Jus Manggis…mau aaaachhh

jus campurJus manggis, koq aneh ya, apa mungkin sich? Trus kayak apa pula rasanya, masam atau manis. Khan enakan dimakan langsung, lagian juga susah nyari penjual jus manggis, atau harus bikin sendiri. Emang apa sich manfaatnya. Begitu kecamuk pikiran saat bilang jus manggis.

Jangan menolak dulu, tak kenal maka tak sayang kata pepatah bijak. Aku mau berbagi pengalaman menikmati jus manggis. Sebenarnya keinginan mencoba jus manggis ini lebih karena mendengar dan membaca khasiat kulit buah manggis yang marak dibahas diberbagai media belakangan ini. Selama ini aku selalu mengkonsumsi buah manggis secara langsung alias dikupas dan langsung dimakan, tetapi karena tertarik bahwa kulit buah manggis tidak kalah khasiatnya bagi kesehatan, sedangkan makan kulit manggis secara langsung jelas tidak mungkin, karena rasanya tidak enak, maka salah satu caranya ya dengan dibuat jus.kulit manggis kering kemasan diatas kranjang

Karena aku terbiasa membuat jus dengan 5 macam buah sebagai cara memenuhi kebutuhan makan buah 5 porsi sehari, maka jus manggispun juga kubuat bersama dengan buah-buah yang lain. Karena masih awam dengan rasa jus kulit buah manggis, maka campuran kulit buah manggisnya sangat sedikit, sehingga rasa tidak enaknya kulit buah manggis tidak muncul. Kita harus tidak ragu mencoba variasi untuk mengurangi rasa tidak enak/sepat ini.

Nach sebelum ikut-ikutan mencobanya, sebaiknya tahu dulu apa manfaat buah manggis yang mulai menjadi primadona danĀ  dikenal sebagai ratu buah (the queen of fruit).

Wedang kulit manggis002Manfaat air rebusan kulit buah manggis untuk mengobati:

  1. luka
  2. diare
  3. demam
  4. sariawan sembelit
  5. anti kanker
  6. menurunkan risiko jantung koroner
  7. menurunkan kolesterol
  8. menurunkan hipertensi

Manfaat daging buah manggis untuk mengobati:

  • diare
  • radang amandel
  • keputihan
  • wasir/ambeien
  • peluruh dahak
  • sakit gigi

Di Malaysia, seduhan daun manggis dicampur dengan pisang muda dan sedikit kapur barus digunakan sebagai pengobat luka sunat.

Manfaat bubuk kulit manggis yang dikeringkan di China dan India digunakan untuk mengobati disentri. Bahkan kulit manggis juga diolah menjadi salep untuk mengobati eksim dan penyakit kulit lainnya.

Manfaat akar pohon manggis digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur

Di Filipina, ekstrak kulit batang pohon manggis digunakan untuk mengatasi sariawan, diare, disentri dan nyeri perut.

kulit manggis dan buah manggisNach begitu banyak manfaat manggis sejak dari akar, daun, kulit batang, kulit buah sampai dengan buahnya itu sendiri baik didalam negeri maupun diluar negeri. Kenapa tidak mecoba memanfaatkannya sebagai obat selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah harian anda. Ayu kita minum jus manggis.

Koq masih bingung cara membuat jus kulit manggis…silahkan buka link ini https://purwatiwidiastuti.wordpress.com/2012/01/19/jus-kulit-manggis-sangat-mudah-membuatnya/

Semoga berhasil

About these ads

175 thoughts on “Jus Manggis…mau aaaachhh

    • purwatiwidiastuti Februari 25, 2010 / 4:49 am

      iya ya…semoga semakin banyak orang tahu manfaatnya sehingga tergerak untuk jual jus manggis.

    • iza Februari 9, 2012 / 3:40 am

      Kulit Manggis yang mana yg jadi obat luar atau dalam nya, maksh…………..

      • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 3:42 am

        mbak iza,
        diambil keduanya untuk direbus ataupun dikeringkan, kalau di jus aku cuma ambil bagian dalamnya yg lebih lembut

  1. iskandar ronny Maret 6, 2010 / 10:02 am

    belakangan ini saya sering membaca artikel ttg khasiat kulit buah manggis ( jus ) tapi bagaimana cara membuat nya ya??

    • purwatiwidiastuti Maret 8, 2010 / 3:00 am

      saya buat pake 2 cara:
      1. kulit dalam dikerok pake sendok trus dijus
      2. kulit direbus, trus airnya dibikin jus
      yang belum saya coba, kulit dikeringkan dibawah matahari trus ditumbuk dan bubuknya ini yang dipake untuk jus….

      saya pernah baca iklan di internet, bubuk kulit manggis yang sudah dimasukkin kampsul harganya sampai $240 lho….

      biar rasanya enak dicampur buah2an lain, kebiasaan saya mencampur 5 macam buah dalam jus untuk memenuhi kebutuhan 5 porsi buah sehari.
      selamat ngejus kulit manggis

      • suprayogi Oktober 14, 2010 / 6:46 am

        cara 1 di jus tapi rasanya kok masih pahit ya… apa ini konsentrasinya masih pekat ? Ada cara bagaimana biar rasanya lebih enak ?

      • purwatiwidiastuti Oktober 14, 2010 / 10:18 am

        mungkin manggis dan kulitnya kena penyakit (warna kuning), kalau ada penyakitnya emang jadi pahit
        tapi kalau ga ada ga pahit koq, cuma agak sepet (rasa buah mentah itu)

    • iza Februari 9, 2012 / 3:44 am

      sya jga ingin tahu gmna cara buatnya

      • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 3:46 am

        mbak iza,
        silahkan baca artikel jus kulit manggis, sangat mudah membuatnya.
        semoga menemukan cara yang tepat

  2. PRIMA BUAH SEGAR September 12, 2010 / 4:03 am

    Bagi siapa aja yg ingin membeli buah manggis dalam partai beser bisa hub sy di 0818758122

  3. sonya Maret 10, 2011 / 10:43 am

    maaf mau tanya itu yang di jus kulit dalam nya ??? trs boleh pake gula ga?? kalo misalkan saya buat nya pagi hari dan masih ada sisa bisa diminum untuk malam hari ga??? makasih

    • purwatiwidiastuti Maret 11, 2011 / 12:11 am

      iya mbak. kalau bisa jus diminum segar, mau pake gula atau madu gak papa tinggal pilih mana yang disuka

      • sonya Maret 16, 2011 / 5:38 am

        klo untuk keputihan tuh buah nya atau kulit dalam yang warna merah??? saya masih bingung, ada yang bilang kulit buah manggis trs ada juga yang bilang buah manggis nya, maaf mbak saya banyak tanya ^_^ mksh

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:38 am

      mbak sonya,
      baik buah maupun kulitnya ada manfaatnya koq
      kulit manggis kandungan antioksidannya paling tinggi, kebanyakan untuk pengobatan yang diutamakan adalah kulit manggisnya.
      selamat mencoba air rebusan kulit manggis ataupun jus kulit manggis untuk mengbati keputihan mbak sonya
      salam sehat

  4. dede m Maret 16, 2011 / 5:57 am

    Maaf mau ikut nanya, kalo buah manggis seluruhnya lngsung dijus baik itu kulit,dagingbuah,bijibuah,tangkai dan daun yg menempel dibuahnya itu bagus ga ya? Atau justru bahaya? Mksh

    • bayon Desember 16, 2011 / 5:26 pm

      dede m
      pada Maret 16,
      2011
      pukul 5:57
      am berkata: Maaf mau ikut
      nanya, kalo buah
      manggis
      seluruhnya lngsung
      dijus baik itu
      kulit,dagingbuah,bijibu dan daun yg
      menempel
      dibuahnya itu bagus
      ga ya? Atau justru
      bahaya? Mksh) Baik lah saya akan menjawb pertanyan bu dede ini,ini pertanyaan yg sangat bagus menurut sya,kalau dijus buah kulit termasuk daun yg menempel kalau ada semut didaunnya sekalian dijus,sama sekali itu tidak berbahaya bu,yg bhaya itu kalau dijus sekalian dgn pohonnya,menurut sya itu bahaya,tpi kalau mau mencoba ya monggo,bodo amat ah,

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:40 am

      mas dede,
      setahu saya yang dikonsumsi itu buah dan kulit buahnya, tetapi kalau tidak salah pernah ada yang menulis akar dan daunnyapun bermanfaat.

