Ketika pasutri harus tinggal dengan mertua

bapak *Ikhlas dan janganlah merasa terbebani dengan keberadaan mereka*
Niatkan semata-mata sebagai bentuk ibadah kepada Allah  dan bakti kepada kedua orang tua. Ingat bahwa mereka dulu begitu ikhlas dan sabar dalam mengurus dan membesarkan anda. Niat ini akan menjadikan anda ringan dalam menjalaninya.
☘ *Menjaga rasa hormat dan sopan santun di hadapan mereka*
Wajib bagi anda untuk selalu bersikap sopan dan menaruh rasa hormat kepada orang tua anda sendiri. Demikian juga kepada mertua anda. Karena menghormati mereka sama saja menghormati dan memuliakan isteri anda. Perintahkan pula isteri dan anak-anak anda untuk melakukan hal yang sama.


☘ *Bantulah pekerjaan mereka di rumahnya*
Sejatinya karakter setiap orang tua tidak pernah mau membebani anak-anaknya, termasuk kepada menantunya. Namun jika kondisi tertentu mengharuskan anda masih tinggal satu atap bersama mereka, anda dan isteri anda harus membantu pekerjaan mereka semampunya selama hak dan kewajibn rumah tangga anda tidak terabaikan.
☘ *Bersabar saat mendapati tingkah laku mereka yang tidak baik*
Terkadang orang tua anda menampakkan tingkah laku yang tidak baik kepada anda atau isteri anda, memicu kekesalan anda dan semacamnya, terlebih ketika usia mereka sudah lanjut. Demikian juga dengan mertua anda. Maka bersabarlah saat menyikapinya, sampaikanlah nasihat dengan cara yang baik dan bijak jika mendapati kesalahan mereka.
☘ *Hindari konflik*
Jauhilah konflik atau hal-hal yang bisa menyulut terjadinya konflik antara anda dengan orang tua anda sendiri atau mertua anda. Berjiwa besar dan tidak egois sangat penting untuk meminimalisir terjadinya konflik dengan mereka. Perintahkan pula isteri anda untuk menjaga hal ini.
☘ *Perhatikanlah pendidikan dan akhlak anak-anak anda*
Ini adalah tanggung jawab anda dan isteri anda. Adapun orang tua maupun mertua anda hanyalah sarana sekunder dalam pendidikan dan perkembangan akhlak bagi anak-anak anda. Namun demikian kebersamaan mereka yang intensif dan akrab sangat mempengaruhi terhadap perkembangan anak-anak. Maka wajib bagi anda untuk mengawasi dan menjauhkan mereka dari hal-hal yang tidak baik yang bisa saja bersumber dari orang tua atau mertua anda.
☘ *Jaga keakraban dan kasih sayang*
Perkara ini sangat penting agar suasana keluarga anda yang masih satu atap dengan mereka tetap sejuk dan bahagia. Keakraban itu bisa tumbuh dengan seringnya bercengkrama bersama, menata komunikasi yang baik, makan bersama, saling membantu pekerjaan yang ada di rumah, mengadakan rekreasi atau liburan bersama-sama.
_____________
*Al-Sofwa Channel*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s