / 8:11 am

    berapa kali sehar sebaiknya minum jus manggis / kulit manggis

    • purwatiwidiastuti Mei 27, 2013 / 2:00 am

      Rijal,
      berapa kali sehari? jawabnya tergantung kebutuhan,
      untuk menjaga stamina cukup sekali sehari
      untuk kesembuhan penyakit tingkat ringan – sedang 1-2x sehari
      untuk terapi awal dan penyakit yang berat 2-3x sehari
      salam sehat

  72. Helmy Fuad Juli 12, 2013 / 1:08 am

    ‘Mbak Pur, biar rinci dong cara mengolahnya. saya usia 63 tahun divonis specialis PD kena syaraf kejepit. dan harus di oprasi. darimana biayanya. akhirnya pengobatan urut, totok, tidak membuahkan hasil. sekarang masih menjalani therapy accupuncture. saya takut salah mengolah kulit manggis, bertambah penyakitnya. tolong dijelasin ya ‘mbak atau kirim jawaban ke alamat email saya. terima kasih ya

    • purwatiwidiastuti Juli 12, 2013 / 2:26 am

      Pak Helmy Fuad,
      Pengolahan kulit manggis cukup direbus dengan wadah non alumunium,untuk dosis nanti disesuaikan dengan kondisi penyakit dan kondisi tubuh.
      Bisa dimulai dengan 3 kulit manggis direbus pakai air 3 gelas sampai tinggal 1 gelas. Diminum 3x sehari.
      Bila merasa pusing atau diare, dosisnya dikurangi
      Pengalaman saya kena syaraf kejepit, senam punggung, yoga dan renang sangat efektif mengurangi rasa sakit.
      Kemarin teman saya cerita, suaminya divonis untuk operasi syaraf kejepitnya, tetapi tidak mau, kemudian melakukan terapi akupuntur dan tidak jadi operasi.
      salam sehat

  73. Henny sinaga Juli 19, 2013 / 10:20 am

    Kalau mengkonsumsi Jus XAM thone Plus penyakit Leukimia
    efeknya ada di rasakan organ tubuh kaku,berbicara menjadi ngaur
    itu bagaimana mbak?
    bermasalah ngk?

    • purwatiwidiastuti Juli 19, 2013 / 10:36 am

      Mb henny sinaga,
      Kebetulsn sy tdk punya pengalaman konsumsi jus botolan itu, coba tanya ke stockisnya….klo ga salah ada stockist yg kopas artikel saya utk beliau promosi produk itu.
      Semoga adiknya cepat sembuh
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Juli 29, 2013 / 7:15 am

      mbak henny sinaga,
      ternyata jawaban saya via mobile gagal
      saya ulang ya mbak,
      kebetulan saya tidak punya pengalaman dg produk jus botolan yang mbak hermina sebutkan.
      akan lebih tepat bila mbak hermnina bertanya langsung pada penjual, stockist maupun distributornya
      dulu pernah ada stockist produk itu mengkopas tulisan saya untuk blognya, coba mbak telusur disitu, banyak info disana
      salam sehat

  74. Herminawati sinaga Juli 19, 2013 / 10:29 am

    mbak adk saya sudah mengkonsumsi jus XAm thone plus, efeknya organ tubuh menjadi kaku ,perut kembung, dan berkata ngaur.
    itu mengapa terjadi?
    apa tu gk menjadi masalah yang bicara ngaur?

    • purwatiwidiastuti Juli 24, 2013 / 10:04 am

      Mbak herminawati sinaga,
      Sy tdk punya pengalaman dg produk itu
      Mbak hermina bs tanya ke agen atau penjualnya
      Semoga cepat sembuh

    • purwatiwidiastuti Juli 29, 2013 / 7:14 am

      mbak herminawati sinaga,
      maaf lama baru jwb, saya sudah menjawab via mobile minggu, ternyata ga berhasil
      saya ulang lagi ya
      mbak hermina, kebetulan saya tidak punya pengalaman dg produk jus botolan yang mbak hermina sebutkan.
      akan lebih tepat bila mbak hermnina bertanya langsung pada penjual, stockist maupu distributornya
      salam sehat

      • vivi Agustus 21, 2013 / 3:08 pm

        Mbak saya kena kelenjar getah bening, sekarang saya sedang mengonsumsi obat dari dokter tapi saya juga pngin nyobain jus kulit manggis, apakah baik mengonsumsi jus kulit manggis dengan obat dati dokter sekalugus?

      • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2013 / 12:49 am

        mbak vivi,
        secara umum mengkonsumsi herbal sebaiknya selang 2 jam setelah obat dokter
        tetapi untuk mbak vivi bisa diamati dg penerimaan tubuhnya mbak vivi, krn mungkin beda dg org umum, maklum setiap orang khan kondisi tubuhnya beda-beda khan
        saya saja kalau mengkonsumsi kulit manggis sesuai dosis umum , pusing, jd ya disesuaikan dengan kondisi tubuh saya
        selamat mencoba
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti Desember 31, 2013 / 6:20 am

        Mba Vivi,
        Berdasar review wordpress.com, mb vivi telah memberi koment sejumlah 5x
        Terima kasih atas kepercayaannya terhadap tulisan2 saya, mohon tidak segan memberi saran ataupun sharing keberhasilan mb vivi mengkonsumsi jus kulit manggis
        Semoga sharing m vivi membantu saudara kita yang lain yang memerlukan
        Salam sehat

      • vivi Agustus 21, 2013 / 3:18 pm

        Oya mbak kalo di jus tanpa direbus dulu baiknya gmana si, soalnya disini adanya panci alumunium sama wajan aja, ntar malah khasiatnya ga ada, tlong pnjelasannya ya mbak sbelum klenjar getah beningku makin besar, aku takut dioprasi… :(

      • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2013 / 12:53 am

        mbak vivi,
        untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari kulit manggis memang harus direbus dengan wadah selain alumunium.
        mungkin susah ya di kota besar nyari gerabah, wadah dari tanah liat seperti kendil…apa perlu beli gudeg kendil yogya trus kendilnya dimanfaatkan untuk merebus, hehehe..orang yogya promosi kuliner yogya nich….

        tapi wadah gerabah bisa juga diganti dengan keramik atau steinles, atau kaca/pirex
        mana yg tersedia dan bisa dijangkau yg penting diusahakan bukan alumunium mbak
        salam sehat

      • vivi Agustus 22, 2013 / 6:16 am

        Mbak waktu pagi saya coba jus kulit manggis tanpa direbus dulu, efeknya kpala saya pusinng,nah aku takut jus tersebut masih mengandung getah kuning pada manggis, getah kuning tersebut bahaya ga si mbak jika terminum, aku takut ada masalah di ginjalku.
        Terus jus tersebut perlu disaring lagi ga soalny Ada yang nyaranin katanya perlu disaring/didiamkan dulu biar zat kasarnya mengendap.

        Sorry ni mbak aku bakalan banyak nanya soalnya takut salah kaprah dalam mengonsumsinya, makasih… :)

      • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2013 / 6:46 am

        mba vivi,
        saya kalau dosis umum juga pusing, makanya saya kurangi
        getah kuning sich gapapa, cuma memang pahit, maka sebaiknya yng dikonsumsi tidak keikut getah kuning
        saya juga punya kista ginjal, makanya kalau konsumsi kulit manggis pakai direbus dulu trus diambil airnya saja, baik dibuat wedang kulit manggis maupun jus kulit manggis
        gakpapa, silahkan bertanya, akan saya jawab sejauh yang saya alami ataupun yg saya tahu ya.
        salam sehat

      • vivi Agustus 22, 2013 / 10:31 pm

        Mbak tadi ada ketik kata steinles itu maksudnya stainless bukan?
        Trus kalau buat wedang kulit manggiskan ukuran air rebusnya 2/3buah manggis direbus dg 6gelas air sampai menjadi 2gelas air, nah kalau direbus buat bikin jus kulit manggis itu ukuran air rebusannya sama atau airnya secukupnya saja hanya untuk menghilangkan getah kuningnya saja?

