Tips mengurangi rasa sepat kulit manggis

jus kulit manggis buah-buahan“koq sepat ya” Tanya temanku setelah merasakan rebusan kulit manggis yang dijadikan sebagai wedang kulit manggis

“iya juga sich” jawabku padanya

“bahkan aku kalau merebus kulit manggisnya kebanyakan, jadi pahit” lanjutku

Itu sepenggal percakapan dengan temanku mengenai kulit manggis yang sedang ngetrend sekarang ini. Temanku ini bahkan kreatif memadukan kulit manggis dengan daun salam, katanya efeknya membuat badan jadi segar dan terasa fit. Boleh juga dicoba nich kapan-kapan. Ya, manfaat kulit manggis semakin dikenal banyak orang, sehingga banyak orang berkreasi dalam mengkonsumsinya untuk kesehatan.

Ternyata yang mengalami rasa sepat pada kulit manggis tidak hanya aku, bahkan bisa dikata mayoritas pengkonsumsi kulit manggis asli (tanpa campuran bahan apapun) cenderung merasakan rasa sepat ini. Dengan mencoba-coba berbagai cara, akhirnya bisa kutuliskan tips untuk mengurangi rasa sepat kulit manggis.

Kurangi jumlah kulit manggisnya. Baik itu dijus langsung atau direbus dan kemudian diminum air rebusan kulkit manggisnya. Semakin banyak kulit manggis yang digunakan semakin sepat rasa didapat, bahkan bisa menjadi pahit. Pada saat puncak musim manggis yang baru lalu, aku sering merebus 1015 buah kulit manggis untuk 2 kali minum, weeeekkk, rasanya ga enak sama sekali meski sudah ditambah madu, sekarang buah manggis dah mulai berkurang aku jadi cuma merebus 2-3 kulit manggis sekali rebus untuk dua kali minum. Ternyata selain menghemat, rasanyapun menjadi lebih pas. Lagian kalau kebanyakan kulit manggis yang direbus, maka selang beberapa saat setelah minum kepalaku juga serasa pusing, over dosis kali ya.

Tambahkan madu. Baik kulit manggis dikonsumsi dengan cara dijus maupun dengan direbus dulu, tambahkan madu secukupnya, untuk mengurangi rasa sepat. Aku biasanya menambahkan 2 sendok makan madu pada air rebusan yang pekat (kebanyakan kulit manggisnya) atau cukup sat sendok makan kalau airnya tidak pekat (2-3 kulit manggis).

Keringkan. Mengkonsumsi kulit manggis dengan cara dikeringkan dulu dibawah sinar matahari ternyata bisa mengurangi rasa sepat kulit manggis. Disamping rasa sepat, kepekatan warnanyapun berbeda dengan air rebusan kulit manggis segar. Aku tidak tahu apakah ini karena getah kulit manggisnya yang kering karena terpapar matahari atau karena sebab lain.

Nach, kayaknya beberapa bulan kedepan aku harus mengkonsumsi yang kering, karena musim manggis segera berlalu, untungnya aku sudah sempat mengeringkan lumayan banyak untuk konsumsi sendiri sambil menunggu musim manggis mendatang. Semoga cukup ya, tapi kalau nggak ya mungkin harus cari dihemat penggunaannya, hehehe….

Selamat mencoba tips ringan ini dan semoga bermanfaat.

About these ads

44 thoughts on “Tips mengurangi rasa sepat kulit manggis

  1. irma Februari 9, 2012 / 1:20 am

    ijin share…

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 3:50 am

      silahkan mbak irma

    • purwatiwidiastuti Februari 9, 2012 / 8:00 am

      terima kasih atas kunjungannya pak agus
      salam sehat

  2. Marmi hs Februari 11, 2012 / 4:44 am

    Tq infonya ya Mbak,semoga ilmu yg mbak bagi sama kita2 bermanfaat dan Mbak Pur dapat imbalan dr-Nya n ilmunya bertmbah banyak.Sya tunggu ilmunya yg lain ya Mbak

    • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 3:48 am

      mbak marmi hs.
      ma kasih doanya
      salam sehat

  3. Srijusninur Februari 14, 2012 / 5:00 am

    Kalau aku setelah direbus, saat panas gituh aku masukkan bunga rosella. Jadi rasanya asem asem gituh. Seger

    • purwatiwidiastuti Februari 15, 2012 / 3:13 am

      srijusninur,
      wah ide yang menarik, jadi pingin mencoba, ntar kucari bunga rosela dulu ach
      salam sehat

      • Aris Februari 21, 2012 / 9:43 pm

        mbak, saya mau tanya….apa jus/rebusan kulit manggis dapat mengurangi dampak kanker otak???saya udah coba membuat rebusan kulit manggis dengan komposisi yang mbak jabarkan, tapi setelah mengkonsumsi saya jadi mual dan muntah hampir semua isi makanan di perut saya keluar semua. selain itu juga saya jadi diare???mengapa bisa seperti itu????

