Jus kulit manggis…..sangat mudah membuatnya….

Anda penyuka jus? Coba variasikan jus anda dengan jus yang satu ini. Dijamin anda akan mendapatkan kesegaran jus dan tambahan manfaat kesehatan.

Jus apa sich, koq kayaknya menarik untuk dicoba. Jus kulit manggis….ach yang bener, masak kulit manggis dijus, kulit manggis khan sepat rasanya, mana enak, nggak salah bacakah ini. Tidak anda tidak sedang salah baca, saya memang ingin mengajak anda untuk mencoba mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus kulit manggis yang diklaim mempunyai banyak manfaat kesehatan. Silahkan baca tulisan lain tentang manfaat kulit manggis dan ragam buah manggis.

Kami mulai membiasakan diri minum jus segelas sehari, sehingga agar kebutuhan aneka vitamin terpenuhi ragam jusnya selalu dirubah agar tidak bosan, selain dibiasakan bikin jus yang tidak dijual diluar alias sekali ngejus bisa dengan mencampur 3-4 macam buah sekaligus.

Bagaimana cara membuat jus kulit manggis?jus kulit manggis

Aku akan berbagi resep untuk membuat jus kulit manggis, yang mungkin untuk orang tertentu bisa dikatakan konyol, tapi no problem yang penting aku enjoy it, dan insya allah kuperoleh manfaatnya.

  1. Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus. Ambil 1-3 buah kulit manggis, kerok lalu diblender/juicer. Agar manis tambahkan madu secukupnya, bisa juga ditambah gula aren atau gula merah/jawa. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat hasilnya dan rasanyapun juga sepat. Tetapi kalau kena bagian yang hitam atau getah kuning jusnya akan ada rasa pahit, lihat tulisan cara memilih buah manggis.
  2. Kulit manggis direbus, air rebusannya digunakan untuk membuat jus. Kalau tidak ingin rasa terlalu pekat dengan kulit manggis segar, maka bisa dengan cara merebusnya lalu gunakan air rebusan untuk ngejus. Ambil 3-5 kulit buah manggis rebus dengan 6 gelas air hingga tinggal 3 gelas air. Gunakan air untuk ngejus buah kesukaaan anda, air yang digunakan disesuaikan dengan tingkat keenceran jus yang dikehendaki. Sisa air rebusan bisa diminum sebagai wedang  bisa disimpan dikulkas dan dipakai hari berikutnya. Beberapa herbalis memberikan resep pengobatan dengan menggunakan air rebusan kulit manggis ini untuk langsung diminum 2-3 kali sehari dengan ditambahkan madu secukupnya.
  3. air rebusan kulit manggisDikeringkan dan direbus. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis karena sudah lewat musin sehingga tidak ada lagi dipasar, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan dijemur. Karena sekarang juga musim hujan, maka cermati tingkat kekeringan dan kemungkinan tumbuhnya jamur pada kulit manggis yang belum-belum benar kering dijemur. Setelah kering simpan ditempat kering agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil kulit manggis kering segenggam, cuci bersih lalu direbus, airnya digunakan untuk membuat jus seperti cara ke 2 diatas.
  4. Dikeringkan dan ditumbuk. Cara keempat ini juga digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kulit manggis karena sudah tidak musim buah manggis. Bedanya kalau yang ketiga setelah dikeringkan direbus lalu airnya untuk ngejus, yang ke empat ini setelah dikeringkan kemudian ditumbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai untuk ngejus, tentu saja dengan tambahan buah lainnya. Pilihan buah tergantung selera kita, tidak ada patokan harus buah apa, kecuali memang untuk pengobatan penyakit tertentu yang harus pantang buah tertentu atau mengkonsumsi buah tertentu.
  5. Kulit dan buah manggis dijus. Nach cara terakhir ini tidak hanya kulit manggisnya saja yang dijus, tetapi seluruh buah manggisnya kecuali tangkai dan kelopak manggis. Ambil 1-2 manggis, dicuci, dibelah, masukkan seluruh buah manggis (biji dan kulitnya), kulit manggisnya sebaiknya diiris atau disobek-sobek dulu biar memudahkan untuk diblender/dijus, tambahkan madu atau gula aren secukupnya.kulit manggis dalam keranjang Kalau tidak langsung diminum, maka warnanya akan berubah menghitam  dan bagian atas menjadi kental, tetapi tidak masalah, jus tetap bisa diminum.

Nach itu lima cara mengkonsumsi jus kulit manggis, silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan selera masing-masing. Gampang khan?

Jus kulit manggis gampang membuatnya, bermanfaat tinggi untuk kesehatan, dan murah biaya pembuatannya. Nach, apa kenapa masih ragu untuk mencobanya, jangan kuatir, tidak ada cara yang salah dalam membuat jus kulit manggis, semua cara bisa digunakan. Tingkat keseringan mencoba akan membuat kita makin kaya akan improvisasi membuat jus kulit manggis.

Silahkan juga berimprovisasi dengan kuantitas kulit manggis yang dipakai ataupun ragam keenceran dan tingkat kemanisan rasa jusnya, semua tergantung selera.

Salam sehat.

354 thoughts on “Jus kulit manggis…..sangat mudah membuatnya….

  1. Desawarna Januari 19, 2012 / 7:11 am

    gampang banget ya, aku mau dong dibuatkan :D

    • purwatiwidiastuti Januari 19, 2012 / 7:20 am

      mas desa,
      kesini tak buatkan jusnya

      • Desawarna Januari 19, 2012 / 8:54 am

        Yang banyak dan manis ya , semanis yang membuat :D

      • irni irayanti Maret 12, 2012 / 1:40 pm

        mba…. aku pengen nyoba…tapi katanya..kalo bikin sendiri bisa keracunan
        saya terkena mahg akut dan gejala penyakit jantung
        saya baca yg bikin sendiri bisa keracunan itu dari..produk jus itu

      • purwatiwidiastuti Maret 12, 2012 / 10:47 pm

        mbak irni,
        sepupuku itu karena punya pohon manggis waktu kecil malah biasa makan manggis dengan kulitnya
        beberapa pembaca blogku juga cerita pengalaman ada yang sampai diare tetapi katanya hari berikutnya badan jadi enak, jadi katanya fungsinya kayak pencahar
        menutur beberapa herbalis memang ada pengaruh ke pencernaan jadi yang tidak kuat disarankan mengkonsumsi dari kering atau kapsul
        salam sehat

      • hejufebruandi Juli 8, 2012 / 8:07 pm

        asalamualaikum….
        bak pur ,saya ingn bertanya
        klu ngejus buah manggis apa kah nunggu d jemur duluu biar kering trus baru di jus

        maksh atas jwbnya..
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti Juli 9, 2012 / 12:22 am

        wa’alaikum salam
        Hejufebruandi.
        Kulit manggis segar bisa lgs dijus koq, malah lebih fresh.
        Dijemur utk ngatasi klo dah tdk musim buah manggis tp masih pingin jus kulit manggis
        Salam sehat

      • teten Juli 14, 2012 / 6:29 am

        bak pur kalau buahnya saja bisa gax yang di jusnya, maksih sebelumnya

      • purwatiwidiastuti Juli 14, 2012 / 7:33 am

        Teten,
        buahnya saja (daging buah) juga bisa dijus koq
        rasanya sudah manis meski tanpa tambahan madu…

  2. ratna Januari 19, 2012 / 1:48 pm

    terimakasih atas informasinya jeng.. dulu bapak saya meninggal akibat kanker, waktu itu saya belum tahu pengobatan tradisionalnya jadi kami mengusahakan dengan kemo dan medis lainnya. dan saat ini ibu saya mengalami pembengkakan pada di daerah leher, kami takut untuk biopsi karena bisa memperparah kondisi kalao memnag benar itu jenis kanker, dan ini kami sedang mengusahakan penyembuhan secra tradisional. saya mencari cara pembuatan jus kulit manggis sendiri, tapi seringnya yang saya temui adalah promosi obat.. bukan saya tidak percaya, tapi saya pikir lebih baik membuatnya sendiri.. dan di sini saya menemukan cara membuat jus kulit manggis..semoga ini semua bisa bermanfaat bagi kami terutama ibu kami.
    Kalau ada tambahan yang bisa menyamarkan rasa sepet dan pahit, boleh kami diberitahu ya jeng.. :-)
    sekali lagi terimakasih..

    • purwatiwidiastuti Januari 20, 2012 / 12:57 am

      bu ratna yang baik hati,
      rasa asli kulit manggis emang sepet dan kadang juga pahit, maka untuk mengurangi rasa sepetnya ditambahkan madu atau gula aren ataupun gula merah, pilih yang ibunda suka. berdasar pengalaman saya, rasa sepet/pahit ini akan berkurang kalau minumnya pada suhu suam-suam kuku.
      semoga ibunda cepet sembuh dan bakti bu ratna mendapat pahala dariNYA
      aamiin yra

      • hejufebruandi Juli 10, 2012 / 8:45 pm

        saya mau betanya lg bak..
        tmn saya mempunyai penyakit kencingny sakit truss ujung kelaminnya keluar nanah
        apa kah buah manggis biisa di jadiin obat bak

      • purwatiwidiastuti Juli 11, 2012 / 2:50 am

        hejufebruandi,
        kulit manggis berguna untuk meningkatkan stamina tubuh teman mas hejufebruandi, tetapi untuk kencing nanahnya sebaiknya dibawa ke dokter kulit dan kelamin
        salam sehat

  3. fawaizzah Januari 23, 2012 / 8:17 am

    waah bisa dicoba nih

    makasih sharingnya :)

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:09 am

      mba izzah,
      monggo, semoga merasakan manfaatnya

      • danie 087872378228 Juni 9, 2012 / 6:43 pm

        hi mba , mba saya benar benar butuh bantuan mba, mama saya sakit tumor , tolong mba minta nomer yang bs dihubungi , nomer saya 087872378228, makasih mba, tolong ya mba tolong hubungi saya, kalo mba sempat baca pesan saya, saya sedang berusaha mencari nomer kontek mba, terima kasih mba, dari danie bogor

      • MULDAN November 27, 2012 / 11:49 am

        Asalamu alaikum mba,Pur…. saya punya anak laki2,usia 7thn,menderita keleinan otot kaki,apa bisa jus kulit manggis untuk pengobatan?.mksh…

      • purwatiwidiastuti November 29, 2012 / 2:17 am

        pak muldan,
        saya belum pernah membaca hasil riset tentang manfaat kulit manggis untuk kelainan otot.
        semoga putra bapak cepat sembuh
        salam sehat

  4. huda p Januari 24, 2012 / 11:02 pm

    salam kenal mba pur yang baik,

    sudah mba coba, ga ada efek keracunan dll kan?
    soalnya suka ditakut-takuti ama yang jual obat xamtone, ada racunnya

    saya mau coba untuk bapak saya yang kena stroke

    maturnuwun

    huda

    • purwatiwidiastuti Januari 25, 2012 / 12:37 am

      mas huda yang baik,
      sala kenal kembali, tulisan tentang jus manggis maupun jus kulit manggis sudah saya coba koq, kecuali yang dibuat serbuk.
      sejauh yang saya rasakan semua baik-baik saja
      kalau keracunan mungkin saja bisa terjadi, tetapi saya hanya ingat sepupu saya waktu kecil suka makan manggis sejak daging buah, biji dan kulit manggisnya, ternyata gapapa, dan sampai sekarang dia lebih sehat dari saya.
      yang penting kita tahu takaran yang pas untuk tubuh kita, karena tidak semua orang punya reaksi yang sama persis
      semoga bapak cepat sembuh
      salam sehat

    • Irma Zulhaida Desember 14, 2012 / 11:25 am

      Mba..sy rebus 3 kulit manggis 6 gelas air..Cuma air rebusannya tinggal 1,5 gelas ..lalu sy mnm kepala jd pusing n mual knapa ya Mba?

