Kulit manggis dan penyakit jantung koroner

Kulit manggis02“Bapak masuk ICU” begitu bunyi sms dari kakakku

“Kapan dan kenapa” tanyaku memberondong

“Semalam, belum tahu apa penyebabnya” jawab kakakku lagi

Itu sepenggal komunikasi smsku dengan kakakku ditanah air 2 kali puasa lalu saat aku sedang beribadah di tanah suci. Sejak detik itu perasaanku berkecamuk tak karuan, antara ingin meninggalkan program ibadah di tanah suci dan mendampingi ayahku di ruang ICU.

Serangan jantung

Setelah mendapat info dari dokter, ketahuan bahwa ayahku terkena serangan jantung, dan karena lumayan berat, ayahku bertahan di ICU selama satu minggu.

Risiko kematian selalu tinggi ketika terjadi serangan jantung. Namun jika terjadi pada pagi hari, serangan jantung 20 persen lebih berisiko memicu kematian dibandingkan serangan jantung yang terjadi di waktu-waktu lain sepanjang hari.

Berbagai penelitian sebelumnya memang menunjukkan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi pada pagi hari. Meski begitu, belum ada yang membandingkan risiko kematian akibat serangan jantung yang terjadi pada waktu-waktu tertentu termasuk di pagi hari.

Baru-baru ini, para peneliti dari National Center of Cardiovascular Disease di Spanyol berhasil mengaitkan risiko kematian dengan waktu terjadinya serangan jantung. Serangan jantung yang terjadi antara pukul 6 pagi hingga tengah hari paling mematikan dibandingkan pada waktu lainnya.

Peningkatan risiko kematian pada serangan jantung yang terjadi di pagi hari cukup tinggi, yakni seitar 20 persen. Diduga, pemicunya adalah sistem hormonal dan metabolisme yang mengalami peningkatan aktivitas pada pagi hari setelah bangun tidur.

Peningkatan tekanan darah di pagi hari juga diyakini juga ikut mempengaruhi meski pendapat ini masih kontroversial. Sebab penelitian terbaru di Harvard Medical School menunjukkan, jam biologis manusia justru membuat tekanan darah turun ke titik terendah pada pagi hari.

Penyebab serangan jantung

Penelitian para ahli dari Hasselt Universitydi Diepenbeek, Belgia ini mengungkap serangan jantung paling banyak dipicu polusi udara yakni 7,4 persen. Tingkat polusi udara di Eropa memang tinggi, sehingga dampaknya bisa dirasakan semua orang termasuk penderita sakit jantung.

Yang mengejutkan adalah, hubungan seks juga masuk dalam daftar pemicu serangan jantung meski kontribusinya sangat kecil yakni hanya 2,2 persen. Ganja dan kokain yang tergolong obat terlarang malah hanya memicu 1 persen serangan jantung.

Selengkapnya, berikut ini adalah berbagai pemicu serangan jantung berdasarkan penelitian tersebut.

Pemicu Persentase (%)
Polusi udara 7,4
Aktivitas fisik yang berlebihan 6,2
Minum kopi 5
Minum minuman beralkohol 5
Emosi negatif (sedih, dll) 4
Marah 3
Makan berlebihan 2,7
Emosi positif (gembira, dll) 2,4
Berhubungan seks 2,2
Konsumsi ganja/kokain 1

Menurut Prof Tim S Nawrot yang memimpin penelitian tersebut, angka-angka di atas tidak menunjukkan besarnya peningkatan risiko sesungguhnya. Misalnya peningkatan risikonya serangan jantung akibat penggunaan kokain sebenarnya lebih besar dibandingkan polusi udara, namun karena pengguna kokain tidak terlalu banyak dibandingkan orang yang terkena polusi maka hanya sedikit yang mengalami serangan jantung karena kokain.

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) sering juga disebut sebagai arteri koroner (coronary heart disease) adalah suatu kondisi dimana plak dalam pembuluh arteri menyumbat aliran darah, hal ini ditandai dengan adanya endapan lemak yang berkumpul di dalam sel yang melapisi dinding suatu arteri koroner dan menyumbat aliran darah yang kaya oksigen ke jantung.
Endapan lemak (ateroma atau plak) berasal dari kelebihan kolesterol dalam tubuh yang menempel disaluran darah, plak terbentuk secara bertahap dan tersebar di percabangan besar dari kedua arteri koroner utama, yang mengelilingi jantung dan menyediakan darah bagi jantung. Proses pembentukan ateroma disebut ateroklerosis. Ateroma dalam jantung ayahku ada di lima titik dan salah satunya ada dipercabangan….sungguh menyedihkan.
Ateroma bisa menonjol ke dalam arteri dan menyebabkan arteri menjadi sempit. Jika ateroma terus membesar, bagian dari ateroma bisa pecah dan masuk ke dalam aliran darah atau bisa terbentuk bekuan darah di dalam permukaan ateroma tersebut….mungkin proses ini yang pagi itu terjadi pada ayahku, yang segera dilarikan le rumah sakit oleh kakakku.
Supaya bisa berkontraksi dan memompa secara normal, otot jantung (miokardium) memerlukan pasokan darah yang kaya akan oksigen dari arteri koroner. Jika penyumbatan arteri semakin memburuk, bisa terjadi iskemi (berkurangnya pasokan darah) pada otot jantung, menyebabkan kerusakan jantung…penyumbatan ini berlangsung bertahun-tahun, kalau menurut ayahku gejalanya sudah beliau rasakan 20 tahun lalu….wooouuuww, hebatnya ayahku yang merasakan tapi tak pernah menunjukkan pada anak-anaknya….
Penyebab utama dari iskemi miokardial adalah penyakit arteri koroner. Komplikasi utama dari penyekit arteri koroner adalah angina dan serangan jantung (infark miokardial).

Kulit manggis

Sebagaimana telah banyak dibahas dalam blog ini bahwa kulit manggis mengandung super antioksidan yang berupa trio mangosten yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Penelitian journal of free Radical Research dan Journal Pharmacology, mempublikasikan bahwa xanthone memiliki banyak banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aseroklerosis, hipertensi dan trombosis. Xanthone juga dapat melenturkan pembuluh darah, memperlebar pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah. Dengan semakin lentur dan lebarnya pembuluh darah sebagai jalan pengiriman oksigen ke jantung, akan semakin sehatlah jantung kita. Jaga tubuh agar kolesterol tidak tinggi, bagi yang terlanjut tinggi bisa diusahakan dengan cara menurunkan LDL, menurunkan trigliserida maupun meningkatkan HDL.

Bagaimana mengkonsumsi kulit manggis

Kulit manggis aman dikonsumsi dan dapat dikonsumsi dalam beberapa cara seperti:

3 thoughts on “Kulit manggis dan penyakit jantung koroner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s