Apa itu CTS

image

“Koq jariku sering kesemutan saat kerja di laptop ya” tanyaku pada teman di grup whatsapp
“Waah hati-hati pur” respon temanku
“Lhaaa memang kenapa” tanyaku
“Aku dulu juga begitu” sahut temanku yang lain
“Trus apa obatnya” tanyaku
“Aku cuma disuruh meremas sebuah alat setiap hari” jawab temanku
“Alat itu harus diremas sampai bengkok baru berhenti” lanjut temanku
“Lhaaa aku ga punya alat itu, bisa pakai bola tenis tidak” tanyaku
“Bisa saja, yang penting bisa untuk terapi jari” jawab temanku meyakinkan

Itu percakapan sore hari di grup wa teman kuliah, dan aku berusaha untuk sebisa mungkin melakukan terapi itu, tidak harus dengan bola tenis, kalau dikantor kadang dengan botol vitami, kalau dirumah kadang dengan jeruk nipis ataupun dengan jeruk purut. Aku paling suka dengan jeruk purut, karena akan muncul aroma jeruk purut yang segar dan menentramkan.

image

Kesemutan salah satu gejala cts, tetapi tidak berarti kalau kesemutan berarti terkena cts. Tapi apa sebenarnya cts itu. Aku juga pertaka kali mendengar saat temanku kuliah ada yang tangannya kesemutan dan tindakan yang diambil adalah operasi.

Berikut aku kopas seluk beluk cts yang kuterima di salah satu grup wa yang kuikuti. Sebenarnya ada diposting dalam bentuk gambar oleh temenku suryanto di grup smp, namun kucari tidak ketemu, jadi kuposting yang bentuk narasi saja.

Bismillaah……….

🖍 Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome?

Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) adalah kondisi yang memengaruhi tangan dan jari hingga mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Gejala yang muncul ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan pada malam hari akan bertambah parah. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk.

Carpal tunnel atau lorong karpal adalah jalur pada pergelangan tangan dimana terdapat saraf median dan sembilan tendon yang berguna dalam pergerakan jari-jari tangan.

Selain sensasi rasa kesemutan, mati rasa atau kebas, dan rasa sakit pada beberapa bagian tangan, berikut ini adalah beberapa gejala lain yang mungkin terjadi :

●  Ibu jari melemah.

●  Muncul rasa sakit pada tangan atau lengan.

●  Gejala yang muncul bisa terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus, tapi pada kebanyakan kasus, CTS akhirnya memengaruhi kedua tangan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena carpal tunnel syndrome :

1. Faktor keturunan keluarga yang menderita CTS.

2. Cedera pada pergelangan tangan.

3. Kehamilan. Hampir setengah dari wanita hamil mengalami CTS.

4. Pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan, seperti mengetik tanpa henti.

5. Kondisi medis lain, misalnya rheumatoid arthritis dan diabetes.

Terkadang, carpal tunnel syndrome tidak membutuhkan pengobatan khusus dan akan pulih dengan sendirinya. Khususnya pada wanita hamil, CTS akan membaik dalam waktu tiga bulan pasca melahirkan.

Untuk gejala CTS yang ringan dan sedang, bisa ditangani dengan membalut pergelangan dengan papan kecil dan disertai suntikan kortikosteroid. Jika hal ini tidak berhasil, prosedur operasi mungkin akan dilakukan. Operasi penting dilakukan jika dicurigai terdapat kerusakan saraf permanen.

Pemulihan pasca operasi akibat CTS mungkin butuh waktu lama jika kasus CTS yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan, ada kemungkinan tidak ada perkembangan dari penanganan yang sudah dilakukan.

(Alodokter)

Oleh : Herbal Sunnah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s