Tips meningkatkan HDL

jalan sehatSeperti telah diulas dalam artikel sebelumnya akan pentingnya untuk memperhatikan komposisi kolesterol dan tidak hanya melihat pada skor total kolesterol saja. Menjaga komposisi/rasio antara total kolesterol dengan HDL dibawah 5 dan rasio antara LDL dengan HDL dibawah 3 adalah adalah sama pentingnya dengan menjaga kolesterol berada dalam standar normal.

Orang sering terfokus pada jumlah total kolesterol dan jumlah LDL, tetapi mengesampingkan jumlah HDL yang merupakan kolesterol baik dan berfungsi seperti sapu untuk membersihkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) dari saluran/pembuluh darah. Pada beberapa kasus yang dialami kolegaku yang “bersahabat” dengan problem jantung, mereka mempunyai total kolesterol rendah, namun HDL juga rendah.

Kadar kolesterol menurut National Cholesterol Education Program adalah:
•    Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
•    Kadar kolesterol HDL lebih dari 40 mg/dL
•    Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
•    Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Setelah berburu artikel tabloid, majalah, koran harian maupun bertanya pada mbah google, akhirnya kudapatkan beberapa tips untuk meningkatkan kadar HDL sebagai berikut:
1. Pasang target. Kadar kolesterol diukur dalam satuan miligram (mg) kolesterol per desiliter (dL) darah. Sebagian besar orang harus mencapai kadar 60 mg/dL atau lebih. Jika di bawah 40 mg/dL akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Pada pria, kadar kolesterol HDL rata-rata berkisar 40-50 mg/dL. Berterimakasihlah pada hormon wanita yang memberikan efek positif pada kolesterol HDL, Rata-rata wanita bervariasi, dengan kolesterol HDL berkisar 50 to 60 mg/dL. Namun, baik pria dan wanita akan lebih baik jika menaikkan rata-rata tersebut. Aku pernah mempunyai skor HDL 90, tetapi sampai sekarang masih berkisar 60-70.

2. Selalu mengkonsumsi makanan kaya serat . Makanan kaya serat ini bisa diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Serat yang ada dalam makanan kita akan membuang kelebihan kolesterol bersamanya dalam tinja. Alpukat banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang ada adalah lemak baik, sehingga tidak perlu dihindari.
3.  Memilih susu rendah lemak. Tubuh kita sudah memproduksi 70-80% kebutuhan kolesterol, sehingga kita hanya butuh sedikit (20-30%) kolesterol dalam makanan dan minuman kita. Sehingga kita hanya butuh mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 200 mg/hari.yoga
4. Meningkatkan aktivitas fisik /berolahraga secara teratur. Latihan beban merupakan salah satu cara meningkatkan HDL yang efektif. Tetapi ada penelitian juga yang menyebutkan aerobik juga bagus untuk meningkatkan HDL. Disebutkan  aerobik yang rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL 3-9%. Lakukanlah aerobik sedikitnya 30-60 menit sesering mungkin setiap minggu. Sebaiknya, olahraga setiap hari atau joging setiap hari, naik sepeda atau berenang. Jika tidak bisa melakukan olahraga dalam satu waktu khusus, maka anda dapat melakukannya dalam beberapa waktu dalam satu hari. Yang tinggal di Yogya bisa sekalian  ikut mensukseskan program pak walikota untuk ber “sego segawe” atau B2W bahasa keren orang-orang metropolitan.
5. Memilih lemak yang baik. Diet yang sehat meliputi beberapa lemak, namun ada batasannya. Diet yang sehat bagi jantung, 25-35% dari total kalori harian berasal dari lemak, tetapi lemak jenuh sebaiknya dihitung kurang dari 7% dari total kalori harian. Hindari makanan yang mengandung lemak trans, yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL. Misalnya, margarin, produk roti, dan semua yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi sebagian (partially hydrogenated vegetable oil). Lemak tak jenuh tunggal(Monounsaturated fat) ditemukan dalam zaitun, minyak kacang & canola yang lebih sehat dan meningkatkan HDL. Kacang-kacangan, ikan, dan makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 merupakan pilihan yang baik.

6. Mempertahankan berat badan ideal dan mengurangi berat tubuh bagi yang kegemukan. Berat badan dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Tapi ada kabar bagus, jika anda kelebihan berat badan, bahkan kehilangan beberapa pon saja dapat meningkatkan kadar HDL anda. Setiap kehilangan 1 kg (2 pon), HDL anda dapat bertambah 0.35 mg/dL dan kurang lebih 1 mg/dL untuk setiap 3 kg (6 pon). Untuk mempertahankan berat badan anda dalam kisaran yang sehat, fokuslah pada perubahan pola makan dan berolahraga. Motivasikan diri anda dengan mengingat manfaat dengan menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, lebih berenergi, dan kekebalan tubuh meningkat.

