Tahukah tentang telinga

Indra pendengaran atau telinga.

Tahukah and bila pendengaran anda normal, anda bisa mendengar suara serendah 20 getaran per detik atau 20 Hertz (Hz) hingga suara setinggi 20.000 Hz. Berikut serba serbi telinga yang kubaca di grup kesehatan.

Serba serbi telinga:

  1. Pina adalah daun telinga yang bisa anda lihat di sisi kepala anda. Daun telinga sebenarnya adalah corong pengumpul suara.

  1. Sedikit mengarah ke dalam kepala anda, suara akan menumbuk lapisan kulit tipis dan teregang kencang yang disebut gendang telinga. Tumbukan suara akan menyebabkan gendang telinga bergetar.

 

  1. Ketika gendang telinga bergetar, getaran itu akan menggoyang 3 tulang kecil yang disebut osikel (tulang pendengaran). Ini adalah tulang terkecil di dalam tubuh.

 

  1. 3 Tulang pendengaran adalah malleus (tulang martil), incus (tulang landasan), dan stapes (tulang sanggurdi).

 

  1. Ketika tulang pendengaran bergetar, itu akan menyebabkan guncangan pada membran kecil yang disebut tingkap oval, sehingga akan menguatkan getaran yang terjadi.

 

  1. Ukuran tingkap oval 30x lebih kecil daripada gendang telinga.

 

  1. Setelah tingkap oval, terdapat koklea, yaitu 3 tabung melengkung yang berisi cairan. Bentuk koklea mirip dengan cangkang siput.

 

  1. Di tengah tabung koklea ada organ Corti, yaitu sekat yang menutupi barisan rambut-rambut halus.

 

  1. Ketika ada suara yang menggetarkan gendang telinga, tulang pendengaran akan menyentuh tingkap oval, menghasilkan gelombang tekanan yang menjalar melalui cairan di dalam koklea, membasahi sekat organ Corti dan menyebabkan organ tersebut bergerak naik-turun.

 

  1. Ketika organ Corti bergerak, organ ini akan menarik rambut-rambut halus yang terdapat di bawah sekat. Tarikan pada rambut-rambut halus ini akan menghasilkan sinyal yang dikirimkan ke otak melalui syaraf auditori, dan anda mendengar bunyi.

 

  1. Sebagian besar telinga tersembunyi dalam kepala anda. Organ telinga merupakan struktur kompleks yang sangat menakjubkan dan rapuh, berfungsi untuk mendeteksi perubahan tekanan di udara yang disebabkan oleh bunyi.

 

  1. Kanal setengah lingkaran berisi cairan yang membantu anda menjaga keseimbangan.

 

  1. Saluran eustachius berguna untuk menyalurkan tekanan yang berlebih.

 

Semoga bermanfaat

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s