Jus Manggis….lagi donk

jus campurMasih ingat tulisanku yang baru lalu tentang memilih buah manggis yang bagus. Nach kemarin sepulang kerja kudapati adikku membeli buah manggis sebesar kepalan tangan balita, biasanya dia membeli manggis sebesar kepalan tangan remaja. Apa-apaan nich, beli manggis kecil-kecil amat, maksudku memang yang bagus buah yang kecil, tapi ya tidak sekecil inilah..batinku.

Tapi ya kumakan juga sich, satu demi satu kubuka dan kumakan, masuk buah ketiga aku jadi sangat senang karena semua buah manggis bisa kumakan tanpa ada getah kuningnya sehingga tidak ada yang pahit, bahkan beberapa kali bijinya juga kumakan…rakus juga ya,hehehe….

Eeiit…aku tidak akan membahas enaknya makan buah manggis yang ukurannya sekepalan tangan balita, tapi aku ingin menulis tentang membuat jus manggis, setelah kemarin menulis tentang cara membuat jus kulit manggis. Lain waktu aku akan menulis tentang wedang kulit manggis.

Jus manggis menurutku bisa dibuat dengan dua cara.

  1. Buka manggis, masukkan buahnya, lalu diblender/dijus, tambah madu, gula putih ataupun gula arena secukupnya. Jus siap santap, bisa dimasukkan kulkas dulu bila ingin rasa dingin, atau saat diblender dimasukkan butiran kecil es batu, sehingga begitu selesau sudah dingin dan bisa langsung diminum bagi yang suka minum es.
  2. Cuci manggis, buka, masukkan buah beserta bijinya, iris-iris/ sobek-sobek kulit manggis, masukkan, tambahkan madu atau gula aren, lalu diblender/dijus. Karena kulit manggis ikut dijus maka rasa jus kedua ini tidak selezat jus yang pertama, tetapi khasiat antioksidan pada jus kedua ini bisa diperoleh, sehingga kesehatan lebih terjaga.

Untuk sekedar minuman yang ingin diperoleh, maka cara ngejus buah manggis yang pertama bisa dijadikan pilihan, tetapi apabila tujuan kesehatan ataupun pengobatan yang ingin diperoleh maka cara ngejus yang kedua yang sebaiknya dipilih.

Nach, tinggal mana yang ingin anda dapatkan, silahkan pilih cara ngejus buah manggis sesuai tujuannya.

Selamat menikmati jus buah manggis….lagi donk.

22 thoughts on “Jus Manggis….lagi donk

  1. sakura suri Januari 22, 2012 / 12:02 pm

    aaaaaa manggis, i love it :*

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:12 am

      I love it too

  2. riki Februari 3, 2012 / 1:57 pm

    infomasi lengkap tentang buah manggis dan cara pengolahannya mohon kirim ke email rik_webe@yahoo.co.id

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 4:03 am

      sayange nek dibarengi kopi luwak, ga cocok ya….

  3. yanti Februari 15, 2012 / 2:10 pm

    mba, aku baru buka web ini hehe…karena aku lg cari info tentang pengobatan batu empedu dari Xamthone..harganya mantep bgt ya..makanya aku coba cari yg mengolah sendiri..eh nemu ini.. oia mba tau info ttg kulit manggis untuk batu empedu ga? kalo tau email ya mba ke tri_diana84@yahoo.com…mksh mba ^^

  4. Mbah Yo Maret 8, 2012 / 4:03 pm

    terima kasih, atas resep kebugaran dan kesegaran , maaanttaaab . . . . . . .

    • purwatiwidiastuti Maret 9, 2012 / 12:26 am

      mbah yo,
      sami2 mbah
      sugeng enjang

  5. tini Maret 8, 2012 / 5:22 pm

    mba jus kulit manggs bs nymbhn stroke g..
    Trs mnmny brp hr skli..biar cpt smbh..n bs jalan lg..
    Tlg dblz

    • purwatiwidiastuti Maret 9, 2012 / 12:26 am

      bu tini,
      beberapa testioni yang dimuat di majalah maupun dunia maya mengatakan sembuh dari stroke berkat jus kulit manggis.
      dosis minumnya 2x sehari, pagi dan sore
      salam sehat

  6. ciplee Maret 12, 2012 / 1:02 am

    resep2 na keren2
    jd pengen dipraktekin …
    makasih banyak
    apalagi tentang jus manggis

    • purwatiwidiastuti Maret 12, 2012 / 10:49 pm

      ciplee,
      terima kasih atas kunjungannya
      jangan lupa sharing pengalaman nyoba resepnya disini ya
      salam sehat

  7. Mukhsin irfangi Februari 2, 2013 / 5:05 am

    Tanya mba pur yang baik..saya punya penyakit maagh sudah hampir skitar agustus 2012- sekarang,dan sejak bulan desember saya cek darah dan urin ternyata saya sudah kena tipes juga…sampai saat ini masing sering skali kumat2an, terutama tipesnya ( panas dingin dan perut tidak nyaman) pernah opname 4 hari, priksa ke dokter sdah ga terhitung jumlahnya, berbagai obat herbal jga sdah sya konsumsi, namun hasilnya kurang memuaskan,..dan saya skarang saya sudah mendingan tapi belum berani beraktifitas krna masih mudah kumat2an.. terakhir saya coba minum ramuan cacing dan daun sirsak yg direbus dan di ambil airnya,hasilnya lumayan baik dan ada perbedaan, tapi saya penasran dengan jus kulit manggis,..apakah jus kulit manggis yang di campur dengan daun sirsak bisa buat obat tipes,dan bagaimana cara membuatnya , krna katanya iklan ace xamthone jangan buat ramuan sendiri bisa bernahaya…trims ( bisa di email saya / hp 081915026708, trims.mohon jawabanya…