7. Memilih ikan daripada daging. Ikan lebih banyak kandungan protein dan omega yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan pembakaran lemak, sedangkan daging lebih banyak kandungan lemaknya. Variasikan menu masakan ikan, sehingga bisa menjadi lauk yang menaik sebagaimana gasing sapi maupun ayam.

8. Berhenti merokok. Merokok menurunkan kolesterol HDL dan meningkatkan kecenderungan darah anda menggumpal. Bila anda perokok, berhentilah. Agar berhasil, anda dapat mencoba lebih dari satu strategi pada waktu yang bersamaan. Misalnya, kombinasikan pengobatan untuk menurunkan efek nikotin dengan kelompok pendukung atau konseling. Bicarakan dengan dokter anda mengenai pilihan yang dapat digunakan untuk berhenti.

9. Bijaklah konsumsi alkohol. Dalam beberapa studi, konsumsi alkohol yang bijak(terutama anggur merah) berkaitan dengan meningkatnya kadar kolesterol HDL. Namun, manfaatnya tidak terlalu besar untuk dapat direkomendasikan pada orang yang bukan peminum. Jika anda memilih untuk meminum alkohol maka lakukanlah secara bijaksana. Artinya tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

10. Menambah suplemen alami dari makanan, antara lain asam lemak omega 3 (didapat dari ikan), omega 6 (di dapat dari kedelai, jagung), omega 9 (minyak zaitun satu sendok per hari, alpukat dan kacang rebus).

11. Mengkonsumsi fitosterol 2 mg/hari. Fitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar lebih optimal penyerapannya, bahan pembawa fitosterol harus susu.

Selamat menaikkan HDL.menjemput matahari

About these ads

72 thoughts on “Tips meningkatkan HDL

  1. warozzo Januari 31, 2010 / 12:27 am

    Trims atas infonya. HDL saya ada di perbatasan, tp LDL saya tinggi

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2010 / 12:38 am

      semoga bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol, baik untuk meningkatkan HDL, menurunnkan LDL dan menjaga komposisi total dg HDL dan LDL dg HDL

  2. Ardiansyah Laode Februari 12, 2010 / 6:38 am

    Informasinya sangat berguna sekali bagi saya.

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2010 / 8:25 am

      alhamdulillah

  3. budibolang Mei 2, 2010 / 9:57 am

    Thanks mbak, kolesterol saya total 140, LDL 99,2 tapi HDL cuma 27, masalahnya uric acid juga tinggi, 7,92, kalo makan kacang2 atau alpukat, yg tinggi purinnya, ntar u.a nya naik, jogging setiap hari sudah dilakukan, tolong dong mbak pencerahannya thanks.

    • purwatiwidiastuti Mei 3, 2010 / 3:34 am

      Selamat pak budi bisa rajin jogging, pertahankan ya pak.
      total kolestarolnya sudah bagus, yang perlu ditingkatkan adalah HDL (pria minimum 40) bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang bisa meningkatkan HDL seperti alpukat, sayuran hijau tetapi karena alpukat meningkatkan ua pak budi maka bisa diganti buah yang berwarna ungu/merah yang kaya antioksidan.
      sedang ua pak budi yang tergolong tinggi, coba rajin mengkonsumsi buah blimbing (bisa dimakan langsung ataupun di jus) kalau tidak ada masalah tekanan darah.
      semoga bapak selalu sehat.

  4. rully kurniawan Juni 24, 2010 / 1:01 pm

    bagus banget ni websitenya..
    dulu kolesterol saya 200, HDL 37, LDL 140, Triglicerid 140.
    setelah saya melakukan diet rendah lemak, makan sayur2an dan sering makan tomat, Kolesterol saya 164, Triglicerid 125, LDL 125, HDL 31.
    Kok HDLnya ikut Turun ya?? :(

    • purwatiwidiastuti Juni 24, 2010 / 11:43 pm

      sudah dibarengi olahraga belum? tidak selalu diet rendah lemak akan menaikkan HDL kalau pilihan menunya tidak pas.
      HDL bisa dinaikkan dengan memilih lemak yang bagus seperti lemak yang ada dalam buah alpukat dan dikombinasi dengan olah raga.
      jadi alpukat tidak harus dihindari
      coba dech….mudah2an HDL akan naik…

  5. nadia Agustus 15, 2010 / 2:10 am

    info nya oke banget nih.