      • purwatiwidiastuti Desember 17, 2012 / 2:45 am

        mbak irma zulhaida,
        saya dulu juga kalau merebus kebanyakan suka pusing, beberapa orang maul sampai diare
        tapi setelah saya sesuaikan dosis dengan kesesuaian tubuh saya, akhirnya ga pernah pusing lagi
        kalau keluhannya diare bisa diantisipasi dengan makan puding/agar-agar
        cuma karena pusing, coba, mbak irma kurangi dari 3 kulit manggis jadi 2 kalau masih pusing bisa ambil 1
        musah2an keluhan pusingnya hilang
        salam sehat

  5. simpananku Januari 29, 2012 / 3:22 pm

    nice info mb,,,oya mba, emang kalo kulitnya dikeringkan n direbus g ngrusak kandungan zatnya ya?

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2012 / 1:05 am

      simpananku,
      sejauh ini saya membaca cara mengkonsumi dengan cara dikeringkan tapi belum ada yang mengklaim bahwa cara mengeringkan kulit manggis menurunkan khasiat.
      sejauh pengalaman saya dengan mengeringkan lebih dahulu bisa mengurangi rasa sepat ataupun pahit
      salam sehat

      • Asep S Februari 2, 2012 / 9:40 am

        mbak giamansih setiap coment ko ga langsung kelihatan nih…???

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:05 am

      carajualpulsa,
      semua koment melalui moderasi dulu, jadi kalau moderatornya pas nggak online, otomatis harus nunggu beliau dulu
      gitu penjelasannya, sekaligus menjawab pertanyaan mas asep S
      salam sehat

  6. asepspda Februari 2, 2012 / 9:39 am

    Makasih atas artikelnya, saya tertarik untuk membuat sendiri jus manggis ini.

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 12:16 am

      sama2 pak asepspda,
      selamat mencoba
      salam sehat

  7. Nida Februari 3, 2012 / 7:04 pm

    mbak pur makasih, mohon doanya saya akan melakukan penelitian tentang kulit manggis mengenai antibakterinya, mohon doa dari semua semoga lancar, karena kulit manggis juga dapat menyembuhkan TBC, penelitiannya sudah ada.

    • purwatiwidiastuti Februari 7, 2012 / 12:24 am

      mbak nida,
      semoga penelitiannya lancar dan sukses, kalau sudah ketemu hasilnya, jangan lupa dishare di blog ini ya
      salam sehat

  8. Ummi Naufa Februari 5, 2012 / 2:46 pm

    Assalamualikum.
    Blog nya sangat bermanfaat moga menjadi amal jariah (ilmu yang bermanfaat). Saya tertarik dengan buah manggis ketika suami mau membelikan obat jus kulit manggis. Saya cari info sebanyak banyaknya tentang manggis. Dari blog ini banyak ilmu bermanfaat yang saya peroleh. Sekedar mau share. Buat mengeringkan kulit manggis gak selalu harus menunggu cuaca panas. yang saya lakukan adalah memotong kulit manggis tipis tipis, kemudian saya tebar di napan. Kemudian saya simpan di kulkas. Insya Allah kering dengan sendirinya. Saya teringat akan cabe yang selalu kering bila saya letakkan di kulkas. Tapi untuk penyimpanan cabe saya punya trik sendiri. Membungkusnya dengan koran dan dimasukkan kedalam kantong plastik. Insya Allah gak cepet kering. Semoga bermanfaat

    • purwatiwidiastuti Februari 7, 2012 / 12:23 am

      wa’alaikum salam ibu ummi
      alhamdulillah, insya allah menjadi amal jariyah bersama
      terima kasih atas share mengeringkan kulit manggis dikulkas yang sangat bermanfaat, mohon ijin tips bu ummi nanti saya cantumkan diartikel saya yang lain ya
      salam sehat

      • yati Maret 23, 2012 / 12:53 am

        mbah z mau nnx gmn cara membuat jus buah manggis untuk diet

      • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 3:46 am

        mmbah z,
        monggo dijawab pertanyaan bu yati
        salam sehat

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 4:54 am

      wa’alaikum salam ibu ummi,
      terima kasih atas masukannya, sangat bermanfaat, mohon ijin suatu saat saya bagikan pada pembaca lain dalam postingan saya berikutnya.
      salam sehat

      • Srijusninur Februari 15, 2012 / 3:19 am

        Maaf . Ummi itu artinya ibu. Anak saya bernama naufa, jadi saya sering dipanggil ummi Naufa, ibunya Naufa ^_^

  9. purnomo Februari 6, 2012 / 3:13 am

    sangat bermanfaat dan membantu artikelnya

    • purwatiwidiastuti Februari 7, 2012 / 12:20 am

      pak purnomo,
      terima kasih atas kunjungannya

  10. Abu Abdulaziz Februari 6, 2012 / 3:44 pm

    MBak Pur, salam kenal.
    Kalau direbus langsung dan diminum berbahaya nggak. Saya ada darah tinggi, kira-kira takarannya seberapa dan berapa gelas perhari?

    • purwatiwidiastuti Februari 7, 2012 / 12:19 am

      pak abu,
      tidak berbahaya bapak, bahkan salah satu khasiat kulit manggis untuk pengobatan hipertensi.
      ada herbalis menyarankan 3-4 buah kulit manggis direbus dengan enam gelas air, sampai tinggal 2 gelas, diminum pagi dan sore setelah makan.
      semoga hipertensi pak abu segera terkendali.
      oya, hipertensi tidak bisa hilang ya pak, yang bisa adalah mengendalikan agar tidak melonjak.
      salam sehat.

  11. irma Februari 7, 2012 / 5:20 am

    Thanks infonya,smoga bermanfaat ^^

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 4:52 am

      mbak irma,
      terima kasih kunjungan, supoort dan doanya
      salam sehat

    • sriwanty Februari 14, 2012 / 5:27 am

      mbk mo tanya smlm sy bkin jus manggis setlh pagix sy menceret2 trs gmna nih ada pengaruhx gak

      • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:11 am

        mbak sriwanty,
        kulit manggis emang berefek langsung dengan pencernaan, sehingga yang pencernaannya sensitif bisa berefek ke mencret alias diare, tapi ada testimoni dari pmbaca ini, setelah mencret malah badan jadi enteng, seperti efek obat pencahar.
        jadi jangan takut tetap mengkonsumsinya, kalau mbak sriwanty pencernaannya sensitif bisa mengkonsumsi dalam bentuk yang sudah dikeringkan atau dalam bentuk kapsul, tentu saja dosisnya disesuaikan dengan kondisi tubuh mbak sriwanty
        salam sehat

  12. fatimahnew Februari 7, 2012 / 2:27 pm

    mbak Pur salam kenal
    kalau membuat jus dengan seluruh buah manggis berbahaya tidak kalu biji buah manggisnya ikut hancur,makasih

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 12:16 am

      salam kenal mbak fatimahnew.
      seluruh buah manggis bisa dijus kecuali kelopak dan rantingnyanya
      silahkan buka artikel saya tentang cara membuat jus manggis
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2012 / 4:51 am

      mbak fatimahnew,
      mbak bisa membuat jus dengan seluruh buah manggis, kecuali kelopak dan tangkai buah.
      salam sehat

  13. Bang Mawar Februari 8, 2012 / 10:03 am

    Bak, Infonya sangat bermanfaat, ijin share d FB y?????????
    n pastinya aku akan buat Juga.

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 12:17 am

      silahkan bang mawar
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  14. irma Februari 9, 2012 / 1:15 am

    Saya izin share ya….supaya semakin banyak yg tau ^^

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 9:37 am

      silahkan mbak irma

  15. irma Februari 9, 2012 / 1:19 am

    o iya lupa….mba stau saya ampas jusnya ga boleh diminum karena bisa menyebabkan penyakit pada ginjal oleh karena itu jus tidak boleh lgsg diminum melainkan harus didiamkan dulu sampai ampas mengendap. oleh karena itu saya bingung bagaimana kalau dijusnya bareng dengan jus buah lain,kan jus buah lain diminum semua tak bersisa.

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 9:36 am

      mbak irma,
      beberapa herbalis malah menyarankan kulit manggis diserbuk dan dikapsul, nach otomatis ampasnya kemakan khan mbak. Beberapa herbalis juga menyarankan kulit manggis untuk kesembuhan ginjal, jadi jangan kuatir mengkonsumsi ampasnya, alhmadulillah saya ngejus langsung dari kulit manggis segar malah semakin sehat koq mbak.
      salam sehat

  16. okfrido Februari 9, 2012 / 10:37 am

    terima kasih atas infonya semoga bermanfaat bagi saya yang menderita diabetes

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 12:07 am

      okfrida yg baik,
      terima kasih juga atas kunjungannya
      semoga diabetesnya terkendali
      salam sehat

  17. Sumanto Februari 9, 2012 / 4:24 pm

    Thanks 4 info.
    Smoga bermanfaat.
    Ijin share.
    Takaran gelasnya berapa mbak?

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 12:06 am

      pak sumanto,
      sama2 pak.
      untuk kebugaran cukup 1 gelas per hari, untuk pengobatan bisa 2-3 gelas/hari
      salam sehat

  18. bebexgoreng Februari 11, 2012 / 7:49 am

    Semoga dengan info ini bisa menyembuhkan keluhan saya AMIEN.

    Thanks Infonya BU…

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 2:14 am

      terima kasih kunjungannya pak bebexgoreng
      semoga lekas sembuh
      salam sehat

  19. bebexgoreng Februari 11, 2012 / 7:59 am

    – oiya bu itu bagusnya diminum sebelum makan apa sesudah makan???
    – terima kasih

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 2:13 am

      bebexgoreng,
      sebaiknya diminum sesudah makan
      salam sehat

  20. Ahmad Februari 13, 2012 / 3:12 am

    bagaimana takaran untuk menjus kulit dan buah manggis?
    mohon infonya urgen

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 3:45 am

      pak ahmad,
      coba bapak buka tulisan saya dengan judul “jus manggis…lagi dong” dan “jus kulit manggis….ternyata sangat mudah membuatnya”…disitu bapak ahmad akan menemukan cara dan porsi, yang bisa bapak pilih disesuaikan dengan kondisi dan kesukaan pak ahmad
      salam sehat

  21. Dayu Sucitawati Februari 13, 2012 / 10:45 am

    Mbak Purwatiwi,
    Terima kasih resepnya, sungguh bermanfaat. Saya mau tanya lagi, seandainya saya pilih resep no. 1, apakah jus itu diminum 1 kali sekaligus atau untuk beberapa kali? Mohon penjelasan dosisnya Mbak..
    Terima kasih
    Dayu – Bali

    • purwatiwidiastuti Februari 14, 2012 / 12:40 am

      mbak dayu,
      sebaiknya jus dikonsumsi paling lama satu jam setelah dibuat agar kandungan dalam jus tidak berkurang ataupun hilang, sehingga lebih baik buat jus untuk sekali konsumsi.
      salam sehat

  22. rohmat Februari 13, 2012 / 11:12 am

    1. kalau sakit mata apa juga bisa, karena menurut bakul-nya Xamthone efektif buat sakit mata. Apa jusnya langsung dibalurkan ke mata ?

