Tahukah pentingnya menakar konsumsi air minum

airAir merupakan penyusun kurang lebih 60% dari tubuh kita sehingga dalam keseharian diperlukan asupan air yangcukup. Sebenarnya cara menghitung kebutuhan air sehari cukup mudah, yaitu dengan rumus 0,03 L x Berat Badan (BB) sehingga sebagai contoh seorang dengan BB 50 Kg secara kasar membutuhkan 0,03 x 50 = 1,5 L air putih dalam 24 jam, jumlah tersebut setara dengan 1 botol besar air mineral kemasan, atau 2 botol sedang (ukuran 600 mL) air mineral kemasan plus 1 gelas air.

Air yang dimaksud disini dapat diperoleh dari berbagai makanan/minuman, misalnya air mineral, jus, sop atau makanan berkuah lainnya. Dan tentunya jumlah tersebut tidak diminum dalam 1 atau 2 waktu sekaligus, namun dibagi merata dalam 16 jam waktu bangun, dan sekali minum cukup sekitar 1 gelas saja (200 mL).
Tentunya perhitungan tadi adalah pada kondisi umum dimana tidak terdapat kehilangan cairan lewat keringat secara berlebihan seperti saat olahraga berat atau aktivitas di tempat panas atau kering. Ruang ber AC meskipun suhunya dingin sebenarnya bersifat kering (kelembapannya rendah) sehingga kehilangan cairan lewat keringat justru terjadi lebih banyak dan tanpa disadarai. Cara paling mudah melakukan monitoring terhadap kecukupan konsumsi air minum dapat dilihat dari warna urin yang diproduksi (perhatikan gambar).
Terjadinya kekurangan konsumsi air secara terus menerus dalam waktu lama akan meperberat kerja ginjal mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam tubuh dimana hal ini mengarah pada kerusakan ginjal yang semakin cepat. Ginjal sendiri sebanarnya bukan hanya bertugas mengeluarkan sisa metabolisme dalam tubuh, tapi juga menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah, oleh karenanya kerusakan pada ginjal merusak keseimbangan-keseimbangan tadi, serta kerusakan permanen mengharuskan seseorang menjalani terapi pengganti ginjal (seperti transpantasi ginjal atau cuci darah). Oleh karenanya, jika kita menginginkan ginjal kita bekerja dengan optimal sampai akhir hayat kita, maka sayangi ginjal kita, salah satunya dengan minum cukup air.
———————-

Kontak Admin Media Kesehatan: @mediakesehatan_admin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s