    Pemeriksaan bulan Juli 2010:
    total koleterol 162 HDL 26 LDL 106,4 trigeliserid 148 Uric acid 4,0
    BMI 24,4

    Olah raga memang ngga teratur

    Sudah sekitar 6 bulan:
    Makan pagi roti gandum tanpa margarin/selai
    Makan siang kentang rebus, plus sayuran baik mentah atau rebus
    Makan malam buah2an

    Selain olah raga teratur gimana cara menaikkan HDL?

    • purwatiwidiastuti September 16, 2010 / 2:43 am

      coba konsumsi alpukat

  6. Syahrial Desember 23, 2010 / 2:21 pm

    Terima kasih infonya, ini sangat membantu saya, hari ini saya cek cholesterol, total 151, LDL 88, hdl 35, trigliserida 72. Saya lumayan rajin olahraga tapi hdl tetap rendah. Saya kurangi makan kacang2an Dan alpukat Ken takut nail lagi, rupanya keliru. 3 bln lalu total saya 249.

  7. ardy bengs Januari 24, 2011 / 12:36 am

    info yg bagus… pas buat aku nih :D

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2011 / 12:38 am

      alhmdlh

  8. ucup Februari 27, 2011 / 3:51 am

    assalamulaikum
    saya lutut agak ngilu kalo wat jalan, lalu periksa darah hasilnya asam urat 6,7, kolesterol 264, HDL 59, LDL 175 dan trigliserida 152. umur saya 32 thn. apakah ngilu lutut ada hub dg kolesterol sy yg 264?

    • purwatiwidiastuti Februari 28, 2011 / 1:22 am

      walaikum salam.
      setahu saya tidak mas, karena saya pernah kolesterol 267 lutut nggak ngilu. kemungkinan karena mas ucup sensitif terhadap asam urat, kebetulan diambang atas. Karena mas ucup masih muda, saya yakin dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat maka keluhan itu akan mudah diatasi.
      Apalagi mas ucup relatif banyak aktivitas (HDL) maka komposisi total kolesterol:HDL (<5) maupun LDL:HDL (<3) bisa diperbaiki.
      Tetap semangat mas.

  9. Hadi sucipto Maret 11, 2011 / 6:00 am

    alhamdulillah akhirnya aku temukan tipsnya , sejak lihat hasil cek up lemak darah pikiran jadi kacau karena hdl 30,ldl 106, tg 144, total 165. trims dan akan aku coba

    • purwatiwidiastuti Maret 11, 2011 / 6:47 am

      alhmdlh..selamat mencoba, semoga sukses, jangan lupa bagi cerita suksesnya ya.

  10. arie Juli 18, 2011 / 11:03 am

    hallo mba…
    wah saya baru dapat blog mba ini…

    mohon pencerahan mba… tadi saya habis periksa darah di lab dan didapati hasil kolesterol saya adalah sbb:
    hdl 18, ldl 107, dan tgl 176…

    kolesterol total ditulis 160…

    uric acid 6,4

    kalau membaca artikel mba ini kadar hdl saya sangat rendah…

    mohon pencerahannya mba…

    Terima kasih.

    • purwatiwidiastuti Juli 22, 2011 / 8:09 am

      hallo juga mbak ari
      kalau lihat datanya kolesterolnya bagus kecuali hdl yang perlu ditingkatkan, tapi jangan khawatir meningkatkan hdl lebih menyenangkan dibanding menurunkan ldl koq,
      coba perbanyak konsumsi alpukat bisa dijus atau dimakan biasa, cukup 1 buah perhari, kalau ada bakat gemuk lebih baik pake madu dibanding pake gula
      kemudian rajin berolahraga, pilih yang disukai dan pertahankan konsistensi berolahraga
      insya allah hdl akan meningkat sesuai yang diinginkan, sebaiknya hdl wanita diatas 60, pria diatas 40
      salam sehat

  11. ilham November 25, 2011 / 3:32 am

    Seumur-umur saya baru melakukan pengecekan darah. umur saya 39 tahun…pada leher terasa sakit atau pegal…saya coba cek darah.ternyata gula darah 85, asam urat 7.7 , colesterol total 185, LDL 129, HDL 29, memang saya perokok kira2 1 hari 2 bungkus, apakah rokok berpengaruh besar terhadap penurunan HDL, dari dulu susah sekali berhenti merokok maklum sudah 25 tahun merokok & saya suka sekali makan telor setiap hari bisa 2 butir telor, apakah telor (terutama Kuning telor) bisa meningkatkan LDL? untuk sayuran saat ini saya kurangi karena saya punya asam urat terutama bayam dan kangkung, Olah Raga kadang2 sabtu dan minggu saja,… Gimana ya Mba supaya HDL saya naik, LDL turun dan asam urat juga turun…terimakasih
    ilham