    • purwatiwidiastuti Februari 14, 2012 / 12:37 am

      pak rohmat,
      humoris juga bapak, ketawa bikin awet muda ya pak
      salam sehat

  23. muhassem Februari 13, 2012 / 4:16 pm

    terima kasih atas infonya

    • purwatiwidiastuti Februari 14, 2012 / 12:35 am

      sama2 muhassem
      terima kasih atas kunjungannya
      salam sehat

  24. imelda Februari 14, 2012 / 11:22 am

    makasih yuaw,.atas infonya,..
    Papiqyu skrg ne gie stroke,.en qyu binun bgt nyari obat herbal,..dg ini qyu taw pa yg harus qyu lakukan,..skali lg makacih yuaw,…

    • purwatiwidiastuti Februari 15, 2012 / 3:11 am

      imelda,
      semoga papa cepat pulih ya
      salam sehat

  25. izzatyzone Februari 14, 2012 / 1:27 pm

    nice nfo.. makasih kak :) bapak ku tiba2 trtarik sama jus kulit manggis dan minta tla ak nyariin resepnya . nemu blog kakak. hemmmm menariik. thx kak :)

    • purwatiwidiastuti Februari 15, 2012 / 3:10 am

      izzatyone,
      semoga bapak happy dan enjoy menikmati jus kulit manggis ya
      salam sehat

      • Mutia Februari 14, 2013 / 10:17 am

        Mbak pur saya pernah baca artikel pembuatan jus manggis untuk 1 buah manggis tapi ga langsung diminum semua, melainkan ada aturan pakainya 3xsehari@3-4 sendok makan, pagi setelah bangun tidur, siang dan malam sebelum tidur. Nah itu gmna mbak? Mohon dijelasin yg baiknya gmna makasih..

      • purwatiwidiastuti Februari 15, 2013 / 6:25 am

        mutia,
        setiap herbalis akan memberikan rekomendasi dosis yang berbeda berdasar kondisi penyakit dan ketahanan tubuh masing-masing orang
        ada yang dengan dosis sendok makan ada pula yang gelas
        saya pribadi pakai takaran gelas, tapi jus botolan yang pernah saya kenal memang ditawarkan dengan dosis sendok makan
        salam sehat

  26. dartono Februari 15, 2012 / 4:17 am

    artikelnya sangat bermanfaat bu, mohon izin untuk dishare ke rekan2 semoga bermanfaat

    • purwatiwidiastuti Februari 24, 2012 / 7:05 am

      pak dartono,
      silahkan bapak
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  27. Fatimah Februari 15, 2012 / 8:57 am

    G mau Share aj nich, g kena penyakit, penebalan dinding rahim dan miom,stelah mndnger tntang jus manggis g coba jus smuanya kcuali kelopak n tangkainya n g jg prnah rbus tuh kulit manggis stlh minum itu prut g kya d garuk” n lngsung mules tpi besoknya g tetep minum badan g enakkan n mens g jdi lancar ga pndarahan lgi.mdh”an aj pas bsk g mw USG d CiPto penebalannya agak brkurang.yg g rasain ud ga sakit lagi d bgian perut bawah,skrg g rutin minumnya,,
    Smoga brmanfaat n ga takut lgi buat jusnya sndiri,,
    Murah n sehat…

    • purwatiwidiastuti Februari 17, 2012 / 12:13 am

      mbak Fatimah yang baik,
      terima kasih sharing pengalamannya, semoga yang mempunyai masalah seperti mbak fatimah bisa mendapat pencerahan dari pengalaman mbak fatimah, tetap berbagi pengalaman disini ya mbak fatimah
      semoga nanti saat diusg penebalannya dan berkurang
      tetao optimis dan tetap semangat
      salam sehat

    • Dine mediana Oktober 10, 2014 / 8:25 am

      ass. bu fatimah penyakit ibu dengan saya sama, saya mau tanya, setalah mengkonsumsi jus manggis, dan ibu usg apakah miom mengecil atau mengahilang mohgon jawabannya terima kasih

  28. Marzuki Februari 15, 2012 / 11:31 am

    Trims atas resepnya.Akan sy coba karena sy sering panas dalam

    • purwatiwidiastuti Februari 17, 2012 / 12:11 am

      mas Marzuki,
      semoga panas dalam menghilang ya
      salam sehat

  29. Nony Februari 17, 2012 / 12:08 am

    Kita coba aja mupung manggis lagi murah ,pahit sedikit gak apa apa di suntik juga sakit
    maksih mbak !!

    • purwatiwidiastuti Februari 17, 2012 / 12:10 am

      Nony,
      iya betul, mari kita coba ya
      jangan lupa berbagi pengalamannya nanti ya
      salam sehat

    • Dyan Mei 8, 2013 / 11:06 pm

      Mb Pur sal kenal saya dyan mau nanya Ada tidak kasiat Mangga untuk sakit hippertyroid ?

      • purwatiwidiastuti Mei 14, 2013 / 2:17 am

        mba dyan,
        sejauh ini belum pernah dengar atau baca hubungan mangga dan hiperthyroid, tapi nanti kalau dapat info akan saya posting di blog
        salam sehat

  30. Rosssinaga Februari 20, 2012 / 3:20 pm

    Widih bsa nurunin brat bdan smp brapa kilo tuh n nglgn jerawat bnran thu gmana cra.a?

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:16 am

      mbak rosssinaga,
      karena banyak yang nanya tentang hubungannya kulit manggis dengan penurunan berat badan, saya jadi penasaran cari artikelnya.
      sabar ya mbak ross, ntar kalau ketemu langsung saya posting dech
      salam sehat

  31. sri handariyah Februari 21, 2012 / 5:56 am

    Kalau untuk kebugaran, kan cukup diminum sekali sehari. nah yang saya tanyakan, berapa takarannya?makasih buat infonya

    • purwatiwidiastuti Februari 21, 2012 / 6:50 am

      mbak sri handariyah,
      iya betul, saya juga minum segelas sehari
      salam sehat

  32. tri Februari 21, 2012 / 7:45 am

    kebetulan Mbak bikin blog tentang kulit manggis,kebetulan juga saya punya pohon manggis yg sedang berbuah,kebetulan juga saya punya blender:D Terimakasih ^_^

    • purwatiwidiastuti Februari 21, 2012 / 7:51 am

      mbak tri,
      selamat mengeksplorasi kelebihan pohon manggis mbak tri untuk kesehatan,
      jangan lupa sharing pengalamannya ya
      salam sehat

  33. juli Maret 1, 2012 / 1:08 pm

    jus kulit manggis bisa buaat jerawat muka gk yaaa

    • purwatiwidiastuti Maret 2, 2012 / 12:41 am

      mbak juli,
      bisa dicoba tuch….saya belum tahu je,…
      ntar kalau ada hasilnya sharing disini yaa
      salam cantik

  34. luthfi Maret 3, 2012 / 8:26 am

    Rasanya emang rada aneh dimulut saya, tapi manfaatnya Subhanallah….

    selain di Jus dibuat apa lagi ya Bu?

    • purwatiwidiastuti Maret 5, 2012 / 12:20 am

      mas luthfi,
      alhmdlh, bisa berbagi ilmu yang tak seberapa ini dan memberi manfaat pada mas luthfi serta pembaca blog saya yang lainnya.
      kalau bosan jus, bisa dibuat puding ataupun wedang kulit manggis.
      silahkan baca di tulisan saya mengenai puding kulit manggis dan wedang kulit manggis
      semoga menemukan yang paling pas untuk mas luthfi
      salam sehat

  35. aris Maret 3, 2012 / 10:23 am

    terima kasih akhirnya saya bisa menemukan pengobatan alternatif glaukoma untuk ayah saya,,
    setelah saya tau manfaat buah manggis,,

    • purwatiwidiastuti Maret 5, 2012 / 12:17 am

      mas aris.
      alhmadulillah, saya ikut sebang atas tulisan ini bisa membantu mas aris dalam upaya penyembuhan ayahanda tercinta.
      saya menunggu sharing hasil dari kemanjuan kesehatan ayah ya
      salam sehat

  36. insan Maret 3, 2012 / 1:27 pm

    awaly sy kesulitan cari cr bt jus kulit manggis krn rata2 smua iklan kmdn sy share fb ktmn n dberi th blog mbk ini,sy sgt senang n brtrm ksh pd tmnku n mbk krn lwt blog ini byk mnmbh ilmu yg bermanfaat bukan skdar iklan.skli lg trma ksh byk mg mbantu kesehatan sy lebih baik,amiennn

    • purwatiwidiastuti Maret 5, 2012 / 12:15 am

      insan sandy,
      alhmdlh, kalau dari sharing yang saya ketahui bisa membantu mas sandy,
      saya akan sangat senang kalau mas sandy mau sharing pengelamannya di blog ini
      sehingga banyak orang bisa mengambil manfaat dari pengalaman mas sandy
      salam sehat

  37. Ibu Khusnul Maret 6, 2012 / 2:38 pm

    Bismillah…numpang nanya ibu, berapa takaran jus kulit manggis untuk menurunkan diabetes/kadar gula darah? Terima kasih

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2012 / 4:02 am

      ibu khusnul.
      secara umum minum juga manggis 2 gelas per hari pagi dan malam dalam perut keadaan tidak kosong atau sudah makan
      salam sehat

  38. Ibu Khusnul Maret 6, 2012 / 2:40 pm

    Bismillah…barapa takaran jus kulit manggis untuk menurunkan diabetes Ibu?? Makasih

  39. ulfa Maret 7, 2012 / 3:50 am

    mbak klw kulit luar yg warna hitam dpt di konsumsi gk ??

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2012 / 4:01 am

      mbak ulfa,
      saya ngrebus kulit dalam dan luar sekalian, alhmdlh ga papa
      salam sehat

  40. nurul Maret 7, 2012 / 3:55 am

    mbak maaf,kalau boleh saya minta no hpnya donk,agar bisa berkomunikasi langsung,,
    terimakasih,,,

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:18 am

      mbak nurul,
      bisa kirim email ke saya lewat purwatiyogya@gmail.com
      nanti saya share no hp saya
      salam sehat

  41. Mahmudi Maret 7, 2012 / 5:23 am

    Salam kenal,
    bak Pur adik saya terkena penyakit autoimun (hasil lap) yang diserang tulang linu2 dan sudah hampir 6 bulan terdapat luka di kakinya dan gak2 sembuh-sembuh padahal kadar gulanya normal, apakah jus kulit manggis dapat digunakan untuk menyembuhkan luka tersebut dan berapa takaran minumnya

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2012 / 6:26 am

      pak mahmudi,
      salam kenal kembali
      saya belum pernah membaca artikel ataupun hasil riset tentang itu, tapi bapak bisa coba memberi adiknya jus kulit manggis untuk meningkatkan stamina beliau. semoga dengan itu linu tulangnya sembuh.
      salam sehat

  42. wawan Maret 7, 2012 / 8:45 am

    saya sdh cb mengeringkan kulit manggis, tetapi setelah kering kok timbul jamur,tetapi sy tetap d rebus tetapi sy cuci dl smp jamurnya hilang.bagaimana khasiatnya dan apakah kulit tsb masih boleh d konsumsi? terima kasih

    • purwatiwidiastuti Maret 7, 2012 / 9:05 am

      pak wawan,
      kalau dikeringkan dengan cara diiris tipis, trus ditaruh dinampan dan dimasukkan ke kulkas maka kulit manggis akan kering dan tidak berjamur.
      salah satu kelemahan kalau dikeringkan dengan sinar matahari dan tidak langsung kering dengan baik akan timbul jamur berwarna putih, kalau saya biasanya, bila jamur tidak banyak ya disikat saja sampai bersih, tapi kalau jamur cukup banyak ya dibuang saja.
      salam sehat

      • wawan Maret 9, 2012 / 1:06 pm

        ok,makasih atas infonya…..

