Apa sih Manfaat Umbi Garut Bagi Tubuh

Air putih1Beberapa hari ini beberapa teman diskusi tentang garut, karena beruntun teman-teman kena thypus dan ada yang maagnya kambuh.

Berdasar pengalamanku kena thypus tahun lalu, aku merasakan manfaat bubur garut yang berasal dari tepung umbi garut. Nah, akupun berburu infi di halaman mbah google dan ada artikel yang menarik tentang manfaat ubi garut itu, semoga artikel yang kuambilkan dari laman mbah google ini bermanfaat.

garutMeskipun bernama umbi garut, namun demikian jenis umbi ini bukanlah jenis umbi khas yang berasal dari daerah garut. Umbi garut merupakan jenis tanaman yang memilki umbi, yang dikenal dengan nama Irut.

Dalam bahasa latin serta bahasa biologisnya dikenal dengan nama spesies Maranta Arundinacea. Umbi garut sendiri memiliki banyak nama tergantung dari daerahnya. Umbi garut sering disebut sebagai sagu belanda, labia walanta, irut, gaerut, angkrik, peda-peda, hula moa, sagu bamban, pantat sagu, dan masih banyak lagi istlah lainnya untuk umbi garut.

Kandungan Gizi dari Umbi Garut

Umbi garut sendiri, sebagai salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Apa saja kandungan gizinya? Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi di dalamnya :

  • Air
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Pati
  • Abu
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Vitamin B6
  • Tiamina
  • Riboflavin
  • Folat

Meskipun bukan merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang terkenal seperti jenis singkong, kentang dan juga ubi jalar, namun demikian ternyata umbi garut memiliki banyak manfaat untuk manusia. Apa saja manfaat dari umbi garut? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari umbi garut :

1. Sebagai sumber energi

Umbi garut merupakan salah satu umbi yang memiliki sumber energi tinggi. Dengan kandungan karbohidrat, lemak dan protein, umbi garut dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan energi anda setiap harinya.

2. Sebagai cadangan makanan pada masa krisis

Meskipun bukan merupakan salah satu jenis umbi yang dijadikan bahan makanan pokok, namun demikian manfaat umbi garut memiliki kegunaan menjadi cadangan makanan pada saat masa krisis. Biasanya dalam masa krisis sring terjadi gagal panen ataupun harga yang melonjak tinggi, sehingga membuat banyaka makanan pook seperti beras menjadi sulit ditemui. Karena itu, umbi garut merupaan salah satu solusi akan kebutuhan pangan dalam menghadapi krisis.

3. Sebagai tanaman hias

Umbi garut juga memilki daun yang cantik dan sering dimanfaatkan untuk menjadi tanaman hias. Selain itu, umbi garut sendiri memilki bentuk yang unik dan sering dimanfaatkan sebagai media lukis dan juga media mewarnai, dengan tujuan hiburan dan juga hiasan.

4. Dapat diolah menjadi tepung

Manfaat umbi garut lainnya adalah dapat diolah menjadi tepung umbi garut. Tepun gumbi garut dibuat sama seperti cara mebuat tepung pada umumnya. Biasanya tepung umbi garut diolah sebagai bubur, yang diberikan kepada orang yang sedang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan. Dimana orang tersebut masih membutuhkan banyak nutrisi, namun tidak dapat menelan makanan dengan baik dan sempurna.

5. Pati umbi garut sebagai dasar pembuatan bedak

Selain dibuat menjadi tepung, sari pati dari umbi garut sering juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pada pembuatan bedak. Beberapa pabrik pengolahan dan produsen dari bedak sering memanfaatkan pati dari umbi garut ini untuk keperluan bahan baku mereka.

6. Dibuat sebagai bubur untuk pengolahan pada pabrik pembuatan kertas

Selain dimanfaatkan oleh pabrik pembuatan bedak, umbi garut juga memilki manfaat yang sangat baik utnuk membantu pabrik pengolahan dan juga produksi kertas. Biasanya pabrik ini menggunakan bubur dari umbi garut untuk kemudian diolah bersama dengan bahan lain yang kemudian akan menghasilkan kertas yang sering kita gunakan sehari-hari.