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2011 / 1:35 am

      Mas Ilham, hasil cek darah untuk gula dan kolesterol sudah bagus, hanya perlu memperbaiki rasio kolesterol LDL:HDL agar berada dibawah 3 ya, yaitu dengan meningkatkan HDL, cobalah dengan meningkatkan aktivitas olahraga secara teratur dan makan buah alpokat, jangan kuatir jadi gemuk karena yang bikin gemuk bukan alpokatnya tetapi es krim, gula ataupun susu yang menyertainya
      untuk menurunkan asam urat coba jauhi BENJOL (Bayam, Emping mlinjo, Nangka, Jerohan, Otak dan Lemak-lemakan lainnya), coba juga minum jus blimbing 1gelas/hr
      semoga rasio kolesterol membaik dan asam urat menurun
      salam sehat

  12. Muhammad Ridwan Desember 2, 2011 / 8:02 am

    Thanks for ur info

    Ridwan

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2011 / 1:24 am

      you are welcome

  13. untung Februari 17, 2012 / 6:54 am

    waah bagus infonya mbak purwatiridiastuti…. namanya panjang hehehe :)

    • untung Februari 17, 2012 / 7:01 am

      maaf mbak purwatiwidiastuti sampai salah ketik (manual ngetiknya)

      • purwatiwidiastuti Februari 21, 2012 / 1:21 am

        lhoooo pak untung, belum kena pajak sudah salah ketik, nanti kalau kena pajak bisa dianggap belum bayar pajak lho kalau salah nama

    • purwatiwidiastuti Februari 21, 2012 / 1:20 am

      untung,
      kata ayahku gapapa, soalnya nama panjang tidak kena pajak, hehehe

  14. heru Maret 14, 2012 / 4:43 pm

    wah wah wah ada blog bagus sampai gak tahu ….. bener bener kuper saya ini….. makasih mbak PURWATIWIDIASTUTI atas artikel dan penjelasan dari pertanyaan rekan rekan yang telah bertanya ….. semoga bermanfaat bagi sesama

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2012 / 9:46 am

      mas heru,
      terima kasih pujiannya, kata pepatah orang yang pandai memuji berarti orangnya lebih terpuji
      salam sehat

  15. Freddy Maret 20, 2012 / 8:48 am

    Trimakasih mbak , tulisan tulisan nya sangat bermanfaat,
    semoga dapat di baca banyak orang

    • purwatiwidiastuti Maret 20, 2012 / 8:58 am

      mas freddy,
      alhamdulillah, terima kasih atas doanya
      salam sehat

  16. tri supriyanto Maret 29, 2012 / 11:50 am

    terima kasih infonya mbak pur. hdl sy 26, ldl 227, ttl kolesterol 273. mhn bantuannya

    • purwatiwidiastuti Maret 29, 2012 / 2:08 pm

      mas tri supriyanto,
      sama2 mas tri…cobalah untuk merubah menjadi bergaya hidup sehat, dengan pola makan, pola gerak yang serasi
      hdl bisa ditingkatkan dengan olah raga dan juga mengkonsumsi alpokat maupun kacang2an, sejauh tidak ada asam urat
      dengan mengurangi lemak jahat dari daging merah dan gorengan, insya allah ldl akan turun
      salam sehat

  17. roy April 2, 2012 / 1:35 pm

    Terima kasih banyak infonya,
    Hasil lab terbaru saya, HDL 25, Total 164, Trigliserid 70, gula darah 95, Asam Urat 6,1.

    Saya olah raga rutin jalan cepat di treadmill 3 sd 4 kali seminggu. Umur sy 40 tahun. Saya cukup menjaga pola makan tetapi kenapa HDL saya rendah ya?

    Terima kasih.

