Kenalkah dengan edamame

edamameAda yang kenal dengan Edamame? Kalau pernah makan di Restoran Jepang pasti tidak asing dengan Edamame. Edamame seperti kacang kedelai yang biasanya dijual oleh Tukang Jagung rebusan keliling namun bentuknya lebih besar dan warnanya lebih hijau. Edamame merupakan makanan yang berasal dari Negeri Sakura Jepang, Di Negeri asalnya, Edamame memiliki sejarah yang panjang, bagaimana ceritanya monggo disimak lebih lanjut.
Dokumentasi paling lawas yang pernah terekam tentang Edamame berasal dari tahun 1275, ada seorang Biksu Jepang yang bernama Nichiren, menulis surat ucapan terima kasih atas karunia “edamame”. Edamame juga muncul periode Kekaisaran Edo (1603 – 1868). Hingga saat ini Edamame menjadi makanan yang paling popular di Jepang dan telah merambah ke Indonesia melalui berbagai Restoran Jepang yang tumbuh subur di perkotaan.
Edamame merupakan sejenis sayuran/kacang-kacangan yang direbus dan disajikan dengan Garam. Makanan ini bisa ditemukan di masakan Jepang, Korea, Taiwan, Cina dan tak ketinggalan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, Edamame berarti “Batang Kacang” (“eda” berarti cabang atau batang dan “mame” berarti “kacang”). Mengapa disebut “Batang Kacang”? ternyata di Jepang, penyajian Edamame yang direbus masih mengikutsertakan batangnya sehingga disebut Batang Kacang atau Edamame. Penambahan garam yang ditabur pada permukaan Edamame sangat disukai di Jepang, karena  menambah rasa dan kandungan gizi.
Pengolahan Edamame menjadi makanan juga tergolong mudah, setelah dipetik dari dahan Edamame yang sudah masak bisa langsung direbus atau dikukus. Setelah proses perebusan hingga matang Edamame tinggal disajikan dengan taburan garam. Disamping rasanya yang lezat ternyata Edamame dikategorikan sebagai Makanan Sehat “Healthy Food” karena mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan. Dengan kandungan 9 jenis asam amino esensial Edamame berkhasiat dapat meningkatkan sistem imun, menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan metabolisme dan membantu membangun otot supaya maksimal. Selain itu, Edamame juga mengandung isoflavon, beta karoten dan serat. Dengan kandungan protein yang tinggi ditambah Isoflavone, Edamame memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:
Mengurangi kadar kolesterol darah.

Menghindari penyakit jantung.

Menambah kepadatan tulang (menghambat osteoporosis).

Mencegah kanker.

Memperlambat menopause.

Mengatasi alergi Laktosa

Menjadi Makanan/minuman alternatif untuk vegetarian

Mencegah penyakit diabetes mellitus.

Mencegah Penyakit Migrain

Menghambat Penuaan Dini

Nah sudah tahukan apa itu Edamame dan bagaimana kandungan gizinya? Kalau sedang mampir di Restoran Jepang jangan lupa memesan Edamame, tapi jangan salahkan penulis kalo anda akan minta tambah porsi karena rasanya yang lezat..
Sumber: https://alizaka.blogspot.co.id/2014/09/sejarah-dan-khasiat-edamame-kedelaijepang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s