Tahukah manfaat berkumur dengan obat kumur

dokter mevi“masih sakit dok” keluhku pada dokter sambil memegang pipiku

“nanti setelah gosok gigi berkumur ya” saran dokter mevi

“pakai obat kumur yang tidak pakai alkohol” lanjutnya

“kalau pakai rebusan daun sirih bagaimana dok” tanyaku

“ya, itu lebih baik, lebih alami” jawab dokter

Itu sepenggal percakapan dengan dokter mevi beberapa saat lalu saat gusiku bengkak dan bikin pusing bukan kepalang. Ya dengan menambah aktivitas berkumur saat terasa rasa nyeri menyerang, membuat rasa sakitku berkurang.

Apa siih sebenarnya manfaat berkumur, haruskah dengan obat umur beralkohol yang banyak beredar di luaran.

Beberapa studi menunjukkan bahwa obat kumur efektif dalam mencegah dan mengkontrol pembentukan plak, namun penggunaannya tetap harus disertai cara mekanik, yaitu sikat gigi dan floss.

Ya, kebiasaan kita hanya gosok gigi dan berkumur dengan air biasa, bukan obat kumur atapun air rebusan daun sirih. Ternyata berkumur dengan air biasa setelah menggosok gigi ini belum efektif membersihkan gigi, apalagi menggosok gigipun sering tidak cukup waktu, yang penting semua gigi sudah tergosok dan tersentuh pasta gigi.

Padahal sebaiknya menggosok gigi memerlukan waktu 2 menit dan kemudian dilanjutkan membersihkan dengan dental floss atau benang gigi, terakhir berkumur dengan obat kumur atai dengan air rebusan daun sirih.

Benang gigi menjadi penting ketika gigi kita mudah membentuk karang gigi akibat air ludah yang pekat, kalau gigi masih bagus posisi dan tidak ada yang berlubang, gosok gigi dengan menggunakan sikat gigi secara benar sudah cukup untuk membersihkan gigi.

Berkumurlah dengan benar, lebih baik repot sedikit dengan menambah kegiatan berkumur dengan air rebusan daun sirih atau obat kumur daripada plak gigi terbentuk yang bisa menyebabakan bau mulut dan sakit gigi.

Selamat berkumur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s