Kulit manggis…bagaimana cara mengeringkannya

kulit manggis kering10E001“Assalamualikum.
Blog nya sangat bermanfaat moga menjadi amal jariah (ilmu yang bermanfaat). Saya tertarik dengan buah manggis ketika suami mau membelikan obat jus kulit manggis. Saya cari info sebanyak banyaknya tentang manggis. Dari blog ini banyak ilmu bermanfaat yang saya peroleh. Sekedar mau share.

Buat mengeringkan kulit manggis gak selalu harus menunggu cuaca panas. yang saya lakukan adalah memotong kulit manggis tipis tipis, kemudian saya tebar di napan. Kemudian saya simpan di kulkas. Insya Allah kering dengan sendirinya. Saya teringat akan cabe yang selalu kering bila saya letakkan di kulkas. Tapi untuk penyimpanan cabe saya punya trik sendiri. Membungkusnya dengan koran dan dimasukkan kedalam kantong plastik. Insya Allah gak cepet kering. Semoga bermanfaat”.

Itu sebuah koment dari pembaca blog ini diartikel “jus kulit manggis-sangat mudah membuatnya“….Ya karena cara membuat jus kulit manggis sangat mudah, maka cara mengeringkannyapun juga sangat mudah. Siapapun bisa membuat jus kulit manggis apalagi cuma mengeringkannya. Setelah kering,bisa juga dibuat wedang kulit manggis. Musim manggis segera berlalu, maka pilihan mengkonsumsi kulit manggis segarpun juga akan segera berlalu, sehingga pilihan mengkonsumsi kulit manggis kering adalah pilihan yang tak terelakkan lagi.

Adapun cara mengeringkan kulit manggis bisa dilakukan dengan:

Menjemur dibawah sinar matahari. Karena kulit manggis tahan panas, maka pengeringan kulit manggis bisa dilakukan dibawah sinar matahari. Penjemuran bisa dilakukan dalam potongan besar, maupun setelah diiris tipis-tipis. Pada potongan besar akan membutuhkan waktu penjemuran lebih lama dibanding kulit manggis yang sudah diiris tipis-tipis.

Dengan Oven. Meskipun kulit manggis lebih tahan panas dibanding daun sirsak tetapi disarankan suhu pengeringan kulit manggis maksimal 60 derajad Celcius agar enzim dalam kulit manggis tidak rusak. Pengeringan kulit manggis memakai oven bisa dilakukan dalam potongan besar, maupun setelah diiris tipis-tipis. Pada kulit manggis potongan besar akan membutuhkan waktu penjemuran lebih lama dibanding kulit manggis yang sudah diiris tipis-tipis.

Dimasukkan kulkas. Bila kulkas kita besar dan punya sisa tempat yang longgar, kita juga bisa mengeringkan didalam kulkas/lemari pendingin dengan mengiris tipis-tipis terlebih dahulu kemudian dimasukkan kulkas. Apabila dimasukkan dalam kulkas pada tempat yang lebar seperti nampan, maka kulit manggis akan kering lebih cepat dibandingkan dimasukkan dalam mangkok ataupun kantong plastik.

Nach, kulit manggis sudah kering, siap untuk dibuat jus kulit manggis, wedang kulit manggis, puding kulit manggis, kopi kulit manggis atau sekedar direbus saja. Pilihan cara mengkonsumsi sangat beragam, silahkan memilih sendiri.

