Tahukah cara meningkatkan kadar gula darah

*_20 Cara Meningkatkan Kadar Gula dalam Darah_*

_Kondisi tubuh yang mengalami gula darah rendah atau dalam bahasa medis disebut dengan hipoglikemia merupakan kondisi dimana kuantitas gula darah dalam tubuh kurang dari kuantitas normal. Kadar kuantitas gula darah normal antara satu orang dengan orang lain dapat berbeda-beda._ 

_Gula darah seseorang dapat dikatakan drop jika terbaca kurang dari 70 miligram per desiliter (mg/dL)._ 
_Proses turunnya gula darah dapat berlangsung sangat cepat yaitu dalam hitungan 10-15 menit orang yang mengalami gula darah rendah akan menunjukkan gejala._

_Gejala yang dapat timbul akibat gula darah rendah diantaranya kecemasan, gemetar, kelelahan, lemah, berkeringat, serta detak jantung yang lebih cepat._ 
Jika gula darah sampai turun sampai 50 mg/dL atau 40 mg/dL maka gejala lain dapat terjadi lagi seperti mengalami perubahan perilaku misalnya bingung, gelisah, pusing, bicara yang bermasalah, serta lemah. 

Gula darah seseorang dapat turun hingga 20 mg/dL dan jika tetap dibiarkan atau tidak segera ditangani, maka gejala yang timbul berupa hilang kesadaran atau kejang.

Biasanya kadar gula darah seseorang dapat dilihat normal pada saat orang tersebut telah selesai makan. Kadar gula akan menurun seiring dengan lamanya tidak mengonsumsi makanan. 

Akan tetapi bagi seseorang yang mengalami kadar gula rendah, walaupun setelah makan perlu dilakukan pemeriksaan agar mengetahui dengan pasti kondisi gula darah dalam tubuh. 
Meskipun gejala kadar gula rendah dapat dirasakan secara nyata tetapi tetap perlu melakukan pengecekan kadar gula darah dengan alat medis yang bernama glucosemeter. 

Dengan alat tersebut akan diketahui kadar gula darah dalam tubuh karena terkadang gejala gula darah rendah dengan gula darah tinggi memiliki kesamaan. 

Agar lebih jelas maka perlu pengecekan gula darah dengan alat medis.

artikel terkait: ciri-ciri gula darah rendah –

bahaya akibat gula darah rendah – cara menjaga kadar gula darah agar normal

*_Penyebab Gula Darah Rendah_*
Ada beberapa penyebab gula darah dalam tubuh rendah, antara lain:
*Lupa makan.* Sering lupa makan sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sedikit dan tubuh tidak akan mendapat asupan gula darah cukup dari makanan. [artikel terkait: bahaya akibat tidak makan seharian ]
*Aktivitas fisik berat.* 
Penyebab kedua dapat terjadi karena melakukan hal-hal atau aktivitas fisik yang berat tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang dapat mengganti tenaga yang dikeluarkan sehingga tubuh akan menghabiskan banyak gula darah tanpa ada penggantinya. [artikel terkait: bahaya olahraga yang berlebihan ]
*Konsumsi obat berlebih.* 
Penyebab ketiga adalah berlebihan mengonsumsi obat diabetes oral maupun insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh meningkat. [artikel terkait: efek samping obat jangka panjang]

*_Konsumsi alkohol._* 
Pengonsumsian alkohol dengan kuantitas yang tinggi dapat mengakibatkan kadar gula menjadi rendah. [artikel terkait: bahaya minum alkohol 70 persen – bahaya minuman keras bagi kesehatan – efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial]

*_Cara Meningkatkan Kadar Gula Darah yang Rendah_*
Untuk mengatasi gula darah rendah maka anda dapat mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. 
*Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dijelaskan sebagai berikut:*

*1. Daging Merah*

Daging merah merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada penderita kadar gula rendah. Bagi orang yang mengalami kadar gula darah tinggi maka dilarang untuk mengonsumi daging merah karena semakin meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

artikel terkait: bahaya daging merah – bahaya daging sapi – bahaya daging asap – bahaya makan daging kambing

*2. Keju*

Keju merupakan makanan yang enak bagi yang menyukainya. Keju dilarang dikonsumsi oleh penderita kadar gula tinggi karena makanan ini akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 
Akan tetapi, jika kita sedang menjalani program diet maka hindari mengonsumsi keju karena dapat menggemukkan badan. Konsumsilah keju pada saat mengalami gula darah rendah untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

artikel terkait: makanan yang mengandung kalsium tinggi

*3. Makanan yang Digoreng*
Makanan yang digoreng mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan instan dan makanan yang digoreng baik dikonsumsi oleh penderita gula darah rendah untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 
Zaman sekarang sudah banyak makanan yang instan dan digoreng seperti sosis atau makanan lainnya.

artikel terkait: bahaya makanan yang digoreng – efek samping makanan yang digoreng –

bahaya mengonsumsi gorengan bagi kesehatan

*4. Donat*
Donat merupakan roti yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Terigu merupakan bahan makanan yang mengandung banyak zat gula. Tidak hanya donat, roti pun terbuat dari tepung terigu dan mengandung banyak zat gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 
Oleh karena itu, orang yang mengalami kadar gula darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsi donat atau roti yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu.

