Apakah itu saluran pernafasan itu

Azka“dadaku sesak” kata Azka di pinggir kolam

“ambil nafas panjang” kataku

“sebelah sini lho” katanya sambil menunjuk dadanya

“ya, tarik nafas, tahan, keluarkan” aba-abaku

“ulangi lagi, tarik nafas, tahaan, lepaskan” ulangku lagi

Setelah lima kali ulangan kutanya, apakah dadanya masih sakit, Azka jawab tidak. Maka kubilang, makanya besuk lagi rajin berenang, biar nafasnya kuat sehingga dadanya ga sakit, kataku pada Azka yang sudah beberapa minggu absen berenang.

Yaa, karena Azka saat kecil pernah diindikasikan kena flek, jadi aku sangat perhatian pada kegiatan berenang dan ke pantai di pagi hari. Dan memang terbukti saat kemarin malas berenang maupun ke pantai, Azka sempat terkena ISPA dan harus istirahat di rumah sakit beberapa hari.

Sejak saat itu, kalau Azka sudah absen beberapa minggu tidak berenang aku mencari cara agar Azka kembali tertarik untuk rajin berenang. Bulan ini kami mencoba lokasi di daerah utara yaitu renang di Biru Sport Center, minggu depan kami akan mencoba di daerah selatan yang ada mainan prosotannya.

Apa sih saluran pernafasan itu….terdiri dari apa saja saluran pernafasan kita ini. berikut sebelas point penting tentang saluran pernafasan.

  1. Saluran pernafasan bagian atas terdiri dari hidung, sinus, mulut, dan faring (tenggorokan).
  1. Saluran pernafasan bagian bawah terdiri dari laring, trakea (saluran pernafasan), dan paru-paru.
  1. Sinus adalah rongga udara di dalam tulang penyusun kening dan wajah pada tengkorak. Jika lendir menyumbat rongga ini saat anda mengalami flu, suara anda akan berubah.
  1. Langit-langit lunak yang terletak di pangkal mulut, sebenarnya adalah selapis jaringan tipis yang akan tertekan ke arah rongga hidung ketika anda menelan, sehingga berfungsi untuk mencegah makanan masuk ke hidung.
  1. Tenggorokan adalah organ berbentuk tabung yang ada dalam leher. Tenggorokan berawal dari pangkal mulut dan hidung.
  1. Ada 2 cabang pada ujung tenggorokan. Cabang pertama, yaitu esofagus, adalah saluran tempat makanan masuk ke perut. Cabang kedua, yaitu laring, adalah saluran tempat udara masuk ke paru-paru.
  1. Epiglotis adalah katup yang akan bergerak ke bawah menutupi laring untuk mencegah makanan masuk ke dalam laring saat kita menelan.
  1. Tonsil dan adenoid adalah kumpulan nodus limfa. Tonsil dan adenoid membengkak untuk menbantu penyembuhan infeksi telinga, hidung, dan tenggorokan.
  1. Adenoid terletak di ujung rongga hidung, sedangkan tonsil di belakang tenggorokan bagian atas.
  1. Apabila pembengkakan tonsil dan adenoid terlalu besar, kedua organ ini kadang diangkat.
  2. Tenggorokan terhubung dengan telinga melalui sebuah saluran yang terbuka saat kamu menelan, gunanya untuk menyeimbangkan tekanan udara.

 

lokasi r

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s