    • purwatiwidiastuti April 2, 2012 / 2:06 pm

      mas roy,
      kalau dilihat total kolesterolnya sudah bagus, tetapi berapakah LDLnya ya?
      bila olah raga sudah rutin, coba dievaluasi apakah makanan yang dikonsumsi termasuk yang bisa meningkatkan HDL seperti alpokat, kacang-kacangan. Tetapi kayaknya mas roy, mesti agak hati-hati karena asam uratnya termasuk mendekati batas atas ya
      salam sehat

  18. Jabbar Ahmad Mei 19, 2012 / 2:10 am

    Selamat menjaga diri kita sendiri, sebelum semuanya terjadi

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2012 / 11:04 am

      salam sehat pak Jabbar Ahmad

  19. ebenezer Juli 25, 2012 / 7:34 am

    bru nyadar selama ini saya merusak tubuh saya sendiri..
    thanx tips ttg kolesterolnya ya mbak..

    • purwatiwidiastuti Juli 25, 2012 / 7:51 am

      ebenezer.
      sama2…
      salam sehat

  20. Loyn Agustus 11, 2012 / 4:35 pm

    waah bermanfaat sekali artikelnya Bu…
    dari medical chek-Up saya kemarin didapat cholesterol total 192, Trigliserida 152, HDL 39, LDL123, asam urat 6,1….kemudian LED(laju endapan darah) 8…kira-kira apa yang harus saya lakukan…umur saya 30 tahun

    thanks

    • purwatiwidiastuti Agustus 12, 2012 / 2:26 pm

      loyn,
      mengingat loyn masih muda, namun HDLnya masih dibawah standar, kemungkinan karena belum menalani gaya hidup sehat seperti kurang gerak, sehingga sebaiknya Loyn melakukan olahraga ritmis secara rutin dan kombinasikan dengan makanan utk meningkatkan HDL seperti alpukat yang kaya akan lemak sehat….
      salam sehat.

  21. dafiyuddin1 Agustus 18, 2012 / 5:03 am

    Assalamualaikum..

    Salam sehat Bu Tiwi. Beruntung sekali sy mampir di blog ini.
    Kmrn sy cek kolesterol di klinik kntr, dicek menggunakan alat portable sebesar korek api kayu. Dan didapat hasilnya kolesterol sy 261, tp sy tdk tau komposisi Hdl, Ldl & Tri -nya. Seblmnya kolesterol sy memang naik turun.
    Usia sy 26 thn. Jarang olahraga (rata2 2x seminggu jalan kaki).
    Dan bdn sy pegal2 terutama paha kiri bag belakang linu. Apakah ada potensi asam urat naik? Sblmnya normal.

    Trmaksh byk sblmnya Bu Tiwi.

    Wassalam.

    • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 5:02 am

      dafiyuddin 1,
      usia anda masih muda, sebaiknya menginvestasikan diri dengan gaya hidup sehat demi masa depan yang lebih sehat.
      bangun tubuh dengan aktif berolahraga, saya yakin kolesterol maupun asam urat akan menjauh dari anda.
      salam sehat

  22. bhersas September 18, 2012 / 6:59 am

    asslkm mbak Pur, numpang diskusi nih.
    Saya rutin 2 x seminggu jalan kaki skt 2,5 – 3,5 km, badminton 2 x seminggu dilanjutkan jalan kaki untuk menurunkan ritme jantung skt 1,5 km. Tambahan yg lain tapi tidak rutin adl sepeda skt 5-8km. Konsumsi harian saya, sarapan dengan oat meal, makan siang ‘mbontot’ dari rumah untuk menjaga asupan dan minim gorengan, makan malam saya ganti dengan sayur parut [wortel, labu, timun, dlsb] atau kadang jus buah + sayur. Camilan sangat saya kendalikan, kalaupun kepingin biasanya umbi-umbian rebus/kukus.
    Hasil check up saya selalu diatas rata2, dan yang lmyn baik check up terakhir dimana total cholesterol di 242 dg HDL 42 & LDL 166, TGL di 168. Tensi di 120/100.
    Apa yang menurut mbak Pur harus saya perbaiki dalam aktivitas harian saya untuk menurunkan hyperlipid ini? Oh ya, adakah indicator yang menyatakan bhw olahraga tertentu sdh cukup pada kondisi fisik seseorang? Saya sekarang 47 th.Thanks u/ pencerahannya.

    • purwatiwidiastuti September 20, 2012 / 12:31 am

      Bhersas…
      Woouuww pertanyaannya memberondong kayak mitraliur…hehehe bercanda…terima kasih utk sudah mempercayai sy dg bersedia berbagi pengalaman…

      Saya jawab pelan2 yaa…

      Satu hal yg harus dipegang…
      perubahan gaya hidup sangat perlu….dan karena tumpukan kolesterol itu terjadi tidak dalam waktu yg sesaat maka menstabilkan menjadi normal juga tidak bisa sesaat yaaa…setuju khaan..??