      • purwatiwidiastuti Agustus 23, 2013 / 2:35 am

        mba vivi,
        iya salah ketik, maaf

        dosis menyesuaikan kondisi tubuh mbak vivi, sebagaimana yg saya jelaskan dalam jawaban saya kemarin, masih ingat khan yaa

        merebus digunakan untuk mengambil zat yang dibutuhkan tubuh kita, bukan untuk menghilangkan rasa sepat/pahit kulit manggis.

        sebaiknya kulit yang kena getah kuning dibuang

        untuk menghilangkan rasa sepat/pahit kulit manggis, silahkan baca artikel terkait di blog saya ini

        Ngomong-ngomong didaerah mba vivi masih musim buah manggis? Daerah mana ya? Diyogya sudah berlalu musim manggisnya, jadi tinggal megkonsumsi kulit manggis kering

        Selamat mencoba

        salam sehat

      • vivi Agustus 23, 2013 / 7:34 am

        Saya juga nyari manggisnya dipasar buah mbak, hehee
        Tapi kata penjaganya jga emang udah jarang.
        Ya udah nanti saya bikin yang dikeringin juga lah buat stok, hehe
        Tur nuwun nggih mbak, :D

  75. Debora Oktober 1, 2013 / 10:00 am

    Mbak, mu nanya, anak saya ada benjolan di leher kanan, nampaknya ada indikasi tb kelenjar. Sempet kepikir pengen kasih jus kulit manggis ini, drpd dia harus minum obat dokter yg tentunya ada efek samping. Yang ingin saya tanyakan, berapa dosis yg harus saya berikan ke anak saya n berapa kali dalam sehari, mengingat anak saya usianya baru 6 tahun

    • purwatiwidiastuti Oktober 3, 2013 / 9:05 am

      Mbak Debora,
      Sebaiknya dipastikan dulu penyebab benjolan dileher dulu, baru kemudian langkah pengobatannya.
      Yang jelas pengobatan dengan herbal membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama dibanding dengan kimia.
      Salam sehat

  76. Debora Oktober 2, 2013 / 7:18 am

    Mbak, mu nanya, anak saya ada benjolan di leher kanan, nampaknya ada indikasi tb kelenjar. Sempet kepikir pengen kasih jus kulit manggis ini, drpd dia harus minum obat dokter yg tentunya ada efek samping. Yang ingin saya tanyakan, berapa dosis yg harus saya berikan ke anak saya dan berapa kali dalam sehari, mengingat anak saya usianya baru 6 tahun

    • purwatiwidiastuti Oktober 3, 2013 / 9:05 am

      Mbak Debora,
      Sebaiknya dipastikan dulu penyebab benjolan dileher dulu, baru kemudian langkah pengobatannya.
      Yang jelas pengobatan dengan herbal membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama dibanding dengan kimia.
      Salam sehat

  77. Aditya Oktober 6, 2013 / 9:11 am

    Mbak Kapsul manggis Garcia itu bagus ga sih?lebih baik kapsul manggis atau jus manggisnya langsung, terima kasih ya mbak

    • purwatiwidiastuti Oktober 7, 2013 / 12:42 am

      Mas Aditya,
      Mengkonsumsi kapsul atau jus manggis langsung ada kelebihan dan kurangan masing-masing.
      Pada umumnya orang mengkonsumsi bentuk kapsul karena unsur kepraktisannya.
      Sedang orang yang mengkonsumsi jus manggis langsung biasanya karena merasa lebih mantab dan sreg mengkonsumsi langsung, dan mempunyai waktu untuk menyiapkannya.
      Silahkan pilih yang sesuai dengan mas Aditya
      Salam sehat

  78. nova parmita November 20, 2013 / 10:31 am

    sist … say kok warna air rebusan kulit manggis gak ungu atau kemerahan sih.??
    tpii kuning sist …. gmna tu sista..??? sehat gak???

    • purwatiwidiastuti November 20, 2013 / 11:28 am

      Sist nova parmita,
      Warna air rebusan ga ungu atau kemerahan? Ya gapapa sist…tidak perlu kuatir….kadang air rebusan kulit manggis bisa juga warnanya kuning bahkan putih. Tergantung kulit manggis yg direbus itu basah atau kering, dalamnya saja atau semuanya.
      Salam sehat

  79. Imanuel Amoni Waruwu Desember 6, 2013 / 8:37 am

    Diberkatilah saudara yang telah ikhlas berbagi Ilmu pengetahuan.
    Kiranya Tuhan menambahkan Ilmu buat anda.

    Makasih buat resep ini sobat, aq menderita penyakit thiroid dan aq percaya dengan resep ini pasti sembuh.
    Aq mo tanya:
    saat belum lagi waktux musim buah manggis. Boleh gak buat mengatasi sementara aq rebus kulit batangx manggis?