  43. Nama anas mahfud lumajang jatim Maret 7, 2012 / 8:04 pm

    Assalamualaikum wr wb. Mhn dikirim resep jus mangggis dan khasiatnya ke email saya. Trims salammimbait. Mhn bls. Wassalam

  44. muhamad ustuhri Maret 9, 2012 / 8:21 pm

    mbak, kalo untuk pengobatan batu empedu , berapa buah kulit manggis yang diperlukan untuk dijus??

    thanks
    ustuhri

    • purwatiwidiastuti Maret 10, 2012 / 1:24 am

      muhamad ustuhri,
      saya belum dapat infonya, nti kalau dah ketemu saya posting ya
      salam sehat

  45. mira Maret 10, 2012 / 5:15 pm

    mba mau tanya, brapa byk kulit buah manggis utk dibuat 1 gelas juice ? oya klu kulit manggis direbus brpa gelas air utk merebus nya? trs apa

    • purwatiwidiastuti Maret 11, 2012 / 5:55 am

      mbak mira,
      kalau saya bisa membuat satu genggam kulit manggis kering direbus dengan 4 gelas air, hasilnya satu gelas untuk membuat jus dengan dicampur berbagai buah, 2 gelas diminum berdua ayah saya
      salam sehat

  46. Ibu Khusnul Maret 11, 2012 / 2:47 pm

    Bismillah…numpang nanya mbak Pur?? suami saya terkena diabetes dan darah tinggi, sdh seminggu ini saya bikinkan jus kulit manggis sehari 2x pagi dan sore sesudah makan. Tapi kenapa ya setelah minum jus kulit manggis perutnya slalu terasa mual-mual dan mau muntah, dan paginya slalu(maaf)mencret…gmana caranya untuk menetralisir rasa mual-mual dan mau muntahnya itu??? makasih

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:21 am

      ibu khusnul,
      kemungkinan pencernaan bapak sangat sensitif, sebaiknya konsumsi dalam bentuk kering atau kapsul. kalau mau yang segar dosisnya bisa dikurangi, disesuaikan dengan kondisi bapak.
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:23 am

      ibu khusnul,
      untuk menetralisir rasa mual bisa mengkonsumsi puding sesudahnya
      atau justru mengubah konsumsi kulit manggis dalam bentuk puding
      bisa jadi snack sekaligus sebagai obat
      sallam sehat

  47. ismail Maret 13, 2012 / 12:46 am

    Mba pur, mo nanya d keringkan dulu ato bs langsung d jus/rebus….kulit manggisnya, makasih infonya mba…sangat bermanfaat untk kami.

    • purwatiwidiastuti Maret 13, 2012 / 1:29 pm

      pak ismail sragen,
      bisa dengan cara keduanya baik langsung dijus/direbus maupun dikeringkan dulu
      salam sehat

      • ismail Maret 15, 2012 / 1:07 pm

        Hbs minum jus manggis kok malah buang air besarnya encer (maaf) mencret ,..apa ada yg slh ya mba, sys buat jusnya buah sm biji sy blender trus sy tambahim kulit d jus jd satu, tanpa sy ksh madu ato gula……mksh infonya….

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:25 am

      tips rumah tangga,
      iya ibu, koment muncul setelah ada moderasinya bu, kalau moderator tidak pas online saat ibu memberi koment, otomatis koment ibu belum muncul, tapi dia akan memberi info pada ibu :koment anda menunggu moderasi”
      begitu ibu
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:15 am

      berdasar review blog saya di tahun 2012, tips cara hidup sehat memberi komen sebanyak 5 kali selama tahun 2012…terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan memberi komentar yang menambah wawasan.
      semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog saya
      salam sehat

      • ros April 8, 2013 / 12:02 pm

        ass.mbak,mau nanxa nih..bs ga juice kulit buah manggis mengobati benjolan kecil seukuran kacang tanah dileher anak usia 2 tahun..tq ya..:)

      • purwatiwidiastuti April 9, 2013 / 6:37 am

        mb ros,
        sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi anak balita
        salam sehat

  48. rendra Maret 14, 2012 / 9:00 am

    mbak..rendra suka web ini. klu mungkin ada bukunya saya juga minat membeli. salam kenal

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:47 am

      mas rendra,
      ma kasih sudah menyukai blog saya
      smentara saya baru nulis untuk blog, mungkin suatu saat nanti bisa menulis dalam bentuk buku
      salam sehat

      • yani Maret 17, 2012 / 1:26 pm

        mlm mb pur…sy mau nanya..apa kulit manggis bisa menurunkan berat badan..? kalau bisa sy minta cara membuatnya dan dosisnya brp?makasih sebelumnya?

      • purwatiwidiastuti April 4, 2012 / 1:28 pm

        mbak yani,
        saya pernah baca pengalaman orang yang minum jus kulit manggis dan berhasil untuk menurunkan berat badan, cuma saya lupa berapa dosisnya.
        bagaimana kalau mbak yani nyoba trus hasilnya di share di blog ini
        salam sehat

  49. purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:34 am

    mbak yani,
    mbak yani orang kedua menanyakan manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan,
    saya jadi tertarik untuk mencari info tentang hal tersebut, nanti kalau sudah saya peroleh akan langsung saya posting
    sabar ya mbak yani
    salam sehat

  50. Nanang djunaidi Maret 22, 2012 / 2:03 am

    Kegunaan Jus manggis untuk penyakit apa ?

  51. wingga erlangga Maret 22, 2012 / 7:38 am

    mba apa jus kulit manggis inihhh bisa menyembuhkan kanker rahim…??
    saya mohon bantuan’y yaa mba…soal’y saya gaa tega dngan melihat orang tua saya y9 kena kanker rahim…saya mhon bngett mba…??

  52. putro s Maret 26, 2012 / 6:18 pm

    mbak mau tanya. apakah jus kulit manggis bisa menyembuhkan sakit impoten.

    • purwatiwidiastuti Maret 27, 2012 / 12:25 am

      mas putro s,
      saya carikan dulu artikelnya ya
      salam sehat

  53. putro s Maret 26, 2012 / 6:19 pm

    jus kulit manggis apa bisa menyembuhkan sakit impoten

    • purwatiwidiastuti Maret 27, 2012 / 12:24 am

      mas putro,
      saya belum nemu artikel tentang efek jus kulit manggis untuk impotensi, nanti kalau ketemu saya postingkan mas
      salam sehat

  54. Fransisca Maret 29, 2012 / 5:05 am

    Bunda saya pnya pnykit gnjal,sy tidak mampu untk membiayai cuci darah karna kbthn ekon0mi.saya membc diinternet kulit manggs sangat bermanfaat,setelah dicoba bunda saya malah batuk2,kenapa begitu ya?apa tu berbahaya

    • purwatiwidiastuti Maret 29, 2012 / 8:36 am

      fransisca,
      saya pernah membaca kalau kulit manggis yang kandungan antiosidannya tinggi akan memperberat kerja ginjal, sehingga tidak disarankan dikonsumsi bagi yang ada gangguan fungsi ginjal. Tetapi saya belum pernah membaca hasil riset yang melarang mengkonsumsinya.
      Demi kehati-hatian sebaiknya tidak mengkonsumsinya.
      tetap semangat
      salam sehat

    • andi Mei 14, 2012 / 9:44 am

      Fransisca : saya pernah share dengan orang yg sakit ginjal dan katanya bisa berkurang dan sembuh …. air kelapa muda di campur dengan 2 telur ayam kampung,,diambil putihnya saja,,minum seminggu 1 – 2 x ,,, semoga bermanfaat

      • andi Mei 14, 2012 / 9:45 am

        air kelapa mudanya atau kalo orang jawa bilang degan ijo ( buat obat )

      • purwatiwidiastuti Mei 15, 2012 / 6:36 am

        mas andi,
        betul kelapa hijau atau karena degan ijo

      • purwatiwidiastuti Mei 15, 2012 / 6:38 am

        mas andi,
        itu yang sakit ginjal tapi belum sampi cuci darah ya

  55. widia Maret 30, 2012 / 11:27 am

    mba, sy di vonis dokter multiple infark cerebral dan moya moya disease, apakah kulit manggis bisa menyembuhkan ?

    • purwatiwidiastuti Maret 30, 2012 / 12:12 pm

      mbak widia,
      saya belum pernah baca tentang manfaat kulit manggis untuk multiple infrak cerebral dan moya moya disease. penyakit apakah itu?

  56. pakdhe rudy Maret 31, 2012 / 1:40 am

    mbak klo abis di jus,trs di saring hanya di ambil airnya aja,ampasnya di buang gimana mbak…

    • purwatiwidiastuti April 2, 2012 / 5:59 am

      pakdhe rudy,
      gapapa pakdhe rudy
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti April 2, 2012 / 2:09 pm

      pakdhe rudy,
      gakpapa pakdhe, meski lebih baik kalau diminum semuanya ya
      salam sehat

  57. harry April 2, 2012 / 1:11 pm

    kalau jus itu bisa nurunin darah tinggi ngga mba…

    • purwatiwidiastuti April 2, 2012 / 1:25 pm

      pak harry,
      jus kulit manggis bisa untuk penurunan darah tinggi atau hipertensi
      salam sehat

  58. Tony April 3, 2012 / 8:50 am

    Salam Sejahtera Mbak Pur
    Terimakasih banyak, infonya sangat detail,
    kalo boleh saya minta infonya juga kalau seandainya, kulit manggis saya cuci bersih trus saya potong kecil2 banget, saya makan langsung dicampur dengan air susu apakah aman?
    mohon pencerahanya :)

    • purwatiwidiastuti April 3, 2012 / 11:51 am

      mas tony,
      sepupu saya waktu kecil sering makan kulit manggis dengan kulitnya, paling banter rasanya tidak enak, kata beliau
      bahkan untuk pengobatanpun ada yang meresepkan mebuat jus manggis dengan bahan seluruh buah manggis kecuali tangkai dan kelopaknya.
      salam sehat

      • Tony April 3, 2012 / 2:05 pm

        oh iya mbak paham, tapi yang saya pertanyakan apabila di seduh dengan SUSU apakah aman, karena menurut info yang saya tau SUSU kan tidak baik jika diminum bersama obat,, nah apakah kulit manggis ini juga demikian tidak boleh di campur ama susu :) terimakasih mohon petunjuknya :)

      • purwatiwidiastuti April 4, 2012 / 11:56 am

        mas tony,
        saya belum pernah mencoba minum susu dengan kulit manggis, dan belum pernah baca artikel tentang itu, tapi menurut logika saya, seperti minum teh dengan susu, secara teori antioksidan dan khasiat teh akan menurun kalau diminum dengan susu, kira-kira seperti itulah logikanya.
        Dulu saya senang minum teh susu, apalagi teh tarik gaya Malaysia yang selalu disuguhkan kolega di Pekanbaru, tapi begitu tahu bahwa khasiat teh turun kalau diminum dengan susu ya sekarang minum tehnya ga lagi dicampur susu, kecuali saat kepingin saja….begitu kira-kira mas tony
        salam sehat

  59. purwatiwidiastuti April 4, 2012 / 12:05 pm

    mas tony,
    maaf salah tulis pada jawaban sebelumnya, mestinya makan buah manggis beserta dengan kulitnya
    salam sehat

  60. Andy Widya April 7, 2012 / 5:10 pm

    Ijin share ya mbak … terimakasih

    • purwatiwidiastuti April 8, 2012 / 9:14 am

      andy widya,
      silahkan di share, semoga bermanfaat
      salam sehat

  61. linda April 11, 2012 / 8:16 am

    salam kenal,
    mbak kalau tekanan darah rendah bolek gak ya minum jus manggis?