  5. afi Maret 19, 2011 / 12:32 pm

    maaf mbak mau tanya,,apakah buat kesuburan bisa tidak ya mbak?trimakasih

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:43 am

      mbak afi,
      kalau yang sudah ada penelitiaannya untuk kesuburan itu kecambah mbak, tapi kalau dilogika antioksidan itu fungsinya sangat banyak maka kemungkinan untuk meningkatkan kesuburan bisa terjadi.
      maaf telat mbalesnya

  6. obi Maret 29, 2011 / 1:09 pm

    aman ga bos trus takaran nya gimana..? maksih

    • purwatiwidiastuti April 1, 2011 / 5:02 am

      sejauh ini saya buat jus manggis aman2 saja mas, biasanya minum jus pagi dan siang coma kalau malas bikin ya cukup sekali saja

  7. Yanti April 28, 2011 / 6:00 am

    mbag kulit manggis bagian luar itu kalo langsung dicuci trus di jus gpp??
    kalau gag dikerok untuk kulit yang merah tapi digupas bagaimana?

    • purwatiwidiastuti April 28, 2011 / 6:56 am

      yang saya lakukan direbus semua kulit ga papa, dan setahu sy klo dijemur dan ditumbuh bersama kulit luar jg ga papa.
      Nach klo yang langsung dicuci trus i jus belum pernah dapat infonya.

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 12:45 am

      mbak yanti,
      saya sudah mencoba beberapa kali ngejus kulit dalam buah manggis ngga papa koq, hanya kalau banyak dan tidak ditambah madu ataupun gula rasanya terlalu sepat sehingga tidak enak rasa jusnya

  8. eka muliatul ulfa April 28, 2011 / 4:56 pm

    kalo kulit manggis gtu bsa ngilangin infeksi kandung kemih nggak?jadi setiap buang air kencing pasti sakit dibagian atas tulang kemaluan..itu bagaimana yah ??
    mohon jawabannya ..karena saya ingin sekali menghilangkan kesakitan ini…terima kasih

    • purwatiwidiastuti April 29, 2011 / 12:17 am

      klo infeksi emang sebaiknya ke dokter dulu untuk pengobatan yang lebih tepat.
      untuk membantu penyembuhannya coba minum air putih lebih banyak biar pembuangan kotoran tubuhnya bisa lebih cepat, ini berdasar pengalaman teman kantor yang mengalami infeksi kandung kemih

    • Harry November 17, 2011 / 3:22 pm

      mbak Eka, klo kasusnya spt itu lebih baik mbak mencoba minyak dlm bentuk kapsul yg sudah dikemas dlm botolan “Habbatusauda” insya allah sembuh :) (info lebih lengkapnya mengenai “Habbatusauda” mbak bisa coba tanya di Google pasti akan takjub dgn khasiatnya; selamat mencoba….cepat sembuh ya..

      BTW soal jus manggis pengennya sih ngejus sendiri dirumah tapi masih belum tau caranya bagaimana :'( seandainya tinggal di cuci trus di masukin ke blender ditambah sedikit air jadi yg saya maksudkan kulit keseluruhan sih lebih mudah, tp mau mencoba cari artikelnya masih belum nemu juga, jd blm berani untuk ngonsumsinya ;'(

      • purwatiwidiastuti November 21, 2011 / 12:30 am

        ma kasih koment2nya pak harry
        kalau saya ngejus kulit manggisnya sementara pake 2 cara, yang pertama semua kulit direbus pake air dikit, trus airnya yang kita pake untuk ngejus, yang kedua kerok kulit bagian dalam dan dijus dengan ditambah madu, yang lagi mau mencoba adalah mengeringkan kulit manggis dan dibubuk trus bubuknya yang kita gunakan baik untuk diseduh maupun untuk ngejus
        memang yang minuman yang ngeklaim pake kulit manggis mahal dibanding buat sendiri, yang kapsul juga ada koq inipun kalau kita banding dengan buat sendiri juga lebih mahal….yang jelas kalau buat sendiri harus ada extra tenaga sementara kalau yg siap konsumsi ya extra duit….tinggal pilih saja sesuai kemampuan kita…gitu khan pak harry?
        semoga bermanfaat.
        salam

  9. ramon Mei 14, 2011 / 12:21 pm

    bagian luarnya sy jus, apa tdk ada efek sampingnya.dan knapa rasax sepet bercampur pahit,stlah sekitar 2 jam knapa sy rasa mual dan ulu hati agak nyeri.

    • purwatiwidiastuti Mei 18, 2011 / 3:02 am

      saya juga ngejus bagian luar, memang rasanya ada sepetnya klo pahit kemungkinan manggisnya kena penyakit (warna kuning dikulit ataupun buahnya).
      Kalau ada rasa yang tidak beres kurangi porsinya atau berhenti mengkonsumsi, mungkin tubuh mas ramon yang tidak bisa menerima karena seharusnya dalam kondisi normal tidak menimbulkan efek seperti yang mas ramon rasakan

  10. dany Juni 8, 2011 / 4:44 am

    keponakan saya terkena kelenjar getah bening. . .
    mohon infonya dengan buah manggis ini . . . terima kasih sebelumnya. . . .

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 4:42 am

      mas dany
      sejauh pengetahuan saya, xanthone kandungan antioksidan dalam kulit manggis efektif untuk melawan kanker.
      apakah kelenjar bening keponakan pak dany termasuk kanker atau penyakit yg lain?

  11. Thomas Agustus 4, 2011 / 1:33 pm

    Semua kulit manggis saya buat jus tapi kok kental kali sehingga saya campur air , mana yg lebih berkhasiat seluruh kulit di jus atau bagian dalam saja, mohon balasannya. Saya mengobati isteri saya yang menderita tumor payudara dengan jus manggis ini

    • purwatiwidiastuti Agustus 6, 2011 / 5:35 am

      Pak thomas, literatur yang saya baca hanya menyebutkan kulit manggis, sehingga kalau saya membuat jus langsung hanya bagian dalamnya saja, tetapi bisa saya rebus untuk diambil kulitnya saya pake kulit luar dan dalam. Saya sedang mencoba untuk membuatnya menjadi serbuk sehingga kalau harus dinas luar kota tidak masalah. Yang lebih penting adalah kita yakin dengan pengobatan yang kita jalani dan slalu berpikir positif. Semoga istri bapak segera sembuh.

