Kulit manggis dan hipertensi

Dulu pernah selama bertahun-tahun aku diselimuti cahaya redup “ketakutan” akan hipertensi, hanya karena suatu pagi aku periksa ke dokter kantor dan ketahuan tensiku 140 (aku lupa berapa angka satuanya) sampai aku membaca tulisan dr. Hendrawan Nadesul, orang tidak bisa serta merta dinyatakan hipertensi dan memerlukan obat hanya dengan satu kali periksa tensi.
Perlu dipastikan lebih dahulu apakah itu nilai tensi sejati, atau hanya sesaat. Tekanan darah sejati idelanya diukur saat bangun tidur dipagi hari sebelum melakukan aktivitas pisik apapun. Dilakukan berulang (beberapa kali) selang seminggu, sebelum bisa menyatakan hipertensi. Mengukur tensi setelah melakukan kegiatan, saat stress, saat gelisah, ketakutan, habis marah, dan saat emosi bergejolak lainnya cenderung akan menghasilkan nilai tensi yang tinggi.

Apa itu hipertensi

Hipertensi menurut wikipedia adalah Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis  di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. Tekanan darah  yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan aneurisma  arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

Jenis hipertensi

Secara umum, ada dua jenis hipertensi:

  • Hipertensi primer/esensial di mana tidak ada hal spesifik yang menjadi penyebabnya. Sekitar 90-95% hipertensi adalah jenis ini.
  • Hipertensi sekunder, yaitu hipertensi yang disebabkan oleh kelainan atau penyakit lain, misalnya karena stress, sakit ginjal, preeklamsia, atau apnea (sesak napas saat tidur).

Berbagai studi menunjukkan bahwa hipertensi meningkatkan risiko kematian dan penyakit. Bila tidak dilakukan penanganan, sekitar 70% pasien hipertensi kronis akan meninggal karena jantung koroner atau gagal jantung, 15% terkena kerusakan jaringan otak, dan 10% mengalami gagal ginjal. Untungnya, peningkatan kesadaran dan kontrol atas hipertensi telah berhasil menekan risikonya hingga 50%.

Klasifikasi

Pada hipertensi sistolik terisolasi, tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, tetapi tekanan diastolik kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastolik masih dalam kisaran normal. Hipertensi ini sering ditemukan pada usia lanjut.

Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah; tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.

Klasifikasi Tekanan Darah Pada Dewasa menurut JNC VII
Kategori Tekanan Darah Sistolik Tekanan Darah Diastolik
Normal < 120 mmHg (dan) < 80 mmHg
Pre-hipertensi 120-139 mmHg (atau) 80-89 mmHg
Stadium 1 140-159 mmHg (atau) 90-99 mmHg
Stadium 2 >= 160 mmHg (atau) >= 100 mmHg

Apa kandungan dalam kulit manggis

Kulit manggis marak dibahas diberbagai media, namun apa sich sebenarnya kandungan kulit manggis yang membuatnya begitu hebat itu. Apa sebenarnya manfaat kulit manggis ini. Menurut berbagai penelitian yang ada, ternyata xanthone ada yang nulis xanton, dengan trio mangostinnyalah (mangosten)  yang berkibar

Xanthone

Apa yang menyebabkan kulit manggis ampuh mengatasi berbagai penyakit? Ahli farmasi dari Universitas Indonesia, Dr Berna Elya Apt MSi, mengatakan kulit manggis mujarab mengatasi beragam penyakit berkat senyawa xanthone. Senyawa itu antioksidan tingkat tinggi. “Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk,” kata ahli teknologi pangan dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Dr Ir Raffi Paramawati.kulit manggis kering dalam keranjang

Berna menuturkan xanthone memiliki gugus hidroksida (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel tubuh. Raffi mengatakan kulit manggis andal menetralisir radikal bebas. Lihatlah nilai oxygen radical absorbance capacity (ORAC) xanthone mencapai 17.000-20.000. Bandingkan dengan sumber antioksidan lain seperti anggur yang hanya 1.100, sedangkan apel 1.400.

Xanthone juga ditemukan memililik manfaat untuk melenturkan pembuluh darah, melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah (hipertensi)

Trio mangostin

Trio mangostin  (mangosten) terdiri dari: Alfamangostin, gammamangostin, dan garsinon-E. Alfamangostin-antioksidan kuat dan bagian kelompok xanthone-meningkatkan aktivitas enzim lipoprotein lipase dan katabolisme very low density lipoprotein (VLDL). Itu lipoprotein berdensitas sangat rendah. Berkat enzim lipoprotein lipase, VLDL yang kaya trigliserida itu terhidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol. Hasil samping penguraian berupa kolesterol, fosfolipid, dan apoprotein yang akan dipindahkan ke HDL. Akibatnya kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL turun; kadar HDL atau kolesterol baik meningkat.

Berapa batas aman mengkonsumsi kulit manggis

Menurut penelitian PT Industri Jamu Borobudur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman konsumsi.

Bagaimana cara mengkonsumsi kulit manggis

Kulit manggis dapat dikonsumsi dalam beberapa cara seperti:

Semoga bermanfaat

4 respons untuk ‘Kulit manggis dan hipertensi

  1. didit Juni 5, 2012 / 9:16 am

    terimakasih infonya Bu…. Saya rajin konsumsi jus kulit manggis.. mudah-2an kita semua dikaruniai Allah kesehatan dan kebahagiaan…..

    • purwatiwidiastuti Juni 6, 2012 / 12:37 am

      pak didit,
      alhmdlh, saya juga mulai lagi mengkonsumsi wedang kulit manggis setelah terhenti beberapa saat karena sering keluar daerah, sementara didaerah belum ada yg jual wedang kulit manggis
      ya, semoga kita semua dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan
      aamiin
      salam sehat

Tinggalkan komentar