Meningkatkan HDL….mana mungkin

bakso“Berapa total kolesterolmu” atau “berapa skor LDLmu (kolesterol jahat)” itu adalah dua pertanyaan umum yang diajukan oleh orang yang berdiskusi tentang tingginya kolesterol mereka. Jarang yang membahas tentang “berapa jumlah HDLnya (kolesterol baik)”

Dulu sebelum sering bercengkerama dengan mbah googlepun aku juga selalu mengajukan dua pertanyaan pertama (total kolesterol dan LDL/kolesterol jahat), jarang bertanya tentang HDL (kolesterol baik).

Untuk orang awam dunia kesehatan seperti aku ini, maka aku selalu mengumpamakan LDL/kolesterol jahat sebagai sapah sedangkan HDL/kolesterol baik sebagai sapu, sedangkan arteri atau jalan darah sebagai got, sehingga kalau membahas tentang bagaimana mencegah serangan jantung ataupun stroke akibat penyumbatan pembuluh darah aku hanya menyarankan perbanyak sapu (HDL/kolesterol baik) dan kurangi sampah (LDL/kolesterol jahat) dengan gaya hidup sehat yaitu dengan pola gerak, makan dan istirahat yang seimbang.

Trus bagaimana caranya meningkatkan HDL, ada banyak tulisan/tips  meningkatkan HDL/kolesterol baik, tapi aku hanya akan menyampaikan dua dara yaitu:

  • Olahraga, latihan beban merupakan salah satu cara meningkatkan HDL yang efektif. Tetapi ada penelitian juga yang menyebutkan aerobik juga bagus untuk meningkatkan HDL. Disebutkan  aerobik yang rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL 3-9%. Lakukanlah aerobik sedikitnya 30-60 menit sesering mungkin setiap minggu. Sebaiknya, olahraga setiap hari atau joging setiap hari, naik sepeda atau berenang. Jika tidak bisa melakukan olahraga dalam satu waktu khusus, maka anda dapat melakukannya dalam beberapa waktu dalam satu hari. Yang tinggal di Yogya bisa sekalian  ikut mensukseskan program pak walikota untuk ber “sego segawe” atau B2W bahasa keren orang-orang metropolitan.
  • perbanyak konsumsi lemak baik, Diet yang sehat meliputi beberapa lemak, namun ada batasannya. Diet yang sehat bagi jantung, 25-35% dari total kalori harian berasal dari lemak, tetapi lemak jenuh sebaiknya dihitung kurang dari 7% dari total kalori harian. Hindari makanan yang mengandung lemak trans, yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL. Misalnya, margarin, produk roti, dan semua yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi sebagian (partially hydrogenated vegetable oil). Lemak tak jenuh tunggal(Monounsaturated fat) ditemukan dalam zaitun, minyak kacang & canola yang lebih sehat dan meningkatkan HDL. Kacang-kacangan, ikan, dan makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 merupakan pilihan yang baik. Andalanku kalau berdiskusi tentang cara mengkonsumsi lemak baik adalah dengan memperbanyak makan alpukat, orang sering heran, karena kebanyakan orang mengatakan/berpendapat bahwa alpukat bikin gemut…eeeiiitt….jangan salah yang bikin gemuk karena kita beli jus alpukat dengan susu coklat dan rasa manisnya, apalagi kalau pesannya avocado fload dengan ice cream diatasnya, ya otomatis gula itulah yang bikin gemuk. yogaarap dicatat, alpukat menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol “baik”). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes. Sebuah studi yang di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengurangi kadar LDL (“buruk” kolesterol).

Selamat berolahraga dan ditutup dengan makan alpukat, semoga HDLnya meningkat.

Iklan

10 thoughts on “Meningkatkan HDL….mana mungkin

  1. Ari Mei 3, 2012 / 1:27 pm

    Saya cek lab : trigl : 151, ttl koles :271, hdl : 49, ldl :199, asm urat : 7,9 … umur saya 36 thn… kira2 belimbing bs mnurunkan asm urat dan darh tinggi ga ? Thx

    • purwatiwidiastuti Mei 4, 2012 / 12:15 am

      mas ari,
      belimbing memang salah satu buah manjur untuk menurunkan asam urat dan darah tinggi selain apel hijau.
      namun kalau menilik dari usia mas ari, menurut saya yang paling utama adalah jalani gaya hidup sehat, dengan pola gerak, pola makan dan pola istirahat yang seimbang.
      lebih baik mencegah daripada mengobati khan mas ari
      salam sehat

      • alfrest Oktober 16, 2012 / 2:59 am

        mas ari,
        trigl normal, ttl koles tinggi, hdl rendah (usahakan >55), ldl sangat tinggi (jelek), umur mas masih aktif dan bisa diatasi dgn sprti yg disampaikan mba purwati,….mungkin mas ari jarang konsumsi kacang2 dan roti tetapi lebih banyak daging ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s