    • alex kurniawan Agustus 12, 2011 / 4:54 am

      manggis boleh jadi buah alternatif untuk pengobatan tpi bru* ini sy mendapati teman sy terkena pykt kanker dan alhamdulillah dia skrg sembuh stlh rutin tiap hari mengkonsumsi buah sirsak. smg infoY bermanfaat. wallohua’lam bissowwab

      • purwatiwidiastuti Agustus 13, 2011 / 1:47 am

        setuju pak alex,
        teman saya juga dideteksi lewat usg kedapatan benjolan yg divonis sebagai kanker, dan alhamdulillah setelah rutin minum rebusan daun sirsat beberapa minggu benjolan itu tidak ditemukan lagi.

    • Harry November 17, 2011 / 3:29 pm

      Bp.Thomas….jikalau membuat jus manggis terlalu ribet ,ada baiknya Bp Thomas mencoba “Habbatusauda” minyak jinten yg sudah di kemas dlm kapsul dan juga “Keladi Tikus” tp ingat cara pemberian ke si penderita di kasih interval antara 1-2 jam, Insya allah Tumor istri Bp sembuh atas seizin allah :) untuk infonya mengenai obat ini Bp bisa mengoogle atau tanyakan ke dokter langsung.

  12. sumono Agustus 12, 2011 / 1:55 pm

    apa benar jus kulit manggis bisa untuk mengobati kanker hati ? dan bagaimana cara buatnya serta seberapa dosisnya ? terimakasih dan saya tunggu bantuan informasinya,,,

    • purwatiwidiastuti Agustus 13, 2011 / 1:52 am

      pak sumono,
      kandungan kulit manggis yg tinggi adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit.
      secara spesifik saya belum pernah menemukan artikel yang membahas keampuhan kulit manggis terhadap kanker hati, tetapi kalau kinerja temulawak untuk melawan gangguan hati sudah banyak dibuktikan.

  13. yuyun indah ayu widhi September 11, 2011 / 1:56 pm

    mbk mw nanyak,,, sy sakit struma/gondok, , sy udh menjalani operasi ,tpi setelah 1 tahun tumbuh lagi benjolannya,dokter bilang tumbuh lagi dan sy juga merasakannya, , , apa bisa sy sembuh dengan jus kulit manggis ???? masak sy harus operasi lagi mbk, , , hikz , jdi sedih
    mohon di blz

    • purwatiwidiastuti September 13, 2011 / 7:50 am

      mbak yuyun, saya tidak bisa memberi jaminan, saya hanya bisa menyarankan kita wajib berusaha dan meyakini akan keberhasilan usaha kita, tentu saja jangan lupa berdoa.
      semoga penyakit gondoknya bisa hilang dan tidak perlu operasi

  14. teddy September 15, 2011 / 5:21 am

    met siang, sy juga kena penyakit gondok tegolong jinak mau operasi tapi takut. sy ingin coba buat juss manggis gimana sih cara’y???? mksh

    • purwatiwidiastuti September 15, 2011 / 5:52 am

      kalau yg bermanfaat untuk kesehatan yang dari kulitnya, tapi kalau untuk yang enak yang dari daging buahnya, sehingga biar kena enak dan sehat bisa dikombinasikan daging buah dan kulit manggis bagian dalamnya dikerok pake sendok lalu ditambah madu.
      Bisa juga kulit buah manggis direbus kemudian airnya yang kita gunakan untuk ngejus buah yang lain biar rasanya enak ditambah madu.

  15. ryan September 21, 2011 / 10:18 pm

    saya mau tanya di leher saya ada benjolan dan makin lama menyebar ampe ketiak apa bisa disembuhkan pake jus manggis. Kira2 cara buat jus nya gimana dan berapa banyak buah yg harus saya jus

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2011 / 7:15 am

      kalau begitu sebaiknya mbak ryan periksakan kedokter untuk mendapatkan kepastian benjolan itu baru nanti ditentukan langkah pengobatannya
      semoga bukan sesuatu yg menggelisahkan mbak ryan selama ini

  16. heri September 24, 2011 / 7:30 am

    Maap nanya sy ngejus kulit dalam kok malah diare ada apa ya,mhn jwbn mksh

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2011 / 7:16 am

      mungkin kebanyakan atau lambungnya masih belum siap…kadang ada orang nggak kuat makan buah sebelum makan

  17. heri September 24, 2011 / 7:34 am

    Boleh di cmpur susu?

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2011 / 7:17 am

      saya belum pernah nyoba, mungkin bisa dicoba juga ya

  18. bunda September 29, 2011 / 1:18 pm

    waduh, karna keterbatasn pengetahuanku, aq justru marah waktu ankku makn manggis bersama kulitnya. Dan parahnya lgi, ank2ku tak jauhkan dr mkn buah manggis krna takut diare.
    Duh Gusti…., pdhl klo sdg musim, aq bsa mendapatkannya dg mudah dan gratis.
    Klo gtu numpang share ya mba…. Tq

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2011 / 7:18 am

      semoga dengan info bunda ini bisa memberi pencerahan pada ibu-ibu yang lain

  19. imam abdul mahmudi (@abdDoel) September 30, 2011 / 3:56 pm

    maaf mau nanya, kalo di buat serbuk tu cuma di keringin trus d tumbuk gtu aja?? terus bisa bertahan berapa lama???

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2011 / 7:19 am

      iya….dengan menjaga kebersihan proses pengeringan dan menjaga kelembapan setelah menjadi bubuk bisa bertahan lama

  20. ida Oktober 7, 2011 / 11:20 pm

    Jus manggis sudah menjadi trend setter pengobatan herbal Indonesia. Semoga menjadi harapab baru menuju Indonesia lebih sehat.

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 4:44 am

      betul mbak ida,
      sekarang beberapa jerbalis menyarankan mengkonsumsi kulit manggis, bahkan ada dokter juga menyarankannya.
      hidup queen of fruits!!

  21. obat segala penyakit Oktober 20, 2011 / 7:06 am

    jus kulit memang bagus buat kesehatan, ada pabrikan yang buat dalam kemasan tinggal minum saja, tetapi harganya sangat mahal……
    Saya ada produk bagus untuk kesehatan dan harganya cukup terjangkau, untuk tau lebih lanjut klik Username saya diatas komentar saya ini.

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 4:46 am

      ya memang kebanyakan produk buatan pabrikan lebih mahal dibanding dibuat didapur sendiri, seperti juga kulit buah manggis ini.
      bahkan kalau kelebihan lain dengan membuat sendiri, sudah makan buah manggisnya enak, kulitnyapun bisa kita gunakan sebagai obat

  22. Harry November 17, 2011 / 3:42 pm

    Subhanallah….
    barusan iseng iseng cari artikel mengenai jus kulit manggis, ternyata nemuin artikel yg memuat klo jus manggis menyembuhkan penyakit HIV/AIDS di bali dan sudah 4 orang tersembuhkan berkat jus manggis ini dgn jangka 1 th peminuman kesipenderita secara teratur “pagi siang dan malam sblm tidur” ….

    tapi jujur kenapa muahalnya minta ampun ya :'( masak harganya untuk jus Xamthone/kulit manggis dari Rp.260 – 1jt …itu dikonsumsi selama 1 bulan klo yg 1jt :'(
    makanya itu saya sampai mumet mau mencoba cari artikel yg memuat bagaimana cara mengejus kulit manggis sendiri, tapi kok ya ngga dapat dapat…… XD

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2011 / 4:48 am

      pak harry
      saya nulis 3 artikel lain mengenai buah manggis dan kulitnya, coba baca artikel terkait dengan jus manggis ini
      semoga yang pak harry cara ketemu disana ya

  23. Ari Marlini November 21, 2011 / 12:50 am

    kALAU YANG KISTA KIRA-KIRA OBATNYA BISA DENGAN JUS MANGGIS JUGA? ATO HERBAL YANG LAIN, TRIMS INFORNYA!