      • purwatiwidiastuti Februari 22, 2012 / 2:56 am

        mas aris,
        beberapa pembaca juga mengalami itu, ada yang komentar kemudian perutnya jadi lega dan badan jadi enakan.
        menurut beberapa herbalis, kondisi tubuh setiap orang tidak sama sehingga dosis kekentalan dan frekuensi mengkonsumsinya disesuaikan dengan kondisi kita masing-masing.
        ada juga herbalis yang meresepkan kulit manggis dikombinasikan dengan bahan lain sesuai dengan penyakitnya, misalnya lever, kulit manggis dikombinasi dengan temulawak.
        saya pribadi, kalau mengkonsumsi dan dosisnya kebanyakan (terlalu pekat) sehingga rasa cenderung pahit bukan sepat, biasanya kepala pusing, maka sekarang dosisnya saya kurangi dan keluhan pusingnya hilang.
        jangan segan untuk menyesuaikan komposisi/dosis sesuai dengan tubuh mas aris
        semoga kesehatan kembali bersama mas aris
        salam sehat

  4. Nezar Februari 23, 2012 / 10:33 am

    untuk merebus 2 sampe 3 kulit manggis kering takaran airnya berapa gelas dan dididihkan sampai sisanya airnya berapa gelas

    • purwatiwidiastuti Februari 24, 2012 / 12:08 am

      nezar,
      2-3kulit manggis dengan air 4 gelas jadi 2 gelas
      agar rasanya tidak sepat,tambahkan gula aren
      salam sehat

  5. Fatimah Maret 18, 2012 / 8:43 am

    klo aq mah ngejuz nya aq tambahin strawbery kdng terong belanda kdng wortel biar variasi dan ga bosenin gt,, rasanya jdi tmbah Enakkkk n segerrrr..

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 2:00 am

      mbak fatimah,
      wooouuuw…ide yang bagus, kapan-kapan akan saya coba dengan strawberry dan terong belanda
      salam sehat

  6. Mbok nem Maret 23, 2012 / 4:13 am

    Klo aku ngrebusnya tak tmbhi gula jawa n grm dikit,mayan kok,rasa sepatnya berkrng

    • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 3:45 am

      mbok nem,
      matur nuwun bagi2 resepnya
      salam sehat

      • Mbok nem Maret 31, 2012 / 4:13 am

        Sm2 mbak pur,salam sehat jg,stlh bc artikel njngn n sdh 3bln ini sy konsumsi,alhamdulillah tdk prnh skt kpl,tbh tmbh vit,tank berat ya…

      • purwatiwidiastuti April 2, 2012 / 2:08 pm

        mbok nem,
        sama2 mbok, ditunggu sharing pengalamannya mengkonsumsi kulit manggis ya mbok
        salam sehat

  7. riekomariah Mei 8, 2012 / 8:11 am

    Salam sehat mb pur,
    Mba pur skrg nyari manggis yang bagus susahnya…
    Yang aku dapatin yang kulitnyaa keras,itu bagus ngga sih mba pur,trmksh

  8. budhiardjo Juni 6, 2012 / 8:35 am

    kalo merebus sendiri tanpa takaran (sejumlah kulit manggis berikut kulit luarnya, tanpa kelopak, tanpa biji, tanpa tangkai yang ditambah air secukupnya dan direbus di tempat berbahan enamel) apakah sudah benar?

    mengingat bahwa seperti tumbuhan lainnya yang mengandung racun alami dan membahayakan bila dikonsumsi (secara langsung atau tidak) dalam jangka waktu lama akan berakibat buruk pada kesehatan

    saya ingin mencari obat alternatif untuk istri saya yang didiagnosis gejala batu empedu yang konon bisa disembuhkan dengan minum air rebusan kulit manggis

    terima kasih

    • purwatiwidiastuti Juni 6, 2012 / 9:07 am

      pak budhiardjo,
      kalau yang saya tahu sebaiknya bukan direbus di panci alumunium, sehingga kebanyakan yang ada/disarankan adalah pakai bahan dari gerabah ataupun keramik.
      Iya, memang sebaiknya kulit manggis memang tidak dikonsumsi secara terus menerus dalam waktu lama, atau berjeda. Bahkan di beberapa terapi penyembuhan biasanya juga hanya kisaran mingguan koq.
      semoga istri bapak sembuh dengan mengkonsumsi kulit manggis
      salam sehat

      • budhiardjo Juni 6, 2012 / 10:25 am

        berjeda maksudnya bagaimana Bu?
        ada aturan untuk interval dan dosis maksimalnya (cc per kg atau sejenisnya)?

        maaf kalo banyak nanya

  9. Ping-balik: meirosenta
  10. prapti yo Februari 28, 2013 / 4:18 am

    mb pur, kalo rebusan kulit manggis aman nggak tuk mag/asam lambung

    • purwatiwidiastuti Februari 28, 2013 / 5:26 am

      mbak prapti,

      saya dulu juga menderita asam lambung/maag, setelah rutin minum jeruk nipis maag kemudian menjauh dan sekarang minum kulit manggis semua baik-baik saja.
      salam sehat

  11. Gilang Maret 9, 2014 / 11:23 pm

    Mmbak saya izin tanya kenapa ya sehabis minum air godokan manggis badan jadi lemas? terus butuh berapa lama untuk menggodok kulit manggis? Trims

    • purwatiwidiastuti Maret 10, 2014 / 6:30 am

      Mas gilang,
      Apakah minumnya setelah atau sebelum makan?
      Sebaiknya kulit manggis diminum dalam keadaan perut isi.
      Waktu merebus tergantung jumlah air yang dipakai dan tujuan minum air rebusan kulit manggis
      Klo sekedar utk minuman ya, setelah air mendidih cukup, klo utk pengobatan mengikuti takaran yg dianjurkan
      Salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s