      Berikutnya ubah paradigma dari fokus ke angka kolesterol menjadi ke komposisi kolesterol…

      kalau dilihat angka raportnya …. maka yg perlu diusahakan adalah menaikkan HDL…usahakan total kolesterol:HDL<4 dan LDL:HDL<3…maka rasio akan mengecil….
      berdasar survei kecil2an pada beberapa kolega..ternyata para pasien PJK kadar HDLnya rendah atau dibawah 40…

      sehingga semakin tinggi HDL semakin baik…

      Olahraga yg dilakukan sudah baik…yaitu OR yg bersifat ritmis…utk frekuensi yg penting harus ada 1 hari dlm seminggu tubuh istrht
      Sedangkan utk porsi ukurannya detak jantung…ingat kalau ikut skj sll disuruh itung denyut nadi setelah pemanasan, inti dan pendinginan khan…

      Utk meningkatkan HDL selain olah raga konsumsi alpokat dan kacang2an…keduanya tinggi kandungan lemak sehat…ingat konsumsi alpokat bukan membeli jus alpokat atau avocado fload karena itu banyak kalori dan juga gula yaaa…

      Nach utk nurunin TGL usahakan mengurangi porsi nasinya yaa…

      Silahkan dicoba dalam 1 bulan dan nanti sharing lagi yaaa..

      Salam sehat
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • bhersas September 28, 2012 / 6:24 am

        Thank’s mbak Pur atas pencerahannya. Sambil mencoba tetap bertahan dengan hidup sehat & konsumsi obat rutin ya mbak. Oh ya, sya jga skg mencoba konsumsi olive oil 1 ts 2 x sehari. Insya Allah sebulan kedepan setelah check up, saya akan ‘lapor’, hehe. salam sehat juga.

  23. monic Oktober 16, 2012 / 3:44 pm

    assalamualaikum mba, boleh bagi ilmunya gak buat penelitian karya ilmiah saya. mengapa meningkatkatkan aktivitas fisik olahraga yg lebih spesifiknya olahraga aerobic dapat meningkatkan kadar HDL ??
    sekian pertanyaan saya, mohon bantuannya mba :)

    • purwatiwidiastuti Oktober 18, 2012 / 6:33 am

      wa’alaikum salam monic,
      kalau menurut dokter kantor karena aerobic itu ritmic, bersifat pengulangan sehingga bagus utk kesehatan bukan permainan seperti tenis, basket ataupun sepakbola
      semoga membantu
      salam sehat

  24. Andreas November 10, 2012 / 1:15 pm

    Pemeriksaan Agustus 2012 : kolesterol total 251, LDL 198, HDL 48, Trigliserida 130.
    Semenjak itu, sy rajin jogging, konsumsi makanan rendah lemak, makan apel, mengurangi konsumsi karbohidrat, sarapan sereal + susu tinggi protein rendah lemak. Alhasil, pada pemeriksaan November 2012 : kolesterol total 171, LDL 127, HDL 33, Trigliserida 86.
    Ntar sy coba makan alpukat bwt ningkatin HDL.

    • purwatiwidiastuti November 20, 2012 / 2:56 am

      andreas,
      secara total kolesterol sudah turun dan itu bagus, yang perlu kemudian dilakukan adalah meningkatkan HDL diatas 40
      jaga rasio LDL/HDL < 3 ya
      salam sehat

  25. Hidayat Desember 21, 2012 / 9:33 am

    Mbak Pur,

    saya sudah 3 Tahun mengidap kole dan TGL tinggi, Total kole 350 dan Tri 1300, LDL 80, HDL 25. saya kurang olah raga dan susah diet karena bekerja di site, obat dokter dan obat herbal sudah saya coba tapi masih sama. bulan ini saya coba diet karbo dan minum herbal.

