Apa itu hematuria (1)

Teringat kejadian puluhan tahun lalu saat badan demam, sakit perut hebat…dan waktu dibawa ke rumah sakit..aku sangat terkejut…air seni yang keluar berwarna seperti kopi…

Baru aku tahu istilah kedokteran yang menjelaskan air seni bercampur darah..dan pemahaman atas kejadian yang sudah lewat puluhan tahun tak ingin berhenti di gadgetku..maka kuposting di blog ini agar bisa dibaca banyak orang.
*_AT-THIB HOLISTIC:_*

 *_”H E M A T U R I A”_*
                 📚 *BAGIAN 1*

*_Hematuria_* 
_adalah istilah medis yang menandakan adanya darah di dalam urine._

Urine akan berubah warna menjadi kemerahan atau sedikit kecokelatan.

Urine yang normal tidak mengandung darah sedikitpun, kecuali pada wanita yang sedang menstruasi.

Hematuria sering terlihat sangat menakutkan dan menimbulkan kekhawatiran, namun kondisi ini jarang menjadi pertanda penyakit yang membahayakan nyawa Anda. Meski begitu, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya darah di dalam urine.

Terkadang, terdapat pula darah yang muncul di dalam urine meski tidak kasat mata. Kondisi ini sering disebut sebagai *_hematuria mikroskopik._* Darah yang terkandung dalam urine hanya bisa dilihat di laboratorium dengan memakai mikroskop. Meski begitu, dokter tetap perlu memeriksa penyebab munculnya darah dalam urine.
💉📥Darah yang ada dalam urine umumnya berasal dari sistem saluran kemih, seperti:
⚪ *Kandung kemih.* Tempat menyimpan urine.

⚪ *Uretra.* Saluran yang dilewati urine dari kandung kemih menuju ke luar tubuh.

⚪ *Ureter.* Saluran dari ginjal menuju ke kandung kemih.

⚪ *Ginjal.* Organ yang berfungsi menyaring darah.
✍🏽📥 Hematuria pada umumnya muncul akibat kondisi medis lain yang mendasarinya. Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasari tersebut. Misalnya, jika hematuria disebabkan oleh infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan resep antibiotik. Namun jika disebabkan oleh batu ginjal, pengobatan bisa dilakukan dengan obat pereda sakit, obat tamsulosin untuk memperlancar keluarnya batu, hingga operasi.

Periksakan diri ke dokter jika Anda merasa warna urine tidak seperti biasanya.

*_Gejala Hematuria_*

Tanda-tanda yang jelas terlihat dari hematuria adalah *_perubahan warna urine menjadi merah muda, kemerahan, atau kecokelatan karena mengandung sel darah merah._* 
Umumnya hematuria tidak terasa sakit, tapi jika muncul darah yang menggumpal bersama dengan urine, kondisi ini akan menjadi menyakitkan.

Beberapa kasus hematuria memang tidak disertai gejala lain sama sekali. Namun ada juga yang mengalami lebih dari hematuria. Gejala-gejala yang menyertai hematuria akan tergantung pada penyebab dasarnya, seperti frekuensi buang air kecil yang meningkat, sakit pada perut bagian bawah, atau bahkan kesulitan buang air kecil. Masing-masing ini akan kita bahas lebih mendalam di bagian _penyebab terjadinya hematuria._

*_Penyebab Terjadinya Hematuria_*
Untuk mengetahui dengan pasti apakah terdapat darah pada urine dan memastikan penyebabnya, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini beberapa penyebab umum munculnya darah dalam urine.

*_Infeksi saluran kemih._* 
Kondisi ini terjadi ketika bakteri memasuki tubuh melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih. 
Gejala lain selain hematuria adalah keinginan untuk terus buang air kecil, sakit dan sensasi rasa terbakar saat buang air kecil, dan urine yang beraroma kuat.

 *_Infeksi ginjal._* 
Gejala yang lainnya adalah demam dan juga sakit pada sisi punggung bagian bawah.

*_Batu ginjal._* 
Jika batu cukup kecil, kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi jika batu berukuran besar dan menghalangi salah satu saluran dari ginjal, akan menyebabkan sakit yang parah.

*_Pembengkakan kelenjar prostat._* 
Kondisi yang umum ini tidak terkait dengan kanker prostat dan cenderung terjadi pada pria dewasa. Kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil dan sering buang air kecil.

*_Kanker prostat._* 
Kondisi ini bisa disembuhkan jika diketahui dan ditangani sejak dini. Cenderung terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun. Perkembangan kondisi ini sangat perlahan.

*_Kanker kandung kemih._* 
Kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

*_Kanker ginjal._* 

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Kanker ini bisa disembuhkan apabila terdeteksi dan diobati sejak dini.

*_Peradangan pada uretra._*
Kondisi yang umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia, akibat terinfeksi bakteri klamidia.

*_Kelainan genetik._* 
Anemia sel sabit adalah kerusakan hemoglobin sel darah karena faktor keturunan. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya darah dalam urine. Selain anemia sel sabit, sindrom Alport juga bisa menyebabkan hematuria. Sindrom ini memengaruhi jaringan penyaring pada ginjal.

*_Obat-obatan._* 
*Obat anti kanker seperti cyclophosphamide dan penicillin bisa menyebabkan hematuria.* Terkadang, kemunculan darah di urine juga bisa dipengaruhi oleh obat-obatan antikoagulan seperti aspirin dan obat pengencer darah seperti heparin.

*_Olahraga secara berlebihan._* 
Kondisi ini mungkin jarang sekali terjadi dan tidak diketahui dengan pasti kenapa bisa menyebabkan terjadinya hematuria, tapi salah satu keterkaitannya adalah karena terjadi trauma pada kandung kemih yang mengalami dehidrasi akibat aktivitas fisik yang berlebihan.

Selain hematuria, ada hal lain yang bisa menyebabkan urine berubah warna menjadi merah muda, kemerahan, atau kecokelatan. Makanan dan obat-obatan bisa menjadi salah satu penyebab perubahan warna urine. 

Buah bit dan beri bisa mengubah warna urine jadi berwarna merah. Lalu obat-obatan seperti antibiotik nitrofurantoin dan obat laksatif sanna bisa membuat warna urine berubah menjadi kemerahan.

Perubahan warna yang disebabkan oleh makanan dan obat seperti di atas akan menghilang dalam beberapa hari. Jika Anda seorang wanita, pastikan darah yang bukan akibat menstruasi.

*_📚Sumber Artikel : http://www.alodokter.com/hematuria

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s