Ayoo makan buah sebelum makan

salad“Mau maem kates apa apel” tanya adikku ke dik Naifa

“Kates” jawab dik Naifa

“Sebentar dikupas dulu ya” kata adikku lagi

“Sana duduk dulu dikursi” lanjut adikku

Dik Naifapun berjalan menjauh untuk duduk di kursi. Dik Naifa jauh lebih mudah untuk disuruh makan buah dibanding kakaknya. Hampir semua buah dik Naifa suka, sedangkan kakaknya hanya buah-buah tertentu yang suka, itupun belum tentu mau makan.salad

Dik Naifa juga suka ikut-ikutan minum jus, kalau adikku meracik buah untuk dibuat jus, dik Naifa suka nunggu di sampinya dan suka ikut-ikutan mau membantu mengiris ataupun memasukkan kedalam blender.

Kadang kalau pagi sebelum jalan-jalan bersama ibuku keliling kompleks, dik Naifa mau makan buah dulu, kalau ada buah yang cocok, tapi kalau nggak cocok atau sedang tidak suka makan buah dik Naifa makan buahnya setelah makan nasi.

jambuSebenarnya kapan makan buah yang benar itu? Ada yang bilang jangan makan buah sebelum makan nasi, nanti perutnya sakit. Tetapi ada juga yang bilang makan buah selagi perut kosong.

Dulu aku makan buah selalu sehabis makan nasi, atau perut dalam keadaan isi, sekarang aku mulai merubah kebiasaan dengan makan buah dulu baru makan nasi. Meski masih belum benar siiih…karena sebaiknya makan buah itu minimal 30 menit sebelum makan nasi, apabila mau makan buah setelah makan nasi, maka sebaiknya diberi jeda 3 jam setelah makan nasi baru bisa makan buah.

Makan buah selagi perut kosong atau sebelum sarapan akan sangat memantu tubuh mendapatkan energi setelah puasa selama 7-9 jam. Pisang sangat cocok untuk dimakan sebelum sarapan, tetapi apabila punya gula darah tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi pisang sebelum sarapan.Apels2

Bila makan buah diberi jeda 2-3 jam setelah makan besar, diharapkan makanan sudah dicerna oleh lambung dari sari makanan sudah diserap oleh usus, sehingga tidak menumpuk dengan buah yang dikonsumsi belakangan.

Selamat menikmati buah

 

Iklan

4 thoughts on “Ayoo makan buah sebelum makan

  1. arifbudilifejournal Februari 11, 2016 / 4:07 am

    saya sendiri baru memulai kebiasaan untuk makan apel sehari sekali (sebagai pengganti sarapan). Menurut buku yang saya baca, kalori apel sebenarnya sudah cukup sampai makan siang namun perut kita saja yang terkadang bandel (walaupun kalori cukup namun tetap terasa lapar).

    • purwatiwidiastuti Februari 11, 2016 / 4:19 am

      mas arifbudilifejournal,
      iya, memang kebiasaan kita makan kita karena keinginan bukan kebutuhan.
      kita memang perlu memulai sedikit demi sedikit agar bisa menjalani gaya hidup sehat

  2. Robby Rattu Februari 11, 2016 / 4:08 am

    Wah, berarti kebiasaan kebanyakan orang selama ini salah ya bu…. Kebanyakan orang akan langsung makan buah tepat sesudah makan.. Terima kasih sudah berbagi… Informasi ini sangat bermanfaat. Akan saya terapkan di rumah.

    • purwatiwidiastuti Februari 11, 2016 / 4:17 am

      Mas Robby Rattu,
      Iya itu pemahaman turun temurun, jadi ya kita cuma ngikuti saja. tapi sekarang sudah tahu, kita bisa mulai merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s