    • purwatiwidiastuti April 11, 2012 / 10:37 pm

      mbak linda,
      dengan minum rutin salah satu manfaat jus kulit manggis untuk menurunkan tekanan darah, namun kalau sekali-sekali minum dan tidak pada saat tekanan darah mbak linda rendah, menurut saya tidak apa-apa. kata teman saya yang akupunturis, katanya yang penting mbak linda merasakan tubuhnya baik-baik saja.
      salam sehat

  62. nandi April 16, 2012 / 4:05 am

    Ass War Wab, saya mau tanya nih untuk membuat jus manggis cara minumnya bagaimana? apakah setiap habis makan atau sehari satu kali saja! trus manfaatnya untuk penyakit apa saja, trima kasih. Dan kalau tidak keberatan jawabananya mba ke email saya : nandiputra@yahoo.co.id

    • purwatiwidiastuti Juni 12, 2012 / 1:52 am

      wa’alaikum salam mas nandi,
      sebaiknya jus manggis ataupun jus kulit manggis diminum selagi perut isi atau sesudah makan. Untuk manfaat kulit manggis bisa buka artikel saya tentang kulit manggis…apa sich manfaatnya
      salam sehat

  63. aroel April 21, 2012 / 3:01 pm

    mbak pur sy mo nanya…klo orng yg malas buat jusx apakah bisa buahx dimakan langsung dengan kulit2x termasuk kulit luarx yg warna hitam dan apakah tidak mengurangi khasiatx di banding jika di jus…dan dimana bs di dapatkan buahx?makasih sebelumx

    • purwatiwidiastuti April 23, 2012 / 12:45 am

      mas aroel,
      wach…ini pertanyaan yang saya tunggu-tunggu, ternyata akhirnya muncul juga. terima kasih mas aroel.
      sesungguhnya Allah telah mengarunia kita tubuh yang komplit dan sempurna, termasuk memberi kita juicer paling alami yaitu mulut kita, pada saat kita menggunakan juicer alami ini, enzim-enzim yang dibutuhkan oleh tubuh keluar bersama makanan yang kita kunyah, konon kata enzim ini sangat membantu kesehatan kita, hanya memang kalau menggunakan juicer alami ini butuh waktu lama untuk mengunyah, sedangkan era modern seperti sekarang kebanyakan orang senang yang praktis dan instan, sehingga fungsi juicer alami kita digantikan oleh mesin yang bekerja cepat sehingga kita tinggal menelan atau meminum tanpa perlu mengunyah lagi…ya khan?

      ada herbalis yang menyarankan ngejus seluruh buah termasuk dengan kulitnya kecuali tangkai buah dan kelopak, kalau dimakan langsung pas dapat daging buahnya ya enak, begitu dapat kulitnya ya, ga tahan dech….

      buahnya banyak tersedia dipasar maupun supermarket, kalau dipasar desaku mach Rp 6.000,00/kg, ntah kalau dikota ya. Hanya sekarang musim buah sudah hampir lewat, jadi sudah mulai berkurang yang jualan dipasar.

      salam sehat

      • aroel April 23, 2012 / 3:52 am

        mbak pur…poin 5 diatas apakah bisa pake gula pasir dan apakah ditambah air?
        bisa untk mengobati insomnia gak mbak?

      • purwatiwidiastuti April 23, 2012 / 3:59 am

        mas aroel,
        kalau aku lebih menyarankan gula aren daripada gula pasir
        sebaiknya tambahkan air dikit biar nggak susah ngejusnya, tapi kalau juicer alamiah mach langsung kremus saja tooo…. :)
        salam sehat

      • erma September 14, 2014 / 3:54 pm

        salam kenal mba pur, erma pernah diksh tau oleh saudara..katanya untuk diabetes bagus sekai jika mau mencoba rebusan kulit manggis beserta tanggakai & kelopaknya tuch mba…gmn?? sy juga minta no hp nya ya mba u/penanganan Diabet dgn detail tlg emailkan ke

      • purwatiwidiastuti September 15, 2014 / 2:39 pm

        Mbak erma,
        Saya pernah baca tulisan seperti itu, tapi dimana yaa
        Salam sehat

  64. Ping-balik: My Homepage
  65. mas giearthow Mei 23, 2012 / 8:04 am

    saya sakit MAG ..boleh nggak konsumsi rebusan air kulit manggis…?
    takaran yang aman untuk mengkonsumsi air kulit manggis yg direbus berapa CC.

  66. Putro bintoro Mei 24, 2012 / 4:31 pm

    Assalamu alaikum… mw nanya mbak, apkh jus kulit manggis bs untk obt kanker payudara? n tny lg apakh bs untuk nyembuhin virus malaria n virus hiv….? mksh, wsslm..

    • purwatiwidiastuti Mei 24, 2012 / 10:32 pm

      pak putro bintoro,
      menurut penelitian kulit manggis untuk menyembuhkan kanker, untuk hiv belum ada penelitiannya tapi bisa digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh. Untuk virus malaria saya belum oernah baca riset ataupun testimoninya
      salam sehat

      • salimah Juni 6, 2012 / 10:24 am

        mbak katanya kalau makan manggis sama/dicampur gula kita akan mabok

      • purwatiwidiastuti Juni 7, 2012 / 1:39 am

        bu salimah,
        wach ya manggis khan dah manis, kalau ditambah gula khan jadi super manis, itu kali yg bikin mabok ya….tapi kalau kulit manggis itu rasanya sepat cenderung pahit, kalau ga ditambah gula ya ga enaklah….

    • sri September 26, 2012 / 12:37 pm

      mas putro bintoro,sy mau bagi info ni,mdh2n manfaat,sy bc artikel di detik.com kulit manggis bs kok utk hiv/aids,maaf mbak pur ikut komen ni.

      • purwatiwidiastuti September 27, 2012 / 12:45 am

        terima kasih tambahan infonya bu sri
        salam sehat

  67. lita Juni 7, 2012 / 2:18 am

    Mbak… saya baru tahu looo. ternyata kulit maggis terima kasih dan boleh ngak just manggis seiring minumnya dengan daun sirsak. terima kasih…

    • purwatiwidiastuti Juni 7, 2012 / 3:17 am

      mbak lita,
      kalau herbalis yang nanganin ayahku minta ayahku minum rebusan daun sirsak dicampur kulit manggis, tapi aku belum membuatkan ataupun mengijinkan dicampur, karena belum pernah baca artikel tentang mengkonsumsi kulit manggis campur daun sirsak.
      ntar kalau ada info segera saya share disini
      kalau mbak lita mau coba, sebaiknya diminum selang seling saja.
      salam sehat

  68. tarlinda Juni 8, 2012 / 1:21 pm

    kalau kita membeli klit manggis yg instan dmna sich ?

    • purwatiwidiastuti Juni 11, 2012 / 12:47 am

      tarlinda,
      saya juga belum pernah membeli ataupun melihat produk kulit manggis murni dipasaran, nanti kalau ada info saya forward ya.
      Kalau jus kulit manggis yang botolan itu setahu saya tidak 100% kulit manggis tapi ada campuran lainnya kalau ga salah bunga rosela dll.
      coba cari ditoko obat china, mungkin mereka jual kapsul kulit manggis atau teh kulit manggis
      salam sehat

  69. danie 087872378228 Juni 9, 2012 / 6:55 pm

    hi mba, saya danie dari bogor, saya butuh bantuan mba , kepingin share mama saya mendapat musibah ada tumor di tulang sumsum belakang, dan kemungkinan kangker paru , saya mohon mba bisa menghubungi saya, saya butuh bimbingan mba mengenai kulit manggis untuk mama saya, saat ini saya masih mencoba untuk mencari nomer telepon mba, , kalo mba baca pesan saya tolong ya mba hubungi saya, terima kasih mba,

    • purwatiwidiastuti Juni 12, 2012 / 1:33 am

      silahkan mas danie,
      semoga mama mas danie cepat sembuh

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 1:17 am

      mas danie,
      bagaimana kemajuan kesehatan ibu?
      salam sehat

  70. dea Juni 12, 2012 / 2:07 pm

    kasiat x apa dri kulit manggis itu

  71. trinarti Juni 13, 2012 / 5:57 am

    dari internet, katanya bisa untuk mengobati tipes, apa betul mbak? Masalahnya anak saya baru kena tipes, dah berobat tp blm jg sembug. Trims jwbannya.

    • purwatiwidiastuti Juni 13, 2012 / 7:50 am

      bu trinarti,
      saya koq belum baca risetnya yaa…tapi kalau ibu yakin, silahkan dicoba dan hasilnya disharing disini ya…biar bisa juga dimanfaatkan oleh pembaca yang lain
      salam sehat

    • Aminullah Syam Juni 20, 2012 / 8:52 am

      fungsi utama kulit manggis untuk kesehatan itu untuk detox, jadi insya Alloh bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit baik yang ringan maupun yang berat (yang katanya belum ada obatnya), (tentunya dengan izin Alloh SWT). pada awal-awal mengkonsumsi memang seperti memperparah keadaan. itu efek yg bagus, karna proses detox/pengeluaran racun/penyakit sedang berlangsung. tapi setelah itu akan jadi sehat karena menyembuhkan penyakit, bukan meringankan rasa sakit. jadi kl ada yg bilang keracunan, itu salah. jangan lupa, karena rasanya yang sepet (kecut), lebih bagus lagi di tambah madu atau sari kurma, dan setelah minum jus kulit manggis harus minum air putih yang banyak. Semoga cepat sembuh

      • purwatiwidiastuti Juni 20, 2012 / 8:54 am

        Bpk Aminullah Syam.
        terima kasih tambahan wawasannya
        salam sehat

  72. emil Juli 9, 2012 / 12:28 pm

    Mb’ efektifitas kulit manggis untuk menurunkan nyeri haid berpa jam y? makasih mb’ mohon balasannya

    • purwatiwidiastuti Juli 10, 2012 / 12:30 am

      mbak emil….
      respon tubuh masing-masing orang berbeda-beda, jadi ada yg hitungan menit, jam, hari atau bahkan minggu
      salam sehat

  73. teten Juli 14, 2012 / 6:33 am

    Bak pur kalau misalkan buahnya aja yang di jus tanpa kulitnya khasiatnya sama gx, makasih

    • purwatiwidiastuti Juli 14, 2012 / 7:39 am

      Teten,
      Jus Buah manggis (daging buah warna putih) dengan jus kulit manggis sangat berbeda manfaatnya, kalau jus buah (daging buah berwarna putih) biasa diambil manfaat vitamin sebagaimana buah-buahan lain yang biasa kita konsumsi, sedangkan jus kulit manggis yang diambil manfaat pengobatan dari kandungan antioxidant zanthone.
      nach, silahkan mau pilih yang mana, keduanya sama bermanfaatnya.

  74. teten Juli 14, 2012 / 6:39 am

    Tolong bak balasanya saya lagi butuh banget nich jawaban dari bak pur,

    • purwatiwidiastuti Juli 14, 2012 / 7:40 am

      Teten,
      maaf ga langsung bisa balas, karena saat teten tanya saya sedang tidak sedang online.
      moga2 jawaban saya membantu ya.
      salam sehat

  75. ara Juli 15, 2012 / 3:43 am

    mba, saya mau tanya, kalo wedang kulit manggis di masukan ke dalam adonan agar-agar atau puding apa tidak akan mengurangi khasiatnya?
    Tolong di jawab mba, terima kasih.

    • purwatiwidiastuti Juli 15, 2012 / 5:14 am

      menurut saya tidak akan mengurangi manfaat kulit manggis.
      salam sehat

  76. ade Juli 25, 2012 / 2:00 pm

    mbak aku pernah dengar kalo jus manggis campur teh manis itu ga boleh,emang kenapa ga boleh ya mbak?