    • purwatiwidiastuti Desember 26, 2012 / 1:29 am

      Hidayat,
      tetap semangat dan tetap disiplin,
      saya harga upaya pak hidayat, ingat bahwa tumpukan kolesterol dan sejenis tidak datang tiba2, sehingga upaya ngatasinyappun tak bisa sekejap khan…
      semangat dan semangat
      salam sehat

  26. Winner Februari 3, 2013 / 5:50 am

    Akhirnya ketemu juga dengan blog istimewa ini..
    Saya sangat butuh bantuan dari Ibu Purwatiwidiastuti.
    hasil lab saya tanggal 05 januari 2013,
    kolesterol total : 166, LDL: 114 , HDL:39, Trigliserida : 47.
    setelah mendapatkan hasil lab, saya ubah pola sarapan jadi menggunakan quacker oat. pagi2 minimal 1x 2 hari saya usahakan jalan pagi dan sekali seminggu saya usahakan renang minimal 1 jam.
    yang paling mengejutkan saya, 1 minggu yang lalu saya cek tekanan dara, 145/80.
    mohon pencerahannya Bu buat menurunkan tekanan darah saya.
    apa mungkin ada faktor lain yang harus saya perhatikan, atau memang hanya butuh waktu untuk menurunkan tekanan darah saya.
    saya masih sangat muda. 23 tahun, laki-laki.
    mumpung masih muda dan saya mau tetap sehat.
    salam sehat.

  27. Dede Oktober 9, 2014 / 5:08 pm

    Informasinya bermanfaat banget, kadar kolesterol saya 200 namun belom sampai mengetahui kompoisisi kadar dari masing-masing penyusunnya (LDL-HDL), makasih

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2014 / 10:44 pm

      Pak dede,
      Semoga informasi di blog ini bisa membantu pak dede mengendalikan kolesterol dan menjaga kesehatan
      Salam sehat

  28. ANDI Mei 20, 2015 / 9:59 am

    Terima Kasih Mba Pur atas artikelnya
    Bulan lalu merasakan kaget habis periksa kadar kolesterol mba, umur saya 30 tahun sudah invest kolesterol Total 243, LDL : 179, HDL : 36, Trig : 139, gejala yang saya rasakan awalnya seperti kalo berjalan seakan hilang keseimbangan, dada nyeri sedikit (mungkin karena otot dada kali ya), sampe ke dokter jantung di EKG katanya masih normal, dan tes fungsi hati dan ginjal karena saya ada Mild Fatty Liver dan alhamdulilah masih normal semua baik itu SGPT dan SGOT nya dan apa itu yang diginjal kreatinin, bilirubin atau apalah itu masih dalam batas normal. tapi sayang asam urat saya 7.7 hehehe… saya konsumsi alpukat terus setiap hari selama sebulan ini, olahraga juga ya bisa dibilang teratur lah setiap pagi 30 menit lari joging sampe keluar keringet walopun sedikit ga sampe gobyos. hehe… doakan mba sebulan lagi saya akan cek up dan dapet angka bagus untuk LDL (-) dan HDL (+). takut kena jantung mba, anak masih kecil soale… hadahhhh.. suwun mba

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2015 / 1:57 pm

      Mas andi,
      Upaya yang bagus, dikombinasi pola makan dan pola olahraga. Jadikan gaya hidup sehari-hari, insya allah kolesterol tidak akan jadi masalah.
      Coba sarapannya dengan yg serba direbus seperti ubi jalar, pisang, kacang, edamame.
      Asam uratnya bisa diusir dengan jus belimbing
      Ditunggu sharing hasilnya sebulan lagi ya.
      Salam sehat

  29. andipradan Mei 26, 2015 / 2:20 am

    mba tanya lagi mba? total kolesterol dan HDL saya yang nilainya segitu harus minum obat golongan statin ga ya?
    soalnya dikasih dokter atorvastatin 10mg disuruh minum setiap malam, tapi jarang jarang saya minum ini sudah 1 bulan baru habis 18 butir,heheh saya lebih suka minum sari kulit manggis itu xampthone dan berusaha rubah gaya hidup saja mba + berhenti total merokok (ini yang paling berat seumur hidup, minggu kemaren bocor merokok sehari 1 -3 batang, tapi minggu ini sudah no no no) hiks…. saya pikir walopun mahal ga papalah jus manggis itu dari pada minum obat itu efeknya ke liver dan ginjal kalo terlalu lama. mohon share pengalamannya ya mba. hehe

    • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 4:35 am

      mas andi pradan,
      kalau advis dokter sich diatas 20% dari 200 harus diturunkan dengan obat.
      kalau menurut saya sich, bila ingin cepat turun ya dengan obat, tapi kalau kita lebih mau bersabar sebenarnya dengan merubah pola hidup menjadi sehat seperti yang mas andi lakukan itu jauh lebih baik. oya salut bisa berpisah dengan rokok, bolong sedikit ga papa, harus mau memaafkan diri sendiri yang penting kemudian pisah lagi :)
      ditunggu sharing hasilnya sebulan lagi yaa
      salam sehat

