Orang tua pintu kebahagiaan dunia akhirat

image

“Bersyukurlah (berterima kasihlah) kepada KU dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada Aku tempat kembalimu” (QS, 31: 14).

“Dan Kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada kedua orang tuanya, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan susah payah, dan melahirkan dengan susah payah (pula), masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan” (QS, 031:14).

 Rasul juga menyuruh kita menghormati orang tua :
“Wahai Rasul, kepada siapa aku berbuat kebaikan?”, beliau bersabda :”Ibumu”. Aku bertanya lagi : “Kemudian siapa?”, beliau bersabda : “Ibumu”. Aku bertanya lagi : “Kemudian siapa?”, beliau bersabda : “Ibumu”. Aku bertanya lagi : “Kemudian siapa lagi?”, beliau bersabda : “Ayahmu, lalu yang lebih dekat, kemudian yang lebih dekat (HR. Abu Dawud, At Tiirmizi).

Rasul juga mengingatkan bahwa derajat  ibu mertua sama dengan ibu kandung : “Ibu mertua kedudukannya sebagai ibu”. (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Lebih utama  dari pada jihad : “Seseorang datang kepada Nabi SAW meminta izin untuk jihad. Nabi SAW bertanya; “apakah kedua orang tua mu masih hidup?” orang itu menjawab “ya”, maka nabi SAW bersabda “Hendaklah kamu berbakti kepada keduanya” (HR. Mukhari,

Muslim). “Pekerjaan yang paling disukai Allah adalah shalat tepat waktu, berbuat baik kepada Ibu Bapak dan setelah itu berjihad (berbuat baik) di jalan Allah” (Bukhari, Muslim).

Wajib melihara orang tua. “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia (Allah) dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai ber-umur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkan-lah kepada mereka perkataan yang baik/mulia”.(QS,17:23). 

Manfaat berbakti kepada orang tua.

1. Diridhai Allah: “Keridhaan (senang) Allah tergantung kepada keridhaan(senang) kedua orang tua dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua” (HR. Bukhori, Al Hakim).

2. Menjadi orang paling baik dan panjang umur : “Barang siapa yang berbuat baik kepada orang tuanya, akan menjadilah ia sebagai orang yang paling baik dan akan dipanjangkan umurnya”. (HR. Bukhori, Muslim)

3. Kehidupan menjadi lebih baik : “Bersyukurlah (berterima kasihlah) kepada KU dan kepada orang tuamu, niscaya AKU akan menjagamu dari berbagai macam bencana, memanjangkan usiamu, menghidupkanmu dengan kehidupan yang baik dan membalikan keadaanmu kepada yang lebih baik dari sebelumnya”. (HR. Asakir, Jabira)

4. Anak-anak kita juga akan berbakti :“Berbaktilah kepada Bapak dan Ibu supaya anak-anakmu berbakti kepadamu dan peliharalah dirimu dari perzinahan, supaya para istrimu memelihara dirinya”.(HR.Tabrani).

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahalayang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun…..“ (HR. Muslim). Silahkan foreward,  semoga bermanfaat.

Artikel lengkap dan artikel mingguan lain, bisa click disini  http://www.thestraightway.info/thestraightway/  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s