    • purwatiwidiastuti Juli 26, 2012 / 12:59 am

      ade,
      aku belum pernah baca seperti itu, tapi kalau dibayangin antara jus dicampur ama teh manis khan ya ga karuan rasanya yaaa….
      kalau aku bikinnya wedang kulit manggis, jahe, sereh ama teh hijau, dikasih gula merah atau madu sesuai selera
      dan aku sudah minum 3 bulan ini, badanku baik-baik saja tuch
      salam sehat

  77. Luluk Juli 26, 2012 / 7:59 am

    Saya udah pernah buat, rasanya sepet/kelat pahit. Alhmdulillah ambeien ku sudah hampir smbuh.. Makasih atas tips dan infonya yaa..:-D

  78. didik wahyudi Juli 26, 2012 / 7:59 am

    mbak klo misalnya jusnya dicampur dengan susu gimana ??????

    • purwatiwidiastuti Juli 26, 2012 / 8:04 am

      didik wahyudi,
      saya belum pernah baca info tentang jus kulit manggis dicampur susu,
      kalau dari segi rasa mungkin enak ya, mungkin kayak teh susu….meski tambahan susu kedalam teh mengurangi manfaat teh itu sendiri
      ntar kalau kalau ada info akan saya posting
      salam sehat

  79. abay Juli 31, 2012 / 9:57 pm

    apa nma obat kulit manggis yang udah ada di jual di msyarakat mba’?

  80. Irvan Purnama Agustus 1, 2012 / 5:41 am

    Terima kasih banyak Mba Pur atas Infonya, bulan Maret 2012 saya medical test di kantor dan ternyata ada penyempitan pembuluh jantung, sampai sekarang ini saya masih stress, umur saya 30 tahun, saya akan coba bikin jus kulit manggis, pertanyaannya sebaiknya dikonsumsi berapa kali sehari dan takarannya segimana terima kasih,

    • purwatiwidiastuti Agustus 2, 2012 / 1:10 am

      mas irvan purnama,
      bersyukur karena tahu lebih awal sehingga bisa diatasi lebih dini sehingga probabilitas sembuh lebih besar.
      yang paling penting jaga mental dan motivasi agar semangat tetap membara…hehehe….kayak api saja yaaa…..
      karena dengan semangat yg tinggi segala jenis penyakit akan lebih mudah diatasi.
      ayahku saja yang penyumbatan di 5 titik dg tingkat penyumbatan >90% tetap semangat, meski menjalani operasi, alhmdlh sampai saat ini baik-baik saja koq.
      untuk konsumsi kulit manggis, minum 3 kali sehari selama 2 minggu, kalau merasa dah ada kemajuan kurangi menjadi 2 kali sehari, selebihnya cukup segelas sehari dan dijadikan sebagai minuman kesehatan.
      salam sehat
      salam sehat.

  81. Nefrit Agustus 3, 2012 / 7:32 am

    ini ambil kulit manggis bagian dalamnya saja atau kulit luar manggis juga bisa di jus. thx u

    • purwatiwidiastuti Agustus 3, 2012 / 8:52 am

      nefrit,
      kalau pas dapat kulit manggis segar, ya dikerok bagian dalam trus dijus…kalau sudah ngga musim seperti sekarang ya dikeringkan dulu baik kulit dalam dan luarnya baru direbus dan airnya untuk ngejus
      salam sehat

      • yuyun Agustus 14, 2012 / 5:43 am

        salam kenal mba:
        saya yuni , semalam saya baru mencoba rebus kulit manggis kira2 ada lima biji kulit manggis saya, potong kecil dan d rebus air 2 gelas… hasil rebusan jadilah 1 gelaS dan saya berikan pada bpk saya yg terkena diabetes…. tidak ada keluhan apa2 stelah minum… cuma sangat sepat end pahit sekali y……

        yang saya mau tanya: tdk ada efek apa2 nantinya…. trus buah segar langsung d rebus dan d minum tanpa d keringkan tdk apa2…. dan apakah ada getah yg tercampur juga tdk apa2 trma kasih….

      • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 5:08 am

        mbak yuyun,
        kebanyakan yang ga kuat, efek langsungnya ya muntah atau diare, kalau saya sendiri sich pusing kalau dosisnya kebanyakan.
        bagi penderita gagal ginjal tidak dianjurkan mengkonsumsi kulit manggis karena kandungan seratnya sangat tinggi sehingga memperberat fungsi ginjal…semoga bapak cepat sembuh
        salam sehat

  82. avind Agustus 16, 2012 / 7:06 am

    maaf …
    apa sangat pengaruh buat penderita diabetes ??

    terimakasih :D

    • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 4:55 am

      avind,
      menurut riset ada pengaruhnya, tapi kalau pertanyaannya apa sangat berpengaruh, saya belum pernah membaca/menemukan artikel yang mengklaim seperti itu
      salam sehat

  83. bobi Agustus 17, 2012 / 6:41 am

    kalau untuk kelenejer atau kgb bisa disembuhkan ya dengan kulit manggis ini

    • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 4:56 am

      bobi,
      kelenjar apa ya?
      saya belum tahu secara spesifik tentang kelenjar itu
      salam sehat

      • dwi Agustus 24, 2012 / 3:21 am

        mbak jus buah manggis bisa nyembuhin kanker payudara g?
        ada yang pernah nyoba ga?
        mksih..

      • purwatiwidiastuti Agustus 26, 2012 / 1:03 am

        dwi,
        berdasar beberapa penelitian, kandungan xanthone dalam kulit manggis bermanfaat dalam penyembuhan kanker, termasuk kanker payudara
        salam sehat

  84. kulo Agustus 29, 2012 / 12:39 pm

    terima kasih infoya mbak

    • purwatiwidiastuti Agustus 30, 2012 / 3:42 am

      kulo,
      sami-sami
      salam sehat

  85. lilah Agustus 30, 2012 / 6:45 am

    hallow mba pur yang baik hati,,aku mw coba ah, katanya buah manggis juga bisa menghilangkan keputihan pada wanita..aku suka keputihan gitu mba,,trus katanya manggis juga bisa mengobati kanker serviks,,betul nda mba???

    • purwatiwidiastuti Agustus 31, 2012 / 12:12 am

      lilah,
      berdasarkan penelitian dan beberapa testimoni kandungan xhantone dalam kulit manggis efektif untuk pengobatan bermacam-macam kanker
      salam sehat

      • Dayu September 5, 2012 / 6:12 am

        hai mbak,saya masih bingung,yg dipake jus itu kulit luar manggis atau kulit bagian dalamnya? tolong dijelaskan mbak,,,

      • purwatiwidiastuti September 7, 2012 / 12:52 am

        dayu,
        bisa di jus dua-duanya. kulit luar dan dalam ayau hanya kulit bagian dalam saja.
        bahkan kalau mau, bisa juga seluruh buah di jus
        salam sehat

  86. Ronny S September 29, 2012 / 2:27 pm

    Apa benar bisa untuk mencegah atau mengobati diabetes?

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2012 / 1:22 am

      mas ronny,
      berdasar atikel yang saya baca begitu
      salam sehat

  87. elisa Oktober 27, 2012 / 4:45 pm

    Hai,salam knl mbak…:) sblmnya trmksh bny info di blog ini. Sekedar cerita,aku skrg lg mncoba minum kulit manggis ini.Yang aku minum bentuknya serbuk/bubuk. Jd cara minumnya,2 sendok teh seduh dengan air panas setengah gelas,campur dengan air biasa.Aku minumnya pake madu. Enaaaaaakk bgt.Itu seduhannya,akan meninggalkan ampas di dasar gelas,nah aku cuman minum beningnya aja tnpa ampas. Ini baru rutin kira2 3 minggu..alhamdulillah migrenku ga gampang kumat..trs urusan (maaf) ke belakang jg lancar jaya,ga ada sembelit.Badan lbh enak,seger,bertegana dan ga gmpang lemes/ngantuk…Mdh2an jangka panjangnya bs mencegah pnyakit2 ya..Aaaammmin. :)

    • purwatiwidiastuti Oktober 27, 2012 / 11:43 pm

      mbak elisa,
      terima kasih sharing pengalamannya
      jangan lupa berbagi pada sesama agar banyak yang bisa ambil manfaat yaa
      salam sehat

  88. eko yulianto November 5, 2012 / 6:01 pm

    Dear Bu Pur

    Untuk pengobatan kista bisa tidak ya…??
    mohon informasinya.

    Salam
    Ekyul

    • purwatiwidiastuti November 6, 2012 / 12:42 am

      pak eko yulianto,
      menurut info yg saya baca, kulit manggis bisa digunakan untuk pengobatan kista.
      salam sehat

      • Bagus Ramadhan November 11, 2012 / 12:04 pm

        kalo kita buat Wedang kulit manggis bisa untuk menurunkan berat badan gak mbak ?
        trus berapa kali sehari kta harus minum ?
        mohon Informasinya .
        thks..

      • purwatiwidiastuti November 20, 2012 / 2:54 am

        bagus ramadhan,
        sangat bisa, minum 3x sehari,
        karena kulit manggis serat tinggi maka perbanyak minum air putih ya dan jangan lupa didampingi olahraga ya
        salam sehat

  89. andra November 12, 2012 / 4:12 am

    Trimakasih sebelumnya atas saran dan masuknnya Mbak. Saya penderita hati bengkak yang telah mengkonsumsi jus kulit manggis yang saya campur dengan madu asli dan gula batu. Hasilnya Alhamdulillah.. Yang saya rasakan sekarang adalah perih yang saya rasakan dibagian hati terasa berkurang. Semoga jus manggis ini benar benar berkhasiat dan dapat menyembuhkan penyakit hati bengkak yang saya derita.

    • purwatiwidiastuti November 20, 2012 / 2:52 am

      andra,
      semoga penyakit hati bengkaknya segera sembuh
      jangan lupa nanti sharing pengalamannya ya
      salam sehat

  90. MULDAN November 28, 2012 / 1:00 pm

    kok gak ada balasan toh????.

    • purwatiwidiastuti November 29, 2012 / 2:16 am

      muldan,
      maaf kemarin baru dinas luar kota dan tidak sempat ngelola blog
      salam sehat

  91. Vincent Desember 15, 2012 / 7:33 am

    slamat siang !!! gimana caranya distribusi kulis buah manggis !!! kebetulan di kampung saya (Ambon) banyak menghasilkan buah manggis !!! Thank’s before !! salam sehat !!

    • purwatiwidiastuti Desember 17, 2012 / 2:49 am

      pak vincent,
      coba ditawarkan via internet, karena sy tidak jualan, maka blm bisa ngasih saran yg pas utk distribusi kulit manggis
      salam sehat

  92. anakbangli Desember 22, 2012 / 4:49 am

    Saya mau tanya.. apakah ini bisa digunakan untuk OBAT ASMA ? soalnya sura nafas saya terdengar. dan apabila bisa, berapakah takaranya per hari.

    trimakasih

    • purwatiwidiastuti Desember 26, 2012 / 1:27 am

      anakbangli,
      saya belum pernah baca manfaat kulit manggis dengan asma
      salam sehat

  93. heny Desember 28, 2012 / 3:57 am

    buah manggis sangat bermanfaat

  94. edy Januari 3, 2013 / 4:02 pm

    Mbak pur . . . kalau jus manggis bisa untuk pengobatan kanker, meningkatkan sistem imun, apakah bisa juga untuk pengobatan HIV . . .