    • purwatiwidiastuti Desember 7, 2013 / 7:58 am

      Pak imanuel amoni waruwu,
      Pohon manggis efektif utk pengobatan sejak akar sampai buahnya.
      Salam sehat

  80. Fara Desember 7, 2013 / 11:52 am

    Mbak,
    Sy punya kista ovarium stlh cek usg ke dokter. Sy byk dengar kulit manggis bs utk pengobatan kista. Tp gmn cara & takaran tepatnya mb…. thanks

    • purwatiwidiastuti Desember 8, 2013 / 12:14 pm

      Mbak Fara,
      Bisa baca diartikel saya yg lain, disitu banyak info dan jg bs diikuti tanya jwbnya, semoga ada yg cocok untuk mbak Fara.
      Salam sehat

  81. fukon kristiawan Desember 28, 2013 / 6:56 am

    konsul mbakk…
    saya dua minggu ini mencoba untuk mengkonsumsi extract kulit manggis jenis kapsul. sesuai dengan panduan di botol sya minum 2 tablet untuk 3X1 (sehari). tapi setelah itu keesokan harinya perut saya mules dan BB saya juga encer alias mencret>

    kemudian sya mencoba untuk mengurangi dosis dari tablet nya menjadi 2 tablet dalam sehari tetpi tetep sama saja, keesokan harinya saya kembali mules mules.. hehehehe

    tolong dibalas ke mail saya ya mbak ke fukonkristiawan@yahoo.co.id. karena saya jarang online..

    terimakasih sebelumnya …..

    • purwatiwidiastuti Desember 28, 2013 / 7:09 am

      Dik fukon kristiawan,
      Klo masih mules dan mencret, ya dosisnya dikurangi sampai tidak mules dan mecret lagi.
      Dan tolong di cek, kapsulnya tidak kadaluwarsa tooo
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Desember 28, 2013 / 7:10 am

      Dik fukon kristiawan,
      Silahkan dibuka emailnya ya
      Salam sehat

  82. mira Februari 10, 2014 / 12:09 pm

    oya mbk
    saya puny pnykit maagh..kalo sy minum air rebusan kulit manggis ad pengaruh nya g’?saya takut asam lambung meningkat….

  83. lisa Februari 12, 2014 / 2:24 am

    Sy minum ekstrak kulit manggis yg kapsul dah sktar 2bln.hasilny benjolan di PD mngecil. Niatnya mw trus minum sampe benjolannya hilang tp udah 2mgg tlambat.yg mw sy tanyakan,apakah kulit manggis aman utk yg lg hamil?

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2014 / 6:05 am

      mbak Lisa,
      sejauh artikel yang pernah saya baca, sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
      salam sehat

  84. lukman Februari 28, 2014 / 8:10 am

    assalamu’alaikum wr, wb.

    Saya mempunyai keluhan sebagai berikut

    Saya sakit maag sudah 3 th belum sembuh,
    -badan terasa lemas tidak bertenaga
    -mudah masuk angin
    -mual
    -pusing
    -tidak nafsu makan

    oleh dr. disarankan untuk indoscopy tapi saya belum bisa, karena
    harus puasa selama 5jam, sedangkan saya tiap 2 1/2jam harus kemasukan makanan,

    saya juga sudah ke herbalis berulang ulang, ke dr. umum sampe penyakit dalam
    tapi belum ada hasil,

    saya sekarang jg terus konsumsi temulawak, kunyit dan kencur, direbus dan diminum,

    mohon sekali petunjuknya…
    apakah aman extract kulit manggis untuk saya, dimana saya sensitif sekali dengan asam

    mohon balasan ke email saya ” ingsun.lukman@gmail.com

    terimakasih banyak,
    jazakumulloh khoiron ahsanal jaza…

    • purwatiwidiastuti Maret 3, 2014 / 3:30 am

      pak lukman,
      berdasar pengalaman saya dan beberapa testimoni dari teman, maag bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi segelas air hangat dicampur air perasan jeruk nipis, diminum setelah bangun tidur.
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  85. Muhammad Hendrik Maret 3, 2014 / 1:54 am

    Saya baru minum air rebusan kulit manggis 2X (2 Hari). Hari pertama setelah minum terasa mual dan sakit kepala (sy emg sering sakit kepala), hari kedua saya minum perut mual dan akhirnya muntah2. Hari ketiga saya mulai trauma, skrg ini hari ketiganya.. saya minum tanpa campuran lain. Saya pingin tau mba, apa penderita maag seperti saya aman minum rebusan kulit manggis ini ? Makasih.

