Pernahkah dengan tentang Henoch-Schonlein Purpura (HSP)

haqi, Azka dan NaifaNamanya aneh…Henoch-Schonlein Purpura (HSP)..tetapi singkatannya mirip sakitku HNP….tapi wujud sakitnya beda. Kalau HSP lebih sering menyerang anak sedangkan HNP lebih menyerang orang dewasa…..Haaaaa…jadi ingat perbincangan dengan kawanku siang ini sambil makan bakso gress di Galeria Mall….HNP…penyakit orang tua….haaaa….sudah tua niiih yeeeee….

Henoch-Schonlein Purpura (HSP) adalah suatu penyakit peradangan pembuluh darah yang umumnya diderita oleh anak-anak usia di bawah 10 tahun. Penyakit yang tergolong langka ini tidak menular dan tidak diturunkan di dalam keluarga.

Bagi seseorang yang menderita HSP, sekujur tubuhnya akan tampak dipenuhi oleh ruam merah keunguan. Kondisi itu sebenarnya merupakan pendarahan di balik kulit akibat pembuluh darah yang mengalami peradangan.

 

Penyakit HSP disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Pada umumnya terjadi setelah terserang infeksi virus atau bakteri, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh masih lemah.

 

Ruam merah keunguan di kulit yang timbul akibat penyakit ini biasanya berada di bokong, tungkai, dan sekitar siku. Bisa juga terjadi di bagian tubuh atas dan wajah. Selain ruam merah keunguan di kulit, penderita Henoch-Schonlein Purpura (HSP) bisa mengalami beberapa gejala, seperti nyeri perut, nyeri sendi, diare, atau muntah.

 

Pada kasus tertentu, HSP juga bisa mengarah pada sejumlah komplikasi, seperti intususepsi dan penyumbatan usus, pembengkakan dan nyeri pada testis (orchitis), serta gangguan ginjal.

 

Penderita HSP yang mengalami gangguan ginjal bisa dikenali dari urinenya yang mengandung darah atau berbusa. Selain itu, pembengkakan di sekitar pergelangan kaki dan mata, atau kondisi hipertensi juga bisa menyertainya.

 

Segera temui dokter bila Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala HSP. Diagnosis serta penanganan secara cepat penting untuk dilakukan demi mencegah kondisi memburuk atau terjadi komplikasi. Terlebih lagi untuk komplikasi gangguan ginjal, karena apabila tidak ditangani dengan baik, dapat mengarah kepada gagal ginjal.

 

(Alodokter)

 

Oleh : Herbal Sunnah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s