Tahukah ucapan selamat pada hari raya ied

Ucapan Selamat Pada Hari Raya Ied

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah pernah ditanya tentang ucapan selamat pada hari raya; kemudian dia menjawab [1] : “Adapun ucapan selamat pada hari raya Ied, sebagaimana ucapan sebagian mereka terhadap sebagian lainnya jika bertemu setelah shalat Ied, adalah:

(  تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُم  )

‘Semoga Allah menerima amal kami dan kalian’ 

Atau 

( أَحَالَ اللّهُ عَلَيْكَ )

‘Semoga Allah memberi balasan (kebaikan) padamu’. 

Dan ucapan lain yang semisalnya; hal ini telah diriwayatkan dari sejumlah Sahabat Nabi; bahwa mereka biasa melakukan hal tersebut, serta diberikan keringanan oleh sejumlah Imam, seperti Imam Ahmad dan yang lainnya.

Akan tetapi, Imam Ahmad menjelaskan: ‘Aku tidak pernah memulai dalam mengucapkan hal tersebut kepada seseorang. Sedangkan bila orang tersebut yang memulainya lebih dahulu, maka aku akan menjawab.’ Karena, wajib menjawab ucapan tersebut, sedangkan memulai untuk mengucapkannya bukan termasuk sunnah yang diperintahkan dan tidak juga dilarang. Karena itu, orang yang melakukan dan meninggalkannya, masing memiliki panutan. Wallâhu a’lam.” [2]

Al-Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan [3] : “Kami meriwayatkan di dalam kitab Al-Mahâmiliyyât dengan sanad hasan dari Jubair Ibnu Nufair, dia berkata: “Para Sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika bertemu pada hari Ied, sebagian mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: 

( تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمِنْكَ )

“Semoga Allah menerima amal kami dan kamu.’ ”

Di dalam kitab Al-Mughni (II/259), karya Ibnu Qudamah, dia menyebutkan bahwa Muhammad bin Ziyad berkata: “Aku pernah bersama Abu Umamah Al-Bahili dan lainnya dari para Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa jika mereka pulang dari shalat Ied, maka sebagian mereka berkata kepada sebagian lainnya:

( تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمِنْكَ )

“Semoga Allah menerima amal kami dan kamu.’ ”

Imam Ahmad berkata: “Sanad hadits Abu Umamah jayyid.” [4]

_

[1] Majmu’ Al-Fatâwâ (XXIV/253)

[2] Al-Jalal As-Suyuthi menyebutkan dalam risalahnya, Wushûlul Amânî bi Ushûlit Tahânî, beberapa atsar (riwayat) yang bersumber lebih dari seorang kalangan Salaf yang di dalamnya disebutkan suatu ucapan pada hari raya. Risalah ini dicetak dan terkandung di dalam kitab Al-Hâwî lil Fatâwâ (I/81 dan 82). Silakan merujuk kepadanya. Lihat juga kitab Al-Mashnû’ fî Ma’rifatil Hadîts Al-Maudhû’ karya Al-Allamah Ali Al-Qari’ (87) yang disertai catatan kaki pentahqiq-nya.

[3] Fathul Bâri (II/446).

[4] Lihat kitab Al-Jauhar An-Naqiy (III/320). As-Suyuthi berkata di dalam kitab Al-Hâwi (I/81) : “Sanad hadits ini hasan.”

🖊 Asy-Syaikh Abu Al-Harits – ‘Ali bin Hasan bin ‘Ali bin ‘Abdul Hamid Al-Halabi & 

🖊 Asy-Syaikh Abu Usamah – Salim bin ‘Ied Al-Hilali

📚 Judul Asli : Shifatu Shaumin Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam fii Ramadhan – Ahkaamul ‘Iidain fis Sunnatil Muthahharah; Penerbit/Tahun : Al-Maktabah Al-Islamiyyah, Yordania. Cet. IV, Th. 1412 H – 1992 M | Daar Ibnu Hazm, Libanon. Cet. II, Th. 1414 H – 1993 M; Judul Terjemahan : Meneladani Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam Berpuasa & Berhari Raya; Penerjemah : M. Abdul Ghofar E.M.; Editor : Taufik Saleh AlKatsiri, Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Arman Amry, Lc; Murajaah Akhir : Tim Pustaka Imam Asy-Syafi’i; Cetakan Keempat : Rajab 1435 H/Mei 2014 M; Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i; Kedelapan Belas : Ucapan Selamat Pada Hari Raya Ied; Hal. : 214-216

🌐 pustakaimamsyafii.com | Penerbit Penebar Sunnah

♻ Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi

📂 Grup WA & TG : Dakwah Islam

🌐 TG Channel : @DakwahRamadhan 

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan Allâh membalas anda dengan kebaikan karena telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s