    • purwatiwidiastuti November 21, 2011 / 1:28 am

      ada teman kistanya hilang dengan rebusan daun sirsat…kalau untuk jus manggis saya belum pernah nemu artikel ataupun pengalaman dari teman dan kolega yang sembuh dari kistanya dg jus kulit manggis….

  24. rahma shariff November 21, 2011 / 6:42 am

    aku mo nyoba ngejus kulit manggis tp msh takut2…takut gak enak…:)
    jadi aku makan buahnya aja…n kulitnya aku kumpulin utk sewaktu2 tergerak utk ngejus…kira2 kulitnya bisa kadaluarsa gak ya klo klamaan disimpan di kulkas…..?

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2011 / 2:15 am

      sebaiknya masih segar dijusnya, kalau mau lama ya dikeringkan atau masuk freezer

  25. Eko Wibisono November 21, 2011 / 10:49 pm

    buat teman-teman yg ingin tahu bagaimana mengolah sendiri kulit manggis dirumah, bisa membeli majalah trubus edisi november 2011. disana dibahas tuntas mengenai kandungan dan cara mengolahnya.
    ini saya sekarang sedang membaca majalahnya..

    atau buat yg punya facebook bisa juga gabung di facebook page nya trubus.

    nih alamatnya. https://www.facebook.com/pages/Trubus-Majalah/149339331771453

    mudah mudahan bermanfaat..

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2011 / 2:14 am

      sip. tq infonya mas eko

  26. yohan November 30, 2011 / 8:57 am

    assalamualikum mbak, numpang nanya , kulit manggis dan buahnya apa bisa ntuk mengobati kanker tesis ya? terimakasih, wassalam

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2011 / 2:00 am

      wa’alaikum salam
      kalau kandungan antioksidan di kulit manggis yang tinggi bisa untuk menghela radikal bebas, cuma kalau untuk menjadi obat tunggal sepertinya koq belum ada riset yang membuktikan ya pak

      • diah nita Januari 22, 2012 / 8:36 am

        permisi saya mau bertanya bapak saya terkena diabetes apakah jus kulit manggis bisa menyembuhkan

  27. drg j bambang s Desember 6, 2011 / 1:56 pm

    1. bagaimana takaran antara jumlah buah dengan airnya
    2. kulit buah yang digunakan bagian luar atau bagian dalam saja
    3. berapa takaran untuk minumnya dan sampai berapa lama
    terima kasih

    • purwatiwidiastuti Desember 13, 2011 / 7:02 am

      kalau saya konsumsi untuk jaga kesehatan jadinya ya mengkonsumsi sepanjang musim buah manggis….
      air digunakan untuk membuat jusnya encer, jadi tergantung kesukaan mau encer atau kental
      saya pake untuk ngejus baik kulit buah bagian dalam maupun bagian luar
      takaran saya satu cangkir sehari

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:32 am

      kalau buah saya campur dengan buah lain untuk dijus, tergantung beli manggisnya banyak atau nggak, kalau banyak ya dijusnya banyak, kalau sedikit ya satu saja
      kulit buah manggis kalau dijus langsung dipakai bagian dalamnya saja, tapi kalau direbus atau dikeringkan dulu ya dipakai kulit manggis bagian luar dan dalam
      minum air rebusan kulit manggisnya pag8i dan sore, diminum sampai keluhannya hilang/tidak dirasakan lagi. tapi bisa juga diminum untuk menjaga stamina

  28. artin Desember 10, 2011 / 4:14 am

    Maaf mau tanya, jus kulit buah manggis bisa membantu penyembuhan kista endometriosis gak ya?

    • purwatiwidiastuti Desember 13, 2011 / 6:59 am

      setahu saya kalau kista lebih manjur dengan daun sirsat

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2011 / 12:42 am

      berdasar info yang saya baca, bisa mbak artin, sekarang teman saya juga sedang menggunakan untuk mengobati myomnya

  29. putra Desember 14, 2011 / 11:05 am

    Kalo Di Jus Itu Butuh Berapa Kulit Manggis ? Di Campur Air Juga Ga ?

    Bisa Ga Konsumsi Kulit Manggis Dengan Kerok Kulit Dalam Na Tp Ga Di Jemur di sinar matahari di keringkan selama 2 hari terus Kalo uda kering di seduh pake hair hangat dan di minum ? bisa ga kyak gt ?

    • purwatiwidiastuti Desember 15, 2011 / 12:23 am

      4-5 buah kulit manggis, ditambah air dan madu.
      Bisa saja tidak dijemur hanya diangin-anginkan, cuma keringnya lebih lama dan kemungkinan berjamur karena lembab

      • putra Desember 15, 2011 / 2:44 am

        di tambah air kira2 brp ?stengah gelas ? boleh ga kulit dalem + buah manggis na langsung jd 1 di juss ?

      • purwatiwidiastuti Desember 15, 2011 / 4:25 am

        tambahan airnya menurut selera, kalau saya suka jus yang kental jadi airnya sekedar untuk membuat blendernya muter….boleh saja buah+kulit di blender bareng, ini akan mengurangi rasa tidak enaknya (sepat) kulit manggis

  30. dewi suharliah Desember 15, 2011 / 7:24 am

    maaf mba mau tanya,d punggung saya ada benjolan ya sebesar kelereng,bs ngga ya d obati dengan minum jus manggis ya?

    • purwatiwidiastuti Desember 16, 2011 / 5:18 am

      dah diperiksakan kedokter belum? Coba, cari tahu dulu penyebabnya baru tentukan pengobatannya ya mbak dewi…

  31. Olvie Desember 16, 2011 / 7:23 am

    Ternyata manggis juga bisa dibuat jus, berkhasiat pula…

    • purwatiwidiastuti Desember 16, 2011 / 9:23 am

      iya bak olvie…met mencoba jus manggis

  32. putra Desember 16, 2011 / 12:30 pm

    maaf mba 1 pertnyaan lagi ya ? kan mba bilang Kulit Manggis Di rebus Terus air rebusan na di pake jus !! bole ga Air Rebusan na di minum langung ? Kalo Seandai na Bole Berapa Kulit Manggis ? , Berapa Gelas Air Buat Rebus Kulit Manggis na ? Dan Berapa Lama DI Rebus na ??
    tolong detail na ya mba :)

    maaf ya mba agak cerewet , Soal na td coba Minum Jus na rasa na ga kuat ,Sepet ,juga pingin muntah mba pdhal uda di kasi gula hehee

    • purwatiwidiastuti Desember 19, 2011 / 12:56 am

      bisa direbus dan lgs diminum, kalau terlalu sepat bisa ditambah madu, selengkapnya baca tulisan kulit manggis, amankah dikonsumsi….