    • purwatiwidiastuti Januari 4, 2013 / 12:06 am

      mas edy,
      menurut info yang pernah saya baca, kulit manggis bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita HIV
      salam sehat

  95. yudha Januari 8, 2013 / 3:05 pm

    boleh di coba nih resep jusnya , untuk mengurangi berat badan sya . . . :)

    • purwatiwidiastuti Januari 10, 2013 / 1:01 am

      yudha,
      selamat mencoba
      salam sehat

  96. atik Januari 25, 2013 / 1:16 am

    aslam,
    mbak klo kulit manggisnya di rendam saja dgn air panas dari 2 buah manggis dg air 1 gelas itu bagusnya di minumnya lgsg semua atau separuh2 sja dlu dan pada saat dingin atau hangat yang bagus.
    terimakash
    wass…
    atik

  97. mahira Januari 26, 2013 / 2:48 pm

    Assalamu ‘alaikum,mbak Pur..
    Saya sdh merebus kulit manggis, hasil rebusannya berwarna putih keunguan tapi ada warna kuningnya jg. Kalau saya pindahkan ke dlm gelas dan saya diamkan terdapat endapan berwarna putih kekuningan pada dasar atau bagian bawah gelas, pada bagian atas jg ada sdkt endapan berwarna kuning. saya minum rebusannya rasanya pahit dan sepat. Endapan yang terdapat pada bagian bawah gelas saya buang karena rasanya lebih pahit dan sepat. sewaktu saya minum rebusan kulit manggis bbrp saat kemudian perut saya mual, akhirnya muntah dan daire.Yang ingin saya tanyakan mbak, apakah memang seperti itu warna air rebusan kulit manggis, putih keunguan dan ada warna kuningnya?apakah berbahaya bg tubuh bila endapan yg berwarna putih kekuningan itu diminum ??dan apakah muntah dan diare adalah efek samping stlh meminum rebusan kulit manggis??

    • purwatiwidiastuti Januari 29, 2013 / 9:51 am

      mbak mahira,
      rebusa kulit manggis memang berwarna keunguan, ada pembaca yg menemukan warna putih keunguan spt yg direbus mb mahira.
      kalau warna kuning sering sy temukan menempel di pinggir gelas
      mual, muntah, diare, pusing bisa ditemukan pada beberapa orang yg mengkonsumsi kulit manggis
      menurut sy itu lebih karena kepekatan dosis tdk pas dengan kondisi tubuh, setelah dosis disesuaikan keluhan itu tidak akan dialami lagi
      salam sehat

      • mahira Februari 23, 2013 / 8:23 am

        Terima kasih mbak pur atas balasannya, oh iya saya punya pertanyaan nih, apakah rebusan kulit manggis bisa untuk orang penyakit kelenjar getah bening??
        terima kasih

      • purwatiwidiastuti Februari 23, 2013 / 8:25 am

        Sama2…sejauh saya ingat koq belum pernah ketemu hasil riset utk kelenjar getah bening ya.
        Salam sehat

    • ros April 8, 2013 / 11:56 am

      tq ats infox ya..

      • purwatiwidiastuti April 9, 2013 / 6:36 am

        sama2 mb ros

  98. susukambingorganikjatim Januari 28, 2013 / 11:26 pm

    Trimaksih tipsnya sy ijin u menggunakan tipsnya ya,akan sgera dipraktekin mumpung lagi ada manggis d rumah.referensi untuk menambah suplemen agar ksehatan terjaga bisa mengkonsumsi susu kambing etawa organik, dmana kandunganx jauh lebih baik dati pada susu sapi atau vitaminya setara dengan ASI untuk Lebih lengkapnya kunjungi http://www.susukambingorganikjatim.com,tersedia juga madu Dan herbal. Trimakasih

    • purwatiwidiastuti Januari 29, 2013 / 9:56 am

      susukambingorganikjatim
      silahkan dicoba, semoga bermanfaat
      salam sehat

  99. Abu Jafhiz Januari 29, 2013 / 2:57 pm

    salam mbak
    terimakasih atas info yang sangat bermanfaat.
    insyaAllah saya akan coba untuk melakoni dan juga akan mencoba untuk memberikan ke anak2 saya yang alergian…..
    wassalam

    • Abu Jafhiz Januari 29, 2013 / 3:04 pm

      oooh yaa mbak
      mau tanya juga,
      kalau jus kulit manggis agar awet beberapa hari gimana cara nya yaaaa, maklum mbak malas buatnya tiap hari…hehehe. kalau bisa dibuat banyak sekaligus untuk beberapa hari, knapa nggak yaaa……….?
      dan pernah juga baca, katanya buat jus manggis kemudian masukkan kebotol dan minum 2x sehari 2-3 sdm.

      tks – wassalam

      • purwatiwidiastuti Januari 30, 2013 / 8:13 am

        Abu Jahfiz,
        saya pernah membuat (merebus) dan kemudian saya simpan di almari es, dapat bertahan dua hari karena habis diminum, maklum cuma menyimpan satu botol sirup 650ml
        tapi menurut saya lebih mantabs kalau direbus hari itu dan habis diminum hari itu
        sejauh yg saya tahu kalau jus kulit manggis yg dijual botolan dipasaran itu memang diminum dalam dosis sdm dan biasanya tahan sampai bulanan bahkan tahunan sesuai dengan tgl kadaluarsa di botolnya
        silahkan dipilih sesuai kecocokannya yaa
        salam sehat

    • purwatiwidiastuti Januari 30, 2013 / 8:05 am

      Abu Jafhiz,
      alhamdulillah
      semoga bermanfaat
      salam sehat

      • ibnu nadziir Januari 31, 2013 / 3:24 am

        mbak kalo kulit manggisnya saya rendam dulu sekitar 1 jam buat menghilangkan getahnya, kemudian saya cuci, saya rebus, baru saya jus
        apakah ketika saya rendam 1 jam kandungan gizinya berkurang?

        #maksih#

      • Mutia Februari 14, 2013 / 10:25 am

        Mbak klo yg jadi serbuk bisa gak diseduh gitu jadi ga mesti dijus, bisa ga mbak? Klo bisa takarannya brpa sendok? Trimakasih..

      • purwatiwidiastuti Februari 15, 2013 / 6:27 am

        mutia
        tentu saja bisa, silahkan dicoba
        untuk dosis tergantung kondisi penyakit maupun kondisi stamina tubuh masing-masing orang
        salam sehat

  100. alexx Maret 7, 2013 / 3:07 pm

    mba pur, klo untuk merebus kata ny ngk boleh pake panci alumunium trus yg baik pake apa yaa…terima kasih info ny mba….:-)

    • purwatiwidiastuti Maret 8, 2013 / 1:02 am

      Pak Alexx,
      Perebusan kulit manggis menggunakan panci alumunium akan mengurangi manfaat dari kulit manggis maka sebaiknya merebusnya dengan panci non alumunium, bisa menggunakan panci keramik, gerabah, kaca tahan panas maupun stenlis steel.
      salam sehat

  101. Heny Jariyanti Maret 9, 2013 / 2:47 am

    salam kenal mb….mau tanya kalau kulit manggis itu bisa digunakan untuk mengobati jantung bengkak tidak?
    kalau iya,,berapa takaran untuk merebus kulit mangis?mksh…

    • purwatiwidiastuti Maret 28, 2013 / 3:02 am

      mbak Heny Jariyanti,
      pengalaman ayah kandungku yang sudah berumur 80tahun untuk penyumbatan bukan jantung bengkak,
      nanti kalau ada yg testimoni akan saya infokan ya
      salam sehat

  102. Indra As Maret 19, 2013 / 10:19 am

    mba aku indra mau tanya , jus kulit manggis bisa tdk di kosumsi anak usia 2 tahun, anak ini menderita leokimia akut, mohon jawabannya.

    • purwatiwidiastuti Maret 28, 2013 / 3:03 am

      pak indra As,
      sebaiknya kulit manggis tidak dikonsumsi anak balita
      salam sehat

  103. Sofiahalattas Maret 27, 2013 / 2:20 pm

    Sudah 3 minggu sy sesak napas, gejalanya persis seperti jantung, agak nyeri hingga tembus kepunggung, keluar keringat dingin, selalu lelah walaupun tdk sedang beraktivitas, dan susah sekali untuk bernapas, sy coba untk meminum air rebusan kulit manggis, sehari 2 gls, baru 3 kl minum, nafas sudah mulai sedikit lega, dan dihari ke 3 ini, serasa plong dan nyeri berangsur2 hilang, alhamdulillahirabbilalamin, terima kasih mba pur untk resepnya, semoga mjd amal ibadah yg diridhoi Allah swt, amiin.

    • purwatiwidiastuti Maret 28, 2013 / 3:03 am

      mbak Sofiahalattas,
      terima kasih testimoni untuk kulit manggis, kutunggu perkembangannya ya
      salam sehat

  104. siti Lestari April 8, 2013 / 3:00 pm

    ‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ, Mbak Pur, terima kasih atas sharingnya,. Kolesterol saya tinggi banget, saya coba cari2 info katanya jus kulit manggis dapat menurunkan kolesterol, saya coba buat sendiri, saya jus untuk mengurangi rasa pahit saya coba gigit gula merah, setelah beberapa saat saya merasa mual, pening bahkan mau muntah, akhirnya saya tidurkan sebentar kepala jadi ringan, E jam berikutnya perut saya melilit, kayak mau buang angin tapi ngak bisa, حَلاَلً tersebut sampai berulang ulang, akhirnya saya ngak tahan, buang air besar berupa air, ( Diare) tapi ngak lama, nah kalau kejadian seperti itu bolehkah saya lanjutkan minum ? Karena saya sudah jus 1 botol Aqua,. Bolehkah saya simpan di kulkas? Terima kasih atas bantuannya. Wassalam

    • purwatiwidiastuti April 11, 2013 / 1:51 am

      mbak sartika juniyanti sari,
      sama mbak.
      namanya bagus sekali
      salam sehat

  105. lussy April 21, 2013 / 4:35 pm

    Suami saya minum jus kulit manggis,tp setelah itu kepala jd pusing…apakah itu t’masuk reaksi ‘πγ̥ά̲̣ jg….thank’s..

    • purwatiwidiastuti April 22, 2013 / 12:26 am

      mb lussy,
      bisa jadi pusing suami mb lussy karena kulit manggis, saya juga pusing kalau dosis kulit manggisnya terlalu banyak, biasanya dengan mengurangi jumlah kulit manggis yang dikonsumsi maka rasa pusing itu akan hilang
      salams sehat

      • Irvan Juni 5, 2013 / 2:37 am

        Ass.Wr.Wb.
        Mba Pur kalau mau bikin jus dengan cara yang dikeringkan, apakah
        1.kulit manggis bagian dalammya yang dikeringkan kemudian direbus atau
        2.kulit manggis utuh (sama bagian luarnya) dikeringkan dan direbus
        Demikian Terima Kasih
        Wassalam

      • purwatiwidiastuti Juni 5, 2013 / 4:17 am

        Wa’alaikum salam.

        Seluruh kulit (luar dalam) yang dikeringkan.

        Selamat ngejus kulit manggis.

        Salam sehat
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  106. Eka nurul Juni 11, 2013 / 7:28 am

    Assalamualaikum ibu…
    Saya mau tanya,penderita stroke itu bisa minum jus kulit manggis kan? kalau untuk penyakit stroke itu cara minum jus kulit manggis takarannya sehari berapa ya bu?
    Terima kasih

    • purwatiwidiastuti Juni 11, 2013 / 10:52 pm

      wa’alaikum salam pak eka nurul,
      berdasar penelitian kulit manggis bisa untuk pengobatan stroke, dosis bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh bapak, apabila dosis dirasa berat dengan menimbulkan keluhan maka dosisnya dikurangi sampai dengan tubuh bisa menerima.
      mulai dengan minum 3x sehari kemudian berkurang menjadi 2 dan akhirnya cukup satu gelas perhari
      salam sehat

  107. untung Juli 2, 2013 / 5:10 am

    mkche untuk infony ia zobat

    • purwatiwidiastuti Juli 3, 2013 / 11:31 pm

      Pak untung,
      Sama2, semoga bermanfaat.

