Jus kulit manggis di bulan Ramadhan….mana boleh

“Ass War Wab, saya mau tanya nih untuk membuat jus manggis cara minumnya bagaimana? apakah setiap habis makan atau sehari satu kali saja! trus manfaatnya untuk penyakit apa saja, trima kasih”

Itu kutipan pertanyaan dalam artikel Jus kulit manggis….sangat mudah membuatnya. Meskipun sudah sangat banyak informasi mengenai jus kulit manggis tetapi masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara membuatnya dan kapan waktu mengkonsumsinya.

Memang sich, kenbayakan informasi tentang kulit manggis adalah dalam blog iklan atau blog yang dibuat untuk maksud berjualan, masih kurang blog yang mengupas topik tentang kapan waktu minum jus kulit manggis dan bagaimana cara membuatnya dengan tanpa bermaksud jualan.

Manfaat kulit manggis sudah banyak dikupas pada artikel-artikel terdahulu, begitu pula tentang cara mengurangi rasa sepat kulit manggis.Saya tidak akan membahasnya, bagi yang pingin membaca silahkan diklik pada huruf yang berwarna.

Karena hari ini sudah ada sebagian orang yang mulai berpuasa, maka bagi yang pingin tetap mengkonsumsi jus kulit manggis menjadi bertanya-tanya, masih amankah mengkonsumsi jus kulit manggis selama puasa, kalau masih aman kemudian, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi jus kulit manggis. Sehingga pertanyaan  sebagaimana diawal tulisan ini menjadi sangat lazim.

Satu persyaratan dasar yang harus dipenuhi adalah bahwa jus kulit manggis sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut isi, bukan dalam keadaan perut kosong/belum makan apa-apa. Nach dengan begitu ada beberapa pilihan waktu untuk mengkonsumsi jus kulit manggis selama bulan puasa ramadhan.

Waktu minum jus kulit manggis:

  • Setelah makan takjil/berbuka, selama bulan puasa di masjid-masjid biasa diramaikan dengan pengajian dan diakhiri dengan berbuka dengan takjil sebelum sholat maghrib berjamaah. Begitupun, biasanya juga beberapa orang akan menyelenggarakan acara buka bersama (bukber) yang didahului dengan minuman hangat dan makanan kecil sebelum ditutup dengan makan utama. Nach, setelah mengkonsumsi takjil/berbuka dengan makanan ringan, kita bisa minum jus kulit manggis sebagai penutup sebelum sholat maghrib. Dengan hanya mengkonsumsi takjil dan segelas jus kulit manggis, sholat maghrib tidak akan lemas karena belum ada energi dan juga tidak kekenyangan karena belum mengkonsumsi makanan utama.
  • Setelah sholat maghrib, setelah berbuka dengan takjil untuk membatalkan puasa pada hari itu kemudian sholat maghrib, kita bisa melanjutkan makan makanan ringan lain dan segelas jus kulit manggis. Dengan hanya mengkonsumsi takjil dan segelas jus kulit manggis, maka kita akan bisa sholat tarawih tidak dalam keadaan kekenyangan.
  • Setelah sholat tarawih. Ada beberapa orang yang tidak sanggup untuk makan makanan utama langsung begitu tiba saat berbuka, orang model berbuka seperti ini akan terhindar dari kekenyangan saat sholat tarawih. Maka minum jus kulit manggispun juga bisa dilakukan setelah sholat tarawih.
  • Saat sahur. Karena biasanya pada saat malam hari cenderung sudah makan beragam makanan, maka perut sudah tidak muat lagi untuk ditambah dengan segelas jus kulit manggis, maka untuk orang yang tipe ini bisa mengkonsumsi jus kulit manggis pada saat sahur sebelum imsak. Kelebihan orang yang minum jus kulit manggis pada saat sahur adalah perut lebih tahan lapar, jus kulit manggis disamping kaya akan antioksidan duja kaya akan serat.