Selamat mencoba, salam sehat

32 thoughts on “Kulit manggis…bagaimana cara mengeringkannya

  1. ghaliafarmindo Oktober 7, 2012 / 2:56 pm

    wah mantaaap banget sebelumnya maaf nich ikutan diskusi
    perkenalkan sujianto, kebetulan saya bekerja di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Bogor, nah kebetulan jg sy tahu proses pengeringnnya
    saya pernah mengolah kulit manggis dalam jumlah banyak. kalo dibiarkan lembab kapang hitam akan tumbuh dan kualitas menurun. benar yang dikatakan penulis lebih baik dirajang dulu atau diiris tipis dan untuk konsumsi sendiri bisa di simpan di kulkas. yang say lakukan penyortiran terlebih dahulu yang bagus, kemudian rajang tipis dan jemur di bawah matahari dari jam 7 hingga 11 dan lanjutkan jam 14 hingga 16.00 wib. tujuan pengangkatan waktu jam 11 agar panas matahari tidak terlalu tinggi. Ada beberapa pendapat para ahli untuk pengerngan simplisia perlu di tutup kain hitam agar tidak gosong. Tapi setelah kita coba ternyata hasilnya sama. so nggak perlu kain hitam juga nggak masalah intinya kulit manggis kadar airnya berkurang sekitar dibawah 10% dan kualtas tetap terjaga.

    Nah, di Indonesia sebenarnya pernah ekspor kulit manggis dalam jumlah banyak pertahunyya hal ini trbukti dari penelusuran tim kami kedaerah salopa tasik malaya selatan. disitu terdapat beberapa ton kulit manggis kering siap untuk direbus atau di olah menjadi kapsul atau minuman kesehatan lain. Sayangnya tidak berlangsung lama. Tapi kami sekarang menggalakkan kembali untuk daerah sentra manggis seperti Salopa tasikmalaya, Garut, Cilacap, Ciamis dan Ciampea Bogor. Jadi Bagi rekan-rekan yang membutuhkan kulit manggis kering praktis tinggal kunjungi saja http://www.ghaliafarmindo.com. atau sms/call 082112226183, kami siap membantu dan pengiriman sampai tujuan.

    yang paling pratis dan teknologi mutahir lagi diperlukan isolasi atau pemisahan pemurnian bahan aktif berupa senyawa xhanton dari kulit manggisnya. untuk diskusi isolasi bahan aktif xhanton dari kulit manggis nanti kita sambung lagi atau bisa email

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2012 / 1:14 am

      ghaliafarmindo,
      terima kasih tambahan masukannya yg sangat mencerahkan
      semoga saling tukar info tetap terjalin
      salam sehat

  2. tosugi5 Oktober 20, 2012 / 1:52 pm

    Assalamu’alaikum
    Wah…kulit manggis ini memang muantebb tenan, dibikin apa aja jadi, khasiatnya…? Alhamdulillah, memang ga ada yg diciptakan sia sia.
    Sukses mbak pur.
    suwun

    • purwatiwidiastuti Oktober 21, 2012 / 4:16 am

      alhmdlh…
      semoga bermanfaat
      salam sehat

  3. Puspa puspitasari (@s_puspapuspita) Januari 26, 2013 / 12:38 pm

    Ass…. terimakasih mba info ya…… sangat bermanfaat
    untuk yg di rebus aturannya gmna ya mba, sgimana airnya dan kulit manggisnya?

    • purwatiwidiastuti Januari 29, 2013 / 9:54 am

      mbak puspa puspit,
      rebus 2-5 buah kulit manggis sesuai kecocokan dg kondisi tubuh, rebus dengan 4 gelas hingga tinggal 2 gelas, minum pagi dan sore.
      sesuaikan dengan kondidi tubuh, apabila mengalami keluhan seperti pusing, mual, muntah, diare kurangi/sesuaikan dg tubuh
      salam sehat

  4. Maskur Februari 2, 2013 / 12:21 am

    catet
    lagi nyari nyari cara mengolah kulit manggis jadi obat

  5. Debora Jhileta Sembiring Maret 6, 2013 / 12:32 am

    sorry saya mau nanya untuk membuat simplisia kulit manggis apa bisa disimpan dalam jangka lama soalnya penelitian saya bulan 5 dan sekarang bln 3 saya mau membuat simplisia untuk menguji kandungan xanthon apa berasalah atau tidak…mohon infonya terima kasih