*5. Wortel*
Wortel juga mengandung banyak karbohidrat yang mengandung zat gula. Wortel baik dikonsumsi bagi penderita gula darah rendah untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 
Selain itu, wortel juga terkenal kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata sehingga ketika mengonsumsi wortel, maka akan banyak memperoleh banyak manfaat untuk tubuh.

artikel terkait: makanan yang mengandung vitamin A super tinggi

*6. Mie*
Mi dibuat dengan bahan yang mengandung banyak karbohidrat sehingga mengandung banyak zat gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. 
Mengonsumsi mi dalam kadar yang sering dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat, akan tetapi harus tetap berhati-hati karena mengonsumsi mi terlalu sering tidak baik juga untuk kesehatan tubuh, terutama mi yang menggunakan bahan kimia dan bahan pengawet. 
Oleh karena itu, harus bisa memilih kualitas mi yang baik untuk kesehatan.

artikel terkait: bahaya makan mi dengan nasi –

bahaya makan mi instan sangat mematikan –

efek samping mi instan bagi kesehatan yang mematikan – bahaya makan nasi dengan mi instan

*7. Kentang*
Kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan zat gula tinggi. Mengonsumsi kentang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dengan sangat cepat. 
Konsumsilah kentang dengan berbagai menu masakan yang sesuai dengan selera.

artikel terkait: bahaya kentang goreng

*8. Jelly Bean*
Komposisi jelly bean lebih banyak mengandung gula sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah yang rendah dalam tubuh dengan cepat. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi dalam tubuh sangat dilarang mengkonsumsi jelly bean karena dapat meingkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

*9. Kurma*

Selain mengandung vitamin dan mineral, kurma mengandung glycemix index tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. 
Dengan demikian, mengonsumsi kurma akan mendapatkan banyak manfaat yaitu vitamin, mineral, serta gula. Kurma juga merupakan buah yang termasuk buah mahal karena di Indonesia tidak bisa tumbuh.

*10. Makanan Instan*
Makanan instan mengandung kadar gula tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 
Akan tetapi, kebanyakan makanan instan memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya sehingga jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan.

artikel terkait: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan

*11. Nasi*
Nasi mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna sehingga dengan cepat akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah sehingga pelepasan gula darah ke dalam aliran darah akan semakin cepat dan kadar gula darah dalam tubuh meningkat dengan signifikan.

artikel terkait: makanan yang mengandung karbohidrat tinggi – makanan pengganti nasi untuk diet sehat

*12. Roti Putih*
Roti putih memiliki kandungan glycemic index yang tinggi yaitu 73 sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. 
Konsumsi roti putih dengan rutin maka akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

*13. Buah*
Buah selain mengandung banyak vitamin, rasa manis buah mengandung banyak gula. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, buah kaya akan serat dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari agar tubuh senantiasa sehat.

artikel terkait: buah berbahaya – makanan kaya serat alami dan produk olahan –

makanan yang mengandung serat tinggi

*14. Biji-bijian*

Biji-bijian mengandung banyak kadar gula yang dapat menigkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa biji-bijian yan mengandung kadar gula tinggi, yaitu beras putih, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya. 
Biji-bijian ini dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai makanan dengan menu yang bervariasi.

*15. Makanan Mengandung Gula*
Makanan yang terbuat dari bahan gula atau mengandung banyak gula akan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. 
Jika anda ingin meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh maka jika membuat makanan gunakanlah kadar gula yang lumayan banyak.

artikel terkait: bahaya konsumsi gula berlebihan – bahaya makan manggis dan gula

*16. Madu*
Selain bermanfat sebagai obat, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Madu merupakan makanan yang mengandung zat gula alami karena memang madu dibuat dengan proses yang alami. 
Jika anda kekurangan gula darah maka konsumsi satu sendok madu setiap hari agar dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

artikel terkait: cara membedakan madu asli dan palsu – bahaya madu untuk diabetes

*17. Gula atau Permen*
Gula merupakan sumber zat gula. Permen juga makanan yang banyak mengandung zat gula. Konsumsi kedua makanan ini untuk meningkatkan zat gula dalam tubuh. Permen juga bisa didapatkan dengan harga yang murah dan terjangkau.

artikel terkait: bahaya permen karet

*18. Makan Setiap Beberapa Jam*
Konsumsilah makanan yang mengandung gula setiap beberapa jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah turunnya kadar gula darah dalam tubuh. Cara ini merupakan salah satu cara mencegah, dimana mencegah lebih baik daripada mengobati.

*19. Hindari Pemanis Buatan*
Hindari pemanis buatan karena pemanis buatan tidak dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh secara stabil. Konsumsi pemanis buatan justru akan memberikan efek lain untuk kesehatan yang tidak baik serta dapat memperparah penyakit.

artikel terkait: zat aditif pada makanan contoh bahayanya – bahaya aspartam

*20. Tomat*
Mengkonsumsi tomat 5 buah setiap hari dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh tidak menurun sehingga anda tidak akan mengalami berbagai gejala akibat kekurangan gula darah dalam tubuh.

artikel terkait: kandungan gizi tomat

*21. Magnesium*
Zat magnesium dapat menormalkan kadar gula darah dalam tubuh serta dapat menyehatkan tubuh. 
Bahan makanan yang mengandung magnesium seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

artikel terkait: akibat kekurangan magnesium –

makanan yang mengandung magnesium tinggi

http://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-darah/cara-meningkatkan-kadar-gula-darah

                📓📕📗

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s