Kenapa ikan patinnya pahit yaaa

pindang patinSesaat masuk rumah sepulang kerja ibuku bilang kalau tadi beli ikan patin….waaaaa…..harus segera dimasak niiih…kalau besuk ikan sudah basi…rasa sudah tidak enak seperti rasa ikan patin yang masih segar.

 

 

Ternyata ibukupun sudah menyiapkan bawang merah dan bawang putih yang sudah siap untuk diuleg alias ditumbuk.

pindang patinSetelah cuci tanganpun aku segera membantu ibu memasak ikan patin yang sudah dibeli tadi pagi.

 

 

 

 

Saat sudah matang, ayahku bilang koq agak pahit, adikkupun juga bilang terasa pahit.


Lidahku tidak salah…tadi sebelum kompor kumatikan aku sempat mencicipi ada sedikit rasa pahit. Kupikir nanti setelah kompor kumatikan dan kutuangkan garam serta sedikit gula rasa pahit akan berkurang, syukur kalau hilang.

Ternyata upayaku gagal total…saat aku makan ikan patin bumbu kuning versiku rasa pahit begitu pekat, seolah aku sedang makan jamu.


Ibuku bilang kuahnya ga usah dimakan, cukup dagingnya saja. Dan sisa kuah yang masih ada dipanci aku buang habis dan kuganti dengan sedikit air panas.

Adikku bilang bahwa tadi beli ikannya karena penjualnya merayu ikannya untuk dibeli barhubung kemarin kolamnya rusak dan semua ikan diambil dan dijual.


Aku tidak tahu apakah penyebabnya karena ikan sudah basi, atau insang tidak dibersihkan atau kantung empedunya pecah.

Biasanya kami beli ikan sekalian minta tolong dibersihkan dan dipotong sehingga sampai rumah tinggal dibersihkan lagi dan dikucuri air jeruk nipis. Karena pernah beli ikan di pasar setelah dimasak agak pahit, sekarang kami kalau beli langsung di kolam jadi tahu bahwa ikan benar-benar maish segar. Kami sudah punya langganan tempat membeli ikan dari kolam baik ikan patin, ikan gembung maupun gurame. Tapi memang aku paling senang ikan patin. Kemarin mencoba membuat pindang ikan gabus…waaaaa…ternyata insangnya tajam….jari-jariku kulitnya pada tergores saat mengeluarkan insang….dan terasa lumayan panas juga tuuh luka di jarinya. Ternyata ikan gabus gigi dan insangnya sangat tajam berbeda dengan ikan patin maupun ikan gembung.pindang patin

 

 

 

 

Hanya ikan patin kemarin langsung kumasak karena sudah direndam air jeruk nipis oleh ibuku. Dan ternyata insangnya masih ada serta warnanya abu-abu kehitaman tidak seperti biasa warna coklat kemerahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s