    • purwatiwidiastuti Maret 6, 2013 / 1:31 am

      mba debora j sembiring,

      silahkan buka hasil2 riset di IPB yang banyak melakukan penelitian tentang kulit manggis
      semoga bermanfaat untuk penelitian mb debora
      saya tgg sharing hasil peneitiannya ya
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2013 / 3:09 am

      terima kasih atas kunjungannya
      salam sehat

      • putri rivandi September 28, 2013 / 9:19 am

        sangat bermanfaat, dan mudah dalam pembuatanya

      • purwatiwidiastuti September 30, 2013 / 1:22 am

        mbak putri rivandi
        terima kasih kunjungannya
        semoga bermanfaat
        salam sehat

  6. Dyah Desember 28, 2013 / 4:57 pm

    sangat bermanfaat info nya namun saya masih ada yang belum jelas yaitu dalam pembuatan kulit manggis untuk dikeringkan tersebut sebelum diiris apakah kuit luarnya yang keras dibuang dulu atau ikut diiris dan dikeringkan ?
    Terima kasih mba

    • purwatiwidiastuti Desember 28, 2013 / 10:15 pm

      Mbak Dyah,
      Begitu buah manggis sudah selesai dimakan, kulitnya dikumpulin trus diiris tipis tipis agar mudah kering. Tidak perlu dalemnya dikerok dulu, langsung saja kulit dalam dan luar.
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Desember 29, 2013 / 11:01 pm

      Dik dyah,
      Kayaknya kmrn sy sudah balas, tp koq terdeteksi blm balas yaaa,,, oke sy ulang
      Yg dikeringkan seluruh kulit baik luar maupun dalam.
      Salam sehat

  7. chandnomore Februari 6, 2015 / 4:26 am

    mau nanya.. kulit manggis yg diambil itu bagian luarnya atau bagian dalamnya yg berwarna merah keunguan?

    • purwatiwidiastuti Februari 8, 2015 / 4:40 am

      Chandnomore,
      Baik kulit dalam san luar sama semua bermanfaat
      Salam sehat

  8. bared Agustus 1, 2015 / 8:10 pm

    Asalam
    Mau nanya
    Kalo kulit manggisnsaya langsung rebus dan langsung d minum air n gak mesti d jus boleh gak
    Dan bagaimna cara membuat teh kulit manggis

    • purwatiwidiastuti Agustus 1, 2015 / 10:18 pm

      Wa’alaikumusalam,
      Kulit manggis segar boleh langsung direbus dan minum. Saya justru lebih suka merebus kulit manggis segar seperti ini.
      Kalau untuk teh, kulitnya diiris tipis-tipis dikeringkan, kalau sudah kering, tinggal diseduh. Bisa diminum panad maupun dingin.
      Selamat mencoba
      Salam sehat

  9. Andika Maret 30, 2016 / 12:48 am

    Mau tanya donk mbk
    berapa lama proses penjemuran kulit manggis,,,dan berapa lama kulit manggis bisa tahan bila disimpan dalam tempat biasa,,bukan kulkas,,,makasih

    • purwatiwidiastuti April 8, 2016 / 7:07 am

      mas andika,
      pada panas terik musim kemarau, sehari penjemuran kulit manggis yang diiris tipis sudah kering
      dan bisa disimpan dalam plastik agar tidak kena udara bisa bertahan sampai pada musim manggis berikutnya

  10. Nuri April 14, 2016 / 4:30 am

    Siang mz tnya dong,,,saya mau tanya kulit manggis yang sudah kering bisa di buat apa saja yy dan bagaimana cara mengolahnya terimakasih

    • purwatiwidiastuti April 15, 2016 / 2:05 am

      mbak nuri,
      kulit manggis kering bisa dibuat wedang kulit manggis, bisa dibuat jus maupun pudding.
      Caranya kulit manggis kering direbus dan airnya yang diminum sebagai wedang kulit manggis, atau diolah lebih lanjut sebagai jus maupun pudding
      selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s