  8. Mukhsin irfangi Februari 2, 2013 / 5:07 am

    Tanya mba pur yang baik..saya punya penyakit maagh sudah hampir skitar agustus 2012- sekarang,dan sejak bulan desember saya cek darah dan urin ternyata saya sudah kena tipes juga…sampai saat ini masing sering skali kumat2an, terutama tipesnya ( panas dingin dan perut tidak nyaman) pernah opname 4 hari, priksa ke dokter sdah ga terhitung jumlahnya, berbagai obat herbal jga sdah sya konsumsi, namun hasilnya kurang memuaskan,..dan saya skarang saya sudah mendingan tapi belum berani beraktifitas krna masih mudah kumat2an.. terakhir saya coba minum ramuan cacing dan daun sirsak yg direbus dan di ambil airnya,hasilnya lumayan baik dan ada perbedaan, tapi saya penasran dengan jus kulit manggis,..apakah jus kulit manggis yang di campur dengan daun sirsak bisa buat obat tipes,dan bagaimana cara membuatnya , krna katanya iklan ace xamthone jangan buat ramuan sendiri bisa bernahaya…trims ( bisa di email saya / hp 081915026708, trims.mohon jawaba secepatnya…

  9. Mukhsin irfangi Februari 2, 2013 / 5:08 am

    Tanya mba pur yang baik..saya punya penyakit maagh sudah hampir skitar agustus 2012- sekarang,dan sejak bulan desember saya cek darah dan urin ternyata saya sudah kena tipes juga…sampai saat ini masing sering skali kumat2an, terutama tipesnya ( panas dingin dan perut tidak nyaman) pernah opname 4 hari, priksa ke dokter sdah ga terhitung jumlahnya, berbagai obat herbal jga sdah sya konsumsi, namun hasilnya kurang memuaskan,..dan saya skarang saya sudah mendingan tapi belum berani beraktifitas krna masih mudah kumat2an.. terakhir saya coba minum ramuan cacing dan daun sirsak yg direbus dan di ambil airnya,hasilnya lumayan baik dan ada perbedaan, tapi saya penasran dengan jus kulit manggis,..apakah jus kulit manggis yang di campur dengan daun sirsak bisa buat obat tipes,dan bagaimana cara membuatnya , krna katanya iklan ace xamthone jangan buat ramuan sendiri bisa bernahaya…trims ( bisa di email saya / hp 081915026708, trims.mohon jawaba secepatnya….

  10. Mukhsin irfangi Februari 2, 2013 / 5:08 am

    Tanya mba pur yang baik..saya punya penyakit maagh sudah hampir skitar agustus 2012- sekarang,dan sejak bulan desember saya cek darah dan urin ternyata saya sudah kena tipes juga…sampai saat ini masing sering skali kumat2an, terutama tipesnya ( panas dingin dan perut tidak nyaman) pernah opname 4 hari, priksa ke dokter sdah ga terhitung jumlahnya, berbagai obat herbal jga sdah sya konsumsi, namun hasilnya kurang memuaskan,..dan saya skarang saya sudah mendingan tapi belum berani beraktifitas krna masih mudah kumat2an.. terakhir saya coba minum ramuan cacing dan daun sirsak yg direbus dan di ambil airnya,hasilnya lumayan baik dan ada perbedaan, tapi saya penasran dengan jus kulit manggis,..apakah jus kulit manggis yang di campur dengan daun sirsak bisa buat obat tipes,dan bagaimana cara membuatnya , krna katanya iklan ace xamthone jangan buat ramuan sendiri bisa bernahaya…trims ( bisa di email saya / hp 081915026708, trims.mohon jawaban secepatnya?

    • purwatiwidiastuti Februari 2, 2013 / 7:04 am

      Bpk Muhhcin Irfangi,

      Maagh dan tipes adalah dua penyakit yg berbeda namun berdekatan, satu urusan lambung yang satunya urusan usus.
      kebetulan saya pernah menderita keduanya, dan sekarang alhmdlh sudah lepas semua.
      saya belum pernah membaca hasil penelitian khasiat kulit manggis dengan tipes.
      saya juga membaca tulisan di blog seorang stockis produk jus kulit manggis yang pembukanya menghujat tulisan saya di blog ini terkait dengan artikel “jus kulit manggis sangat mudah membuatnya”
      menurut saya efek negatif seperti muntah, diare, mual, pusing sangat berkaitan dengan kondisi tubuh masing-masing orang. Saya awal mengkonsumsi jus kulit manggis buatan sendiri juga merasa pusing, namun setelah dikurangi dosisnya sesuai dengan tubuh saya, alhamdulillah sampai sekarang sudah setahun mengkonsumsi teh kulit manggis, semuanya baik-baik saja.
      kulit manggis yang tinggi serat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal
      semoga bermanfaat
      salam sehat

Tinggalkan Balasan

