Enaknya tahu Srandakan

image

Pernah ke pantai daerah Bantul Yogyakarta. Kalau pernah berarti pernah melewati daerah Srandakan.

Di pinggir jalan utama Bantul menuju lokasi wisata pantai ada sebuah warung kecil yang amat sangat tidak menarik untuk ditengok.

image

Warung dari bambu itu sudah rapuh, rusak disana sini, tetapi bagi orang yang tahu enaknya tahu yang dijual akan mencarinya dan berhenti untuk membeli. Beruntung kalau sudah buka dan tidak antri atau masih kebagian tahunya.

image

Waktu aku sampai hanya ada satu orang bapak yang mengantri, kelihatannya bapak itu sepulang dari sawah…beliau beli 2 bungkus…dan kebetulan itu  bungkusan terakhir dari periode penggorengan sebelummya. Jadi ditampah hanya tinggal beberapa biji dan aku diambilkan satu buah untuk kucicipi. Hmmmmm….memang berbeda…. tahu yang digoreng menggunakan tungku dua berjejer …tungku khas didesa dengan bakar kayu…..ada aroma khas yang tidak bisa didefinisikan.

image

yaa…istimewanya setiap pembeli dibolehkan mencicipi tahu goreng…dan beruntung kalau bisa mencicipi karena biasanya begitu diangkat dari penggorengan saat itu juga habis dibeli pembeli yang antri…tidak mungkin khan  agar bisa mencicipi trus mencicipi tahu yang masih panas turun dari penggorengan… 🙂

image

Begitu tahu diangkat dari penggorengan oleh si bapak, si ibu penjual dengan sigap memasukkan tahu yang masih panas itu kedalam plastik. Kami membeli tiga bungkus tahu goreng masing-masing sepuluh ribu rupiah dan dua bungkus yang masih mentah untuk digoreng sendiri.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s