    • purwatiwidiastuti Maret 3, 2014 / 3:28 am

      mas muhammad hendrik.
      kalau boleh tahu apa tujuan minum rebusan kulit manggis?
      saya kalau dosis kulit manggis terlalu pekat juga pusing, solusinya dengan mengurangi dosisnya. sedangkan diare bisa diatasi dengan makan puding.
      sejauh pengalaman saya, untuk maag lebih cocok dengan minum segelas air hangat dengan diberi perasan air jeruk nipis 1 butir. diminum saat bangun tidur sebelum berwudhu atau makan apapun.
      salam sehat
      salam sehat

  86. Gilang Maret 12, 2014 / 1:26 pm

    Mbak,, sebaiknya berapa lama kita konsumsi kulit manggis?

    • purwatiwidiastuti Maret 12, 2014 / 3:12 pm

      Mas gilang,
      Untuk pengobatan apa stamina?
      Utk pengobatan dosis pertama 3 minggu, dosis ke 2 selama 2 mgg
      Utk stamina bisa dikonsumsi harian
      Salam sehat

  87. Johan Maret 12, 2014 / 1:28 pm

    Mbak,, sebaiknya berapa lama kita konsumsi kulit manggis?

    • purwatiwidiastuti Maret 12, 2014 / 3:14 pm

      Pak johan,
      Bisa dilihat jawaban saya ke mas gilang
      Salam sehat

  88. Johan Maret 12, 2014 / 1:43 pm

    Q

  89. Abdul Hasim Maret 15, 2014 / 3:07 am

    saya punya sakit mah sudah 2 tahun. apakah aman minum rebusan kulit buah manggis?

    • purwatiwidiastuti Maret 15, 2014 / 9:29 pm

      Pak abdul hasim,
      Sebaiknya atasi dulu magnya.
      Salam sehat

  90. zulaeha April 15, 2014 / 3:34 am

    tdk apa apakah rebusan kulit manggis diminumkan pada anak usia 1 tahuan keatas

  91. adhe Mei 7, 2014 / 4:39 am

    mba mau tanya….
    saya kan pernah mengkonsumsi jus kulit manggis yg sudah jadi (xamthone), karena saya orangnya bosenan jadi sudah lama saya tidak meminumnya, sekarang saya mau meninumnya lg (xamthone tersebut sudah dibuka dan disimpan dalam kulkas sudah lebih dr 6 bln/ 1 tahun tetapi blm kadaluarsa) pertanyaannya apakah xamthone tsb masih bisa saya minum?
    kerana akhir2 ini nafas saya agak berat karena asma …..

    • purwatiwidiastuti Mei 7, 2014 / 5:36 am

      Pak adhe,
      Kalau blm dibuka akan bertahan sesuai tanggal kadaluarsa.
      Tapi kalau sudah dibuka, meskipun belum kadaluarsa tapi karena sudah 6bulan apalagi sebaiknya tidak lagi dikonsumsi, demi kesehatan bapak.
      Salam sehat

  92. pelangsing tubuh fatloss Juli 4, 2014 / 6:52 pm

    hahaa..ini bener jadi viral bgt “kulit manggis ada extraknya” ampe gw penasaran ketik di gooogle “awal kulit manggis ada extraknya”….jadi kepo gw. thx admin infonya haahaa ADMIN GOOOD

    • purwatiwidiastuti Juli 5, 2014 / 5:51 pm

      Semoga tetap langsing

    • purwatiwidiastuti Juli 26, 2014 / 8:36 pm

      Jingga sendu.
      Trima kasih sharing link.nya
      Dibeberapa tulisan saya juga saya sebutkan efek itu koq, bahkan saya sendiri klo mengkonsumsi kulit manggis dg dosis ketinggian juga pusing. Jadi konsumsi sesuai kecocokan masing2.
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Juli 31, 2014 / 10:55 am

      Wilda ecii babregi,
      Kukit manggis berguna utk menurunkan tensi, jadi sebaiknya kalau darah rendah hati-hati mengkonsumsi.
      Saya juga cenderung tensi rendah.
      Salam sehat

  93. bryan susanto Agustus 1, 2014 / 8:40 am

    boleh gak makan daging manggis setelah itu makan makanan dan minum minuman yang manis seperti es krim atau sirup please dijawah lagi perlu tau

