Mau belajar nanam buah tin….pilih green jordan

image

Musim hujan ini, tanaman tinku terlihat subur…daun menghijau…buah berderet bergelantungan….rasa hati senang melihatnya.

Beberapa tahun lalu saat ingin menanam buah tin, mencari bibitnya susah, tanya teman juga tidak banyak yang tahu.

Sampai suatu hari ada kolega memberi 1 butir buah tin, karena sayang mau memakannya….kusimpan didalam kulkas di kantor…dan akhirnya kelupaan karena sering keluar kota….tahu-tahu buahnya sudah mengering dan menyusut menjadi kecil dan keras.

image

Selang berapa tahun, temenku memberi 1 tanaman tin….katanya dulu beli beberapa bibit dan 1 bibit kelupaan ditanam, hanya teronggok dibawah pohon tinggi, sehingga tidak berkembang sama sekali dalam beberapa bulan bahkan tahun.

Beliau berpesan untuk dibawa dengan hati-hati karena daunnya sudah tua sehingga gampang rontok, disamping itu tidak terlihat ada tunas daun mudah.

Dengan sangat hati-hati kubawa pulang, meski sampai rumah ada 1 daun yang gugur karena kesenggol…tapi alhamdulillah, saat dipindah di pot dia tidak stress terlihat dari batangnya keras dan tetap hijau dam selang sebulan muncul daun muda.

image

Karena melihat memelihara tanaman buah tin mudah, akhirnya mulai berburu tanaman tin saat mengantar kakak mencari tanaman anggrek. Alhamdulillah nemu penjual yang punya beberapa jenis, dan kami beli 2 bibit masing-masing 55 ribu rupiah.

Bibit kami beli januari berbuah bulan april menyusul tanaman tin pemberian kolega yang mulai berbuah sebulan sebelumnya.

Setahun sudah lewat, dam green jordan yang dulu hanya 30cm, kini sudah lebih tinggi dariku, dengan buah yang berderet disepanjang batangnya.

Tidak ada pupuk khusus, tanaman tin hanya ditanam ditanah kompos bikinan sendiri dan disiram 2x sehari. Sebuah cara budidaya tanaman yang gampang dan bisa dilakukan semua orang.

Selamat menanam buah tin.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s