Apa itu rabun dekat

bu joko“Mbak, bisa lihat jam itu” tanya teman dikolam
“Bisa, kenapa” jawabku sekaligus bertanya
“Jam berapa sekarang” tanyanya kemudian
“Jam 7.30” jawabku
“Matanya minus ya” tanya seorang bapak yang berada didekat kami
“Iya” jawab temanku
“Beli kacamata renang yang minus” saran bapak tersebut
“Ada yang plus tidak pak” tanyaku
“Dimana belinya” lanjutku

Yaaa  itu sepenggal percakapan dikolam sabtu pagi lalu. Aku juga baru tahu kalau ada kacamata renang untuk yang rabun. Bagus sekali untuk temanku yang tidak bisa lepas dari kacamata itu. Apa siih sebenarnya rabun dekat itu. Berikut ku kopas artikel dari grup kesehatan.

Bismillaah……….

📗  RABUN DEKAT…

Rabun dekat adalah gangguan pada mata yang menyebabkan penderita tidak bisa melihat objek dekat dengan jelas atau terlihat buram, namun biasanya benda yang jauh justru terlihat jelas.

Rabun dekat, disebut juga dengan hyperopia, sering dikaitkan sebagai masalah pembiasan. Mata akan menjadi mudah lelah jika mengalami rabun dekat.

Rabun dekat umumnya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun akibat berkurangnya kemampuan mata seiring bertambahnya usia. Namun sebagian kecil anak-anak juga bisa terlahir dengan kondisi ini.

Berikut adalah beberapa gejala rabun dekat :

1. Sakit kepala

Harus mengerlingkan mata untuk melihat dengan jelas

2. Mata berair atau berwarna kemerahan

3. Kesulitan untuk membaca

4. Mata terasa lelah usai fokus melihat objek dekat, seperti menggunakan komputer atau membaca

5. Objek jauh terlihat jelas, tapi objek dekat tampak tidak fokus dan buram

✒ Pencegahan Rabun Dekat

Rabun dekat tidak dapat dicegah, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu melindungi mata dan penglihatan Anda, yaitu :

● Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap

● Menggunakan penerangan atau pencahayaan yang baik

● Jangan merokok

● Memeriksakan kondisi mata secara rutin

● Melindungi mata dari sinar matahari langsung

● Menggunakan kacamata yang tepat

● Mengendalikan gangguan kesehatan kronis seperti diabetes

● Mengenali gejala gangguan pada mata

Periksalah ke dokter mata bila ada gangguan pada mata anda.

(Alodokter)

Oleh : Herbal Sunnah

Iklan

13 thoughts on “Apa itu rabun dekat

  1. Bonita LubiDan April 2, 2016 / 5:49 pm

    Rabun dkt ini identik dgn usia mmg, anehnya kok di Eropa gak begitu2 amat ya dibanding di indonesia

  2. sugarrushedfish April 4, 2016 / 1:52 am

    Blognya useful banget mba… Keep writing 🙂

    • purwatiwidiastuti April 8, 2016 / 7:03 am

      terima kasih sugarrushedfish

  3. YSalma April 8, 2016 / 5:39 am

    Saya belum rabun dekat, tapi udah rabuh jauh (minus) dari SMA, tp sekarang males make kacamata, kalo mau papasan dgn seseorang di sekitar rumah udah pasang wajah senyum, eh begitu dekat ternyata orangnya ga dikenal, malah ditatap aneh *nasib si rabun 😀

    • purwatiwidiastuti April 8, 2016 / 6:56 am

      mbak YSalma,
      bagus tuuh senyum duluan, dikira aneh orang ga dikenal masih lumayan dari pada saya, karena sering ga lihat orang karena rabun dekat..trus jadinya dikira sombong, ketemu ga mau senyum 🙂

  4. wisnu tri wijaksono April 8, 2016 / 5:34 pm

    Berarti rabun jauh itu kayak orang yang selalu mencari pasangan terbaik walau sulit, padahal ada orang yang di dekatnya yang mencintainya lebih #maafsayagalau wkwkw

    • purwatiwidiastuti April 12, 2016 / 2:59 am

      hehehe..mas wisnu lucu

      • wisnu tri wijaksono April 12, 2016 / 3:06 am

        Hehehe

      • purwatiwidiastuti April 12, 2016 / 3:08 am

        hehehe

  5. uje April 10, 2016 / 12:30 am

    saya juga rabun jauh, jadi kalau lagi belajar dikelas jarang nulis karena gak keliatan di papan boardnya (gak mau pake kacamata). haha

    • purwatiwidiastuti April 12, 2016 / 2:56 am

      hehehe…ternyata saya ada temannya…..sama-sama tidak bisa melihat tulisan didepan tetapi tidak mau pakai kacamata….piss

  6. EwinkGanden April 13, 2016 / 3:19 am

    Mba, produktif sekali menulisnya,,,,bahasannya sangat menarik dekat dengan keseharian….banyak sekali informasi yang dishare

    • purwatiwidiastuti April 13, 2016 / 5:16 am

      mas ewinkganden,
      terima kasih kunjungan, komentar dan pujiannya
      karena nulisnya lebih sering karena dipicu kejadian sehari-hari, lalu dicari hubungannya dengan yang semi-semi serius ngilmiah gituuu…hihihi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s