Kulit manggis dan kanker payudara

pink sandalTak terasa tiga tahun sudah berlalu sahabatku Sinta meninggalkan dunia ini karena direnggut kanker payudara yang dengan perlahan tapi pasti meruntuhkan benteng pertahanan tubuhnya yang mungil. Kanker payudara merupakan momok paling utama bagi wanita yang belum menikah dan momok kedua bagi wanita pada umumnya setelah kanker rahim. Dua organ tubuh andalan wanita ini memang rentan dengan serangan penyakit.

Kanker payudara

Menurut catatan WHO (World Health Organization), 8-9% wanita akan mengalami kanker payudara….duch ngerinya… Hal ini membuat kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling umum pada wanita. Setiap tahun lebih dari 250.000 kasus baru kanker payudara didiagnosa…alm shinta sahabatku adalah salah satunya.

Kanker payudara adalah penyebab utama kematian kanker pada wanita. Setelah pengobatan, sekitar 50% pasien mengalami stadium akhir kanker payudara dan hanya bertahan 18-30 bulan….dengan tingkat keganasannya, kanker payudara benar-benar momok bagi wanita….

Kulit manggis

Dengan maraknya perbincangan dan pemanfaat kulit manggis, aku tertarik untuk mencari info lebih jauh tentang kulit manggis ini untuk pengobatan kanker payudara….dan setelah bertanya pada mbah google, ternyata ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa kulit manggis bisa menyembuhkan kanker payudara. Bagaimana caranya?

Manggis adalah buah yang banyak mengandung senyawa Xanthone ada yang menulis sebagai santon, lebih dari antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Xanthones yang ditemukan dalam kulit buah manggis memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama terjadinya dan berkembangnya penyakit.

Xanthone juga bertindak sebagai anti kanker senyawa seperti biasa dilakukan oleh para peneliti dari Mahidol University, Thailand. Moongkarndi, peneliti dari Fakultas Farmasi, Universitas Mahidol santon pengujian pra-klinis penelitian dengan kultur sel payudara manusia. Hasilnya sangat positif. Dari hasil studi ini menyimpulkan bahwa ekstrak buah manggis memiliki sifat kulit antiproliferasi yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Lebih hebat lagi, santon juga memiliki apoptosis yang mampu melakukan penghancuran sel kanker dengan proses sel merangsang kanker bunuh diri.

Dr Berna Elya, ahli farmasi Universitas Indonesia menuturkan xanthone memiliki gugus hidroksida (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel tubuh. Raffi mengatakan kulit manggis andal menetralisir radikal bebas. Lihatlah nilai oxygen radical absorbance capacity (ORAC) xanthone mencapai 17.000-20.000. Bandingkan dengan sumber antioksidan lain seperti anggur yang hanya 1.100, sedangkan apel 1.400.

Berapa batas aman mengkonsumsi kulit manggis

Kulit manggis sudah diketahui manfaatnya, namun berapa batas aman mengkonsumsinya. Riset PT Industri Jamu Borobudur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman konsumsi. Aku lebih suka menamai wedang kulit manggis yang terkesan enak daripada istilah air rebusan kulit manggis yang terkesan obat dan nggak enak, hehehe…

Bagaimana cara mengolah kulit manggis

Tak mampu beli jus kulit manggis siap konsumsi, olah sendiri adalah pilihannya. Ada beragam cara mengkonsumsi kulit manggis, salah satunya adalah dalam bentuk jus kulit manggis.  Ada 5 cara membuat jus kulit manggis:

  1. Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus.
  2. Kulit manggis direbus, air rebusannya digunakan untuk membuat jus.
  3. Dikeringkan dan direbus lalu airnya untuk ngejus.
  4. Dikeringkan dan ditumbuk lalu bubuknya untuk campuran jus buah.
  5. Kulit dan buah manggis dijus.

Semoga bermanfaat, salam sehat

4 thoughts on “Kulit manggis dan kanker payudara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s