Karena bulan Juli-Agustus ini sudah sangat jarang kita temukan buah manggis, karena memang musim buah manggis sudah lewat, maka jus manggis yang kita konsumsi bisa kita buat dari kulit manggis kering.

Cara membuat jus kulit manggis dengan menggunakan kulit manggis kering:

  1. Kulit manggis kering dicuci bersih dan  direbus. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis karena sudah lewat musim sehingga tidak ada lagi dipasar, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan dijemur. Karena sekarang juga musim hujan, maka cermati tingkat kekeringan dan kemungkinan tumbuhnya jamur pada kulit manggis yang belum-belum benar kering dijemur. Setelah kering simpan ditempat kering agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil kulit manggis kering segenggam, cuci bersih lalu direbus, airnya digunakan untuk membuat jus dengan ditambah buah-buahan yang kita sukai. Sebaiknya campur dengan beragam buah dengan beragam warna. Bahkan untuk pengobatan penyakit tertentu jus kulit manggisini bisa juga campurannya bukan buah tapi rimpang rempah-rempah seperti temulawak, kencur, kunyit  atau bahkan bunga reosella, maupun campuran lain yang dibutuhkan untuk penyembuhan.
  2. Kulit manggis dikeringkan dan ditumbuk. Cara ini juga digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kulit manggis karena sudah tidak musim buah manggis. Bedanya kalau dengan cara kulit manggis dikeringkan direbus lalu airnya untuk ngejus, disini setelah dikeringkan kemudian ditumbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai untuk ngejus, tentu saja dengan tambahan buah lainnya. Pilihan buah tergantung selera kita, tidak ada patokan harus buah apa, kecuali memang untuk pengobatan penyakit tertentu yang harus pantang buah tertentu atau mengkonsumsi buah tertentu.
  3. Kulit manggis dikeringkan, ditumbuk dan disangrai. Cara ini hampir sama dengan cara yang kedua, tetapi setelah ditumbuh kemudian serbuk kulit manggis disangrai sampai seperti kopi. Serbuk kopi kulit manggis inilah yang kemudian kita gunakan untuk membuat jus kulit manggis dengan campuran buah lain sesuai dengan selera.

Selamat menikmati jus kulit manggis selama bulan ramadhan

12 respons untuk ‘Jus kulit manggis di bulan Ramadhan….mana boleh

    • purwatiwidiastuti Juli 23, 2012 / 6:31 am

      alessandra
      thank you very much

  1. rahmi_ar September 20, 2012 / 1:43 am

    infonya sangat bermanfaat

    • purwatiwidiastuti September 20, 2012 / 2:06 am

      terima kasih mbak rahmi atas kunjungannya
      salam sehat

  2. fedhysta Maret 16, 2013 / 5:35 am

    mbak mau nanya nih..ni aku ada kulit manggis,niatnya kan mau aku keringkan dgn dijemur,,tp sblm kering emng kdg suka tumbuh jamur ya..? itu kl nanti dikeringkan masih bisa di konsumsi ngga,,?dan apkh kulit yg ada jamurnya itu te2p bisa di konsumsi stlh dikeringkan..?

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2013 / 6:54 am

      fedhysta,
      iya betul kadang kalau kering nggak sempurna bisa tumbuh jamur
      bersihkan jamurnya, lanjutkan dijemur sampai benar2 kering dan bisa dikonsumsi
      salams sehat

  3. Nana meliasari Januari 26, 2015 / 4:45 am

    Kulit manggis yang sudah di cuci lalu di jemur, tp tetap saja timbul jamur, apakah masih bisa buat di k0nsumsi

    • purwatiwidiastuti Januari 26, 2015 / 12:58 pm

      Mbak nana meliasari,
      Memang kalau tidak langsung kering sering berjamur. Selama jamur bisa dibersihkan, kulit manggisnya bisa dikonsumsi. Tapi kalau tidak bisa dibersihkan ya sebaiknya dibuang saja.
      Salam sehat.

Tinggalkan komentar