Tahukah infeksi gusi bisa menyebabkan kematian

senja“Aduuh” keluhku sambil memegang pipiku
“Kenapa” tanya temanku
“Gusiku bengkak” jawabku
“Sudah dipriksakan ke dokter” tanya temanku
“Sudah” jawabku
“Apa kata dokter” tanya temanku lagi
“Katanya karena karang gigi” jawabku

Itu sepenggal percakapanku dengan teman beberapa saat lalu ketika gusiku bengkak dan sakitnya terasa sampai kepala. Sebelummya kuingat saat gusiku bengkak cuma pipi yang terasa gusinya sakit kutekan sambil beristighfar, bengkaknya pecah, keluar darah, kubersihkan dengan berkumur dan sembuh. Tapi bengkak kali ini agak bandel, sehingga kutekan-tekan tidak juga pecah, bahkan pusing kepala berhari-hari.

viaSampai ke dokter gigi berulang kali dan dirujuk cabut gigi ditempat yang gusinya bengkak. Waktu kubawa kedokter gigi spesialis bedah mulut kubilang kalau waktu bengkaknya pecah keluar nanah, dan kutekan sampai habis dan berganti darah. Kata dokter Tomi panggilannya meski nama formalnya dokter Agus, gusiku infeksi…deeg….jadi ingat komentar temanku, infeksi gusi bisa menyebabkan kematian. Oleh dokter tomi aku diberi 2 macam antibiotik, yang kata apotekernya salah satu jenis antibiotiknya untuk persiapan cabut gigi.

Yaa…memang menurut penelitian infeksi gusi bisa menyebabkan kematian janin bagi ibu yang tengah hamil, dan yang mengejutkan 75% ibu hamil mengalami gusi bengkak dan berdarah yang menyebabkan bakteri didalam mulut masuk ke aliran darah hingga ke plasenta. Bahkan kata teman SMP bakteri itu bisa masuk ke jantung dan menyebabkan kematian.

viaDuuuh ternyata masalah sepele gusi bengkak, ngeri juga efeknya yaa…bisa menyebabkan kematian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s