Apa saja terapi pengobatan HNP

mbak wati“Apa diagnosisnya” tanyaku pada teman

“HNP di cervical 3, 4” jawab temenku

“disuruh fisioterapi apa renang” tanyaku kemudian

“disuruh fisioterapi 6x” jawabnya

“aku  nggak disuruh renang koq” lanjutnya

“oya mungkin, khan baru awal mungkin fokus dulu dengan fisioterapi penyinaran itu” jawabku sok tahupink sandal

Ya, temanku yang postur tubuhnya bagus, gerakannyapun tertata, ternyata kena cervical HNP di c 3-4.

Apakah terapi pengobatan HNP

Apakah hanya dengan fisioterapi, atau ada terapi pengobatan yang lainnya, apakah fiisioterapi khusus untuk cervical HNP atau bisa juga untuk torak dan lumbal HNP.

Menurut dokter yang memeriksa HNPku, aku tidak perlu melakukan fisioterapi, beliau hanya menyarankan senam dengan memberikan 2 lembar petunjuk senam untuk HNP dan diminta renang.

Saat diperiksa di ruang periksa dengan ditempeli alat-alat dan dimonitor dari layar, kakiku disuruh ditekuk dan dijatuhkan dengan perlahan ke kanan maupun kekiri, saat itu dokter Pinson bertanya apakah terasa sakit, kujawab enak dok serasa ototnya ditarik persis seperti kalau pas yoga dengan gerakan yang sama, jawabku waktu itu. Mungkin gerakan yoga yang kulakukan itu juga yang membuat HNPku tidak memerlukan fisioterapi. Tetapi pesan dokter Pinson, harus hati-hati dan tidak boleh jatuh serta berat badan agak dinaikkan sedikit, katanya.

tim RS KrikilanHal paling utama yang perlu dicermati secara bertahap dari yang ringan adalah:
  • menghindari posisi yang menimbulkan rasa sakit,
  • pengobatan HNP dengan obat
  • melakukan fisioterapi,
  • operasi atau pembedahan
Pengobatan HNP
  • Obat saraf terjepit (HNP) adalah Obat pengurang rasa nyeri. Contohnya ibuprofen atau naproxen.
  • Narkotika diberikan jika rasa sakit tidak membaik dengan obat HNP yang dijual bebas, mungkin dokter akan meresepkan narkotika, seperti kodein atau kombinasi oxycodone-acetaminophen untuk waktu yang singkat.
  • Obat nyeri saraf seperti gabapentin, duloxetine, tramadol dan amitriptyline sering membantu mengurangi rasa sakit akibat kerusakan saraf.
  • Pelemas otot bisa dilakukan dengan relaksasi otot dapat diresepkan jika terdapat kejang otot.
  • Suntikan kortison diberikan untuk mengurangi peradangan, kortikosteroid dapat diberikan melalui suntikan langsung ke daerah sekitar saraf tulang belakang.
  • Vitamin tulang, aku mendapat vitamin tulang, tetapi lupa namanya yang jelas katanya diusahakan untuk meminimalisir minum obat, dengan memperbanyak senam memperkuat otot tulang belakang
Terapi HNP dapat berupa:red island
  • Terapi panas
  • Terapi dingin/es
  • penarikan/traksi
  • stimulasi listrik
Bila pengobatan dan terapi diatas tidak menyembuhkan atau tetap merasa kesakitan maka pengobatan berikutnya dilakukan dengan operasi/pembedahan. Yaa, bedah HNP bila diperlukan, hanya sedikit penderita HNP yang akhirnya memerlukan pembedahan. Dan pengalaman teman yang sudah menjalani pembedahan tidak menjamin nyeri tidaki datang lagi.
Dokter mungkin menyarankan operasi jika pengobatan konservatif seperti di atas gagal dalam memperbaiki gejala setelah enam minggu, terutama jika pasien terus mengalami Mati rasa atau kelemahan, Kesulitan berdiri atau berjalan, atau Kehilangan kontrol kandung kemih (BAK) atau BAB
Jika Anda mengalami gejala peyakit HNP seperti nyeri leher atau nyeri punggung bawah yang menjalar lengan atau kaki, atau jika itu disertai dengan mati rasa, kesemutan atau kelemahan, maka periksalah ke dokter untuk mendapat kepastian serta pengobatan yang sesuai.

dr Zu, dr BayuBersumber dari: HNP (Saraf Terjepit) – Gejala, Penyebab, Pengobatan | Mediskus.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s