Bagaimana seorang muslim mendapatkan lailatul qadar

Bagaimana Seorang Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar?

Orang yang terhalang mendapatkan malam yang penuh berkah itu berarti dia telah terhalang dari semua kebaikan. Tidaklah seorang dihalangi untuk mendapatkan kebaikannya, melainkan dia benar-benar merugi. Oleh karena itu, dianjurkan bagi seorang Muslim yang benar-benar taat kepada Allah untuk menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan penuh harapan akan pahalanya yang besar. Jika dia mengerjakan hal tersebut, niscaya Allah akan memberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosa yang terdahulu.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

(( مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ .))

“Barang siapa shalat pada (malam) Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka akan diberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang telah berlalu.” [7]

Disunnahkan untuk banyak berdoa. Telah diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu ‘Anha; dia menuturkan bahwasanya dia pernah bertanya: “Wahai, Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mendapatkan Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?” Beliau menjawab: “Bacalah:

(( اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ , فَاعْفُ عَنِّي . ))

‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, yang mencintai maaf. Karena itu, berilah maaf kepadaku.’ “[8]

Saudaraku, mudah-mudahan Allah memberi berkah dan petunjuk kepada Anda untuk senantiasa taat kepada-Nya. Sekarang, Anda telah mengetahui hakikat Lailatul Qadar ini.

Oleh karena itu, berusahalah untuk bangun malam pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan menghidupkannya dengan ibadah, serta meninggalkan hubungan suami istri. Perintahkanlah keluargamu untuk melakukan hal yang sama serta perbanyaklah ketaatan pada malam tersebut.

Dari Aisyah Radhiallahu ‘Anha, dia berkata: “Jika memasuki sepuluh malam terakhir, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memperkuat ikatan kainnya [9] sambil menghidupkan malam itu dan membangunkan keluarganya.” [10]

Masih dari Aisyah Radhiallahu ‘Anha: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berusaha keras pada sepuluh malam terakhir, yang tidak beliau lakukan pada bulan-bulan lainnya.” [11]

_

[7] Diriwayatkan oleh Al-Bukhari (IV/217) dan Muslim (no. 759).

[8] Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi (no. 3760), Ibnu Majah (no. 3850) dari Aisyah. Sanad hadits ini shahih. Lihat kembali kitab Bughyatul Al-Insân fî Wazhâ-ifi Ramadhan (hlm. 55-58) karya Ibnu Rajab Al-Hanbali.

[9] Maksudnya, menghindari campur dengan istri dalam rangka meningkatkan ibadah serta berusaha keras untuk mencari Lailatul Qadar.

[10] Diriwayatkan oleh Al-Bukhari (IV/233) dan Muslim (no. 1174).

[11] Diriwayatkan oleh Muslim (no. 1174).

🖊 Asy-Syaikh Abu Al-Harits – ‘Ali bin Hasan bin ‘Ali bin ‘Abdul Hamid Al-Halabi & 

🖊 Asy-Syaikh Abu Usamah – Salim bin ‘Ied Al-Hilali

📚 Judul Asli : Shifatu Shaumin Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam fii Ramadhan – Ahkaamul ‘Iidain fis Sunnatil Muthahharah; Penerbit/Tahun : Al-Maktabah Al-Islamiyyah, Yordania. Cet. IV, Th. 1412 H – 1992 M | Daar Ibnu Hazm, Libanon. Cet. II, Th. 1414 H – 1993 M; Judul Terjemahan : Meneladani Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam Berpuasa & Berhari Raya; Penerjemah : M. Abdul Ghofar E.M.; Editor : Taufik Saleh AlKatsiri, Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Arman Amry, Lc; Murajaah Akhir : Tim Pustaka Imam Asy-Syafi’i; Cetakan Keempat : Rajab 1435 H/Mei 2014 M; Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i; Kesembilan Belas : Lailatul Qadar; C. Bagaimana Seorang Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar?; Hal. : 122-123

🌐 pustakaimamsyafii.com | Penerbit Penebar Sunnah

♻ Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi

📂 Grup WA & TG : Dakwah Islam

🌐 TG Channel : @DakwahRamadhan 

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan Allâh membalas anda dengan kebaikan karena telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s