Selain dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas, biasanya pati dari umbi garut sering juga dimanfaatkan dalam pabrik pembuatan karton, bantal dan jga papan tembok.

7. Ampas sisa pembuatan tepung umbi garut digunakan sebagai pakan ternak

Ternyata manfaat umbi garut sangat berguna loh. Ya, ampas dari umbi garut sering sekali dimanfaatkan menjadi pakan ternak, terutama sapi, kerbau dan juga kambing. Ampas dari umbi garut, meskipun sudaj diolah sedemikian rupa, namun masih memiliki nutrisi tinggi dan juga tentunya dapat menghemat pengeluaran peternak untuk membeli pakan.

8. Pengenyal dan pengental makanan

Tepung yang dibuat dari umbi garut juga sering dimanfaatkan sebagai pengenyal dan juga pengental dari bahan makanan kita sehari-hari. Hal ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan tepung beras dan juga tepung maizena, dimana jenis tepung tersebut mampu untuk mengentalkan dan juga mengenyalkan makanan atau adonan.

9. Mengobati masalah perut apabila patinya dicampur dengan air atau susu

sponsored links

Pati dari manfaat umbi garut yang dibuat menjadi bubur dengan menggunakan air atau menggunakan susu. Hal ini dapat membantu mengobati dan mencegah munculnya masalah pada bagian perut, terutama pada peradangan lambung dan juga bagian usus.

10. Buburnya dimanfaatkan untuk mengobati luka

Selain dapat membantu mengobati masalah perut, campuran dari pati dan juga air dengan umbi garut juga bermanfaat yang baik untuk mengobati luka luar. Campuran air dan juga pati dari umbi garut yang menjadi kental tersebut dapat menjadi salep untuk mengolesi dan membantu menyembuhkan luka luar.

11. Baik untuk memperlancar peredaran darah

Umbi garut memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk memperlancar peredaran tubuh, dimana dengan lancarnya peredaran tubuh, maka tubuh anda akan terasa lebih sehat dan bumbi garut, serta dapat mencegah munculnya gejala anemia.

12. Membantu menjaga ketahanan tubuh

Umbi garut juga baik untuk menjaga ketahanan dan juga kekuatan tubuh. Dengan kandungan mineralnya yang banyak, umbi garut sangat baik untuk tubuh anda, karena dapat meningkatkan energI, sekaligus stamina serta kekuatan tubuh.

13. Daun umbi garut digunakan sebagai pembungkus

Tidak hanya umbinya saja, namun juga daun daru umbi garut juga dapat dimanfaatkan. Biasanya daun dari umbi garut ini sering dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan ataupun pembungkus bahan yang biAsa dijual di pasar, seperti pembungkus daging dan bahan lainnya.

14. Baik untuk kesehatan otak

Manfaat umbi garut memilki kandungan asam folat. Asam folat merupakan salah satu senyawa yang memilki peranan penting dalam mebantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan seseorang, terutama pada masa-masa pertumbuhan.

15. Baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

Terakhir, umbi garut juga memilki kandungan serat yang tinggi. Serat merupakan salah satu kandungan terpenting yang dapat membantu melancarkan pencernaan anda, sehingga anda dapat terhindar dari gejala-gejala dan juga gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare dan juga wasir. Umbi garut yang dibuat bubur garut sangat bagus untuk kesembuhan maag dan thypus. Berdasar pengalamanku kena thypus tahun lalu, bubur garut ini mempercepat kesembuhan thypusku.

Jenis umbi garut ini biasanya sering ditanama di dalam pekarangan rumah, dan juga kebun, namun jarang dimanfaatkan sebagai komoditas yang dijual secara umum. Karena popularitasnya masih kalah dengan jenis umbi-umbian yang lain, seperti singkong, ubi dan umbi lainnya yang mudah ditemui di pasaran.

