Cara membersihkan karang gigi

“kluthiik” terdengan bunyi jatuh di mejaku

“apa itu” tanya kolega

“Tidak tahu yaa” jawabku sambil mengambil secuil benda di meja berwarna kuning, hijau dan ada hitamnya. Sambil kuamati aku membatin koq warnanya seperti karang gigi yaaa.

Ketika kolegaku sudah pergi, lalu aku ambil kaca dan mengamati gigiku…dan benar ada gigi atas yang karang giginya pecah, sehingga terlihat tidak utuh menutupi tetapi sebelah tengahnya hilang.

Aku heran, bagaimana mungkin karang gigi bisa lepas dari gigi tanpa di scalling dokter gigi dan bahkan tanpa aku memegang gigiku sama sekali. Aku hanya membatin mungkinkah ini akibat aku rajin berkumur dengan air rendaman sirih merah yaa. Aku tidak yakin, karena kutelusur dihalaman mbah google tidak ada keterangan manfaat sirih merah untuk karang gigi.

Karang gigi bisa diusir dengan bahan-bahan lain, sebagaimana artikel herbal sunah yang kubaca di grup kesehatan  berikut.

 

Tahukah jika karang gigi juga dapat memicu penyakit jantung? Pasti setiap orang tidak ingin mengalami hal tersebut. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi karang gigi dan plak yang mengganggu.

 

Sikat Gigi Minimal  2x sehari

 

Menggosok gigi dua kali sehari, di pagi hari sesudah sarapan dan sebelum tidur dapat mencegah karang gigi dan plak. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar menggosok gigi dengan benar agar hasilnya maksimal. Gosok gigi bagian atas ke bawah, dari kanan ke kiri. Jangan lupa untuk membersihkan gusi  dan sisa makanan yang menyangkut pada sela – sela gigi seusai makan. Tak hanya itu, berkumur dengan cairan pembersih mulut dapat menambah kebersihan gigi, sehingga gigi tampak menjadi putih dan bersinar.

 

Batu Bata dan Arang

 

Batu bata dan arang sudah sejak dahulu digunakan oleh orang pedesaan sebagai pengganti pasta gigi dan terbukti ampuh membuat gigi terlihat putih. Caranya, tumbuk batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, kemudian gosokan pada gigi dengan tangan atau dengan sikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih.

 

Biji Asam

 

Ternyata biji asam juga dapat membersihkan karang gigi dan plak. Caranya, siapkan biji asam kawak atau yang sudah lama disimpan. Cuci bersih, lalu tiriskan hingga kering.  Kemudian sangrai sampai matang, lalu haluskan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk. Nah, setelah menjadi bubuk, gunakan sebagai pengganti pasta gigi seperti sedang menggosok gigi.  Jangan lupa berkumur ya!

 

Buah Apel

 

Selain mendapatkan nutrisi yang dikandungnya, mengkonsumsi buah apel juga dapat membersihkan gigi dari plak dan karang gigi. Yuk mulai dari sekarang konsumsi buah apel, agar gigi tetap bersih dan putih.

 

Cengkeh

 

Caranya, ambil 7 buah cengkeh, lalu tumbuk hingga halus atau bisa menggunakan blender. Kemudian, gunakan bubuk cengkeh sebagai pengganti pasta gigi. Selain dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi, bubuk cengkeh juga dapat digunakan untuk berkumur, setelah itu baru sikat gigi.

(Kesehatanpedia)

Oleh : Herbal Sunnah

Iklan

2 thoughts on “Cara membersihkan karang gigi

  1. iuef Mei 19, 2016 / 8:56 am

    Waahh… Nice info! Penting nih
    *maklum punya masalah banget sama karang gigi

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2016 / 8:29 am

      Iuef,
      semoga bermanfaat
      terima kasih atas kunjungan dan komentarnya
      salam sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s