Tahukah apa itu suplemen makanan (4)

*_Media Kesehatan:_*
Melanjutkan pembahasan yang lalu mengenai suplemen makanan, kini kita sudah tahu bahwa vitamin ada dua golongan, vitamin larut lemak (ADEK) dan vitamin larut air (C dan B).  

*B. Mineral*

Bentuk suplemen yang lain adalah berisi mineral. Berbeda dengan vitamin  yang merupakan senyawa organik (mengandung atom C) mineral merupakan senyawa anorganik. Mineral sebenarya ada banyak macam, namun hanya akan dibahas tiga yang utama yaitu Zink, Kalsium dan Besi. 

*a. Zink*

Zink diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan pembentukan DNA dan RNA.  Zink juga penting untuk menjaga kemampuan sel darah merah mengangkut oksigen. Zink juga dapat memperbaiki dinding saluran cerna, oleh karenanya sering diberikan pada anak yang diare, selain untuk mencegah terjadinya kekurangan Zink.

*b. Kalsium*

Kalsium dalam tubuh penting untuk menjaga integritas sistem persarafan dan otot, menjaga fungsi jantung dan merupakan komponen mineral utama dalam tulang. Kebutuhan kalsium meningkat pada masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, serta pada lansia.

*c. Besi*

Besi dibutuhkan tubuh untuk menjaga kemampuan sel darah merah mengaangkut oksigen ke seluruh tubuh. Besi juga diperlukan untuk aktivitas enzim dalam tubuh. Besi dapat diperoleh dari daging maupun biji-bijian dan sayur. Kebutuhan besi meningkat pada kondisi seperti masa pertumbuhan, menstruasi dan kehamilan, serta yang rutin mendonorkan darah.

———————-

Kontak Admin Media Kesehatan: @mediakesehatan_admin

               ðŸ“’📕📗

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s