Serba-serbi tengkorak

Tahukah anda tentang tengkorak, tulang kepala manusia, bahwa bayi mempunyai bagian lunak pada tengkoraknya yang disebut fontanel, karena tulang-tulang bayi baru akan mengeras seluruhnya setelah bayi berumur 18 bulan.

Serba-serbi tengkorak:

  1. Tengkorak atau kranium adalah pelindung keras dari tulang yang melindungi otak anda.

  1. Tengkorak sepertinya merupakan tulang. Sebenarnya tengkorak tersusun dari 22 tulang yang berbeda, tergabung menjadi satu melalui persendian kaku yang disebut sutura.

 

  1. Lengkungan pada bagian atas tengkorak merupakan kubah kranial, terbentuk dari 8 keping tulang melengkung yang tergabung menjadi satu.

 

  1. Tengkorak memiliki 4 rongga besar yaitu sinus hidung, rongga hidung, dan rongga mata.

 

  1. Pada tengkorak terdapat lubang-lubang agar dapat dilalui pembuluh darah dan syaraf, termasuk saluran syaraf optik ke mata dan syaraf olfaktori ke hidung.

 

  1. Lubang terbesar berada di bagian dasar otak, disebut foramen magnum. Dan batang otak melalui lubang ini akan bertemu dengan sumsum tulang belakang.

 

  1. Pada abad ke-19, orang yang disebut phrenologist berpendapat bahwa karakter seseorang dapat diketahui berdasarkan tonjolan-tonjolan di tengkorak mereka.

 

  1. Arkeolog dapat merekonstruksi wajah manusia purba berdasarkan analisa komputer terhadap tengkorak-tengkorak manusia purba.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s