Tahukah penyakit alzhaimer

*_Penyakit Alzheimer_*
*_Oleh Lika Aprilia Samiadi  Data medis direview oleh dr. Tania Savitri._*
   

*Definisi*

*_Apa itu penyakit alzheimer?_*

*_Penyakit Alzheimer adalah penyebab hilang ingatan, dan mempengaruhi otak, menyebabkan terganggunya pasien dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Alzheimer mempengaruhi ingatan, bahasa, dan pikiran. Penyakit ini berkembang dengan lambat dan biasanya dimulai dengan gejala pikun ringan. Di tahap terakhir, pasien sering mengalami kerusakan otak yang serius._*

*Rata-rata pasien Alzheimer hanya dapat hidup selama 8-10 tahun setelah infeksi.* Namun, ada keadaan tertentu di mana pasien bisa hidup lebih lama jika cepat terdeteksi dan terobati.

Tergantung setiap orang, penyakit bisa berkembang dengan cepat atau lambat. Walaupun penyakit ini biasanya bukan karena faktor genetik, tapi jika ada anggota keluarga yang sakit, Anda lebih berisiko terkena penyakit Alzheimer.

*_Seberapa umumkah penyakit alzheimer?_*

_Alzheimer umumnya terjadi pada orang lanjut usia. Jika ada orang muda yang menderita penyakit ini, itu biasanya akibat kelainan atau cedera otak. Selalu konsultasi kepada dokter untuk informasi lebih lanjut._

*_Tanda-tanda & gejala_*

*_Apa saja tanda-tanda dan gejala penyakit alzheimer?_*

Gejala awal penyakit Alzheimer adalah sering pikun, termasuk lupa namanya sendiri dan di mana menaruh barang.

Gejala lainnya adalah ingatan yang terganggu, misalnya lupa nama kenalan, menanyakan pertanyaan yang sama atau menceritakan cerita yang sama berulang kali, dan sulit mengingat sesuatu setiap hari.

Di tahap terakhir penyakit Alzheimer, pasien membutuhkan lebih banyak pertolongan dan pada akhirnya mereka perlu perawatan menyeluruh. Tahap akhir penyakit Alzheimer adalah sering tersesat, perubahan emosi dan sifat, dan aktivitas fisik tidak lagi normal.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum. Jika ada pertanyaan tentang tanda-tanda penyakit, konsultasi dengan dokter.

*_Kapan saya harus periksa ke dokter?_*

_Jika Anda mengalami tanda atau gejala di atas atau ingin bertanya, konsultasikanlah kepada dokter. Setiap tubuh bertindak berbeda satu sama lain. Selalu diskusi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik mengenai situasi yang Anda alami._

*_Penyebab_*

*_Apa penyebab penyakit alzheimer?_*

*Penyebab penyakit Alzheimer belum ditentukan.* 
_Pada penyakit Alzheimer, sel otak yang menyimpan dan memproses informasi mulai melemah dan mati. Selain itu, protein abnormal dihasilkan, yang menciptakan plak dan penumpukan di sekitar dan di dalam sel sehingga dapat mengganggu komunikasi._

*_Faktor-faktor risiko_*

*_Apa yang meningkatkan risiko saya untuk penyakit alzheimer?_*
Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, termasuk:

Umur adalah faktor risiko terkuat, terutama setelah berusia 65 tahun
Riwayat penyakit yang sama pada anggota keluarga
Orang yang mengalami gangguan kognitif ringan
Cedera kepala
Gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, merokok, hanya sedikit makan buah-buahan dan sayur-sayuran
Mengidap penyakit kardiovaskular, hipertensi, hiperkolesterolemia, peningkatan kadar homocysteine
Proses pembelajaran dan ikatan sosial: level pendidikan formal yang rendah, pekerjaan yang membosankan, kurangnya aktivitas yang melatih otak seperti membaca, bermain game, bermain alat musik, dan kurangnya komunikasi sosial.

*_Obat & Pengobatan_*

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

*_Apa saja pilihan pengobatan saya untuk penyakit alzheimer?_*

*Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan.* Obat hanya bisa memperlambat perkembangan penyakit termasuk penghambat cholinesterase dan memantine. Selain itu, dokter mungkin meresepkan penenang tambahan yang membantu mengurangi kecemasan, depresi, mudah marah, dan masalah kelakuan lainnya.

Penyakit Alzheimer akan membuat orang mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga Anda tidak boleh mencoba mengubah lingkungan di sekitar pasien (rumah, pengasuh, dan sebagainya) jika tidak benar-benar penting. 
Anda perlu menuliskan berbagai informasi dan memasangnya di beberapa tempat di rumah untuk membantu pasien mengingat hak-hal penting.

*_Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk penyakit alzheimer?_*

Dokter akan mendiagnosis Alzheimer dengan memeriksa kesehatan secara menyeluruh, riwayat pengobatan, dan kepintaran Anda. 
Dokter juga akan memeriksa kemampuan bernalar, koordinasi tangan-mata, keseimbangan, dan sensasi penciuman, serta tanda depresi di saat yang bersamaan.

Scan otak dan tes darah mungkin digunakan untuk mengidentifikasi penyebab lain demensia, misalnya hipotiroid atau kekurangan vitamin B12.

*_Pengobatan di rumah_*
*_Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit alzheimer?_*

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi penyakit Alzheimer:

Mencari orang yang dapat mendukung dan merawat Anda
Cobalah menyederhanakan rutinitas harian dan ruang tempat tinggalNikmati kehidupan dan tidak boleh berpikir negatif tentang penyakitAktif dalam aktivitas sosial, fisik, dan mental. 
Anda atau anggota keluarga mungkin memerlukan perawatan rumahan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

*_Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan._*

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/penyakit/penyakit-alzheimer/amp/

               📒📕📗

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s