Apakah kamu mengira kamu akan masuk surga

image

Teguran Allah sangatlah keras. Dalam surat Al-Baqarah ayat 214
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga….?”

Silahkan baca kalimat diatas beberapa kali dan renungkanlah. Apakah hati kita begitu tenang dan yakin akan masuk surga? Yakin kah hati kita? Yakin kah? Yakinkah apa-apa yang kita kerjakan hari ini tidak membuat-Nya murka?


Terkadang langkah kita di dunia terasa sangat ringan, tak berbeban. Sedikit sekali mengingat bahwa selalu ada bayangan azab di neraka atas semua yang kita kerjakan. Berjalan di dunia seperti balasan surga akan kita dapatkan. Belum tentu sobat?!

Ayat diatas dilanjutkan dengan “….padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan)…..” Mungkin kita seringa merasa ditimpa banyak sekali cobaan. Tapi apakah cobaan yang dimaksud di ayat diatas adalah cobaan yang selama ini kita dapatkan?

“…sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, ‘Kapankah datang pertolongan Allah?…” Apakah kita bisa bayangkan, cobaan apa yang Allah timpakan sampai-sampai Rasul dan para sahabatnya bertanya seperti diatas. Pastilah cobaan yang sangat berat. Seorang Rasul yang tidak perlu diragukan keimanannya dan ketegarannya bertanya tentang pertolongan Allah. Cobaan sebesar apakah?

Sungguh, jika kita bandingkan dengan masalah-masalah yang kita hadapi sekarang atau yang telah lalu, tidak sebanding dengan cobaan yang patut membawa kita ke surga. Astagfirullah…. Ya, Allah…. aku memang tak layak masuk surga-Mu, tapi aku juga tak pernah sanggup menahan siksa di neraka-Mu…. Tak sanggup diri ini membayangkan bertemu dengan-Mu dengan keadaan Kau murka pada-Ku. Cukup hina diri ini sebagai manusia. Ampuni segala dosa-dosaku ya Allah.. Ridhokanlah sedikit tempat di surga sebagai tempat kembaliku…

“….Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.” Allah Maha Menepati Janji. Semoga Ramadhan kali ini menjadi kesempatan kita untuk memperbaiki diri menjadi hamba yang di cintai-Nya.

Kiriman seorang sahabat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s