      • andipradan Mei 26, 2015 / 5:38 am

        Iya mba makasi infonya, kalo dgn merubah gaya hidup pengalaman mba pur sammpe berapa lama ya bs berubah nilai kolesterolnya, psikologis saya skrg ini naik turun mba, maklum baru dapet ini penyakit, masih bingung sama tata cara pemeliharaannya, karena yg saya rasakan sampe sekarang kalo jalan rada sempoyongan, pandanngan agak kabur, sulit konsentrasi kalo dibawa duduk ga papa, apalagi tidur enak tenan.. hehe jadi sudah 1 bulan lebih saya merubah pola hidup dan stengah minum obat belum ada hasil apa2 karena masih merasa sempoyongan. Apa ada masalah lain ya mba? Kalo temen2 yg dirasakan kalo kolesterol naik itu cuma tengkuk dan pundak berat nah kalo saya nggak ngerasa itu mba. Mhn bagi pengalamannya lagi mba.. hehehe

      • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:26 am

        Mas andipradan.
        Lhaaa pengalaman saya ngubah gaya hidup itu kolesterolnta juga naik turun.
        Pernah rajin main tenis, tp pulang pasti trus jajan ayam goreng, bebek goreng atau lele…ya hasilnya bukan kolesterol turun malah jadi naik :(
        Tapi yaa harus terud mencari pola yang pas, sampai ketemu pola hidup sehat dg mengkombinasikan pola gerak, pola makan dan pola istirahat yang enjoy dijalani mungkin sampai lebih dari setahun yaa…jadi kalau terhitung bulan jangan cepat berputus asa, teruslah berusaha utk mengeksplorasi kombinasi gaya hidup sehat yg paling nyaman dijalani. Kalau sudah dapat gaya hidup sehat paling nyaman maka kesehatan yang prima juga akan mengikuti.
        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:30 am

        Mas andipradan,
        Maaf ketinggalan njawab, utk rasa sichh koq cuma pundak dan leher kencang yaa…kadang juga di tangan….tapi nggak pakai sempoyongan sich.
        Sudah di cek tensi? Siapa tahu karena tekanan darahnya yg rendah/tinggi.
        Kolesterol itu bukan penyakit, karena kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh, hanya kalau kolesterolnya tinggi daoam jangka waktu lama bisa mengakibatkan penyakit.
        Tetap semangat ya mas andi. Positive thingking dan ikhlas menjalaninya.
        Salam sehat.

      • andipradan Mei 26, 2015 / 2:43 pm

        Itu lah mba, saya ini sudah ikhlas lah dapat peliharaan baru kolesterol dan rela untuk tidak merokok lagi ( biasa 2 bungkus sehari, skrg kecut beneerr), tapi tolong deh jangan sampe kliyengan / sempoyongan kepala ini. Hikss. Susah saya kerjanya. Setiap cek tensi saya allways normal mba 110-120 kadang malah cuma 100, cuma begini mba ketika dibawa sehabbis lari enak mba, baru baangun tidur pun enak mba badan, cuma ketika jalan itu terasa kliyengan tengok kanan kiri terasa benggg bgitulah… besok coba saya cek lengkap deh ke dr syaraf. Takutnya sudah ada yg mulai nyumbat di pembuluh. Sekalian cek telinga sama mata.. mudah2an blm ada yg nyumbat/penyempitan/pengapuran… aminnn bsk tak update lagi mba… salamm sehat…

      • purwatiwidiastuti Mei 27, 2015 / 8:02 am

        mas andi,
        berapa sich kolesterolnya
        kalau setelah lari jadi segar, habis bangun tidur juga jaid lebih segar, menurut logika saya mas andi ini sehat.
        kalau terasa sempoyongan itu kali karena kangen ama ngerokok, jadi perlu diganti nich rokoknya bisa nyanyi, melucu, bercanda dengan kawan, bermainan game, cari ganti kegiatan yang hepi hepi gitu…..nanti akan kebawa suasana hati yang gembira dan hilang itu sempoyongannya
        cobalah banyak tertawa
        salam sehat

  30. andipradan Mei 27, 2015 / 9:33 am

    hahahaha… mba pur ini kaya bude saya aja, jadi kebayang kalo bicara tatap muka pasti persis bude saya… iya mba saya coba hepi hepi ga karuan tapi no rokok lah. thx mba atas adivice nya.. salam sehat

    • purwatiwidiastuti Mei 28, 2015 / 10:02 pm

      Mas andipradan,
      Wach dapat ponakan baru neh.
      Ok, semangat ya nak, hahahaha….
      Kau pasti bisa.
      Salam sehar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s