Tahukah manfaat berbaring miring kekanan

Al Qur'anPETUNJUK RASULULLAH صلى الله عليه والسلام DIDALAM BERBARING MENGGUNAKAN SISI ( MIRING ) KEKANAN*

*سنة ؛ لما روى البخاري (626) عن عائشة قالت : ( كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا سكت المؤذن بالأولى من صلاة الفجر قام فركع ركعتين خفيفتين قبل صلاة الفجر بعد أن يستبين الفجر ثم اضطجع على شقه الأيمن حتى يأتيه المؤذن للإقامة ) .*
_”Diriwayatkan oleh Imam bukhori no. 626, dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salaam apabila telah mendengarkan muadzin/adzan pertama dari shalat subuh, maka beliau melakukan shalat 2 rakaat yg ringan sebelum shalat subuh, setelah jelas masuk waktu fajar, kemudian beliau berbaring sisi ( miring ) kekanan sampai muadzin menegakkan iqomah.”_
Berkata Ibnul Qoyim Rahimahullah, didalam permasalahan tidur / berbaring dengan menggunakan sisi yang kanan mempunyai *rahasia* dibalik itu semua.

*Yaitu* bahwasanya jantung berada pada sisi kiri, maka apabila seseorang tidur menggunakan sisi kiri, maka akan memberatkan (menyenyakkan ) tidurnya. Karena padahal yang demikian dia dalam keadaan tenang dan istirahat, sehingga bisa menyenyakkan tidurnya.

Apabila dia tidur pada sisi kanan, maka akan menggangu tidurnya dan tidak akan menyenyakkan didalam tidurnya, disebabkan kegoncangan organ jantung yg meminta / mencari tumpuan, dan kecondongannya.

Oleh karena itu dianjurkan oleh para thabib agar tidur menggunakan miring sisi kiri, karena kesempurnaan didalam istirahat dan nyenyaknya tidur.

Sedangkan syariat ini menganjurkan tidur menggunakan miring sisi kanan agar tidak menyenyakkan tidurnya dan luput dari shalat malam.

 

Maka tidur dengan menggunakan :

~> *sisi ( miring )kanan* lebih bermanfaat untuk organ *jantung*,

~> sebaliknya tidur dengan menggunakan *sisi ( miring ) kekiri* lebih bermanfaat untuk *badan* secara umum.

Wallahu a’lam
📚 _(Zaadul Ma’ad halaman 289 jilid 1)_
Oleh : Ustadz Amr bin Suroif hafidzahullah

*AT-THIB HOLISTIC*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s