Ayo mencegah HNP dengan berolahraga

IMG_1461“kenapa berenang” tanya temenku

“untuk terapi HNP” jawabku

“Lho sama, saya juga punya HNP” jawabnya

“dilumbal berapa” tanyaku lagi

“di leher” jawabnya singkat

Ya, beberapa orang yang kujumpai di saat renang dikolam UmbangTirto di waktu pagi kebanyakan karena melakukan terapi untuk masalah kesehatan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa berolahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan baik setelah seseorang sudah terkena sakit ataupun bagi yang belum sakit sama sekali.

Aku menyadari bahwa HNP tidak separah teman-temanku yang lain karena aku termasuk senang berolahraga, hanya intensitasnya memang yang menjadi masalah. Maka sejak 6 tahun lalu saat di vonis syaraf kejepit/HNP di lumbal 4-5 aku mulai berusaha rajin berenang…ya berusaha…karena jadwal kerjaku yang kadang harus keluar kota kadang atau bahkan sering tidak memungkinkan untuk berenang.

HNP tidak hanya bisa dicegah dengan berolah raga, tetapi olahraga akan sangat berpengaruh terhadap kesembuhan bagi penderita HNP ataupun menjaga agar jangan sampai terkena HNP dengan menguatkan fungsi tulang dan otot.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk pencegahan dari HNP, yaitu:
  • Olahraga. Ini akan menjaga kelenturan dan kekuatan otot
  • Menghindari aktivitas berulang (repetitif)
  • Mengontrol berat badan sehingga tekanan pada tulang belakang tidak besar
  • Duduk dengan sikap tubuh yang benar
  • Hindari mengendara dalam waktu yang lama
  • Mempelajari teknik mengangkat yang benar

Selamat menjaga kesehatan. Salam sehatIMG_1863

Iklan

2 respons untuk ‘Ayo mencegah HNP dengan berolahraga

  1. Firasta Fiven Februari 6, 2018 / 12:30 am

    Apakah sedang sakit sakitnya terasa trus berenang itu tidak sakit saat berenang menggerakan anggota kaki dan tangannya?

    • purwatiwidiastuti Februari 6, 2018 / 3:37 am

      kaka firasta fiven,
      saya justru kalau terasa sakit harus dipaksakan berenang agar sakitnya menghilang
      biasanya kalau kebanyakan duduk atau lupa mengangkat beban berat, sakitnya datang
      alhamdulillah setelah berenang sakitnya berkurang
      tapi mungkin memang tergantung berapa sakitnya siiih..kalau sangat sakit dan tidak bisa bangun tidur atau berjalan ya jangan berenang…risikonya terlalu besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s