Apa itu hematuria (2)

Aku tidak tahu apa penyebab air seniku bercampur darah sampai warnanya seperti air kopi…apakah karena aku overdosis olahraga demi mendapatkan badan langsing, ataukah karena rasa sakit diperut akibat datang  bulan ataukah karena kista ginjal sebagaimana yang terlihat dari hasil USG.

Namun yang paling penting kusyukuri masa itu telah lewat dan alhamdulillah tidak pernah kembali.

Sekarang kita lanjutkan postingan tentang hematuria.

 *_Diagnosis Hematuria_*

Untuk memastikan bahwa perubahan warna pada urine disebabkan oleh adanya darah, dokter akan melakukan tes urine. Setelah tes urine, Anda mungkin perlu melakukan tes darah untuk memeriksa fungsi ginjal.

_Tes pencitraan CT scan, ultrasound ginjal, dan pyelografi intravena_ bisa dilakukan untuk mengenali apakah terdapat batu ginjal atau kelainan lain pada sistem saluran kemih. 

Dokter juga akan menanyakan beberapa hal, termasuk riwayat kesehatan Anda.

Tes pengambilan sampel jaringan seperti sistoskopi dan biopsi ginjal adalah prosedur lebih intensif yang akan dilakukan jika penyebab hematuria masih belum diketahui.

Sistoskopi dilakukan untuk menentukan apakah terdapat sel abnormal atau sel kanker pada kandung kemih. Sedangkan biopsi ginjal dilakukan untuk mencari tahu apakah terdapat kondisi tertentu pada ginjal Anda.

*_Pengobatan dan Pencegahan Hematuria_*

Tidak ada pengobatan khusus untuk menangani hematuria, terlebih jika gejalanya tidak serius. Untuk menangani kasus hematuria, umumnya dokter akan fokus menangani penyakit lain yang diduga menjadi penyebab munculnya hematuria, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

*Penanganan itu dilakukan dengan cara:*
_Memberikan antibiotik untuk mengobati infeksi saluran kemih,_
_Memberikan resep obat untuk meredakan pembengkakan prostat._
_Melakukan shock wave therapy atau terapi gelombang kejut untuk memecahkan batu ginjal dan kandung kemih._

Jika dokter tidak menemukan penyebab utama hematuria, Anda akan diminta untuk melakukan tes urine dan dokter akan memantau kondisi tekanan darah Anda setiap tiga sampai enam bulan sekali. 

Agar terhindar dari hematuria, Anda harus mencegah beberapa penyakit yang berpotensi menyebabkan hematuria, di antaranya:

 *_Batu ginjal._* 
Agar terhindar dari penyakit batu ginjal, Anda disarankan agar meminum banyak air mineral, membatasi konsumsi garam, makanan yang mengandung protein dan oksalat seperti bayam.

*_Kanker ginjal._* 
Untuk mencegah kanker ginjal, hentikan kebiasaan merokok, mengendalikan berat badan, mengonsumsi makanan yang sehat dan teratur, rajin berolahraga, serta jauhkan diri dari paparan bahan kimia beracun.

*_Infeksi saluran kemih._* 
Untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih, usahakan agar mengonsumsi air mineral dan buang air kecil saat merasakan tekanan. 

*Khusus untuk wanita,* Anda wajib membersihkan organ vital dari depan ke belakang setelah buang air kecil dan hindari penggunaan produk pembersih area kewanitaan karena justru bisa menyebabkan iritasi di organ vital Anda.

 *_Kanker kandung kemih._* 
Berhenti merokok, menghindari paparan bahan kimia, mengonsumsi banyak air mineral bisa membantu Anda dalam mengurangi risiko terkenda kanker kandung kemih.

*_Sumber Artikel : http://www.alodokter.com/hematuria_*

*_TEAM ATH-THIB HOLISTIC_*

                  ๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s