Nah, itulah manfaat dari umbi garut. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekalian.

Pingin langsing….konsumsi jeruk nipis

jeruk nipis“Buah apa itu mbak, koyoke jeruk ya” tulis temenku dilaman FB temenku SMA

“wee… duwe wit jeruk nipis tooo…” tulisku pula

“Uduk nggonku….nggone pak’e sing ngopeni sapi…aku angger mrono kon njupuk” jawab temenku yang punya laman

Itu sepenggal percakapan tentang jeruk nipis di laman temenku sma. Baca lebih lanjut

Mencegah kelebihan lemak saat lebaran

makan besarTak terasa puasa tinggal 3 hari lagi dan lebaranpun segera tiba. Lebaran identik dengan makanan enak, dan makan enak kebanyakan kaya akan lemak. Ketupat dan opor ayam adalah hidangan yang tersaji dimeja makan setiap keluarga, ketupat bukan lemak namun opor ayam itu kaya akan lemak. Siapa yang tidak setuju kalau lebaran identik dengan makan enak….semua setuju khan…so pasti….

Nach makanan enak yang kita lahap tidak hanya sebatas ketupat dan opor ayam khan. Masih ada menu pelengkap dari ketupat opor ayam yang berupa sambal goreng hati, krupuk udang, dan masih banyak lagi tergantung kebiasaan atau kesukaan keluarga masing-masing. Baca lebih lanjut

Apakah mitos terkait puasa

Azka pegang perutWaduch…aku punya maag nich…mungkinkah aku puasa. Kudengar beberapa cerita kalau orang yang punya maag tidak boleh berpuasa, karena akan meningkatkan asam lambung yang mengakibatkan kekambuhan maagnya. Tapi benarkah demikian. Kalau benar terus harus bagaimana.

“Orang punya maag nggak boleh puasa” begitu komentar salah satu kolegaku

“Lho emang kenapa?” tanyaku

‘Nanti tambah sakit” jawabnya

Karena aku tidak puas dengan jawabannya, maka puasa ramadhan tetap kujalankan dan alhamdulillah semua lancar, maagku tidak kambuh selama bulan ramadhan, bahkan sampai sekarang tidak pernah nongol selama aku tidak melanggar pantangan bagi penderita maag, seperti makan ketan atau pulut dipagi hari. Baca lebih lanjut

Jeruk Nipis dan Kecantikan

“Temen kita ada yang sekarang cantik banget” kata temenku SMA saat ketemuan setelah syawalan beberapa saat lalu

“oya, siapa” tanyaku

“aku juga lupa namanya, padahal dia temen sekelas kita” jawabnya

“lho trus gimana kamu tahu dia teman sekelas” tanyaku lagi

“ya kuikuti waktu ngisi buku tamu” jawab dia kemudian Baca lebih lanjut

Maag vs Puasa

“Assalamualaikum mbk,, thanks bgt tips nya. kebetulan sy jg penderita maag. tp g terlalu meduliin sakit maag saya. jd klo kambung ya sy nikmatin aja rasa perihnya :D makan sya jg g teratur :( boleh tanya g mbk?? sebaiknya penderita maag mengonsumsi obat maag juga ga?? baik saat puasa atau pun ga??…” ini salah satu komentar Nita salah satu pembaca blog ini. Dengan singkat aku jawab, sebaiknya tidak usah minum obat yaa…Ya berdasar pengalamanku yang pernah terkena maag dan dibawah pengawasan dokter memang selama puasa aku tidak mengkonsumsi obat maag, dan sekarang dengan minum dua gelas air dicampur satu butir jeruk nipis begitu bangun tidur -yang sudah kujalani selama 6 tahun terakhir-  ternyata puasaku aman-aman saja dan alhamdulillah maagku menghilang dengan sendirinya.

Lain lagi percakapanku dengan seorang kolega berikut: Baca lebih lanjut