  33. jus kulit manggis Desember 27, 2011 / 11:01 pm

    Sekilas info….sekarang sudah ada lho produk jus manggis, namanya xamthone plus. komposisi kulit manggis, buah dan bijinya + apel+anggur+rosella. Bisa juga bikin jus sendiri tapi kita kesulitan memisahkan zat saponin yang juga ada dalam kulit manggis. Zat saponin itu yang menyebabkan mual dan muntah seperti yang dialami putra di atas. Lebih aman beli produk jadinya karena zat zat yang berefek negatif dengan teknologi tertentu bisa dihilangkan. Berminat bisa hubungi saya…….lam kenal mbak purwatiwidiastuti.

    • purwatiwidiastuti Desember 29, 2011 / 2:02 am

      ya betul, sudah ada juga diartikelnya koq, bahkan sudah ada yang bahas harganya mahal, emang iya kalau dibanding bikin sendiri, ya khan mas jus kulit manggis

  34. sukatman Desember 31, 2011 / 4:41 am

    mbak, saya habis operasi benjolan yang ada di kelenjar tiroid. oleh dokter, dinyatakan bahwa benjolan ini termasuk ganas. agar sisa2 kanker ini bisa bersih, disarankan untuk menjalani pengobatan “thyroscan”. sambil menunggu pengobatan ini, sekarang saya rutin minum rebusan daun sirsat setiap hari. yang ingin saya tanyakan:
    – seandainya saya gabungkan dengan minum jus kulit buat manggis boleh/bahaya tidak?
    – berapa banyak kulit buah manggis yang dibutuhkan untuk membuat segelas jus?
    – bagus mana direbus sama di jus langsung?
    sekian, terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    salam,
    sukatman

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2012 / 12:20 am

      pak sukatman,
      menurut saya bapak fokus pada daun sirsak saja,mengingat efek daun sirsak melebihi efek kemoterapi (bisa mematikan sel jahat dan tetap mempertahankan sel sehat) sambil jangan lupa mohon pada Allah untuk kesembuhan
      Semakin fokus kita, semakin bulat ihktiar kita untuk sembuh
      semoga cepat sembuh
      salam sehat

  35. uyi Januari 4, 2012 / 3:20 pm

    aku punya benjolan di tangan kata dokter tidak berbahaya masih tergolong jinak tapi di sarankan untuk di ambil karena merasa takut operasi aku tidak berani dan selama ini aku minum rebusan daun sirsak selama 1 bulan lebih aku teratur minum 2 kali sehari tapi tak ada perubahan tidak membesar atau mengecil walau begitu aku tetap minum tapi tidak rutin hanya sesekali saja karena sudah mulai bosan dan takut juga barangkali ada efek samping bila konsumsi jangka panjang dan sekarang mumpung lg musim manggis mo ikutan coba2 jus kulit manggis untuk smua mohon doanya .Terimakasih

    • purwatiwidiastuti Januari 5, 2012 / 12:24 am

      mbak uyi,
      tetap semangat dan tetap berjuang ya
      semoga lekas hilang benjolannya dan sehat seperti semula
      aamiin

  36. syahjo Januari 6, 2012 / 4:18 am

    Bu,.. Saya sudah coba 1 buah manggis kulitnya saya rebus dengan 4 gelas air, sampai mendidih dan tinggal kira2 2 gelas, saya minum pagi dan malam, memang rasa pahit. namun bagus di stamina dan ndak bikin capek.

    Kalo misal kulitnya di keringkan terus di haluskan dan di masukkan ke kapsul, apa bisa dan ndak ada efek samping nya. dengan begitu ndak pahit.

    kira2 bisa tahan berapa lama ya

    • purwatiwidiastuti Januari 9, 2012 / 12:27 am

      mas syahjo, alhamdulillah, semoga semakin fit.
      mungkin kalau dikapsul bisa lebih tahan lama dan tidak pahit serta tahan lama, hanya perkiraan waktunya saya tidak bisa memastikan.
      saya sedang mencoba dengan mengeringkan dulu dan baru direbus, cara ini juga bisa tahan lebih lama dibanding merebus kulit yang masih segar

  37. carajualpulsa Januari 7, 2012 / 2:41 pm

    mbk dibahas donk cara pembuatan jus kulit manggisnya.trims

    • purwatiwidiastuti Januari 9, 2012 / 12:21 am

      segera menyusul mas/mbak

      • R. D Januari 9, 2012 / 3:56 am

        mbk, orang tua saya kecelakaan dan pendaraan di otak, maka dilakukan operasi otak. setelah operasi otak, orang tua saya lumpuh pada tubuh bagian kanan. saat ini dia tidak bisa berkomunikasi. kira2 jus kulit manggis dapat membantuh penyembuhannya tidak? terima kasih

      • purwatiwidiastuti Januari 10, 2012 / 12:39 am

        bang RD,
        jus kulit manggis akan membantu menambah stamina ortu bang RD untuk melawan sakitnya.
        kesembuhan yang memberi Tuhan, kita wajib berusaha
        semoga dengan upaya yang sungguh2 ortu bang RD mendapatkan kesembuhannya
        Aamiin

  38. siti aminah Januari 13, 2012 / 7:36 am

    ku mo nanya, ku da coba mengolah kulit manggis. awalnya kulit manggis ku rendam dlm air selama 1 jam kmdn ku rebus selama 3 menitan n ku potong2 utk di blender kmdn disaring. hasil saringan awalnya warna coklat susu tp ketika didiemkan bbrp saat akan mengendap, cairan bening warna ungu diatas n dibawanya cairan putihnya. bgmn cara minum jus ini yg benar? diambil cairan warna ungu aja atw diaduk dg cairan putihnya? apa cairan putihnya itu? apakah gpp kalo diminum? apakah itu sari pati kulitnya?
    thanks ya.

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 1:47 am

      mbak siti,
      saya baru tahu kalau ada yang mengejus pakai direndam dulu…menurut saya dengan direndam dan air rendaman dibuang itu sudah ada sebagian kandungan kulit manggis yang terbuang, tapi ga papa asal mbak siti minum baik air ungu maupun putihnya (sari pati kulitnya). Saya biasa begitu dikerok diblender dan diminum sehingga nggak pernah nemui kalau didiemkan bisa terpisah ungu dan putih, tapi saya rasa itu hal biasa, karena kalau kita beli jus diwarung-warung yang kebanyakan airnya maka ketika didiamkan pasti akan terpisah air dan sarinya khan?
      Ga usah khawatir minumnya.
      salam sehat

  39. doni Januari 14, 2012 / 6:53 am

    Selamat siang mbk.
    Maf mau tanya mbk kalau jenis penyakit IBS (iritable bouwell sindrom)
    Atau lebih sering d sebut mules rasa pengen BAB terus. Kira2 bisa d sembuhkan
    Gk mbk dngan jus kulit manggis. Dan sya jga mu tanya untuk penyakit
    Tersebut yg hrus sya konsumsi. Jus mggis atau daun sirsak y mbk.