    • purwatiwidiastuti Juli 10, 2013 / 10:37 am

      Pak untung,
      Terima kasih

  108. kolenk Juli 3, 2013 / 4:24 pm

    gmn cr bkin jus kulit manggis buat penderita TBC/PARU” n brp takaranx untk dmnum tiap hari…tanks

    • purwatiwidiastuti September 18, 2013 / 6:49 am

      tapi saya tidak menulis resep masakan bu

  109. Gandjar Sakri September 22, 2013 / 1:05 am

    Alhamdulillah, terima kasih infonya, sangat bermanfaat, akan saya coba…..

    • purwatiwidiastuti September 23, 2013 / 12:28 am

      pak ganjar sakri,
      terima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat
      salam sehat

  110. tien Oktober 5, 2013 / 1:29 am

    mba Pur,aku mau nanya apakah kulit manggis bisa di satukan merebusnya dengan daun sirsak ga, makasih banyak jawabannya mba…………

    • purwatiwidiastuti Oktober 7, 2013 / 12:43 am

      Mbak Tien,
      Bisa saja mbak, ada juga herbalis yang menyarankan mengkonsumsi kulit manggis dicampur daun sirsak koq
      Salam sehat

  111. Iskandar Januari 27, 2014 / 10:16 am

    Assalamu”alaikum,wr wb.
    Mbak Pur, saya mau tanya nih, karena menurut tulisan yang pernah saya baca, untuk mengobati gondok beracun itu ada beberapa buah yang bisa untuk mengobatinya, diantaranya yang pernah saya baca yaitu buah mengkudu(pace), kulit manggis, dan daun/buah sirsak. Nah, kalau ketiga bahan tersebut di campur, ada efek yang gak baik buat tubuh gak ya?
    Wassalamu”alaikum wr wb.

    • purwatiwidiastuti Januari 27, 2014 / 10:34 am

      Wa’alaikum salam pak iskandar.
      Saya justru blm baca tukisan itu. Tapi silahkan dicoba dg penuh keyakinan. Smg kesembuhan didapat.
      Salam sehat

  112. makmurkimhiungjong Februari 1, 2014 / 2:55 am

    mbak
    setelah direbus kulit manggis yg selesai direbus dibuang pa bisa d buat juss lg

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2014 / 2:59 am

      Mas makmurkimhiungjong,
      Kulit manggis masih bisa direbus sekali lagi untuk ngejus.
      Salam sehat

  113. makmurkimhiungjong Februari 1, 2014 / 3:08 am

    mbak
    ampek berapa x bs d rebus mbak?
    oia mbak setelah direbus kulit yg direbus td bs d jus lg?
    1 lg mbak setelah d rebus karna gak ad gula aren q ks gula putih z gpp itu mbak?

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2014 / 12:04 pm

      Mas makmurkimhiungjong, cukup dipakai 2x rebusan.
      Diambil airnya, kulitnya dibuang
      Sebaiknya gantinya gula merah atau madu
      Salam sehat

  114. Rafles Carlos Februari 28, 2014 / 7:42 am

    Maaf mbak kenapa ya habis minum juicenya LAGI SEKIAN JAMNYA MUNTAH2 SAMPAI KELUAR KAYAK LENDIR

    • purwatiwidiastuti Maret 3, 2014 / 3:35 am

      Rafles Carlos,
      Kemungkinan bisa karena dosisnya terlalu pekat, sehingga perlu dikurangi disesuaikan dengan kondisi tubuh.
      salam sehat

  115. makmurkimhiungjong Maret 6, 2014 / 12:36 am

    mbak manggis kuning bisa jg
    buat ngejus or buat obatkn
    sama itukan mbak sama manggis yg merah

  116. Nisa Maret 22, 2014 / 5:45 pm

    Koq rasanya pahit ya bukan sepat padahal tidak ada penyakit kuningnya ?? gimana mbak solusinya, trus kalo pahit di buang apa masih bisa di konsumsi?

    • purwatiwidiastuti Maret 22, 2014 / 10:45 pm

      Mbak nisa,
      Berarti kebanyakan tuch…coba dikurangi dosisnya.
      Pahit diminum juga gapapa koq
      Salam sehat

  117. Fitriyanti Nuayi Mei 19, 2014 / 11:27 pm

    Mengapa y wkt sy mNum rebusan kulit maNggIs sma daun sirsak bdan sy jd bngKak2

  118. Fitriyanti Nuayi Mei 19, 2014 / 11:29 pm

    Mengapa y wkt minum rebusan kulit maNgGis n daun sirsak badan sya jd bngkak2

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2014 / 8:07 am

      Mbak Fitriyanti Nuayi,
      Apakah sakitnya mbak fitri? apakah fungsi ginjal masih baik?
      salam sehat

  119. ace maxs Juni 7, 2014 / 3:09 am

    wihhhh gampang banget tuh caranya, pengen nyoba ahhhhh ;)

    • purwatiwidiastuti Juni 8, 2014 / 9:39 am

      Ace maxs,
      Silahkan dicoba, Semoga bermanfaat.
      Salam sehat

  120. hendra satriya Juli 28, 2014 / 6:15 pm

    Mb pur yth , asslmkm wr wb,
    istri saya terkena kanker stadium 4 dan ada pembengkakan kelenjar tiroid.
    saya sangat menghindari pengobatan rs ( ujung ujungnya pasti kemo dan itu sangat menyiksa), karena pengalaman kakak ipar saya terkena kanker payudara dan menjadi lumpuh dan penyakit tidak kunjung membaik dan kabarnya sudah menyebar ke kepala.
    Apakah ada pengalaman / testi klo jus kulit manggis bisa mengobati kanker mb ? mohon informasi nya ,… terimakasih.wasslm

    • purwatiwidiastuti Juli 29, 2014 / 2:34 pm

      Pak hendra satriya,
      Sudah banyak testimoni ttg manfaat kulit manggis utk kanker. Silahkan googling, nti akan banyak menemukannya.
      Semoga istri pak hendra cocok dg pengobatan kulit manggis.
      Salam sehat

  121. Andry Prayugo Agustus 15, 2014 / 9:33 am

    Boleh ngk untuk anak 6 Tahun. Trus kenapa setelah minum.kulit manggis, perut terasa mules. Apa harus dihentikan

    • purwatiwidiastuti Agustus 15, 2014 / 11:04 am

      Pak andry prayugo,
      Yang tidak boleh yang balita. Klo 6tahun sudah boleh, tp dosisnya yg ringan ya.
      Efek jus kulit manggis bisa mulessampai diare, tapi bisa diatasi dengan mengkonsumsi puding.
      Salam sehat

  122. erma September 15, 2014 / 8:48 am

    mba, minta tlg ksh tau no.hp nya dunk.. krn aku jrng ngenet.. tlg email ke ermamardiana15@yahoo.co.id
    aku tunggu emailnya yach… aku tertarik dng proses2 herbal

    • purwatiwidiastuti September 15, 2014 / 2:37 pm

      Mbak erma
      Bukan sy tdk mau email, klo mbak erma buka email khan bisa sambil nglihat jawaban saya.
      Trus klo email infonya hanya bermanfaat utk mbak erma, sedanh klo di sini khan banyak oranh bisa ambil manfaatnya.
      Begitu juga klo lwt email hanta saya yg sharing, smntr di blog ono pembaca yg lain juga bisa sharing pada mbak erma
      Salam sehat

  123. dine mediana Oktober 9, 2014 / 12:20 am

    ass, bu bln agustus 2014 sy terkena miom & hrs kuret.stlah sminggu kuret sy hrs operasi pengangkatan rahim,tp tdk sy lakukan krn tkt. sy ciba minum air daun sirsak tp tdk ada perkembangan,jika d satukan dgn jus manggis aoa boleh? sy minum 3xsehr 3-4sdk skali minum,yg siang &mlm apa tdk apa2 d minum sdngkan sy buatnya pg hr. kl boleh sy minta alamat fb atw no ibu fatimah,sy ingin tay apa stlh d usg miomnya mengecil atw hilang.mohon bantuan&blsan ibu scptnya.trm ksh.

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2014 / 4:31 am

      wa’alaikum salam bu dine mediana
      silahkan mengkonsumsi daun sirsak dan kulit manggis.
      dosis disesuaikan dengan kondisi kesehatan bu dine
      fb saya namanya seperti nama blog saya
      salam sehat

  124. Dine mediana Oktober 9, 2014 / 6:55 am

    bu kalau sudah minum jus manggis apa ada pantangannya untuk tidak makan apa gitu ? ada nggak, bu makasih

  125. Gilang Oktober 14, 2014 / 1:30 pm

    Mbak saya mau tanya, kalo rebusan buah manggis di diam kan terlalu lama bahaya tidak maksud saya apakah bisa membuat keracunan, atau khasiatnya hilang atau tidak terjadi perubahan apa” Tks

    • purwatiwidiastuti Oktober 14, 2014 / 11:00 pm

      Gilang,
      Sebaiknya cukup bermalam 1malam saja di kulkas untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Desember 18, 2014 / 4:00 am

      Terima kasih ta, bahan infonya

  126. icha Maret 18, 2015 / 12:58 pm

    Malam bu, maaf mau tanya…
    Saya coba jemur kulit manggisnya, terus keujanan gtu lumayan lama smp sore,,, terus aku angkat dan akhirnya basah semua, aku diemin dikamar dan ternyata berjamur. Besoknya aku jemur lagi smp 2 hari smp kering banget. Kira2 masih bisa dikonsumsi gak?

    • purwatiwidiastuti Maret 18, 2015 / 1:02 pm

      Mbak icha,
      Sebaiknya kalau berjamur dibersihkan terlebih dahulu baru dijemur lagi sampai kering.
      Kalau kemarin kondisinya berjamur tidak dibersihkan dulu sebaiknya tidak usah dikonsumsi.
      Salam sehat

      • icha Maret 19, 2015 / 1:59 pm

        Iya, gak aku konsumsi bu
        Terus besoknya saya jemur lagi kulit manggis yang baru, saya jemurnya cuma setengah hari dr siang sampe sore,,,, tba2 ada sedikit dr kulit manggis itu yg berjamur, lalu saya pisahkan. Mungkin krna belum terlalu kering gtu kali ya bu, kira2 harus dijemur brpa hari ya bu biar gak berjamur gtu?
        Thanks

      • purwatiwidiastuti Maret 19, 2015 / 9:46 pm

        Iya, memang sebaiknya dibuang saja.
        Setengah hari bisa setengah kering tanpa berjamur dijemur dibawah terik matahari dalam keadaan diiris tipis2

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2015 / 9:44 pm

      Kalau diiris tipis tipis dan dijemur dibawah matahari sudah bisa setengah kering dan tidak timbul jamur. Kalau segar langsung dimasukkan kulkas juga akan kering tidak berjamur
      Salam sehat

      • icha Maret 19, 2015 / 11:31 pm

        Oke deh bu, makasihbya infonya :)

      • purwatiwidiastuti Maret 20, 2015 / 1:14 am

        Sama2 mbak icha

    • purwatiwidiastuti April 2, 2015 / 6:06 am

      sama2

  127. Wijaya Mei 26, 2015 / 8:07 am

    mbak, dosis kulit manggis untuk penderita DM gimana ? Makasih

    • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:37 am

      Mas wijaya,
      Ambil segengam irisan kulit manggis kering, rebus dengan 3 gelas air di wadah yang buian alumunium sampai tinggal 2 gelas.
      Diminum pagi dan sore
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:38 am

      Mas wijaya,
      Untuk DM jangan lupa diet dan jalan kaki dipagi hari sekitar 1 jam atau sampai tubuh berkeringat.
      Salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s