Apakah gejala dan penyebab penyakit kusta

pink sandal“Yang itu koq gak ada jarinya” tanya Azka pada eyangnya

“Itu sakit” jawab eyangnya

“Emangnya sakit apa yang” tanya Azka

“Itu namanya sakit kusta” jawab eyangnya

“Oooo……sakit ya yang” tanya Azka lagi penasaran

 

Itu sepenggal percakapan Azka dan eyangnya dalam perjalanan ke luar kota dan ketemu orang sakit kusta. Yaa…dulu sering sekali disekolah terdengar istilah kusta, saat pelajaran…namun sekarang dalam pergaulan sehari-hari sudah jarang mendengar istilah sakit kusta, atau memang karena penderitanya sudah berkurang ya.

Sebenarnya apa siih gejala dan penyebab sakit kusta itu. Berikut ulasan di grup kesehatan.

Penyakit kusta atau lepra merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit dan menyebabkan terjadinya luka pada kulit hingga menimbulkan kerusakan syaraf dari waktu ke waktu. Kusta merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan sangat menular oleh karena itu tak heran banyak pasien penderita penyakit ini sering dikecilkan oleh orang-orang disekitarnya.

 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae, karena masa inkubasi yang panjang membuat penderitanya sering tidak  menyadari adanya serangan penyakit ini. secara garis besar penyakit ini dibedakan menjadi dua golongan yakni, tuberkuloid dan lepromatosa. Keduanya sama-sama menyebabkan terjadinya luka pada bagian kulit namun lepromatosa mempunyai daya kerusakan yang lebih kuat seperti adanya benjolan di area kulit.

 

Pada umumnya, gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah otot melemah, mengalami mati rasa pada sebagian anggota tubuh seperti tangan dan kaki, terdapat bentuk dan warna luka yang lebih terang dengan warna kulit asli, kehilangan sensitifitas pada daerah yang terluka, luka yang dialami akan ada selama beberapa minggu hingga hitungan bulan.

 

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit kusta adalah dengan tidak melakukan kontak langsung dengan pasien yang tidak dalam masa pengobatan. Namun, jika pasien tersebut berada dalam masa pengobatan maka tidak akan menular karena organisme penyebab penyakit ini sudah melemah bahkan sudah hilang.

 

Perlu diketahui bahwa, penyakit ini sangat menular jika korbannya tidak mendapat penanganan yang berkelanjutan. Sedangkan jika psien atau korbannya dalam masa pengobatan maka penyakit ini tidak menular karena tidak ada organisme penyebab lepra tersebut.

Jika mengetahui terdapat orang yang menderita penyakit ini pada lingkungan sekitar, maka segeralah untuk menghubungi dinas terkait supaya penyakit kusta ini tidak dapat menular pada penduduk sekitarnya.

 

(Kesehatanpedia)

Oleh : Herbal Sunnah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s