    Terimakasih .
    By doni

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 1:42 am

      mas doni,
      apa sudah dianalisis penyebab IBSnya? Kalau sudah berarti, dihindari penyebabnya, insya allah IBS mas doni akan selesai. Kalau ada hubungannya dengan peristaltik usus dan gangguan pencernaan, coba konsumsi probiotik sejenis yoghurt, mulai yang ringan dulu jangan langsung yang pekat dengan tingkat keasaman tinggi, biar perutnya ga protes.
      Kalau menurut saya, kulit manggis lebih cocok untuk IBS mas Doni, jangan lupa makan dulu sebelum mengkonsumsinya
      semoga IBS mas Doni segera teratasi
      salam sehat

  40. Ratna Sambhawa Januari 15, 2012 / 1:54 pm

    Mbak, aq bingung, tolong dibantu. Sebenarnya mana yang benar dalam mengolah kulit manggis agar menjadi obat?
    1. Kerok kulit dalam, diblender campur madu, disaring, minum
    2. Kerok kulit dalam, diblender campur madu, langsung diminum bersama ampasnya (katanya seratnya baik untuk pencernaan)
    3. Kerok kulit dalam, rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 1 gelas, campur madu, minum
    4. Gak dikerok, dipotong2, dijemur, kering, rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 1 gelas, minum
    5. Gak dikerok, dipotong2, diblender, disaring, minum
    Maaf terlalu panjang, karna saya bingung terlalu banyak saran dalam pengolahannya..
    Saya mau gunakan untuk mengobati ibu saya yang mengalami kesemutan diujung jari2 tangannya n asam urat.
    Tolong infonya ya mbak… :)

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 1:23 am

      mbak ratna,
      cara manapun yang mbak Ratna pilih tidak masalah, semuanya sudah mampu mengambil manfaat dari kulit manggis.
      saya mengkonsumsinya juga tidak selalu dengan cara yang sama, kadang dikerok langsung diblender dan langsung diminum (tanpa disaring), kadang direbus dulu lalu ditambah madu langsung diminum, sekarang baru mau menoba diiris2 dijemur lalu diminum. Alternatif terakhir ini untuk mengantisipasi kalau musim manggis sudah berakhir, maka tanpa dikeringkan dulu kita tidak akan punya stok kulit manggis.
      Oke, mbak Ratna, silahkan pilih cara yang mbak Ratna cocok, yang penting yakin, disiplin dan juga dibarengi do’a.
      semoga ibu lekas sembuh

  41. rial Januari 16, 2012 / 4:09 pm

    embak tolong dong …kalau 2 buah manggis saya belender bahagian dlm kulitnya …apa tidak ada efek samping nya klu saya minum jusnya dalam sehari ?

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 11:30 pm

      insya allah, ga papa dik rial yang penting perutnya tidak kosong saat mengkonsumsi jus kulit manggis itu,
      saya bahkan air rebusan kulit manggis saya siman dikulkas kalau tidak habis dalam sehari. dan sampai sekarang alahamdulillah tidak apa-apa, kecuali agak oyong kalau airnya terlalu pekat alias kebanyakan kulit manggis (12 buah) yang direbus.

  42. Hendra Pancen Oye Januari 17, 2012 / 1:16 pm

    saya membuat jus kulit manggis….pertama satu butir buah manggis saya cuci bersih, buang kelopaknya, trus dipotong atau disobek2, trus saya masukan di blender semua sama buah putih dan bijinya di tambah gula aren dan madu sesuai selera, truss saya tambah susu kental manis trus jalankan blender …rasanya mirip jus alpukat…..enak tenan….

    kira2 kalau dikasih susu boleh nggak gitu mbak…..

    • purwatiwidiastuti Januari 18, 2012 / 12:27 am

      diblender atau di jus ditambah madu agar manis mas hendra
      selamat minum jus kulit manggis

  43. rendi Januari 19, 2012 / 5:25 am

    kalaubuatkapsulnyagmn y mb,kok nyari g ketemu2

    • purwatiwidiastuti Januari 19, 2012 / 6:25 am

      Mas rendi,
      saya juga belum pernah membuat kapsul kulit manggis, tapi kalau bungkus kapsulnya bisa dibeli ditoko obat, mungkin mas rendi bisa menanyakan pada sinshe ditoko itu. karena kadang toko obat juga menjual kapsul undur-undur untuk obat diabetes.
      semoga mas rendi segera menemukan cara membuat kapsul kulit manggis. Kalau sudah ketemu caranya, jangan lupa sharing ke saya ya.
      salam sehat

  44. diah nita Januari 22, 2012 / 8:43 am

    permisin saya mau bertanya
    bapak saya terkena diabetes dan kadang2 punggungnya sakit
    apakah rebusan kulit manggis dapat menyembuhkan?
    saya pernah membaca artikel dan katanya dapat menyembuhkan terimakasih

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:15 am

      mbak diah,
      sejauh saya tahu, diabetes itu bisanya dikendalikan ,sehingga kulit manggis yang kaya antioksidan ini akan bisa membantu mengendalikan, tetapi kalau pantangan diabetes dilanggar ya tentu saja akan susah mengendalikan.
      semoga bapak mbak diah semangat dan konsisten mengendalikan kadar gula darahnya

  45. rizal Januari 23, 2012 / 5:58 am

    mbak klo untk pnykt ambeien bsa ga? trus brpa tkaran buah yg hrus dijus,yg dpke kult luar atw kult dlm ny n blh ga dtmbh madu atw gula?

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:12 am

      mas rizal,
      kebetulan koq saya juga punya ambeien, ternyata solusi ambeian adalah pengaturan pola makan dan pola duduk, karena meski saya minum jus ataupun rebusan kulit manggis, tidak berefek atau kurang berefek pada ambeien saya, tetapi begitu saya terlalu banyak duduk dan jadwal rutin kebelakang terganggu, maka si pink ambeien nongol :)

  46. yayayan2957@gmail.comyyyyyyyy Januari 31, 2012 / 3:50 am

    Assalamu’alaikum mba Pur….
    saya tgl 29 jan 2012 nyoba ngejus kulit manggis, kkulitnyanya dicuci ,dpotong-potong trus di blender+air tentunya. Kemudian saya ambil 1 gelas aqqua+1 buah jeruk mipis +2 sendok madu, kemudian diminum rasanya masih sepat . Setengah jam-1 jam kemudian saya merasakan mual-mual dan rasa buang air. Dan seterusnya saya muntah dan buang air besar. Setelah itu badan jadi enakan hehe kaya cuci perut saja tuh mba. Jadi kemungkinan kulit manggisnya kebanyakan.

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2012 / 12:51 am

      wa”alaikum salam mas yayayan,
      wach baru tahu kalau bisa juga untuk cuci perut, baguslah kalau begitu
      semoga mas yayayan tidak bosan mencoba berbagai variasi mengkonsumsi kulit manggis, dan tentu saja berbagi pengelamannya di blog ini agar bisa juga dimanfaatkan banyak orang yang membaca
      salam sehat

  47. tatik Februari 1, 2012 / 7:09 am

    maap mbk mau tnya kalo yang direbus itu kulit dalemnya ato semuanya?

    thax.

