Serba-serbi sendi

Tahukah anda tentang sendi kita, dan tahukah bahwa persendian pada lutut bisa menekuk, melurus, dan bahkan sedikit memutar (bisa dilakukan jika sedikit manekuk). Baru tahu yaaa…aku juga baru tahu setelah membaca artikel di grup kesehatan tentang sendi.

Berikut serba-serbi tentang sendi:

  1. Sendi adalah tempat bertemunya tulang.

 

  1. Tengkorak tidak terbentuk dari 1 tulang, melainkan dari 22 tulang yang terikat erat oleh serat-serat, sehingga tulang-tulang tersebut tidak bisa bergerak.

  1. Sebagian besar sendi (selain sendi mati pada persendian antar tulang tengkorak) memungkinkan tulang bergerak. Jenis sendi yang berbeda akan menghasilkan pergerakan sendi yang berbeda pula.

 

  1. Sendi engsel, seperti pada siku, memungkinkan tulang bergerak ke satu arah seperti pergerakan engsel pada pintu.

 

  1. Sendi peluru, seperti pada panggul dan tulang paha, satu ujung tulang yang berbentuk bonggol masuk ke dalam ujung tulang lain yang berbentuk mangkuk sendi, persendian ini memungkinkan tulang bergerak ke segala arah.

 

  1. Sendi putar seperti roda yang berputar pada porosnya. Kepala anda dapat berputar ke arah kiri dan kanan pada tulang belakang anda.

 

  1. Sendi pelana seperti yang ada pada ruas ibu jari memiliki tulang yang terhubung seperti 2 buah pelana. Persendian ini memungkinkan banyak pergerakan dengan kekuatan yang memadai.

 

  1. Persendian yang tidak fleksibel, antara tulang penyusun tulang belakang dilapisi oleh bantalan yang terbuat dari jaringan tulang rawan.

 

  1. Persendian sinovial fleksibel seperti yang ada pada persendian gelang panggul, yang memiliki pelumas berupa “carian sinovial” dan memiliki bantahan berupa tulang rawan.

 

  1. Persendian pada panggul merupakan contoh sendi peluru yang mampu melakukan banyak pergerakan mudah maupun sulit. Persendian itu bisa diganti dengan persendian buatan yang terbuat dari plastik khusus.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s