Apakah itu HNP

pak Didik dan pak Aris“Tanganku kesemutan” tulis temanku di grup whatsapp

“Kenapa” timpal temanku yang lain

“Nggak tahu, besuk konsul ke dokter” jawab temenku

“Lho koq konsul ke dokter, apa sudah ada pemeriksaan sebelumnya” tanyaku

“Iya, minggu lalu, konsul besuk selasa” jawabnya

“Di rumah sakit mana jeng” tanya temenku yang lain

“Kalau di tempat yang sama nanti kita reuni” sambungnya lagi

“Lhoo..ini konsul sakit koq diajak reuni” balas temankuDidik, Kesowo

Itu sepenggal percakapan grup WA teman SMP, topik seharian kemudian saling saring tentang syaraf kejepit. Ternyata ada beberapa teman yang menderita syaraf kejepit, ada yang di tulang leher, tulang torax dan ada yang lumbal.

Sebenarnya apa sih HNP itu.

HNP atau Hernia Nukleus Pulposus atau lebih sering dikenal sebagai syaraf kejepit adalah gangguan yang terjadi akibat adanya penonjolan (hernia) bantalan (nucleus pulposus) di cakram antar ruas tulang belakang (diskus)….jadi sebenarnya karena penonjolan bantalan yaa, tetapi orang awam lebih mengenal sebagai syaraf kejepit.

Akibat HNP adalah dapat terjadi penekanan/penjepitan saraf dengan segala konsekuensinya….naaah syaraf kejepit itu sebenarnya sebagai akibat dari bantalan yang menonjol.

Agnes, FebyHNP dikenal sebagai penyakit degeneratif, penyakit yang timbul atau muncul karena faktor usia atau penurunan fungsi tubuh terutama terjadi pada usia 30 – 45 tahun, dan lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan (2 : 1).

 

Bagaimana terjadinya HNP

Tulang belakang (columna vertebra) terdiri dari sederet ruas tulang (vertebra) 33 yaitu:

  • tulang leher (cervical) C1 – C7, penyangga leher
  • tulang punggung (thoracal) T1- T1, penyangga punggung
  • tulang pinggang (lumbal) L1 – L5 , penyangga pinggang
  • tulang bokong (sacral) dan tulang ekor (coccygeus), penyangga pantat

Tulang-tulang tersebut (kecuali tulang sacral), dipisahkan oleh cakram (diskus). Sebenarnya aku ada video yang menerangkan ke 33 ruas ini dengan baik, tapi sayang, blog.ku ini tidak bisa untuk mengunggah video, jadi nulis saja yaa.

Didalam cakram terdapat bantalan yang lentur (nucleus pulposus). Nucleus pulposus diselubungi oleh cincin serat jaringan yang kuat yang disebut annulus fibrosus.

Cakram berfungsi sebagai penyerap goncangan (shock absorber) dan berperan penting dalam kelenturan pergerakan tulang belakang, antara lain untuk memutar, menunduk, menengadah dan sebagainya. Betapa banyak fungsinya dan semua kita lakukan dalam gerapan yang reflek tampa kita tahu berapa jumlah gerakan yang sudah kita lakukan dengan menggunakan fungsi cakram tersebut.

Didalam tulang belakang terdapat saluran yang berisi sumsum tulang belakang (medulla spinalis) yaitu sistem saraf yang menghubungan otak dengan organ-organ tubuh dibawah. Sumsum tulang belakang terletak di belakang cakram. Kalau di video digambarkan seperti kabel yang menghubungkan antar tulang itu sampai ke otak. Terra, Nissa

Bila cakram melemah, ada risiko terjadi robekan pada anulus fibrosus, akibatnya bantalan/nucleus pulposus dapat menonjol sehingga berpotensi menekan/menjepit sumsum tulang belakang dan/atau saraf di sekitarnya. Keadaan ini yang dikenal sebagai HNP. Di video digambarkan bagaimana mudahnya mengambil tonjolan yang menyepit syaraf itu, seolah hanya dimasukkan pipa untuk menyedot, dan bekas lukanyapun sangat kecil seolah cukup ditutup dengan handyplast dan sejenisnya saja.

Nach temenku kemarin cerita kalau dari hasil konsul dokter kena cervical HNP, jadi untuk terapinya dia harus menggunakan penyangga leher dalam 2 bulan ini. Berbeda dengan Lumbal HNP seperti yang kumiliki, terapiku menggunakan korset…sebenarnya ini lebih digunakan agar posisi dudukku benar tidak membebani tulang bellakang.

susiApa saja gejala HNP

Cervical HNP seperti yang diderita temanku, gejalanya bisa berupa:

  1. Nyeri di belakang kepala, leher, bahu, lengan dan jari tangan.
  2. Kelemahan otot bahu, lengan dan jari tangan.
  3. Rasa baal/kesemutan di leher sampai ke tangan.

Lumbal HNP seperti yang kuderita, gejalanya bisa berupa:

  1. Nyeri pinggang yang menyebar ke bokong, selangkangan, tungkai.
  2. Kelemahan otot tungkai dan jari kaki.
  3. Rasa baal/kesemutan di pinggang sampai kaki.

Nyeri sering timbul pada saat membungkuk atau duduk lama dan berkurang bila berbaring pada sisi yg sehat dengan tungkai agak menekuk. Kalau nyeri yang kurasakan lebih terasa di sisi pinggul kanan bawah, setelah melakukan 7 langkah senam HNP seperti yang disarankan temanku, aku merasa sakitnya koq pindah disis kiri yaaa…kenapa bisa begitu…..

Aku tanya temanku yang mengirim video, dijawabnya memang begitu…tetapi aku masih penasaran, bagaimana mungkin hanya karena gerakan senam ringan koq sakitnya bisa berpindah…atau itu hanya perasaanku saja yaaa…..yaaa…semoga saja begitu.

mbak Tri

 

Iklan

One thought on “Apakah itu HNP

  1. Rideralam Februari 11, 2016 / 8:14 am

    Itu foto2nya pada hepi, gak kayak lagi kena HNP hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s