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:35 pm

      mbak tatik,
      saya ngrebus ya semua kulit baik dalam maupun luarnya
      salam sehat

  48. neni S Februari 3, 2012 / 4:07 am

    Slmt pg, mau tanya kalo mau bikin jus manggis, kulitnya apakah dicuci terlebih dahulu atau tdk?terus yg dimaksud kulitnya bagian dlm saja atau dengan bagian paling luar(yg keras?) trmksh

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:37 pm

      mbak neni S,
      saya merebus setelah mencuci baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan
      yang direbus kulit bagian luar maupun bagian dalam mbak
      salam sehat

  49. yeni Februari 8, 2012 / 7:40 am

    hi….mbk pur salam kenal …sy yeni mau tanya paman sy kena struke apa jus kulit manggis bisa membantu.? terus gi mana caranya? mohon balasanya ya mbk

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 1:12 am

      mbak yeni,
      kalau dari artikel yang saya baca,3-4 buah kulit manggis direbus dengan 6 gelas air, disisakan 3 gelas, diminum pagi, siang dan malam dalam keadaan perut sudah isi.
      ada beberapa orang yang lambungnya tidak kuat, seorang herbalis menyarankan untuk mengatasinya dengan makan agar-agar. Silahkan baca majalah trubus bulan oktober dan desember 2011.
      semoga paman segera pulih kembali
      salam sehat

      • yeni Februari 12, 2012 / 5:37 pm

        makasi..ya mbk mudah kulit mangis bisa membatu …

      • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 1:58 am

        sama2 mbak yeni
        semoga bermanfaat

  50. nezar Februari 10, 2012 / 8:39 am

    Assalammualaikum
    Mba apakah betul produk xamthone yang mahal itu menggunakan campuran buah yang lain selain kulit manggis?

    untuk sekali minum berapa buah manggis yang digunakan?

    Terimakasih…….
    Ditunggu jawabannya

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 8:51 am

      wa’alaikum salam Nezar,
      saya tidak tahu persis, tapi kayaknya memang bukan murni jus kulit manggis tapi ada apel juga anggurnya.
      coba baca artikel saya tentang cara mengkonsumsi kulit manggis, nanti akan nezar temukan cara yang paling cocok buat nezar. kalau saya sekarang lagi senang merebus segenggam kulit manggis kering dengan 3 gelas air menjadi satu gelas dan diminum dengan ditambah madu.
      selamat mencoba
      salam sehat

  51. Nezar Februari 10, 2012 / 8:54 am

    Saya sedang mengkonsumsi xamthon plus sudah habis 6 botol mwskipun mahal saya berusaha untuk membelinya tapi lama kelamaan terasa berat s dan saya mengetahui ternyata kulit buah manggis dapat diolah di rumah yasaya mau tanya

    1.untuk satu kali minum dengan cara di jus berapa buah manggis yang digunakan

    2 ,untuk direbus kulit manggis kering berapa gram kulit manggis yang digunakan bisa ga dicampur dengan buah rosela

    Terimakasih

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 9:03 am

      Nezar,
      semua ikhtiar kayaknya harus dibayar ya, baik itu berupa keikhlasan, kesabaran, waktu maupun uang.
      Jangan lelah berikhtiar, apapun upaya yang dilakukan pasti Allah akan mengabulkan koq. saya yakin dan percaya. Nezar juga khan.
      Tetap semangat, tetap berusaha, saya bantu do’a untuk Nezar :)
      Salam sehat

      • Nezar Februari 10, 2012 / 9:12 am

        Amin…..
        karna terlalu mahal,saya ingin mencoba untk membuat jus di rumah

        hal yang inginsaya tanyakan
        1.untuk satu kali minum dengan cara di jus berapa buah manggis yang digunakan?

        2 ,untuk direbus kulit manggis kering berapa gram kulit manggis yang digunakan bisa ga dicampur dengan buah rosela?

        Terimakasih banyak….. :)

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 9:06 am

      nezar,
      3-4 kulit manggis bagian dalam dijus dengan ditambah air dan madu
      kalau direbus 3-4 kulit manggis dengan 6 gelas air sampai tinggal 2 gelas diminum pagi dan sore dalam keadaan perut sudah isi
      saya biasa mengkonsumsi jus buah beragam dalam sekali ngejus,kalau direbus cuma kulit manggis, tetapi temanku ada yg mencampur dengan daun salam.
      selamat mencoba
      salam sehat

  52. dedep Februari 10, 2012 / 5:36 pm

    Wah jus manggis bersama kulitnya juga dijus rasanya kaya apa ya ? merasakan sedikit kulitnya saja pahitnya minta ampun , mungkin karena pahitnya kulit manggis itu ya tersimpan khasiat menyembuhkan penyakit , Mbak purwatiwi apa tahu juga jus manggis yang dijual dalam kemasan botol apa itu juga bercampur sama kulitnya atau tidak ya ? yang katanya bisa menyembuhkan TBC

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 2:16 am

      pak dedep,
      jus manggis yang dijual dalam kemasan itu campuran beberapa unsur.
      kulit manggis mengandung tanin yang rasanya pahit, kalau rasa kulit manggis cenderung sepat menuju pahit
      salam sehat

  53. Nona Februari 13, 2012 / 8:23 am

    Mau coba dong…. Pahit sepet kali rasanya…

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 9:30 am

      mbak nona,
      betul rasanya sepat cenderung pahit, makanya perlu ditambah madu atau gula aren
      salam sehat

  54. dona Februari 16, 2012 / 12:31 pm

    jus kulit manggis bisa menyembuhkan kolesterol gak..???

    • purwatiwidiastuti Februari 17, 2012 / 12:09 am

      dona,
      menurut penelitian dan beberapa herbalis iya,
      aku juga lagi nyoba untuk nurunin kolesterolku
      nanti akhir maret aku cek lab
      salam sehat

  55. dika Februari 20, 2012 / 9:28 am

    maaf mba pur, ibu saya kena struk sudah lumpuh separo badan,,apa bisa di obati pake jus manggis..brpa lama mekonsumsinya,?sebelumnya saya ucapkan trimakasih

    • purwatiwidiastuti Februari 21, 2012 / 1:19 am

      Dika,
      ada testimoni yang mengatakan sembuh dari stroke setelah rutin selama kurang lebih 2 bulan mengkonsumsi jus kulit manggis
      salam sehat

  56. Ady Februari 22, 2012 / 9:43 am

    Bisa nggak jus buah manggis, untuk ngobatin Batuk berdahak dan sesak nafas (asma bronkhial)..Thanks.. :D

    • purwatiwidiastuti Februari 23, 2012 / 7:58 am

      mas ady,
      mengingat kandungan kulit manggis itu super antioksidan, menurut saya dia akan meningkatkan stamina seseorang yang pada akhirnya akan mengusir gangguan tubuh
      salam sehat

  57. Free Makeup Samples Februari 24, 2012 / 7:10 am

    Jus Manggis…mau aaaachhh Purwatiwidiastuti’s Blog I was recommended this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You’re incredible! Thanks! your article about Jus Manggis…mau aaaachhh Purwatiwidiastuti’s BlogBest Regards Shane

    • purwatiwidiastuti Maret 5, 2012 / 7:47 am

      send my regard to your cousin

  58. Panca Suwasana Maret 7, 2012 / 1:23 am

    Kalau kapsul dari manggis dimana saya bisa beli ya mbak

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2012 / 4:08 am

      pak panca suwasana,
      kebeltulan saya belum tahu toko penjual kapsul kulit manggis,
      mungkin ada pembaca blog ini yang tahu, silahkan sharingkan
      salam sehat

  59. Nenk Noery Maret 14, 2012 / 9:13 am

    Assalamualaikum…
    Mba… saya mau tanya apa dengan jus/rebusan kulit manggis penyakit Vertigo bisa sembuh?
    harus berapa lama dikonsumsinya? dan berapa kali sehari harus diminumnya?
    makasih banyak ya.. mba.

