Apa yang kuketahui tentang produksi ASI

dik Naifa“Buuk, nenen” rengek dik Naifa

“Itu maem dulu” jawab ibunya

“Neneen” rengek dik Naifa setengah berteriak

“Sebentar ibu cuci tangan dulu” jawab ibunya sambil berjalan menjauh

“Cepet ya” kata dik Naifa

Itu sepenggal percakapan dik Naifa dan ibunya kemarin sore setelah ibunya datang dari kerja. Ya, dik Naifa masih belum berhenti minum ASI meski umurnya sudah dua tahun lewat dua bulan. Sebenarnya kalau diperhatikan bukan masalah haus akan minum ASI tetapi lebih pada beliaian nyaman tangan dan dekapan ibu daripada jumlah ASInya itu sendiri.

Sampai kapankah ASI itu diproduksi, atau berapa lama ASI itu masih bisa keluar. Berikut aku kupaskan artikel yang dishare di grup whatsapp kesehatan beberapa hari lalu.

Payudara ibu telah dipersiapkan untuk laktasi dan hormon-hormon yang disekresi selama kehamilan. Selama kehamilan ini jumlah alveoli meningkat dan mengalami perubahan-perubahan guna mempersiapkan produksi ASI.

Agar ASI dapat dikeluarkan, diperlukan hormon oksitosin yang disekresikan oleh glandula pituitaria posterior atas rangsangan isapan bayi. Oksitosin ini menyebabkan jaringan muskuler sekeliling alveoli berkontraksi yang dengan demikian mendorong ASI menuju ductus. Proses ini disebut dengan “let down” reflex.

Berdasarkan waktu produksinya, ASI dibagi menjadi 3, yaitu :

  1. Kolostrum
  • Disekresi oleh kelenjar mammae dari hari ke-1 sampai hari ke-3 atau ke-4, dari masa laktasi.
  • Komposisi kolostrum dari hari ke hari berubah
  • Merupakan cairan kental yang ideal yang berwarna kekuning-kuningan, lebih kuning daibandingkan ASI matur.
  • Merupakan suatu laksatif yang ideal untuk membersihkan mekoneum usus bayi yang baru lahir dan mempersiapkan saluran pencernaan bayi untuk menerima makanan selanjutnya.

 

  1. Air Susu Masa Peralihan (Masa Transisi)
  • Merupakan ASI peralihan dari kolostrum menjadi ASI matur.
  • Disekresi dari hari ke-4 sampai dengan hari ke-10 dari masa laktasi, tetapi ada pula yang berpendapat bahwa ASI matur baru akan terjadi pada minggu ke-3 sampai minggu ke-5.

 

  1. Air Susu Matur
  • ASI yang disekresi pada hari ke-10 dan seterusnya, yang dikatakan komposisinya relatif konstan, tetapi ada juga yang mengatakab bahwa minggu ke-3 sampai ke-5 barulah komposisi ASI konstan.
  • Merupakan makanan yang dianggap aman bagi bayi, bahkan ada yang mengatakan pada ibu yang sehat ASI merupakan makanan satu-satunya yang diberikan selama 6 bulan pertama bagi bayi.

 

Volume Produksi ASI. Volume ASI yang dikeluarkan berkisar antara 0,5 – 1,5 liter/hari, terutama bergantung pada kebutuhan bayi, pola pemberian ASI da status gizi. Komposisi ASI tidak bergantung pada status gizi ibu, kecuali status gizi ibu malnutrisi berat. Bahkan menyusui hingga 2 tahun pun, kualitas ASI masih dipertahankan meskipun jumlahnya menjadi sangat kurang.

Semoga bermanfaat

Iklan

2 thoughts on “Apa yang kuketahui tentang produksi ASI

  1. Cara Mengatasi Kencing Nanah Alami April 18, 2016 / 9:51 am

    Infoemasi yang menarik..Apaakah air susu ibu juga boleh dikonsumsi selain untuk bayi miasalnya di buat eskrim atau minuman dan semacamnya? karena di beberapa tempat seperti di eropa banyak dijumpai es krim yang terbuat dari air susu ibu.

    • purwatiwidiastuti April 19, 2016 / 1:36 am

      kalau masalah boleh tidaknya siih ya boleh saja…tapi pemberian ASI khan bukan sekedar ASInya tetapi lebih kepada kedekatan psikologis ibu dan anak, dekapan sayang bunda tidak tergantikan dengan rasa dingin es krim 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s