Apa penyebab rasa kesemutan

naik motorOleh dr. Raehanul Bahraen

Semua orang pasti pernah merasakan kesemutan atau kibas atau terasa tebal, baik di kaki atau tangan atau anggota tubuh yang lainnya. Sebagian dari mereka menyangka ini adalah fenomena yang biasa, ada juga yang menyangka ini adalah tanda penyakit tertentu, salah adalah mengaitkan ini dengan hal-hal ghaib masa depan untuk meramal, tentu ini tidak benar karena hanya Allah yang tahu masa depan dan hal ghaib.

Berikut ini adalah penyebab rasa kesemutan tersebut:

1.Berkurangnya atau sedikit aliran darah ke anggota badan
Sehingga saraf mengalami semacam kekurangan makanan dan energi dan ini akan terasa seperti kesemutan. Jika semakin lama, akan terasa seperti mati rasa. Misalnya ketika anggota badan, tangan atau kaki tertekan atau terpencet sesuatu, saat duduk bersila, saat posisi kaki terjepit, maka kita akan merasakan kesemutan dan lama-lama bisa mati rasa

2. Karena ada gangguan pada saraf

Misalnya pada kasus stroke, gangguan pada saraf pusat sehingga mempengaruhi impuls/aliran ke saraf tepi pada anggota badan. Sehingga bisa menyebabkan gangguan saraf, maka timbulnya keluhan seperti kesemutan, mati rasa atau rasa nyeri bahkan anggota badan tidak bisa digerakan.

Ada kemungkinan anda ketika tidur kaki terlipat atau posisinya kurang bagus sehingga aliran darah kurang lancar ke arah kaki. Dan ini berlangsung terus menerus selama tidur dalam waktu yang lama, sehingga ketika bangun sangat terasa mati rasa atau agak nyeri. Apalagi terjadi agak jarang sebagaimana anda katakan hanya 2 kali saja.

Akan tetapi jika frekuensinya sangat sering atau terasa sangat sakit sekali kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi ada kelainan saraf atau penyakit lainnya yang bisa memicu rasa kesemutan.

Penulis: dr. Raehanul Bahraen

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

redaksi@kesehatanmuslim.com
089691415115

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s