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:42 am

      nenk noery,
      kebetulan saya belum ketemu orang yang punya testimoni mengkonsumsi jus/rebusan kulit manggis untuk vertigo.
      nanti kalau saya dapat, segera saya posting di blog ini
      salam sehat

  60. icha Maret 17, 2012 / 4:18 pm

    mbk apakah jus kulit buah manggis bisa menyembuhkan kanker serviks???mohon jawabannya…

    • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 12:39 pm

      icha,
      kanker serviks salah satu yang bisa disembuhkan dengan kulit manggis, saya baca dari majalah trubus, tetapi penelitian yang terkait dengan kanker serviks belum pernah saya baca
      salam sehat

  61. ilyas April 13, 2012 / 2:20 pm

    ikut bertanya mbak…..
    kalau untuk sakit hernia bisa tidak ya?…
    trim…

  62. ilyas April 13, 2012 / 2:23 pm

    ikutan mbak….
    kalo untuk hernia bisa ya?
    trim…

    • purwatiwidiastuti April 13, 2012 / 10:16 pm

      pak ilyas,
      saya koq belum pernah dapat infonya ya,
      nanti kalau ada akan saya posting di blog
      salam sehat

  63. hadi April 27, 2012 / 4:30 pm

    Dear mba pur…
    Dengan jus ini apa bisa mengobati glaukuma?
    Matursembahnuwun

    • purwatiwidiastuti April 27, 2012 / 10:58 pm

      dear pak hadi,
      saya koq belum pernah baca hasil riset ataupun testimoni tentang manfaat kulit manggis untuk gloukoma ya
      tapi nanti kalau ketemu, akan saya sharing di blog ini
      salam sehat

      • hadi April 28, 2012 / 1:03 am

        Terima kasih mba atas responnya, saya coba googling obat untuk glaukuma kok ketemunya obat herbal xamthone, bukannya xamthone ini semacam jus manggis.
        Ibu saya 65th penderita glaukuma, kanan total kiri remang2, kadang saya berpikir untuk mendonorkan mata saya untuk ibunda saya….

      • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 1:14 am

        pak hadi,
        xamthone itu kandungan kulit manggis tetapi juga digunakan sebagai merek dagang.
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 28, 2012 / 1:24 am

        pak hadi.
        sharing ya, 6-7 tahun lalu mata kanan ayah saya juga ga bisa lihat yang kiri remang-remang, saya khawatir gloukoma, lalu saya bawa ke rs spesialis mata dr Yap, ternyata kelopak mata turun dan katarak yang perlu dioperasi, dan alhmadulilah setelah dioperasi menaikkan kelopak dan katarak (2 kali operasi pada waktu yang berbeda) kini ayah saya bisa melihat dengan jelas, bahkan tanda tanganpun dan membacapun tak pake kacamata padahal usianya sudah 78 tahun
        semoga bunda diberi kesembuhan dan pak hadi diberi kesabaran dan ketabahan. Yakinlah Allah tidak akan mencoba melebihi kemampuan hambaNYa
        aamiin yra
        salam sehat

  64. Riana afriyanti Mei 15, 2012 / 5:03 am

    Mbak pur,sy mau tanya. .apakah jus kulit manggis bisa menyembuhkan virus HPV yg menyebabkan kutil kelamin. ??

    • purwatiwidiastuti Mei 15, 2012 / 6:35 am

      mbak riana,
      kalau risetnya koq saya belum nemukan ya, tetapi di majalah trubus pernah dimuat orang kena HIV ketahanan tubuhnya meningkat

      • anton Mei 21, 2014 / 12:54 am

        apa ada testimony nya klu buah manggis bsa nyembuhin hiv

      • purwatiwidiastuti Mei 21, 2014 / 3:32 am

        Mas anton,
        Sejauh yang saya pernah baca artikelnya, kulit manggis meningkatkan stamina penderita HIV tetapi tidak menyebutkan bahwa kulit manggis mampu menyembuhkan penyakit hiv
        Salam sehat

      • anton Mei 22, 2014 / 1:55 am

        apakah kelenjar getah bening itu ciri2 org terjangkit hiv

      • purwatiwidiastuti Juni 4, 2014 / 6:43 am

        mas anton,
        kelenjar getah bening bukan ciri orang terjangkit hiv
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti Juni 30, 2014 / 10:49 pm

        Mas anton,
        Setahu saya hiv dg kelenjar getah bening 2 penyakit yg berbeda
        Salam sehat

  65. aini Mei 22, 2012 / 7:31 am

    mbak pur,
    1. Kulit manggis yang dibikin bubuk, waktu ngeringkan/njemur apa juga harus dikupas kulit luarnya? Kalau tdk dikupas kulit luarnya apa boleh dikonsumsi?
    2. Kulit manggis yang sudah dalam bentuk bubuk kemudian di com dengan air panas kayak bikin teh, diminum airnya saja atau sekalian endapannya? Terima kasih

    • purwatiwidiastuti Mei 22, 2012 / 2:52 pm

      mbak aini,
      1. kulit luar dan dalam dikeringkan
      2. diminum semuanya, kayak minum jamu itu
      semoga bermanfaat

  66. ika Mei 26, 2012 / 2:59 am

    kulit mangis bisa ngak buat obat saraf kronis thanks

    • purwatiwidiastuti Mei 26, 2012 / 6:48 am

      mbak ika,
      saya belum pernah baca hubungan kulit manggis sebagai obat syaraf

  67. riekomariah Juni 6, 2012 / 2:17 am

    Bolehkah mba klo jus kulit manggis dikonsumsi dlm jangka waktu lama

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:38 am

      berdasar review blog saya di tahun 2012, bu riekomariah memberi komen sebanyak 5 kali selama tahun 2012…terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan memberi komentar yang menambah wawasan.
      semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog saya
      salam sehat

  68. aliya Agustus 15, 2012 / 4:02 pm

    mbak Pur yang baik……….mohon dicarikan informasi tentang obat gloukoma. anak saya 20 thn divonis kena gloukoma. saya dah beli xanthone. dan ternyata dari kulit manggis. sebenarnya apa benar2 kulit manggis yang dijadikan obat gloukoma. atau yang lainnya. sekali mohon informasinya. terima kasih

    • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 5:04 am

      mbak aliya,
      akan saya usahakan mencari info tentang manfaat kulit manggis bagu gluokoma.
      nanti kalau dah ketemu akan saya posting
      salam sehat

  69. araisaifiadzkahfi November 9, 2012 / 3:01 am

    Assalamualaikum
    Mw tny mbak
    Kulit manggis yg ud jd bubuk,it takaran persaji berapa sendok n brapa gram?
    Trm ksh
    Wassalamualaikum

  70. Sulistyowati April 24, 2013 / 6:35 am

    salam kenal mb, saya sekeluarga menderita Diabetes, ibu saya sudah kompliasi dengan sakit Mag, dan sudah bosen minum obat dokter, kira kira bisa gak konsumsi kulit manggis, tapi yang sudah berbentuk kapsul ada gak, thanks infonya.

  71. iingk solihin satmaza November 10, 2013 / 12:00 pm

    bagaimana dampak nya, jika kulit manggis dan daun sirsak di blender secara langsung…..
    Apakah berbahaya ??

    • purwatiwidiastuti November 10, 2013 / 12:38 pm

      Iingk solihin satmaza,
      Ada bbrp yg mengkonsumsi kulit manggis dan daun sirsak bersama2 tidak apa. Tapi sy blm pernah membaca hslpp penelitian ttg itu.
      Salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s