    • purwatiwidiastuti Agustus 1, 2014 / 9:12 am

      Bryan susanto,
      Sejauh yang saya tahu tidak ada larangannya tuch.
      Salam sehat

  94. Liyea Setiawan Maret 4, 2015 / 7:19 pm

    asalamualaikum…. saya di lampung, disini banyak sekali manggiis. bagi yang berlibur ke lampung bisa saya bantu carikan. kalo gak salah 10-20 ribu 10 biji nya.
    soalnya saya sudah lama tidak beli lagi. 081278984288. saya di metro-lampung

    • Liyea Setiawan Maret 4, 2015 / 7:22 pm

      oh ya maaf mbk, kulit luar nya berbahaya gak kalo di konsumsi. sebenarnya yang lebih berkhasiat kulit luar atau dalamnya mbak.. trimakasih sebelum nya..

      • purwatiwidiastuti Maret 4, 2015 / 9:34 pm

        Mbak liyea setiawan,
        Sejauh artikel yang saya baca, justru kandungan yg bermanfaat itu lebig banyak di kulit luarnya, jadi jangan dibuang itu kulit luar
        Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 4, 2015 / 9:36 pm

      Wa’alaikum salam.
      Harga manggis dilampung bijian ya. Kalau di yogya kiloan. Saat ini 20rb/kg, biasa saat panen raya bisa 10rb/kg
      Salam sehat

  95. agusp Mei 12, 2015 / 8:55 am

    Mbak, saya pernah membuat rebusan kulit manggis yang segar, kok jadinya obat urus-urus? berkali-kali ke WC, tapi setelah itu jadi “entheng” di tubuh. Apakah ini efek sampingnya?.

    • purwatiwidiastuti Mei 12, 2015 / 1:40 pm

      Mas agusp,
      Memang ada beberapa orang yang mengalami diare saat awal mengkonsumsi kulit manggis.
      Kalau saya, pusing, tapi begitu dosis/kepekatannya diturunkan ya tidak pusing lagi.

  96. edho Juni 7, 2015 / 12:09 pm

    Mbak sa ad pnyakit tb kelenjar
    Trus stelah mnum kulit manggis saya rasa kyak sakit bagian benjolanku
    Apakah itu karena efek samping kulit manggis?
    Tlong bls di emailku mbak
    Abdulrahman9935@yahoo.co.id

    • purwatiwidiastuti Juni 8, 2015 / 11:05 am

      Mas edho,
      Sejauh yang saya tahu, efeknya bisa pusing atau diare.
      Coba nanti saya cari info apakah mengkonsumsi kulit manggis akan menimbulkan rasa sakit pada benjolan.
      Salam sehat

      • rere Juni 22, 2015 / 5:30 am

        terima kasih infonya mba, berkah buat anda..saya mau tanya kalo untuk kista bartholin bisa tidak yaa

      • purwatiwidiastuti Juni 23, 2015 / 2:51 am

        mbak rere,
        saya belum pernah baca artikel atau hasil penelitian manfaat kulit manggis terhadap kista bartholin
        salam sehat

  97. karyadi Agustus 11, 2015 / 2:10 am

    assalam’mualaium mba, mba saaya membuat sendiri extrax kulit manggis, semua kulitnya (kulit luar sm kulit dlm) saya jemur sampe kering terus di sangrai setelah itu diblender lalu dimasukan ke dlm kapsul. tadinya sy semangat mba, tapi ketika ada yg bilang klu kulit bagian luar mengandung racun, saya jd takut mengkonsumsinya.
    apa betul mba kulit luar yg keras nya mengandung racun ???

    • purwatiwidiastuti Agustus 11, 2015 / 3:21 am

      Wa’alaikumusalam pak karyadi,
      Kulit luar itu mengandung tanin yang menimbulkan rasa pahit itu.
      Setiap orang punya batas toleransi yang berbeda, sehingga kalau melebihi batas toleransinya tubuh akan bereaksi berbeda-beda, ada yang pusing, diare, muntah, dll.
      Mungkin itu yang disebut keracunan yaa.
      Saya klo dosis kebanyakan juga pusing, tp begitu dosis dikurangi ya nggak papa.
      Begitu bapak, semoga penjelasan saya membuat bapak kembali yakin akan manfaat kulit manggis.
      Salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s