Tahukah manfaat arang aktif bagi tubuh

 

patbeProduk perawatan tubuh yang menggunakan bahan alami kian diminati. Salah satu bahan alami yang sering digunakan adalah activated charcoal atau arang aktif.
Arang aktif ini digunakan sebagai bahan untuk membuat sabun, masker wajah, scrub, dan lain-lain. Namun manfaatnya sesungguhnya lebih luas untuk kesehatan. Apa arabg aktif ini ada apa bedanya dengan arang biasa yang kita kenal?
Arang aktif dibuat menggunakan arang biasa yang melewati proses pemanasan dan menggunakab gas, sehingga menghasilkan arang dengan struktur berongga atau berpori-pori besar. Nah, dalam bidang kesehatan, arang aktif biasanya digunakan untuk menyerap racun di saluran pencernaan. Ini jugalah yang membuat produsen produk petawatan tubuh menggunakannya sebagai salah satu bahan utama, karena dapat menyerap minyak berlebih di wajah, membantu mengecilkan pori-pori, membantu mengeluarkan racun dari wajah dalam bentuk jerawat dan sebagainya.
Tidak hanya lewat produk-produk perawatan tubuh, anda pun dapat dengan mudah membeli arang aktif dalam bentuk tablet di apotik dan toko obat. Banyak orang kini membelinya untuk membuat perawatan wajah sendiri, seperti masker di rumah.

Sebelum menggunakannya, ketahui dulu apa saja sebenarnya manfaat arang aktif.
1. Mengobati Keracunan
Kemampuan arang aktif dalam menyerap zat berbahaya dapat membantu orang yang mengalami keracunan, bahkan setelah zat beracun itu diserap tubuh. Arang aktif juga dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami overdosis obat-obatan medis seperti aspirin, asetaminofen, morfin, kokain, keracunan pestidida termasuk DDT serta overdosis merkuri, timah, atau bahan kimia lainnya.

Perlu anda ingat, tidak semua kasus keracunan dapat ditolong dengan menggunakan arang aktif ini. Hal ini tidak berlaku pada keracunan alkohol, sianida, metal, serta beberapa jenis asam tertentu yang bisa langsung terserap jaringan tubuh dengan cepat
2. Membantu Mengatasi Jerawat
Arang aktif membantu anda menghilangkan jerawat yang muncul di bagian tubuh mana pun. Anda dapat dengan mudah menggunakannya atau bisa juga membuat sendiri masker anda. Sudah banyak arang aktif dijual dalam kemasan kapsul atau tablet. Anda bisa mencampurkannya dengan air mawar atau lidah buaya. Lalu, aplikasikan campuran itu pada wajah atau bagian tubuh yang berjerawat. Jangan khawatir, walaupun berwarna hitam, arang aktif ini tidak akan meninggalkan bekas hitam pada kulit anda.
3. Mencerahkan Kulit
Anda bisa menggunakan produk perawatan dengan bahan arang aktif sebagai scrub atau lulur yang mengangkat kotoran. Efektif dalam membersihkan permukaan kulit dan mencerahkan kembali kulit yang kusam.
4. Memutihkan Gigi
Walaupun berwarna hitam, arang aktif ini justru membantu memutihkan gigi. Gunakan arang aktif dalam bentuk bubuk (biasanya didapat dari menumbuk arang aktif berbentuk tablet) atau bisa juga menggunakannya bersamaan dengan pasta gigi. Gunakan secara teratur, 2x seminggu agar email gigi anda tidak rusak. Perhatikan apakah gigi anda termasuk gigi yang sensitif atau tidak. Bila gigi anda sensitif, penggunaan arang aktif ini tidak disarankan.
5. Mengurangi Sakit Perut
Jika perut terasa kembung, anda bisa mengkonsumsi arang aktif untuk meredakan gas dalam perut. Biasanya ini terjadi akibat konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, minuman bersoda, dan lain sebagainya yang dapat menghasilkan gas berlebih di dalam perut.
6. Meredakan Mual Dan Muntah
Note :
Perlu diingat, arang aktif tidak boleh dikonsumsi setiap hari dan terlalu sering. Gunakan sesekali saja bila anda memerlukannya.

Sumber :

“Secretly Healthy”, diterjemah oleh

Sarah Chritiani, Ahli Gizi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s