Pernahkan mendengar tentang ASI eksklusif

dik Naifa“Ibu nenen” rengek dik Naifa

“Ayo kesini” jawab ibunya

“Tidur” Jawab di Naifa

“Dimana” tanya ibunya

“Dikamar” jawab dik Naifa

Itu sepenggal percakapan dik Naifa dan ibunya sore beberapa hari lalu saat ibunya pulang kerja. Rengekan yang sudah mulai jarang sejak dik Naifa menginjak umur 2 tahun. Ya, meskipun dik Naifa sudah 2 tahun 2 bulan tapi belum berhenti minum ASI.

Apakah dik Naifa termasuk mendapatkan ASI eksklusif.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI sedini mungkin setelah lahir sampai bayi berumur 6 bln tanpa pemberian makanan lain. ASI eksklusif adalah memberikan hanya ASI tanpa memberikan makanan dan minuman lain kepada bayi sejak lahir sampai bayi berumur 6 bulan, kecuali obat dan vitamin.

Jumlah komposisi ASI masih cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi apabila ASI diberikan secara tepat dan benar sampai bayi berumur 6 bulan. Namun pada kenyataannya, 60% bayi belum berumur 4 bulan sudah mendapat tambahan susu formula. Bayi pada saat berumur 6 bulan, sistem pencernaannya mulai matur. Jaringan pada usus halus bayi, pada umumnya seperti saringan pasir. Pori-porinya berongga sehingga memungkinkan bentuk protein ataupun kuman akan langsung masuk dalam sistem peredaran darah dan dapat menimbulkan alergi. Pori-pori dalam usus bayi ini akan tertutup rapat setelah bayi berumur 6 bulan. Dengan demikian, usus bayi setelah berumur 6 bulan mampu menolak faktor alergi ataupun kuman yang masuk.

Semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s