Ayooo kontrol berat badan

kolam umbul cokro“Ayo makan ayamnya itu” terdengar suara temanku untuk meminta kami makan masakan rendang ayamnya

“Iya, terima kasih” jawabku sambil mengambil sepotong

“Hmmmmm enak sekali” responku saat menggigit rendang ayam itu

“Besuk bawa lagi ya” pintaku

“Iya besuk kubawakan lagi” jawabnya

umbul ponggok

Itu sepenggal percakapan dengan kenalanku di kelompok renang tirta kencana yang sedang jalan-jalan ke umbul ponggok klaten beberapa hari lalu, rencana mereka akan jalan-jalan lagi ke kutoarjo besuk jum’at, sayang aku nggak bisa gabung karena ada agenda rapat.

Karena ketemunya dengan sekelompok orang yang suka berenang jadi mayoritas punya badan yang relatif langsing tapi padat berisi, bukan langsing tapi badannya empuk. Bahkan ada satu ibu yang sangat ceria lebih tepatnya seorang nenek karenba usianya sudah 72 tahun, beliau sangat lincah dan bahkan makannyapun paling banyak diantara kami. Aku makan 1 porsi nasi jatah saja harus dengan sepenuh upaya alias berjuang, sementara nenek cantik nan lincah itu, masih minta tambahan nasi, woooow….bener-bener mengejutkan kami semua.

umbul cokroRasanya tidak ada di kelompok ini yang obesitas alias kelebihan berat-badan deeh…habis dari celotehan bersama, kalau merasa kelebihan 3kg saja katanya badannya sudah nggak enak diajak bergerak. Dan aktivitas mereka juga tidak hanya berenang, banyak diantara mereka juga ikut kelompok senam baik yang berbayar maupun yang gratis. Dan di Yogya kalau hari minggu sepanjang jalan malioboro sampai dengan alun-alun banyak kelompok-kelompok senam dengan jenis senam yang berbeda-beda. Aku dulu paling sering ikut yang di depan gedung agung dengan jenis senam aerobic low impact.

Ya, obesitas yang banyak menjadi masalah beberapa orang di beberapa komunitas maka di kelompok renang tirta kencana obesitas jauh dari jangkauan, hehehehe

pink sandal

Diet yang cukup dengan pola makan yang sehat dan banyak makan buah dan sayuran serta rutin berolah raga adalah cara tepat untuk mengendalikan berat badan. Bahkan di kelompok renang tirta kencana yang baru kubuatkan grup whatsapp hari jumat lalu, setiap renang hari jumat yang khusus untuk perempuan itu ada teman yang selalu membawa makanan kecil non kolesterol seperti kacang rebus, pisang rebus, singkong rebus, maupun  jagung rabus. Sehingga setelah capai berenang kemudian berkumpul untuk menikmati menu non kolesterol, kadang kalau tidak sempat nongkrong ngobrol yaa cukup ambil yang disuka dan pergi. Aku jarang bisa ngobrol, karena jadwalku jam 7 sudah harus keluar kolam dan meluncur ke tempat kerja.

Ayoo teman rajin bergerak agar badan sehat dan tidak kelebihan berat badan. umbul pomggok

Iklan

One thought on “Ayooo kontrol berat badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s