Apakah jantung itu

“Aku bapakbersepeda dulu” kata ayahku

“Nggih, rutenya mau lewat mana” jawabku sekaligus bertanya

“Kemarin lewat selatan, hari ini juga masih mau lewat selatan” jawab ayahku menerangkan

“Kira-kira butuh waktu tberapa lama” tanyaku lagi

“Paling cuma 30 menit” jawab ayahku

“Ya, hati-hati” kataku kemudian

Ya, sejak setahun lalu ayahku mulai rajin bersepeda. Sebuah kemajuan yang sangat luar biasa, sebuah kemajuan yang benar-benar mengagumkan, mengingat sekitar lima tahun lalu ayahku terkapar di ICU selama seminggu karena serangan jantung,  dan hasil kateter menunjukkan ada penyumbatan di 5 titik dengan prosentasi penyumbatan terkecil 45% dan terbesar 90%. Bahkan dokterpun juga heran karena di bilik kanan bawah jantung ayahku tidak terlihat saluran darah, mungkinkah tersumbat 100% sekian lama sehingga tak terlihatbsama sekali atau karena apa aku juga tidak tahu.Bapak Ibu

Dan ketika punya rencana untuk menjalankan ibadah umroh ketanah suci akhir tahun 2015, maka ayahku rajin membangun kekuatan dengan bersepeda untuk menguatkan otot jantungnya. Pagi ini setelah bersepeda ayahku masih bersenam sekitar 15 menit di depan rumah, mungkin karena merasa belum cukup bersepeda tetapi jalanan sudah mulai ramai anak bersekolah sehingga ayahku lebih memilih menambah olahraga dengan bersenam.

Sebenarnya apa siiih jantung itu….bagian tubuh kita yang sangat penting, yang menandakan bahwa kita masih hidup ketika janting kita masih berdenyut. Berikut ku kopas tentang jantung dari artikel di share di grup kesehatan yang disarikan dari buku kesehatan, jurnal dan majalah kesehatan.

  1. Ukuran jantung anda kurang lebih sama dengan kepalan tangan anda. Jantung terletak di tengah rongga dada anda, posisinya sedikit condong ke kiri.
  2. Jantung adalah pompa yang sangat kuat dan hampir seluruh bagiannya terbuat dari otot.
  3. Jantung berkontraksi (menegang) dan berelaksasi secara otomatis sebanyak 70x per menit untuk memompa darah ke arteri.
  4. Jantung memiliki 2 sisi yang dipisahkan oleh dinding otot yang disebut septum.
  5. Sisi kanan jantung berukuran lebih kecil dan lebih lemah serta hanya memompa darah ke paru-paru.
  6. Sisi kiri jantung yang lebih kuat memompa darah menuju ke seluruh tubuh.
  7. Setiap sisi jantung memiliki 2 ruangan. Ruangan bagian atas disebut serambi, di sinilah darah dari vena terakumulasi (terkumpul). Ruangan di bagian bawah disebut bilik, yang berkontraksi untuk memompa darah keluar menuju arteri.
  8. Keempat ruang jantung memompa darah sekitar 70 ml setiap denyutan.
  9. Ada 2 katup pada setiap sisi jantung untuk memastikan darah hanya mengalir satu arah. Katup yang berukuran besar ada di antara serambi dan bilik, katup yang lebih kecil berada di jalur keluar darah antara bilik dan arteri.
  10. Arteri koroner menyuplai darah untuk jantung. Jika arteri ini tersumbat, otot jantung akan kekurangan darah dan berhenti bekerja. Hal inilah yang berlangsung ketika terjadi serangan jantung.

Semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s